Kamis, 02 Oktober 2014
Language :
Find us on:
Ubudiyah 
Cincin, Batu Akik dan Sunnah Rasul
Rabu, 02/01/2013 14:00

Bagi orang yang memiliki hobi mengumpulkan berbagai macam cindera mata dan pernak-pernik, ada baiknya menambah koleksinya dengan batu akik. Yaitu batu mulia yang memiliki warna yang indah dan elok dipandang. Hal ini tidak semata karena fungsinya sebagai perhiasan, tetapi juga nilai kesunnahan yang terdapat di dalamnya. 

Dalam fatawi Ibnu Hajar al-Haytami al-Kubro diterangkan bahwa terdapat beberapa hadits yang menerangkan hikmah penggunaan cincin dengan batu akik yang dapat mendatangkan berkah dan menghindarkan diri dari kefaqiran. Karena sesungguhnya mereka yang memakai cincin berbatu akik senantiasa menikmati keindahan.

Bahkan dalam satu hadits dhaif diterangkan bahwa batu yaqut warna kuning dapat mencegah pemakainya dari penyakit sampar (tha’un). Namun mengatasi batu akik itu sendiri yang terpenting adalah memakai cincin, meskipun cincin tanpa batu.Demikianlah keterangan lengkapnya:

ˆˆرد ا„تخت… با„ع‚Š‚ أحادŠث …†‡ا أ†‡ Š†‰ ا„‚ر ˆأ†‡ …بارƒ ˆإ† …† تخت… ب‡ „… Šز„ Šر‰ خŠرا ˆƒ„‡ا „… Šثبت …†‡ا شŠئ ƒ…ا ‚ا„‡ ا„حاظ ˆˆرد بس†د ضعŠ أ† ا„تخت… با„Šا‚ˆت ا„أصر Š…†ع ا„طاعˆ† ˆب…ا ت‚رر …† أ† ا„ص تارة Šƒˆ† …† ا„خات… ˆتارة Šƒˆ† …† غŠر‡ …† ‚ˆ„‡… ا„ساب‚ Šجˆز „بس ا„خات… ˆإ† „… Šƒ† ص...

 

Redaktur: Ulil Hadrawy    

Komentar(1 komentar)
Rabu, 23/01/2013 11:28
Nama: masruri
setuju
para habaib juga pakai cincin aqiq, dan mestinya punya alasan, dan alasanya mungkin sama artikel jenengan.terimakasih ilmunya mas....dari solo
Space Iklan
625 x 100 Pixel
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::