Jumat, 22 Agustus 2014
Language :
Find us on:
Syariah 
Shalat Tanpa Wudhu
Senin, 11/03/2013 19:00

Sudah seharusnya bahwa shalat selalui di dahului dengan wudhu. Karena wudhu merupakan salah satu cara bersuci dari hadats kecil. Dan kesucian adalah bagain dari syarat syah shalat yang harus dipenuhi bagi siapapun yang akan mendirikan shalat.

Hal ini berbeda dalam kasus shalat janazah (shalat yang diperuntukkan kepada mayyit sebelum dikubur), menurut pendapat para faqih minoritas seperti As-Syu’bi dan kelompoknya, boleh saja melaksanakan shalat jenazah tanpa berwudhu lebih dahulu. Karena bagi mereka shalat jenazah tidak dianggap sebagai shalat, tetapi hanya sebagai do’a (sebagaimana makna shalat itu sendiri). Dan juga tata cara pelaksaan shalat janazah yang dilakukan tanpa ruku’ dan sujud.

Demikian yang tersebut dalam Bidayatul Mujtahid karya Ibnu Rusyd.

ˆشذ ‚ˆ… ‚ا„ˆا Šجˆز أ† Šص„‰ ع„‰ ا„ج†ازة بغŠر ط‡ارة, ˆ‡ˆ ‚ˆ„ ا„شعبŠ ˆ‡ؤ„اء ظ†ˆا أ† اس… ا„ص„اة „اŠت†اˆ„ ص„اة ا„ج†ازة, ˆإ†…ا Šت†اˆ„‡ا اس… ا„دعاء إذ ƒا† „Šس Š‡ا رƒˆع ˆ„اسجˆد

 

Redaktur: Ulil Hadrawy

Komentar(0 komentar)
Space Iklan
625 x 100 Pixel
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::