Jumat, 19 Desember 2014
Language :
Find us on:
Buku 
Memburu Getaran Cinta Rumi
Memburu Rumi: Kisah Tentang Pencarian Cinta Sejati
Jumat, 06/04/2007 11:03
Memburu Rumi: Kisah Tentang Pencarian Cinta Sejati

Georgiou selama hidupnya baru pertama kalinya merasakan getaran bait puisi yang mengguriskan kelembutan yang melampaui semua keresahannya, melampaui seluruh gelora dan hasratnya akan kehidupan. Atas dorongan kuat rasa keingin tahuaanya mengungkap makna hidup dan cinta yang tersirat di syair Rumi yang mampu menggetarkan hati dan jiwanya, Gorgiou meninggalkan ayah, sahabat dan kota Florence yang selama ini mengisi dcelah-celah kehampaan jiwanya.

Dia mengembara kepelosok negeri Yunani, Serbia samapi ke Konya Turki. Sebagai seorang pelukis yang mewarisi bakat ayahnya Gorgiou lebih suka melukis orang-orang suci. Sebagai penganut Kristen Ortodoks dia melukis Yesus dan Perawan Suci Bunda Maria dan memperbaiki lukisan-lukisan orang suci yang sudang usang dimakan waktu. Dalam tas yang dibawanya ada lukisan Perawan Bunda Maria berwajah gelap yang selalu dibawanya, dan dia meyakini bahwa Bunda Maria akan melindungi perjalanannya.

Pengembaraan mencari makana dan cinta sejati Gorgiou sedikit terungkap sejak pertemuannya dengan para rahib di biara dan pertapa para pertapa, serta para darwis atau orang sufi Islam pencinta Tuhan. Perjalanannya semakin mendekati kota tujuannya yang sejati. Perjalanan suci manusia yang mengikuti bisikan hati yang paling suci, demi mengungkap tabir kehidupan.


Pengalamnya dalam perjalanan mulai bertemu dengan para rahib, para darwis, setelah sampai di Konya serta setelah pulang dari pengembaraannya, Gorgiou merasakan sesuatu yang berbeda dari kehidupan sebelm penegmbaraannya dia diberkati oleh kekuatan yang meta primata dan hanya orang tertentu saja yang bisa mengalaminya.

Tentang Rumi
Novel memikat  ini akan membawa khalayak pembaca pada sejarah abad ketiga belas, semasa sang darwis Berputar hidup. Jallaluddin Rumi penyair Islam yang tulisan dan sayir-syairnya sangat universal mampu menembus tembok pemisah perbedaan agama, bangsa dan budaya sampai sekarang.

Rumi adalh pendiri aliran mistis Islam yang mayhur dengan sebutan tarekat Maulawiyah. Tarekat ini menari dengan diringi musik untuk mencapai puncak ekstase kecintaan atau disebut dengan sema. Bagi pengikut tarekat Maulawiyah, musik dan tarian merupakan jalan terbaik menuju penyatuan dengan Sang Kekasih. Musik dan tarian memberinya kenikmatantiada tara yang kadang tak akan pernah  dirasakan lagi.

Dalam buku ini pembaca akan merasakan indahnya syair-syair Rumi yang sangat masyhur tersebut. Pembaca akan mendapatkan  beberapa informasi tentang sejarah kehidupan para rahib di biara yang mengasingkan diri dari kehidupan duniawi berbeda dengan kehidupan para darwis, tidak pernah mengasingkan diri dari dunia nyata, justru jalan itu menuntun memasuki dunia jauh lebih kedalam lagi dan suci.

Buku yang akan menuntun pembaca pada sebuah perjalanan panjang mencari legenda pribadi dan cinta sejati yang terkubur dalam keangkuhan manusia sendiri, pemujaan pad dunia dan kerakusan manusia akan kehidupan duniawi, sehingga mengabaikan kehidupan rohani.  yang mengaharpakan pertolongan adalah cangkir rahasia. Dengarkan erangan seekor anjing kepada tuannya. Rengkekan itu adalh penyambungnya. Ada anjing-anjing yang patuh dan tidak seorang pun tahu namanya. Maka jadikanlah hidupmu seperti salah satu  anjing-anjing itu (Rumi).

Buku Memburu Rumi dalam edisi bahasa Indonesia, setidaknya ada beberapa kekurangan dalam penerjemahannya. Memang, kesulitan terbesar dalam penerjemahan khususnya karya fiksi seperti puisi dan novel adalah pada pemilihan diksi-diksinya. Penerjemah akan dihadapkan dengan pilihan-pilihan bahasa yang sangat rumit.
Dan tantangan terbesar bagi penerjemah adalah ketika imaji yang dapat ditangkap dari sebuah karya harus dilahirkan kembali dengan bahasa yang lain, dan bagaimana agar hasilnya berhasil kembali menjadi sebuah kreasi bahasa yang indah seperti karya aslinya.
 
*Peresensi: Alumni PP. Al-Falah Silo Jember Pustakawan dan Penikmat Sastra Tinggal di Yogyakarta
 
 
Alamat: Jl. Laksda Adi Sucipto III/47 Gowok Sleman Yogyakarta.
Tlp: 081392285526. e-mail : m_bas83@yahoo.com

 

Komentar(8 komentar)
Ahad, 25/03/2012 12:50
Nama: akmal sampoerna ramadhan
buku yg qw suka slma ni qw cry alhamdulillah dpt dy tmukan,,,aammmmmmmiin
BISA QW KOLEKSI BUKU NI
Sabtu, 21/08/2010 10:48
Nama: Agus
Jalaludin Ar-Rumi
Itulah Si "Rumi", karya-karyanya sangat indah untuk dikenang dan sulit untuk dilupakan.
Sabtu, 19/09/2009 21:56
Nama: sugeng
hamba
aku hanyalah butir debu
tak punya tenaga apalagi daya
namun angan selalu saja
membius makhluk tak waspada
ya hanya hamba
berlagak bagai sang pencipta
Sabtu, 14/02/2009 13:47
Nama: oklta
ma`ulawiyah
tolong dengan lengkap menampilkan tarekat2 tersebut
Selasa, 07/10/2008 10:55
Nama: wisnu
bersamamu
pengetahuanku ttg rumi sangat sedikit,tapi setekah membaca beberapa "artikel" cara pandangku terhadap agama yang aku yakini berbeda.....!
karya-karya Rumi sangat memukau.....!!!
Rabu, 05/09/2007 10:25
Nama: erwin
kehebatan rumi
saya sangat terpukau oleh karya-karya rimi,seperti menggugah kita dari tidur
Selasa, 14/08/2007 16:46
Nama: RZ
Mencari buku Rumi
Ass...
Saya ingin membaca karya-karya Rumi, tapi di sini, di toko buku Padang, sangat sedikit buku-bukunya. Saya butuh bantuan ...

HP 0852 63961056
Senin, 11/06/2007 09:35
Nama: hadi
_
aq suka banget sama sang maestro jalaludin rumi
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefDesember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::