Rabu, 03 September 2014
Language :
Find us on:
Daerah 
IPNU-IPPNU Kaliwungu Gelar Pembekalan ke-NU-an
Ahad, 15/05/2011 15:37

Kaliwungu, NU Online
Untuk mempersiapkan kader Nadhlatul Ulama lulusan sekolah yang mumpuni dan memiliki bekal ke-NU-an yang memadai, Yayasan Annidomiyah Wonorejo Kaliwungu Kendal bekerja sama dengan Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kaliwungu menggelar acara Pembekalan ke-NU-an bagi pelajar kelas 9 SMP Annidomiyah yang pada minggu kedua bulan Mei lalu telah selesai menempuh Ujian Nasional 2011.

Acara pembekalan tersebut digelar pada hari Sabtu (14/5) lalu, dimulai pada pukul 08.00 dan ditutup pada pukul 14.00.

Ada yang berbeda pada pembekalan ke-NU-an tahun ini, PAC IPNU-IPPNU mendesain acara dengan format yang baru dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pembekalan yang biasanya dilaksanakan dalam waktu tiga hari, pada tahun ini hanya digelar dalam sehari.

"Kondisi aktivis IPNU-IPPNU sekarang ini memang agak sulit, karena mayoritas mereka adalah para pemuda yang sudah bekerja dan kuliah, tahun sebelumnya kami tidak maksimal menggarap pembekalan karena kekurangan tim fasilitator, untuk mengantisipasi itu, kami laksanakan dalam waktu sehari, dan alhamdulillah format seperti ini sangat efektif," ujar Najibril Muhammad selaku ketua IPNU Kaliwungu.

Kendati dilaksanakan hanya dalam waktu sehari, namun acara pembekalan berlangsung cukup meriah dan menyenangkan. Seratus-an peserta pembekalan disuguhi banyak permainan dan role play yang sangat mengesankan.

"Kami sengaja memasukkan banyak permainan atau role play dalam pembekalan, karena dalam satu hari ini mereka dibekali empat materi, jadi kami ingin peserta pembekalan tidak jenuh," tambah Najibril.

Selain itu, mengingat kondisi ranting Wonorejo yang beberapa tahun terakhir ini sedang dalam keadaan vakum, IPNU IPPNU Kaliwungu mencoba menghidupkan kembali ranting Wonorejo dengan cara menggembleng para pelajar di SMP dan SMA Annidomiyah di Wonorejo yang merupakan tumpuan harapan bagi IPNU-IPPNU ke depan.

"Kami akan ngopeni Annidomiyah secara serius, ini adalah program jangka panjang, diharapkan ketika mereka lulus dan berbaur di masyarakat, mereka lah yang akan menjadi aktivis muda NU di ranting Wonorejo," tegas Najibril.

Melalui pembekalan di sekolah-sekolah tersebut, nilai-nilai Nadhlatul ulama dapat terus diwariskan melalui proses regenerasi yang kontinyu dan secara serius dilaksanakan, terlebih lagi di kondisi sekarang di mana anak muda dihadapkan pada persoalan ideologi agama yang demikian gencar.

Redaktur: Mukafi Niam
Kontributor: Amalia Ulfah

Komentar(0 komentar)
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefSeptember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::