Kamis, 24 April 2014
Language :
Find us on:
Daerah 
TPQ dan Madin Dilatih Tingkatkan Mutu Pendidikan Agama
Sabtu, 06/04/2013 18:09

Wonosobo, NU Online
Forum Komunikasi Dini'ah Ta'limiyah (FKDT) Kabupaten Wonosobo mengadakan Pelatihan manajemen TPQ dan Madin Pendidikan Agama.

Pelatihan tersebut menindaklanjuti persoalan terkait kerusakan moral dan akhlak yang kini tengah melanda anak bangsa.  

“Madrasah harus memiliki manajemen yang baik guna mencetak kader yang berkarakter dan potensial,” kata K Ahmad Fadlun Ketua FKDT Kabupaten Wonosobo, dalam sambutannya pada pembukaandi Pendopo Kecamatan Sapuran, (5/4)

Tokoh yang akrab disapa Gus Fadlun itu juga menginformasikan bahwa pelatihan ini merupakan kali ke dua setelah sebelumnya pada 25/3 diselenggarakan di Kaliwiro. 

Kali ini, pelatihan diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Sapuran dengan dihadiri seratus satu pengurus dan ustadz. Mereka hadir mewakili TPQ dan Madin dari tiga kecamatan yakni Kepil, Sapuran, dan Kalikajar. 

“Adapun tujuan pelatihan ini adalah mendorong pertumbuhan TPQ dan Madin di Kabupaten Wonosobo. Setiap lembaga keagamaan juga harus memiliki karakter administrasi yang lebih baik,” tambahnya.

Selain itu, Gus Fadlun juga menyampaikan bahwa pelatihan ini dilatarbelakangi minimnya pengetahuan tentang administrasi di satuan lembaga keagamaan sehingga, lanjut dia, penting kiranya penataan manajemen dan administrasi ini dilakukan.  

“Semua itu kita upayakan untuk meningkatkan mutu pendidikan agama dan keagamaan yang lebih mulia,” jelas Fadlun.

Hadir dalam pelatihan tersebut tiga narasumber yang masing-masing memiliki kompetensi di bidangnya. Mewakili Badan Pemeriksa Keuangan Daerah (BPKD), Joko Susilo menyampaikan materinya tentang mekanisme pembuatan dan pengajuan proposal dan laporan pertanggung jawaban dana bantuan Pondok Pesantren, TPQ dan Madin. Sementara Agus Kristiono yang hadir mewakili inspektorat, menyampaikan tentang proses pemeriksaan penggunaan anggaran bagi penerima bantuan. 

Hadir pula Wakil Ketua I FKDT kabupaten, Ngumar Sholeh yang juga menjadi narasumber. Pada kesempatan itu, Ngumar, sapaan akrabnya, menyampaikan materi tentang administrasi dan organisasi kelembagaan.

Seluruh peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan. Mereka dengan cermat menyimak materi yang dipaparkan oleh para narasumber. Kholil, peserta dari Madin at Tohirin Batursari Sapuran ini sangat mendukung program Pemkab yang bekerjasama dengan FKDT.

Menurutnya, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan tatanan lembaga keagamaan. Selain itu, administrasi kelembagaan yang sebelumnya masih semrawut, akan tertata dengan baik. 
“Ini penting agar TPQ dan Madin lebih tertib dalam menata administrasi karena administrasi itu sangat diperlukan dalam suatu lembaga maupun organisasi di jaman sekarang,” ucapnya.


Redaktur     : Mukafi Niam
Kontributor: Fathul Jamil

Komentar(0 komentar)
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Space Iklan
305 x 100 Pixel
Agenda
PrefApril 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Maaf transaksi pembelian via web toko.nu.or.id belum bisa beroperasi karena ada sistem yang perlu disempurnakan ::::