Senin, 22 September 2014
Language :
Find us on:
Daerah 
Metode Al-Ghooyah Permudah Belajar Baca Kitab Kuning
Sabtu, 13/07/2013 12:01

Probolinggo, NU Online
Selama bulan suci Ramadhan 1434 H, Al-Ghooyah Center Probolinggo bekerja sama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Probolinggo menggelar pelatihan baca kitab kuning bagi anak Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) mulai dari kelas 4, 5 dan 6 se Kota Probolinggo.

Pelatihan yang mengambil tema “Memaknai Semangat Ramadhan dengan Membumikan Pemahaman Al-Qur’an dengan Benar” ini dihadiri oleh para pengurus PCNU Kota Probolinggo beserta para pengurus lembaga, lajnah dan badan otonom (banom).

Kegiatan pelatihan ini digelar mulai dari tanggal 1 hingga 20 Ramadhan 1434 H di Kantor PCNU Kota Probolinggo dengan durasi satu kali tatap muka 2 jam per hari. Al-Ghooyah Center merupakan pusat pelatihan baca kitab kuning di Probolinggo yang digawangi oleh oleh penemu metode Al-Ghooyah Abdurrohman Nabrowi yang juga Ketua PC Lembaga Bahsul Masail ((LBM) NU Kabupaten Probolinggo.

Kepada NU Online, Jum’at (12/7) Abdurrohman Nabrowi mengungkapkan pelatihan baca kitab kuning ini bertujuan untuk memberikan penguasaan membaca, menterjemahkan dan memahami Al-Qur’an dan nahwu shorrof sejak usia dini dengan menggunakan metode Al-Ghooyah.

“Metode ini akan lebih memudahkan anak-anak dalam memahami agama dengan utuh nantinya. Selain itu, menggairahkan kembali terhadap kitab kuning yang mulai tidak diminati  dengan alasan sulit dan lama serta mendukung dan melakukan pendidikan karakter melalui nilai-nilai agama,” ungkapnya.

Pelatihan baca kitab kuning ini dimulai dari belajar nahwu shorof, memahirkan penggunaan kamus dan menterjemahkan dengan menggunakan Al-Qur’an yang dimulai dari surah Al-Fatihah dan Al-Baqarah sebagai latihannya.

“Melalui pelatihan baca kitab kuning sejak dini dengan metode Al-Ghooyah ini diharapkan mampu membangun anak-anak calon pemimpin bangsa yang berkarakter dan berkepribadian sholeh, cerdas, terampil dan paripurna,” harapnya.

Sementara Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Kotab Probolinggo Achmad Hudri menyambut baik pelatihan ini. Menurutnya, pelatihan baca kitab kuning dengan menggunakan metode Al-Ghooyah akan memberikan kemudahan kepada anak-anak dalam belajar kitab kuning. Dengan demikian, nantinya anak-anak akan mampu menterjemahkan dan memahami Al-Qur’an dan nahwu shorof dengan baik dan benar.

“Mudah-mudahan pelatihan ini mampu memberikan manfaat kepada masyarakat terutama anak-anak yang berada di bangku SD dan MI dalam membaca kitab kuning dengan mudah untuk memahami dan menterjemahkan Al-Qur’an dan nahwu shorof,” ungkapnya.


Redaktur     : A. Khoirul Anam
Kontributor : Syamsul Akbar

Komentar(0 komentar)
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefSeptember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::