Senin, 22 Desember 2014
Language :
Find us on:
Nasional 
Syekh Mahmuddin Pasaribu dan Ashari Tambunan Pimpin PWNU Sumut
Senin, 02/04/2012 10:02
Syekh Mahmuddin Pasaribu dan Ashari Tambunan Pimpin PWNU Sumut

Medan, NU Online
Konferensi Wilayah (Konferwil) XVI NU Sumatera Utara memilih secara aklamasi Syekh H Mahmuddin Pasaribu sebagai Rais Syuriyah PWNU Sumut, menggantikan Prof Dr H Pagar Hasibuan MA. H Ashari Tambunan juga kembali terpilih secara aklamasi sebagai ketua tanfidziyah periode 2012-2017, di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan, Ahad (1/4).

Rapat pleno Konferwil dipimpin Ketua PBNU Imam Azis didampingi Ketua Pengarah H Musaddad Lubis, dan Ketua Panitia H M Hatta Siregar, berjalan lancar. Tidak terjadi perdebatan berarti karena seluruh peserta Konferwil yang memiliki hak suara, yakni 32 rais syuriyah dan ketua tanfidziyah pengurus cabang (PC) NU mengusulkan agar pemilihan ketua rais syuriyah dan tanfidziyah dilakukan secara musyawarah dan mufakat (aklamasi).

Pemilihan pertama adalah menunjuk Syekh H Mahmuddin Pasaribu sebagai Rais Syuriyah, selanjutnya H Ashari Tambunan sebagai Ketua Tanfidziayh. Usai pemilihan yang berlangsung singkat, seluruh peserta Konferwil bersalawat badar sebagai tanda syukur suksesnya rapat pleno dalam agenda pemilihan tersebut.

Peserta konferensi kemudian menyusun tim formatur untuk menyusun kepengurusan PWNU Sumut periode 2012-2017, yakni rais syuriyah terpilih, ketua tanfidziyah terpilih, utusan PB, tiga orang utusan PC (Tapsel, Tebing Tinggi dan Nias), dan H M Hatta Siregar (pengurus lama). Tim formatur diberi waktu sebulan untuk menyusun pengurus lengkap PWNU masa khidmat 2012-2017.  

Rais Syuriyah terpilih Syekh H Mahmuddin Pasaribu (ulama di Mandailing Natal dan guru di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru), dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas amanah dan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Dia meminta, seluruh pengurus cabang dan wailayah NU untuk bersama-sama membersarkan NU dan menjalankan program-program kerja keumatan. “Saya yakin dengan kebersamaan kepengurusan PWNU Sumut priode 2012-2017 dapat berjalan dengan baik,” kata ulama yang selalu tampil dengan khas pesantren, yakni memakai sorban dan kain sarung ini.

Sementara Ketua PWNU Sumut H Ashari Tambunan, menyampaikan, peran NU di tengah-tengah umat diharapkan sesuai dengan keinginan para pendiri dan ulama dalam mempertahankan ajaran Ahlus Sunnah Waljamaah (Aswaja).

Ashari juga mengapresiasi peserta Konferwil yang lebih mengedepankan musyawarah dan mufakat dalam memilih pengurus PWNU Sumut lima tahun ke depan. Musyawarah dan mufakat, katanya, adalah ciri NU.

Ashari menyadari, bahwa tugas PWNU ke depan semakin berat ketimbang periode lalu. Karenanya, dia memohon doa dan dukungan ulama agar mampu melaksanakan tugas berat itu. “Berkat dukungan dan kerjasama para pengurus dan ulama, Insya Allah pengurus 2012-2017 akan mampu mewujudkan program-program kerja yang telah disusun dalam Konferwil,” kata Ashari Tambunan.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) diwakil Ketua Rais Syuriyah KH Isomuddin, menyampaikan kekagumannya atas proses pemilihan rais dan ketua tanfidziyah yang berjalan baik.

“Proses ini sesuatu yang membanggakan, yakni mengutamakan musyawarah dan mupakat. Sistem seperti ini hendaknya dapat ditauladani hingga ke pengurus tingkat bawah, karena musyawarah dan mupakat adalah cerminan dalam menjaga persaudaraan serta persatuan dan kesatuan,” kata KH Isomuddin.

Diingatkannya, jabatan adalah amanah yang harus dijaga dan dijalankan sesuai dengan cita-cita berdirinya Nahdlatul Ulama. Kepengurusan ini diharapkan dapat menjaga amanah dan dapat bekerjasama dengan mengedapankan persatuan dan kesatuan. Sehingga roda organisasi berjalan dengan baik sesuai harapan para nahdliyin dan ulama.
 


Redaktur   : Mukafi Niam
Kontributor: Hamdani Nasution

Komentar(4 komentar)
Ahad, 08/04/2012 01:54
Nama: Dedi Rahmin
Ucapan Selamat
Kami Seluruh Keluarga Besar PCNU Nias Selatan Mengucapkan Selamat atas terpilihnya secara Musyawarah dan Mufakat Syekh H. Mahmuddin Pasaribu Sebagai Rois Syuriah PWNU Sumatera Utara dan H. Ashari Tambunan Sebagai Ketua Tanfidziyah PWNU Sumatera Utara, Semoga Allah Meridhoi Tugas-tugas yang telah diamanahkan oleh Nahdlyin dan Nahdlyat.
Jumat, 06/04/2012 14:13
Nama: Arjuna Putra
Selamat
Warga NU Kota Pematangsiantar dan Khususnya GP Ansor Kota pematangsiantar mengucapkan selamat
Rabu, 04/04/2012 09:43
Nama: Drs. Ahmad Sanusi, SH.MH
SELAMAT BERKHIDMAT
Kepada Yang Mulia Syekh H.Mahmuddin Pasaribu dan H. Ashari Tambunan kami ucapkan selamat berkhidmat semoga NU di Sumatera Utara semakin jaya dan memberikan manfaat yang optimal bagi umat. Mudah-mudahan seluruh Pengurus NU Sumatera Utara yang terpilih diberikan kesehatan dan pertolongan Allah SWT dalam mengemban amanah dari jama'ah dan jam'iyyah NU di Sumatera Utara. ahmad sanusi, alumni Pelatihan Manajemen Krisis di Medan, sekarang tinggal di Garut Jawa Barat
Rabu, 04/04/2012 06:58
Nama: H. AMRI SIREGAR
SELAMAT DAN SUKSES ALUMNI MUSHTHOFAWIYAH
KAMI MENGUCAPKAN SELAMAT KPD SYEKH MAHMUDDIN PASARIBU TERPILIH SBG RAIS SYURIYAH PWNU SUMUT. SEBAGAI ALUMNI MUSTHOFAWIYAH PURBABARU KM BANGGA DAN SYUKUR, SMG MANFAAT DAN BAROKAH. AAMIIINNN. KPD ALUMNI MUSHTHOFAWIYAH DI MANA SAJA BERADA, MARI KT DOAKAN PONPES KT YANG AKAN MEMPERINGATI SEABAD HARI JADINYA, 12-12-2012 YANG AKAN DATANG.
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefDesember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::