Kamis, 21 Agustus 2014
Language :
Find us on:
Nasional 
GUS DUR WALI (69)
Santri yang Menguji Kewalian Gus Dur
Senin, 07/05/2012 09:13

Jakarta, NU Online
Dalam sebuah forum Gusdurian, seorang santri asal pesantren Ploso Kediri mengaku kepada Allisa Wahid, putri Gus Dur, bahwa ia pernah menguji kewalian Gus Dur.

Santri yang memiliki sikap kritis ini mengisahkan, suatu hari ia datang ke Jakarta untuk suatu keperluan. Hajatnya di Jakarta pun berjalan baik, sayangnya ada masalah baru, yaitu kehabisan uang saku untuk kembali ke Kediri.

Ia pun berfikir untuk menemui KH Said Aqil Siroj di Ciganjur Jakarta Selatan untuk menyampaikan persoalannya ini, tetapi sesampai disana ternyata Kang Said sedang pergi. "Wah bisa gawat ini kalau sampai ngak bisa pulang,“ pikiranya dalam hati.

Ia pun terdiam, berusaha mencari solusi lain bagaimana agar bisa pulang ke Pesantren. Tiba-tiba terbersit pikirannya, “Mengapa ngak bersilaturrahmi ke Gus Dur di rumah sebelah. Katanya orang-orang, beliau kan wali, coba saja ah, diuji sekalian, benar apa ngak dia seorang wali, mumpung lagi dekat”

Ia pun segera memutar langkahnya menuju rumah Gus Dur yang jaraknya hanya sepelemparan batu saja dari rumah Kang Said. Beruntung, Gus Dur sedang di rumah dan ia segera antri untuk bisa bertemu Gus Dur yang hari itu sedang banyak tamu.

Ketika sudah tiba gilirannya, ia pun masuk, mencium tangan Gus Dur sebagaimana etika seorang santri kepada kiainya. Menyampaikan bahwa ia santri dari Ploso Kediri, ingin bersilaturrahmi sebelum pulang, tapi ia tak menyampaikan sedang tak punya ongkos.

Gus Dur rupanya tahu persoalan yang sedang dialaminya, begitu pamit, ia diberi ongkos yang cukup untuk membeli tiket kereta api kelas bisnis. Ia pun senang sekali, karena ketika berangkat hanya naik kereta kelas ekonomi. 

Barulah ia percaya kalau Gus Dur itu seorang wali.



Penulis: Mukafi Niam

Komentar(10 komentar)
Senin, 30/09/2013 15:57
Nama: asep
gusdur
belum tentu mas bray,,,sering ko kejadian kayak gitu
Ahad, 29/09/2013 16:14
Nama: brodienndarkik
gus dur
GUS DUR milik kita semua,bukan milik satu golongan,ras,suku atau agama sekali pun,GUS DUR adalah GUS DUR tidak bisa di sama sama kan dengan yang lain,GUS DUR artinya:kedamaian/persatuan/ketentraman dan ke bahagiaan,ada orang yang tidak suka GUS DUR,berarti tidak suka sama kebahagiaan.........BRODIENNDARKIK
Kamis, 08/08/2013 19:38
Nama: arief rahzen
Gus Dur
Gus Dur always the best
Ahad, 02/06/2013 15:14
Nama: rohmatzaenudi
pemimpin
bamgsa ini sangatlah merindukanmu guru gus dur, kenapa tidak ada lagi seorang pemimpin yang kayak panjenengan gus dur, kenapa????
Jumat, 29/03/2013 00:01
Nama: Mh.Ma\'sum ibnu Syekh \'Ali Husen At Tanara
hanya Allah yg tahu
wali atau bukan nya abuya Gus Dur hanya Allah yg tahu. dan ingat...yang mengetahui seseorang itu waliyullah adalah waliyullah lagi. andaipun beliau adalah waliyullah,janganlah kita berlebihan memujinya,dan andaipun beliau bukan waliyullah,jangan pula kita menghinakannya. hormati dan hargai siapapun walau beda faham dan agama..! jangan hina dan jangan sakiti siapapun walau beda faham dan agama
Sabtu, 02/03/2013 19:09
Nama: Riduwan
IDOLAKU
IDOLAKU SETELAH OARANG TUAKU , KLO WALI , HANYA ALLOH SWT YG TAU .
Jumat, 01/02/2013 01:02
Nama: amin
comment
wallahualam.... gusdur adalah seorang master dan guru bangsa yang hebat, kita tidak bisa memungkiri bukti bukti kehebatan beliau, secara religius pun sangat jarang ada orang seperti beliau pada jaman modern seperti saat ini, namun yang perlu di tekan kan adalah sikap meng "kultus" kan yang perlu di hindari. saya rasa alm gusdur sendiri juga tidak butuh di puja puja dan di kultuskan... gusdur adalah sosok yang apa adanya...
Jumat, 25/01/2013 18:13
Nama: edy mahesa
gus........
aku tiap bulan ziarah kemakam gusdur, hati jadi adeeeeem, beliau adalah pemimpin yg sebenarnya, tuhan semoga indonesia kelak kan muncul pemimpin seperti gusdur
Sabtu, 12/01/2013 15:03
Nama: fatwa latif
waliyulloh
gusdur adalah tokoh nu sebagai orang nu aku sangat menghormati gusdur, wali tidaknya itu urusan Alloh, apalagi aku juga alumni ploso sangat tahu siapa gusdur[ punya keluwihan]
Sabtu, 12/01/2013 15:03
Nama: fatwa latif
waliyulloh
gusdur adalah tokoh nu sebagai orang nu aku sangat menghormati gusdur, wali tidaknya itu urusan Alloh, apalagi aku juga alumni ploso sangat tahu siapa gusdur[ punya keluwihan]
Space Iklan
625 x 100 Pixel
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::