Jumat, 28 November 2014
Language :
Find us on:
Nasional 
RAKORWIL LAKPESDAM NU
Pahami Garis Perjuangan NU dan Karakteristik Setempat
Senin, 26/11/2012 09:24
Pahami Garis Perjuangan NU dan Karakteristik Setempat

Indramayu, NU Online
Memahami garis perjuangan NU dan mengetahui karakteristik NU di wilayahnya menjadi hal yang penting ketika hendak mereposisi peran Lakpesdam dalam penguatan jama’ah dan jam’iyyah. 
Demikian disampaikan Yahya Ma’shum, ketua Pengurus Pusat Lakpesdam NU pada acara Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Lakpesdam NU Jawa Barat di Indramayu, pada 24-25 November 2012.

Kurang memahami karakteristik wilayahnya, menurut Yahya, sering kali membuat beberapa program dan rencana aksi Lakpesdam di tingkat pengurus cabang kontraproduktif, tidak tepat sasaran dan bahkan terbengkalai.

Begitu pula kurang mengetahui garis besar perjuangan NU akan membuat program dan rencana aksi PC Lakpesdam tidak sejalan dengan apa yang di lakukan oleh pengurus cabang NU. Bahkan yang paling tragis adalah rencana aksi yang di rumuskan justru keluar dari garis besar perjuangan NU itu sendiri, dan itu sangat berbahaya bagi pengawalan dan pengamanan idoelogi Aswaja.

Rapat koordinasi dengan agenda reposisi peran Lakpesdam dalam penguatan jama’ah dan jam’iyyah yang digelar oleh PW Lakpesdam NU Jawa Barat ini dihadiri oleh Wakil Sekjen PBNU H Abdul Mun’im DZ, Ketua PWNU Jawa Barat Eman Suryaman. Para peserta yang hadir, menurut ketua PW Lakpesdam NU Jawa Barat H Tatang Astarudin adalah para pengurus cabang Lakpesdam NU se-wilayah Jawa Barat. 

Acara yang digelar selama dua hari di gedung PCNU Kabupaten Inderamayu ini, menurut ketua penyelenggara Ahmad Dasuki, menghasilkan beberapa rencana aksi.

Pertama, di bidang pemeberdayaan Masyarakat, PC Lakpesdam akan menginisiasi kegiatan usaha masyarakat, membangkitkan partisipasi masyarakat dengan cara pengorganisasian masyarakat dan melakukan pendidikan politik.

Kedua, di bidang penguatan sumberdaya pengurus, PC Lakpesdam akan melakukan silaturrahmi intensif kepada pengurus-pengurus ranting, melakukan sosialisasi dan membuat data base. 

Ketiga, di bidang organisasi, yang akan dilakukan oleh PC Lakpesdam adalah pelatihan management organisasi, latihan dasar kepemimpinan dan mendorong PCNU untuk membentuk dan menghidupkan kembali ranting-rating yang terputus.

Keempat, di bidang kaderisasi, PC Lakpesdam NU akan merumuskan metodologi kaderisasi dan sekaligus menjadi fasilitator atau instruktur pelaksanaan kaderisasi. Rumusan-rumusan ini di latari atas pembacaan situasi dan karakter NU di masing-masing kabupaten.



Redaktur    : A. Khoirul Anam
Kontributor: Abdul Muiz Syaerozie

Komentar(0 komentar)
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Space Iklan
305 x 269 Pixel
Space Iklan
305 x 140 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefNovember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30      
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::