Jumat, 25 April 2014
Language :
Find us on:
Nasional 
KONFERWIL NU JATIM
Ada Kajian Islam dan Bedah Buku Aswaja di Konferwil
Kamis, 30/05/2013 19:47
Ada Kajian Islam dan Bedah Buku Aswaja di Konferwil

Surabaya, NU Online
Tidak semata menjadi media melakukan evaluasi dan sejumlah program kerja serta pemilihan kepengurusan NU Jawa Timur lima tahun mendatang, Konferwil juga menyediakan forum diskusi untuk memantapkan Aswaja.

Selama dua hari yakni hari Sabtu hingga Ahad (1-2/6), Aswaja NU Center PWNU Jatim menyediakan forum tersendiri bagi para warga dan peserta Konferwil untuk mengasah dan memperdalam pemahaman dan keyakinan terhadap Aswaja ala NU. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Aswaja NU Center dengan penerbit dan distributor buku ke-NU-an, Khalista Surabaya.

KH Abdurrahman Navis selaku Direktur Aswaja NU Center PWNU Jatim secara rinci menyebutkan agenda kajian yang akan berlangsung tersebut. Untuk hari pertama yakni Sabtu jam 09.00 hingga 10.30 adalah sosialisasi Aswaja NU Center dan bedah buku Risalah Ahlussunnah wal Jama’ah

“Untuk hari dan kesempatan pertama, saya yang mengisi,” kata Kiai Navis, sapaan akrabnya kepada NU Online (30/5). Buku ini merupakan hasil kerja kolektif tim Aswaja NU Center PWNU Jatim dalam rangka memberikan wawasan dan pendalaman bagi kebiasaan yang dilakukan warga NU dalam beribadah.

Usai itu dilanjutkan dengan dua buku sekaligus karya Rais Syuriah PCNU Jember, KH Muhyiddin Abdusshomad dengan judul  Hujjah NU dan Argumen Amaliah di Bulan Sya’ban dan Ramadhan. "Bila tidak ada perubahan, maka acara ini berlangsung mulai jam 10.30 hingga 12.00 WIB,” tandas Ma’ruf Asrori, Komisaris sekaligus Direktur Utama Khalista.

Usai shalat Dhuhur dan makan siang, peserta akan disuguhkan dengan buku yang paling baru berjudul Belajarlah kepada Lebah dan Lalat: Menuju Kokoh Spiritual, Mapan Intelektual karya Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim, KH Agoes Ali Masyhuri atau Gus Ali.

“Buku ini baru saja terbit menjelang Konferwil dan merupakan catatan ceramah dari Gus Ali yang disampaikan baik di TV maupun pengajian rutin di masjid pesantren,” kata Cak Ma’ruf, sapaan akrab Direktur Khalista.

Pada jam 14.00 hingga 16.30 WIB, para peserta akan mendapatkan materi seputar Firqah Aliran yang Menggerogoti NU. Pandangan dan ulasan ini disampaikan Ustadz Faris Khoirul Anam. Malamnya yakni jam 19.00 hingga 23.00 WIB akan tampil Ustadz Idrus Ramli memberikan materi Strategi Dakwah Aswaja di Tengah Persinggungan antar Aliran”.

Sedangkan pada hari Ahad, ada empat agenda acara yang akan digelar. Pertama, bedah buku dengan judul Bekal Aswaja Menghadapi Radikalisme Salafi Wahabi karya Ustadz Idrus Ramli, dilanjutkan dengan Tantangan Aswaja di Dunia Islam oleh Ustadz Arya Muhammad Ali, kemudian “Sosialisasi Hasil Bahtsul Masail LBM PWNU Jatim” oleh KH Romadlon Khotib dan dipungkasi oleh Rais Syuriah PWNU Jatim, KH Miftachul Akhyar yang akan memberikan pencerahan seputar “Aktualisasi Qanun Asasi NU”

Kiai Navis menandaskan bahwa acara ini sangat menarik dan penting karena diisi oleh para narasumber yang kompeten. Hal senada disampaikan Cak Ma’ruf. “Kegiatan ini sebagai upaya membentengi dan memberikan solusi persoalan nyata yang dihadapi masyarakat dalam hal ini warga NU,” terangnya

Alumnus Fakultas Adab IAIN Sunan Ampel ini tidakmenutup mata dengan derasnya ancaman, terror bahkan intimidasi yang dilakukan Islam garis keras maupun Islam beraliran kiri terhadap eksistensi amaliah NU. 

“Berdasarkan pengalaman menyelengarakan acara di tempat lain, kegiatan ini banyak membantu memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap keyakinan dan amaliah yang selama ini diyakini dan dilakukan warga NU,” tandasnya.

Bahkan seluruh kegiatan nantinya akan didokumentasi sehingga bisa dilihat dalam bentuk CD dan atau DVD. “Ini permintaan dari banyak warga yang akan hadir pada kegiatan ini,” tandasnya sumringah. Dan Khalista bersama Aswaja NU Center siap menerima permintaan tersebut. 


Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Syaifullah

Komentar(0 komentar)
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefApril 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Maaf transaksi pembelian via web toko.nu.or.id belum bisa beroperasi karena ada sistem yang perlu disempurnakan ::::