Jumat, 25 April 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Senin, 11/12/2006 18:03
Jakarta, NU Online
Rais Syuriah PBNU Dr. KH Masyhuri Naim berpendapat bahwa ziarah dalam Islam merupakan sesuatu yang dianjurkan karena dari situ kita bisa belajar serta menghargai jasa-jasa dari orang-orang yang diziarahi. “Sebelum Islam kokoh, memang ziarah dilarang, tapi Rasulullah dalam sebuah hadistnya mengungkapkan “Dulu aku melarang kalian berziarah kubur, tapi sekarang berziarahlah,” katanya dalam sebuah talkshow beberapa hari lalu menyambut gelar wisata ziarah yang diselenggarakan oleh PBNU bekerjasama dengan departemen kebudayaan dan pariwisata RI.
Senin, 11/12/2006 17:17
Beirut, NU Online
Seorang utusan Sudan, Senin akan melakukan perundingan dengan para pemimpin Lebanon mengenai satu usul Liga Arab untuk menyelesaikan krisis politik  setelah satu unjuk kekuatan oleh oposisi yang dipimpin Hizbullah yang pro Suriah. Ratusan ribu pemrotes menghadiri satu unjukrasa di Beirut tengah, Minggu untuk menuntut peran penting dalam pemerintah bagi Hizbullah yang beraliran Syiah itu dan sekutu-sekutu Kristen dan Muslimnya.
Senin, 11/12/2006 10:47
Yogyakarta, NU Online
Setiap musim panen selalu saja terjadi kisruh pupuk. Terlebih akhir-akhir ini, ketika kemampuan subsidi negara makin terbatas. Petani pun tergencet. Pada sisi input produksi petani selalu didera harga dan kelangkaan pupuk dan pada sisi produksi petani beras tidak boleh menikmati harga tinggi. “Pihak pabrik menuntut harga tinggi sementara negara didukung Bank Dunia beriktikad memurahkan harga beras demi pengamanan inflasi dan supaya yang miskin mampu beli beras,” kata Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Daerah Istimewa Yogyakarta KH. Mohammad Maksum kepada NU Online di Yogyakarta, Senin (11/12).
Senin, 11/12/2006 10:26
Jakarta, NU Online
Kurang optimalnya proses pengkaderan di NU mulai menjadi kesadaran bersama. Ikatan  Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU), sebagai salah satu ujung tombak pengkaderan NU pun menyadari hal itu. Karenanya, organisasi berbasis santri dan pelajar puteri NU ini akan menggelar workshop pengkaderan. “Yang jelas perlu evaluasi atas proses pengkaderan kita (IPPNU) selama ini. Dari workshop itu diharapkan ditemukan rumusan atau formula baru pada pengkaderan IPPNU,” kata Ketua Umum Pimpinan Pusat IPPNU Wafa Patria Umma kepada NU Online di Jakarta beberapa waktu lalu.
Senin, 11/12/2006 09:35
Jombang, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi, menyoroti masih lemahnya penegakan hukum di Indonesia. Yang terjadi saat ini jika seseorang mencari keadilan terlebih dahulu mencari uang, untuk biaya keadilan. “Ada kedurhakaan hukum yang terjadi. Terbukti jika ada orang mau mencari keadilan, terlebih dulu harus mencari uang untuk biaya keadilan. Sehingga, jika ada orang kehilangan kambing ternyata biaya mencari kambing sebesar biaya membeli sapi. Jadi sudah kehilangan kambing ditambah kehilangan sapi. Ini yang terjadi,” kata Hasyim.
Senin, 11/12/2006 09:23
Serang, NU Online
Peringatan hari anti korupsi di Provinsi Banten dipusatkan di Kejaksaan Tinggi Banten, Sabtu (9/12) kemarin, dengan dihadiri para kiai dan pendekar yang ada di wilayah Banten. "Saya mengundang para kiai dan pendekar yang ada di Banten tujuannya untuk memasyarakatkan bahwa korupsi tersebut adalah perbuatan yang sangat jahat dan perlu disosialisasikan kepada semua elemen masyarakat mengenai bahaya korupsi yang mengancam berbagai sendi kehidupan bangsa", kata Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Suhaemi usai memimpin upacara di lapangan Kejaksaan Tinggi Banten.
Senin, 11/12/2006 09:15
Makkah, NU Online
Tahap awal dari dua tahap yang direncanakan dari proyek jamarat Mina yang menelan biaya 4,32 milyar Riyal itu akan segera selesai dan akan diserah terimakan oleh pemborongnya Bin Ladin Grup kepada Kementerian Pembangunan Perkotaan dan Pedesaan. Hal ini diungkapkan sebuah sumber yang dikutip harian Arab News edisi Ahad, (10/12). Penyerahan akan dilaksanakan dua pekan sebelum musim haji akhir Desember mendatang. Ratusan ribu orang kini tercatat mulai memasuki wilayah Mekah. Anggota Komite Tertinggi pehajian dilaporkan besok akan meninjau pembangunan jembatan jamarat serta melihat langsung semua fasilitas yang tersedia menjelang dipergunakan jemaah haji.
Ahad, 10/12/2006 16:36
BENDUNG GERAKAN ISLAM RADIKAL
Surabaya, NU Online
Kegelisahan Nahdlatul Ulama (NU) atas gerakan dan kelompok Islam radikal di Indonesia semakin meluas saja. Salah satunya Pengurus Wilayah (PW) NU Jawa Timur (Jatim). Pimpinan tertinggi NU di tingkat Jatim ini sadar, berdiam diri saja tak akan merubah keadaan. Karenanya, dalam waktu dekat, PWNU Jatim akan meluncurkan buku pedoman tentang Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah. Penerbitan buku itu merupakan rekomendasi dari Halaqah Khittah Nahdliyah yang diselenggarakan oleh PWNU Jatim di Surabaya beberapa waktu lalu. Dalam acara yang menghadirkan narasumber dari PBNU dan PWNU dengan peserta dari Pengurus Cabang NU itu se-Jatim itu, menghendaki untuk menerbitkan buku pedoman khusus. Isinya sederhana, tapi cukup untuk menjawab hal-hal yang menjadi ciri khas Aswaja ala NU.
Ahad, 10/12/2006 15:48
Jakarta, NU Online
Dua tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Prof Dr KH. Said Aqil Siradj dan HM Rozy Munir, Jum’at (8/12) malam, secara bersama-sama meluncurkan buku di Hotel Borobudur, Jakarta . Kang Said, demikian saapan akrab KH Said Aqil Siradj meluncurkan buku dengan judul Tasawuf Sebagai Kritik Sosial, sementara milik Rozy Munir sebuah buku dokumenter berjudul Rozy Munir Dalam Liputan Media. Acara peluncuran yang dirangkai dengan bedah buku itu berlangsung meriah. Hadir dalam acara itu sejumlah tokoh nasional, Ketua Umum PBNU KH. Hasyim Muzadi, mantan Ketua DPR dan Partai Golkar Akbar Tanjung, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Sarwono Kusuma Atmaja, Menteri PDT Syaifullah Yusuf, Ketua MPR Muhaimin Iskandar, Mantan Kepala BIN Hendro Priyono, Rektor UIN Jakarta Prof. Dr Azyumardi Azra, Pengamat Politik Fachri Ali, Sri Edi Swasono, mantan juru bicara Gus Dur Adi Masardi, anggota DPR dari sejumlah parpol dan ratusan aktivis NU.
Sabtu, 09/12/2006 13:46
Jakarta, NU Online
Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) siap digelar. Persiapan hajatan besar yang akan diselenggarakan di Palembang, Sumatera Selatan pada 12-14 Desember mendatang itu sudah mencapai tahap akhir. “Persiapan sudah mencapai 85 persen. Tinggal hal-hal yang bersifat sangat teknis di lapangan saja. Itu nanti kita koordinasikan dengan panitia daerah,” kata Ketua Panitia Pelaksana Mukernas Lakpesdam NU Ahmad Wazir kepada NU Online di Kantor PP Lakpesdam NU, Jalan KH Ramli, Jakarta Selatan, Jum’at (8/12) malam.
Sabtu, 09/12/2006 09:50
PELUNCURAN BUKU TASAWUF
Jakarta, NU Online
Bidang ilmu tasawuf kurang banyak dikenal oleh umat Islam. Sementara ini umat Islam hanya bergelut dengan dua bidang saja, yakni ilmu kalam atau theologi yang menandai persoalan keimanan kepada Allah SWT dan syari’ah yang berorientasai pada pendekatan beragama secara legal formal atau fikih. Padahal substansi Islam sesungguhnya ada dalam ajaran mengenai etika, yakni bagaimana memosisikan diri secara tepat dalam kehidupan sosial yang selalu berubah dan berbenah, dan ajaran itu ada pada bidang keilmuan tasawuf. Ketika hanya difahami sebagai iman dan fikih, maka Islam menjadi kaku dan sangar.
Jumat, 08/12/2006 17:53
Jakarta, NU Online
Salah satu di antara banyak persoalan besar yang sedang dihadapi Nahdlatul Ulama (NU) saat ini adalah pengkaderan. Meski berjalan, namun proses pengkaderan tersebut belum mampu menumbuhkan militansi kader. Akibatnya, cukup sulit menemukan kader yang bersedia memperjuangkan NU dengan tulus. Demikian diungkapkan Ketua Umum Lajnah Ta’lif wan Nasyr (LTN) NU Munim Dz dalam diskusi yang digelar Pengurus Pusat (PP) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU di Kantor NU Online, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Jum’at (8/12)
Jumat, 08/12/2006 16:25
Jakarta, NU Online
Sistem penyaluran subsisi pupuk melalui kupon ternyata belum menjadi keputusan pemerintah. Menyusul spekulasi seputar efektifitas sistem baru itu serta usulan beberapa pakar ekonomi untuk menyerahkan harga pupuk kepada mekanisme pasar alias mencabut subsidi, dikatakan, sistem itu hanyalah rencana alternatif Departemen Pertanian (Deptan) agar subsidi pupuk yang diberikan tidak salah sasaran. "Kupon pupuk itu masih salah satu opsi yang disampaikan Deptan untuk mengatasi masalah pupuk di petani. Jadi, itu masih wacana dan belum menjadi putusan Presiden, apalagi dilaksanakan," kata Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, Jumat (8/12) siang usai sholat Jumat di mesjid Baiturahmin di Kompleks Istana Wapres, Jakarta.
Jumat, 08/12/2006 16:06
Jeddah, NU Online
Pejabat negara dan keluarga yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun ini tidak akan mendapatkan fasilitas khusus dari negara. Meski mereka tetap dibantu untuk mendapat visa haji, namun perjalanan ibadah haji selama di Arab Saudi harus ditangani oleh biro perjalanan. "Hal itu sudah saya sampaikan kepada para menteri dan anggota MPR yang berniat untuk menunaikan ibadah haji dan mereka setuju," kata Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni, saat mengadakan meninjau kedatangan Kloter 9 embarkasi Palembang di Bandara King Abdul Aziz, Jedah, Kamis (7/12).
Jumat, 08/12/2006 15:39
Bangsa ini kelihatannya semakin hari semakin kehilangan karakter dan semakin kerdil, tidak hanya di kalangan rakyatnya, tetapi juga menggejala di lingkungan para pejabat tinggi negara baik yang ada di eksekutif, legislatie maupun yudikatif. Mereka itu sekarang lebih giat menyebarkan gosip, ketimbang mebicarakan masalah ketatanegaraan yang itu sangat diperlukan untuk menata negeri yang anarkis ini. Sebaliknya yang terjadi, mereka lebih menjadi bintang infotainmen di berbagai televisi, dan hanya mengurus soal hobi, persis seperti yang dilakukan para artis, bahkan kalangan ilmuwan belakangan ini juga banyak yang bergabung  dengan mereka menjadi kelompok selebriti. Tugas  kenegaraan, kepemerintahan dan tugas kecendekiawanan diabaikan, bahkana kalangan agamawan juga sudah memasuki wilayah hiburan ini.
Jumat, 08/12/2006 09:56
Yogyakarta, NU Online
Di saat PT Lapindo dan warga bernegosiasi di Pendopo Kabupaten Sidoarjo soal ganti untung, di Yogyakarta puluhan santri yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Santri (Forsis) Jawa Timur menggelar aksi unjukrasa. Aksi mendesak agar PT Lapindo Brantas segera memenuhi ganti rugi kepada warga. Aksi digelar di Bunderan UGM, kemarin. Dalam aksinya Forsis meminta agar PT Lapindo Brantas tidak ingkar janji dan lari dari tanggungjawab. Lapindo Brantas harus memenuhi hak para warga yang menjadi korban Lumpur panas.
Ubudiyah
Rabu, 23/04/2014 08:11
Di daerah pesisir pantai utara pulau Jawa terdapat puji-pujian yang sangat mengharuka. Apalagi jika dilagukan oleh suara orang tua, seolah mereka menghayati...
Sabtu, 19/04/2014 16:00
Diantara empat hukum dalam Islam, semuanya memiliki konsekwensi masing-masing kecuali mubah. Pahala diperuntukkan mereka yang menjalankan hukum wajib dan...
Syariah
Kamis, 24/04/2014 07:00
Dalam kitab  Bughyatul Mustarsyidin  karya Sayyid Abdurrahman bin Muhammad al-hadramy menyatakan bahwa ada tujuh hal yang dimakruhkan dalam shalat....
Ahad, 20/04/2014 05:00
Dalam hadits Bukhari, Abu Daud dan Al-Wadhihah sebuah cerita menyebutkan bahwa Ali bin Abi Thalib telah melamar seorang putri Abu Jahal bin Hisyam, lalu...
Hikmah
Jumat, 18/04/2014 05:01
Kisah tentang keteguhan seorang wanita yang bernama Masyitah dalam mempertahankan keimanannya ini begitu masyhur. Masyitah adalah seorang pelayan di kerajaan...
Jumat, 11/04/2014 16:01
Suatu ketika Nabi Musa as. mengadu kepada Allah, “Wahai Tuhan! Engkau ciptakan makhluk dan Kau berikan kenikmatan rizki. Kau (pula) yang menjadikan...
Taushiyah
Rabu, 23/04/2014 12:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Hampir semua eksponen NU sibuk memasyarakatkan Khittah 26, pada masa antara pasca-Muktamar NU ke-27 sampai dengan Pemilu 1987....
Rabu, 16/04/2014 19:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa tahun yang lampau, seorang ulama dari Pakistan datang pada penulis di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)...
Khotbah
Kamis, 10/04/2014 13:04
"Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong seberat dzarroh (atom yang paling kecil)." Lantas ada seseorang yang berkata: Sesungguhnya ada laki-laki yang suka berpakaian indah dan bersandal bagus. Nabi saw bersabda: “sesungguhnya Allah itu Indah dan suka keindahan. Sombong adalah menentang kebenaran dan memandang rendah orang lain (al-Hadits).
Kamis, 27/03/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Rasulullah Pernah bersabda "Satu waktu nanti akan tiba atas umatku penguasa seperti singa, para menterinya seperti serigala, dan hakim-hakimnya seperti anjing. Sementara itu umat kebanyakan bagaikan kambing. Bagaimana bisa kambing hidup diantara singa, serigala dan anjing?"
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefApril 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Maaf transaksi pembelian via web toko.nu.or.id belum bisa beroperasi karena ada sistem yang perlu disempurnakan ::::