Kamis, 23 Oktober 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Senin, 12/01/2009 16:20
Cirebon, NU Online
Islamic Center Kota Cirebon, Jawa Barat, diprotes warga Nahdlatul Ulama (NU). Hal itu muncul menyusul pernyataan pengurus Islamic Center setempat yang menganggap bahwa acara peringatan Haul Sayyidina Husein pada Kamis (8/1) lalu, bertentangan dengan akidah umat Islam.

Warga yang mengatasnamakan dirinya Keluarga Besar NU itu meminta pengurus Islamic Centre Kota Cirebon agar mencabut pernyataannya. Dalam siaran persnya yang diterima NU Online, mereka menilai pernyataan itu dapat meresahkan umat Islam yang selama ini menjalankan tradisi keagamaan tersebut.
Senin, 12/01/2009 15:41
Jepara, NU Online
Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan dan Kebudayaan (UNESCO) mendistribusikan relawan guru tamu Bahasa Inggris untuk sekolah, madrasah, perguruan tinggi dan pondok pesantren Nahdlatul Ulama (NU) se-Indonesia.

Pendistribusian tenaga relawan pengajar itu dilakukan UNESCO melalui lembaga di bawah naungannya, Dejavato Foundation, yang mempunyai kantor kesekretariatan di Semarang, Jawa Tengah.
Senin, 12/01/2009 15:16
Yogyakarta, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DI Yogyakarta menyalurkan bantuan dana untuk rakyat Palestina yang menjadi korban serangan militer Israel. Bantuan senilai Rp 1,5 juta itu disalurkan melalui Keluarga Mahasiswa NU Universitas Gajah Mada Yogyakarta yang merupakan anggota Medical Emergency Rescue Committee (MER-C).

Dana tersebut merupakan sumbangan sekira 100 warga NU yang hadir pada dialog bertajuk “Konflik Israel-Palestina” di Yogyakarta, Ahad (11/1) kemarin. PWNU juga masih membuka posko penggalangan dana untuk Palestina di kantornya di Jalan M.T. Haryono, Yogyakarta.
Senin, 12/01/2009 14:57
Yogyakarta, NU Online
Pemerintah Indonesia bisa memediasi negara-negara Arab untuk segera menghentikan agresi Israel ke Jalur Gaza, Palestina. Sebab, Indonesia memiliki posisi yang kuat dan dipandang sebagai negara besar bagi bangsa-bangsa Arab.

Demikian dikatakan Dr H Ibnu Burdah, Pengamat Politik Timur Tengah yang juga Ketua Pusat Kajian Timur Tengah pada Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, dalam dialog bertajuk “Konflik Israel-Palestina” di Yogyakarta, Ahad (11/1) kemarin.
Senin, 12/01/2009 14:50
Denpasar, NU Online
Syeikh Fakhruddin, keturunan Uwais Al Qorny, salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW, melakukan serangkaian kegiatan wisata religius di Bali.

Tokoh Islam dunia kelahiran Amerika Serikat yang sekolah dan dibesarkan di Afrika itu, di antaranya menyampaikan ceramah di Jalan Umalas Lestari 8X, Kerobokan, Kuta, Kabupaten Badung, Bali baru-baru ini.
Senin, 12/01/2009 13:39
HARLAH KE-83 NU KOTA PEKALONGAN
Pekalongan, NU Online
Walikota Pekalongan dr H Basyir Ahmad berharap kepada Nahdlatul Ulama (NU) terus mengadakan kegiatan pengobatan gratis secara berkala, sebab dengan kegiatan ini masyarakat Kota Pekalongan dapat merasakan manfaatnya langsung dari pengabdian NU.

Dirinya berjanji akan membantu tenaga medis dan obat-obatan yang diperlukan, dan jika perlu ada pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit, Pemerintah Kota Pekalongan siap memfasilitasi dan membantu meringankan biaya. Demikian dikatakan Walikota Pekalongan saat membuka pengobatan gratis putaran kedua dalam rangka Harlah ke-83 NU tahun 2009 di pesantren Al Mubarok, Medono Kota Pekalongan Ahad (11/1).
Senin, 12/01/2009 12:47
Malang, NU Online
Untuk menciptakan forum komunikasi antar-kepengurusan Pusat (PBNU) dan pengurus-pengurus tingkat Cabang maupun warga Nahdlatul Ulama di seluruh pelosok, PCNU Kab. Malang luncurkan situs resmi www.nu-kabmalang.org. Adanya situs tersebut sangat diharapkan warga nahdliyin, khususnya di wilayah Kab. Malang, agar tidak tertinggal dalam memperoleh akses informasi.
 
Dalam acara rapat pleno lengkap, bertempat di Kantor Cabang NU Kab. Malang Jalan Krapyak Kepanjen Malang, Sabtu 10/01, selain membahas program-program kerja cabang, situs PCNU Kab. Malang secara resmi diperkenalkan kepada peserta rapat yang terdiri dari Pengurus Harian Syuriyah-Tanfidziyah, pengurus Lembaga-Lajnah dan Badan Otonom NU.
Senin, 12/01/2009 11:37
Surabaya, NU Online
Kian 'larisnya' suara santri untuk memberikan dukungan politik baik pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2009 maupun Pilpres 2010, menarik minat kalangan pelajar nahdliyin untuk mengungkap sejauh mana peranan santri dalam dunia politik di Indonesia.

Dalam seminar yang dihelat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Putra Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Sabtu (10/1), terungkap bahwa prestasi terbaik kalangan santri dalam dunia politik terjadi pada era perang kemerdekaan. Selanjutnya, pada masa orde baru dan reformasi kalangan atau tokoh santri tak lagi bisa mengembangkan peranya dalam kehidupan berbangsa.
Senin, 12/01/2009 10:54
Cirebon, NU Online
Pengurus Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Cirebon periode 2008-2012 resmi dilantik oleh Pimpinan Wilayah Fatayat NU Jawa Barat, Hj Ratu Hanifah,bertempat di GOR Ranggajari, Ahad (11/1).

Pelantikan berlangsung meriah dihadiri ribuan massa yang datang dari berbagai pelosok Kabupaten Cirebon. Tampak hadir Rais Syuriah NU Kabupaten Cirebon KH Hasanudin Kriyani, Ketua Bidang Fatwa MUI KH Bachrudin, Ketua Fraksi PKB Drs H Maskur Ibnu Ilyas, dan lainnya.
Senin, 12/01/2009 10:15
Bandung, NU Online
Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Jawa Barat (Jabar) yakin akan menyapu bersih 100% suara warga Nahdlatul Ulama (NU) di Jabar pada pemilu 2009.

Ketua DPW PKB Jabar Helmy Faishal Zaini mengatakan, upaya ini bisa terlihat dari soliditas warga NU di beberapa daerah di Jabar seperti Priangan Timur dan Pantura yang memang menjadi basis NU.
Senin, 12/01/2009 08:10
Jakarta, NU Online
Serangan Israel ke Jalur Gaza terus menuai kecaman dunia internasional. Namun ternyata presiden-terpilih Amerika Serikat (AS) Barack Hussein Obama tak dapat berbuat apa pun hingga saat ini.

Meski pihak Palestina mengaku telah menghubungi Obama, namun sampai saat ini tidak terjadi perubahan apapun. Demikian dinyatakan Duta Besar Palestina di Jakarta, Fariz Mehdawi usai menerima bantuan uang tunai dari Aliansi Masyarakat Cinta Damai, di Jl Kemiri no 62 Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (11/1).
Senin, 12/01/2009 06:54
Jakarta, NU Online
Duta Besar Palestina untuk Indonesia Fariz Mehdawi menyatakan, Perdamaian di Palestina bukan tanggung jawab warga Palestina sendiri. Perdamaian di palestina adalah tanggung jawab semua bangsa.

Karenanya, negara Palestina selalu berharap pada bantuan-bantuan masyarakat dunia untuk dapat menekan Israel menghentikan serangan-serangannya ke Jalur Gaza. Obama juga menyatakan terima kasihnya pada simpati dan bantuan yang diberikan oleh rakyat Indonesia Pada Palestina. Demikian dinyatakan Fariz di Jakarta, Minggu (11/1).
Senin, 12/01/2009 05:24
Jakarta, NU Online
Pengasuh Pesantren Ciganjur KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menilai, kehidupan beragama di Indonesia terlalu sederhana. Masyarakat berpikir statis tentang agama.

Demikian dinyatakan oleh Gus Dur dalam pengajian rutinnya di Pesantren Ciganjur, Jl. Warung Sila Jakarta, minggu lalu. Menurut Gus Dur para agamawan hanya mengurusi persoalan-persoalan sepele saja.
Ahad, 11/01/2009 21:42
Kuala Lumpur, NU Online
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad meminta Parlemen malaysia untuk mendiskusikan upaya konkret demi menekan Israel. Menurut Mahater, Israel harus dibawa ke Mahkamah Internasional terkait aksi brutal yang dilakukannya.

Mahathir menyatakan, membunuh dengan warga Palestina untuk menyelesaikan masalah merupakan cara primitif yang telah ditempuh oleh israel. Karenanya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berani bertindak tegas pada Israel.
Ahad, 11/01/2009 20:56
Jakarta, NU Online
Partai Persatuan pembangunan (PPP) menyatakan ketikdaksetujuannya terhadap munculnya wacana penghapusan fraksi-fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). PPP menganggap wacana ini sebagai hal aneh.

Pernyataan ini disampaikan oleh Sekretaris FPPP Lukman Hakim di Jakarta, Minggu (11/1). Lukman menyatakan kekhawatirannya apabila fraksi dihapus. Menurutnya, penghapusan fraksi menjadikan negara tidak lagi demokratis
Ahad, 11/01/2009 19:39
Doha, NU Online
Sebagai rasa solidaritas atas bencana kemanusiaan di Palestina, masyarakat Indonesia di Qatar mengadakan acara penggalangan dana yang dilaksanakan pada hari Sabtu, (10 /1) di gedung serba guna Qatar Charity.

Acara ini merupakan kerjasama antara IMSQA (Indonesian Muslim Society in Qatar) dan PERMIQA (Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar) dengan Qatar Charity. Ratusan masyarakat Indonesia sangat antusias mengikuti acara ini termasuk Duta Besar RI untuk Qatar HM Rozy Munir beserta ibu dan staf kedutaan besar di Doha sebagaimana dilaporkan oleh kontributor NU Online di Qatar Achmad Sudradjat.
Ubudiyah
Rabu, 22/10/2014 06:00
Dalam berbagai literatur fiqih dan buku-buku tuntunan shalat banyak ditemukan amalan dan do’a-do’a keseharian. Dari yang bersifat umum hingga...
Selasa, 14/10/2014 13:02
Khawatir kebakaran, matikan lampu dan kompor saat hendak tidur. Jauhkan lilin dari benda yang muda terbakar. Cari juga tatakan porselen untuk lilin. Begitu...
Syariah
Selasa, 21/10/2014 13:00
Pada umumnya orang memahami bahwa shalat tahajjud dan shalat hajat adalah dua shalat berbeda yang biasa dilakukan pada malam hari. Sehingga seseorang yang...
Rabu, 08/10/2014 15:05
Apa hubungan gerhana bulan ( khusuf ) dan keadilan sosial? Gerhana merupakan peristiwa alam, salah satu bentuk kuasa Allah. Tetapi Rasulullah SAW sendiri...
Hikmah
Ahad, 19/10/2014 11:24
Dirinya sungguh tak menyangka bakal sembuh dengan cara istimewa. Semula orang laki-laki ini sehari-hari diliputi gelap karena kondisi matanya yang sama...
Jumat, 26/09/2014 10:04
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW.
Taushiyah
Senin, 20/10/2014 12:02
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam perjalanan ke gedung TVRI saat subuh awal Februari 2003, penulis mendengar siaran sebuah radio swasta Jakarta yang...
Sabtu, 11/10/2014 10:01
Keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup -bahkan seluruh aspek kehidupan manusia- merupakan kunci kesejahteraan. Stabilitas hidup memerlukan...
Khotbah
Sabtu, 04/10/2014 09:08
KHOTBAH IDUL ADHA
Pada hari dan bulan ini umat Islam dari seluruh penjuru dunia disyariatkan menjalankan 2 ibadah disamping ibadah yang rutin dilaksanakan setiap hari. Pertama ibadah haji dan, kedua ibadah kurban. Ibadah haji hukumnya wajib bagi yang mampu. Yang kedua, ibadah kurban. Ibadah ini berhukum sunnah ‘ain bagi individu dan sunnah kifayah bagi anggota keluarga.
Jumat, 26/09/2014 07:41
KHOTBAH JUMAT
“Tidak ada hari yang paling disukai oleh Allah swt,  dimana Dia disembah pada hari itu kecuali, sepuluh hari bulan Dzul Hijjah. Puasa satu hari di dalamnya sama halnya dengan puasa satu tahun. Ibadah, shalat malam sekali pada malamnya seperti shalat malam selama satu tahun pula”.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Space Iklan
305 x 140 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefOktober 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::