Ahad, 23 November 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Selasa, 24/02/2009 11:29
Jember, NU Online
Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto membantu pembangunan gedung perpustakaan Nahdlatul Ulama (NU) di Jember. Pada Senin (23/2) Prabowo meletakkan batu pertama untuk pembangunan gedung perpustakaan yang berada di sebelah barat gedung Baladika NU, Jalan Tampaksiring, Antirogo, Kecamatan Sumbersari.

Gedung yang dinamai "Perpustakaan Prof Sumitro Joyohadikusumo” itu berukuran 7,5 x 15, dan direncanakan dua lantai. “Saya berharap gedung ini, bisa diresmikan setahun lagi,” tukasnya saat memberikan sambutan.
Selasa, 24/02/2009 10:58
Mojokerto, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi menyesalkan sikap Presiden SBY dan Wapres Jusuf Kalla (SBY-JK) yang cenderung mengedepankan perilaku sebagai politikus daripada seorang negarawan. Menurut Hasyim, belakangan ini, keduanya kerap menyampaikan statemen mewakili parpol masing-masing.

''Tidak seharusnya masing-masing belum bicara soal pencalonan presiden, karena keduanya masih memegang kontrak memimpin seluruh rakyat Indonesia.'' ungkap Hasyim saat menghadiri acara pelantikan Pimpinan Cabang NU Kabupaten Mojokerto di wisma NU Mojokerto,  Senin, (23/2).
Selasa, 24/02/2009 09:32
Tuban, NU Online
Bupati Tuban Haeny Relawati sudah meneken izin penyelenggaraan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Tuban. Demikian diungkapkan Sekretaris Kabupaen (Sekkab) Tuban, Parastuti.

''Semua sudah beres. Izinnya sudah diteken Ibu Bupati,'' ujar Tutik, panggilan akrab Parastuti, Senin (23/2). Pernyataan ini menjawab ketidakpastian keluarnya surat lisensi tersebut.
Selasa, 24/02/2009 08:19
Malang, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menyelenggarakan acara kunjungan silaturrahim dan turun ke bawah (turba) yang mengundang Pengurus Cabang (PCNU) se-eks Karesidenan Malang, bertempat di Gedung Serbaguna PCNU Kabupaten Malang, di Jalan Sumedang 2, Kepanjen Malang, Ahad (22/2) kemarin.

Hadir dalam acara tersebut seluruh Pengurus PCNU dari Kabupaten/Kota Malang, Kota Batu, Kota/Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten/kota Pasuruan. Sebelumnya PWNU menggelar Silaturrahim dengan enam Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) daerah tapal kuda di Pondok Pesantren Al-qodiri, Gebang, Jember.
Selasa, 24/02/2009 07:42
Bantul, NU Online
Pengadilan Agama dan Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Bantul menyatakan siap bekerja sama untuk menanggulangi peningkatan jumlah pernikahan usia dini di masyarakatnya. Hal ini terkait terus adanya peningkatan yang cukup signifikan mengenai kasus tersebut di wilayah Kabupaten Bantul.

Demikian dinyatakan Aidi Johansyah, Kasi Urusan Agama Islam, Pengadilan Agama Kabupaten Bantul, Senin (23/2). Menurutnya, peningkatan pernikahan dini di wilayah Kabupaten Bantul disebabkan oleh tingginya angka kecelakaan pergaulan di antara para remaja.
Selasa, 24/02/2009 06:48
Jakarta, NU Online
Anak Muda Nahdlatul Ulama (NU) Bekasi Timur yang tergabung dalam kelompok Muhazamatul Fata Lailatul Ijtima (MFLI) menyerahkan sumbangan dana yang dikumpulkan dari warga setempat untuk anak-anak palestina melalui program Save Palestine’s Childern yang dikoordinir oleh Lembaga Amin Zakat Infaq dan Shadaqoh (LAZIZ) NU.

Dana yang dikumpulkan sebesar Rp 11.000.000 diserahkan langsung oleh Ketua MFLI Riki Fudali kepada Ketua PP LAZIZ NU KH Fathurrahman Rauf di ruang pertemuan lantai 5 gedung kantor PBNU, Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, Senin (23/2).
Senin, 23/02/2009 23:59
Malang, NU Online
PCNU Kabupaten mengadakan bakti sosial, dengan pengobatan gratis. Pelaksanaan kegiatan tersebut, merupakan kerja sama Lembaga Pelayanan Kesehatan PCNU Kabupaten Malang dengan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (Unisma), yang dilaksanakan bagi warga Kepanjeng dan sekitarnya.

Menurut dr Moh Mufid As-Sadzili, pelaksana kegiatan tersebut, warga yang memanfaatkan pengobatan tersebut sekitar 500 orang. "Umumnya mereka menderita penyakit, darah tinggi, gatal, dan penyakit ketuaan," katanya.
Senin, 23/02/2009 20:21
Jakarta, NU Online
Nahdlatul Ulama (NU) diharapkan menjadi penggerak proses suksesi kepemimpinan nasional menjelang Pemilu 2009. Sebab, dalam sejarah bangsa, NU tak bisa dipisahkan dengan proses berdirinya negara ini.

Demikian dikatakan Sekretaris Jenderal Majelis Alumni Ikatan Pelajar NU, Asrorun Ni'am Sholeh, di Jakarta, Senin (23/2). "Saatnya NU menjadi penggerak lokomotif pergantian kepemimpinan nasional pada pemilu 2009 yang akan datang. Peran NU saat ini sangat dibutuhkan," katanya.
Senin, 23/02/2009 15:22
Yerusalem, NU Online
Pemerintah Israel bersiap-siap akan menghancurkan sekitar 80 rumah ilegal di Yerusalem Timur, Palestina. Negara Yahudi itu juga telah memerintahkan penduduk setempat untuk segera meninggalkan tempat tersebut.

"Pemilik 80 rumah di daerah Al-Bustan telah menerima surat pemberitahuan pengusiran yang mengatakan bahwa bangunan-bangunan itu akan dihancurkan karena dianggap ilegal," kata Pejabat Palestina yang bertanggung jawab di Yerusalem, Hatem Abdel Kader, di Yerusalem, Minggu (22/2).
Senin, 23/02/2009 15:13
Jakarta, NU Online
Daftar pemilih tetap (DPT) di Pilkada Jatim banyak yang fiktif. Mantan Cawagub Jatim Mudjiono menyerukan agar para pendukung KaJi terus berjuang secara moral meski pemenang Pilkada Jatim telah ditetapkan.

Hal itu disampaikan Mudjiono, saat menjawab pertanyaan wartawan terkait upaya hukum yang dilakukan pihaknya pasca penetapan tersangka ketua KPU Jatim Wahyudi Purnomo. "Saat Kita tetap bersama-sama melakukan gerakan moral untuk keadilan,"kata Mantan calon wakil gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) Mujiono, di KPU, Jakarta (23/2).
Senin, 23/02/2009 14:01
Tegal, NU Online
Di tengah maraknya kampanye legislatif, Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tegal malah mengkampanyekan roti. Hal tersebut dilakukan agar produk toti buatan pengurus Cabang (PC) Fatayat NU lebih dikenal dan dikonsumsi masyarakat Kabupaten Tegal dan sekitarnya.

"Saat ini, Fatayat NU tidak kalah berkampanye, tapi kampanye roti," ujar Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Tegal KH Chambali Utsman saat menyampaikan sambutan peresmian Jasmin Baking Center Bakery Unit Usaha Koperasi Serba Usaha (KSU) KSU "Jasmin" PC Fatayat NU Kabupaten Tegal di Halaman BMT SM MWCNU Kramat, Jalan Garuda Kramat Tegal, Ahad (22/2) siang.
Senin, 23/02/2009 13:36
Jombang, NU Online
Pengamat sosial dan kebudayaan Universitas Darul `Ulum (Undar) Jombang, Prof. Dr. Tadjoer Ridjal, M.Pd. mengatakan fenomena dukun cilik Ponari akan hilang dengan sendirinya.

"Fenomena seperti ini tidak akan berlangsung lama karena akan hilang dengan sendirinya. Mengenai kapan itu akan terjadi, tergantung situasi dan kondisi masyarakat," katanya di Jombang, Jawa Timur, Ahad.
Senin, 23/02/2009 12:28
Mataram, NU Online
Sedikitnya lima rumah warga jamaah Salafi di Gerung, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) diserang masyaraka, karena dinilai telah menyingung masyarakat yang menganut faham Ahlisunnah Waljamaah.

Rumah-rumah tersebut hancur sementara rumah yang lainnya atapnya dipenuhi batu bekas lemparan sehingga mereka harus mengungsi ke rumah keluarga dan tetangga terdekat.
Senin, 23/02/2009 11:44
Surabaya, NU Online
Partai Kebangkitan Bangsa PKB memilih bersikap diam terkait pencalonan Jusuf Kalla sebagai calon presiden pada pemilu mendatang.

Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar tak memberikan reaksi apa-apa ketika ditanya wartawan mengenai tampilnya nama JK dalam bursa pilpres nanti. "Kita tak akan bereaksi apa-apa," tegas Muhaimin Iskandar kepada wartawan di Surabaya, Minggu (22/2).
Senin, 23/02/2009 10:01
Kairo, NU Online
Ulama besar Al-Azhar Prof Dr Mohammed Sayyid Thantawi dalam pernyataannya mengecam serangan bom di depan Masjid Husein. Kabar terbaru menyebutkan sedikitnya 4 orang tewas dalam serangan ini dan 19 luka-luka yang sebagian besar berkewarganegaraan Perancis dan Jerman.

"Pelaku pembom tersebut pengecut dan tidak menghargai makna jiwa manusia," ujar Syeikh Thantawi di Kairo, Senin (23/2).
Senin, 23/02/2009 09:39
Beirut, NU Online
Israel melakukan serangan ke Lebanon. Delapan rudal melalui tank-tank diarahkan ke Lebanon Selatan yang mengenai wilayah luar dari distrik Al-Qulayla dan Almansury-Naqoura.

Pemerintah Israel juga menuding pemerintah Lebanon sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan roket terhadap wilayahnya tersebut.
Ubudiyah
Kamis, 20/11/2014 21:03
Kalimat “Inna lillahi wa Inna Ilaihi Roji’un” mesti melompat lebih dulu sebelum bertanya apa sebab tetangga wafat. Kalimat itu seperti...
Selasa, 18/11/2014 11:00
Diantara salah satu hal yang harus diimani seorang mukmin adalah keberadaan malaikat yang memiliki berbagai tugas dari Allah swt. Baik yang berhubungan...
Syariah
Selasa, 11/11/2014 07:00
Diantara materi Bahtsul Masail dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada tanggal satu dan dua...
Kamis, 06/11/2014 13:00
Setelah Khilafah Turki Utsmani berakhir pada 3 Maret 1924, beberapa kalangan menilai peran Islam dalam pentas politik global selama lebih dari 13 abad juga...
Hikmah
Jumat, 21/11/2014 09:01
Khalifah II Dinasti Abbasiyah, Abu Ja’far al-Mansur, hari itu benar-benar sedang jengkel. Seekor lalat terus mendekati wajahnya. Usaha untuk...
Sabtu, 15/11/2014 08:12
Hatim Al-Asham merupakan salah seorang ulama besar yang wafat di Baghdad, Irak tahun 852 M atau 237 H. Terdapat sebuah kisah penuh hikmah yang mendasari kata...
Taushiyah
Senin, 17/11/2014 11:01
Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar yang membentuk watak dan perilaku secara sistematis, terencana dan terarah. Sedangkan sosial, secara ensiklopedis...
Sabtu, 01/11/2014 10:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Bagi umat Islam, ijtihad adalah suatu kebutuhan dasar, bukan saja ketika Nabi sudah tiada, tapi bahkan ketika Nabi masih hidup....
Khotbah
Jumat, 14/11/2014 07:38
KHOTBAH JUMAT
Bekerjalah kamu dan jadikanlah alat tenunmu (bila engkau penenun) sebagai tasbih. Jadikanlah kapakmu (bila tukang kayu) sebagai tasbih dan jadikanlah jarumnu (bila engkau penjahit) sebagai tasbih, dan jadikanlah perjalananmu (bila engkau pedagang) sebagai tasbih.
Kamis, 30/10/2014 14:00
KHOTBAH JUMAT
Dalam salah satu taushiyahnya Sayyidul Auliya Syaikh Abdul Qadir al-Jailani pernah membagi jenis manusia dalam empat bagian besar. pertama; mereka yang hati dan lisannya mati. Kedua, mereka yang mati hatinya namun lisannya bercerita. ketiga mereka yang kelu lidahnya, tetapi hayat hatinya. dan terakhir mereka yang berilmu dan berkarya sesuai ilmunya. 
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Space Iklan
305 x 140 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefNovember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30      
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::