Rabu, 06 Mei 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Senin, 14/09/2009 07:05
Kairo, NU Online
Dalam pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Kairo, Presiden Mesir Husni Mubarak, mendesak Israel agar menghentikan "semua kegiatan permukiman" dan memperingatkan mengenai bahaya yang ditimbulkannya di Jerusalem, Ahad (13/9).

Mubarak "menyeru Israel agar menghentikan semua kegiatan permukiman, termasuk 'perkembangan alamiah' permukiman", kata juru bicara kepresidenan, Suleiman Awad, setelah pembicaraan tersebut.
Ahad, 13/09/2009 19:04
Melbourne, NU Online
Kisruh kasus Bank Century menjadi pelajaran berharga bagi bangsa Indonesia agar berhati-hati memilih pemimpin pada masa mendatang, kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, saat menjadi pembicara dalam sebuah pertemuan dengan warga Indonesia dan Muslim Australia di Masjid Laverton, Melbourne, Jumat (11/9) lalu.

Menurutnya, politik dan kekuasaan seharusnya diniatkan untuk membangun bangsa dan menyejahterakan rakyat sesuai nilai dan ajaran agama. Kepentingan rakyat harus berdiri di atas kepentingan lainnya.
Ahad, 13/09/2009 18:49
Jakarta, NU Online
Organisasi Perempuan Partai Kebangkitan Bangsa (PPKB) berharap Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan (Kemenneg PP) tetap dipertahankan dalam kabinet pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono periode 2009-2014.

Ketua Umum PPKB, Ida Fauziyah, kepada wartawan, di Jakarta, Ahad (13/9), mengatakan, pos Kemenneg PP masih sangat diperlukan. Karena itu, wacana penggabungan Kemenneg PP dengan Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, tidak tepat.
Ahad, 13/09/2009 18:26
Jakarta, NU Online
Pesantren Mahasiswa al-Hikam Depok yang letaknya bersebelahan dengan Universitas Indonesia (UI) menggelar pengajian umum dalam rangka Nuzulul Qur'an, Ahad (13/9) malam. Pengajian menurut rencananya, pengajian ini akan dihadiri oleh dua pimpinan Majlis Dzikir Habaib terbesar di jakarta saat ini, yakni Habib Mundzir al-Musawa pimpinan Majlis Rasulullah dan pimpinan Majlis Dzikir Nurul Musthfa Habib Hasan bin Ja'far Assegaf.

"Pengajian ini diselenggarakan untuk mensyiarkan bulan suci Ramadhan. Terutama di daerah sekitar Jakarta yang sudah mulai diserbu oleh kelompok masyarakat urban yang lebih senang meninggalkan tradisi kebaikan," kata KH Hasyim Muzadi selaku tuan Rumah kepada NU Online.
Ahad, 13/09/2009 17:24
Jakarta, NU Online
Meski tak sebanyak pada saat arus mudik sebelumnya, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriah ini, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih menyediakan fasilitas tumpangan gratis bagi para pemudik untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

PKB menyediakan tiga unit bus untuk mengantar para pemudik yang akan pulang kampung pada 15 September mendatang. "Ini agenda rutin tahunan yang akan terus kami laksanakan," ujar kepala kantor DPP PKB Darussalam, Ahad (13/9).
Ahad, 13/09/2009 16:15
TAUSIYAH YAUMIYAH RAMADHAN
Jakarta, NU Online
Meski panas terik semakin menyengat kala siang di musim kemarau ini, namun bukan berarti umat Islam harus meninggalkan atau membatalkan puasanya. Justru teriknya cuaca merupakan ujian yang semakin mempertebal keimanan orang-orang mukmin bila dapat melewatinya sambil berpuasa.

Dulu pun di zaman Rasulullah SAW justru umat Islam mengadapi beberapa beberapangan di bulan Ramadhan. Dalam cara yang tradisional, perang benar-benar ujian berat bagi siapa pun yang sedang berpuasa.
Ahad, 13/09/2009 15:32
Karanganyar, NU Online
Ada yang berbeda pada kegiatan Makesta yang diadakan PAC IPNU-IPPNU Karangpandan, 11 -12 September 2009 ini. Komentar bermunculan dari internal pengurus PC dan PAC saling memuji penampilan baru mereka sendiri yang lebih rapi.

Bahkan dalam acara resmi tersebut, hampir setengah dari pengurus PC IPNU Karanganyar mengenakan sarung, peci, dan jas IPNU. Demikian pula dari unsur PC IPPNU Karanganyar, seluruhnya menggunakan rok panjang, tidak ada yang memakai celana panjang.
Ahad, 13/09/2009 15:05
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Wacana penambahan posisi wakil ketua umum PBNU mendapat dukungan dari KH Hasyim Muzadi untuk dapat diterapkan pada kepengurusan PBNU periode 2010-2015. Struktur kepengurusan yang ada saat ini adalah ketua umum dibantu dengan ketua-ketua.

“Ini penting untuk mengantisipasi tugas ketua umum yang suatu saat tidak bisa menjalankan tugasnya atau non aktif,” katanya kepada NU Online (13/9) di Jakarta.
Ahad, 13/09/2009 14:01
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII), mengundang beberapa tokoh yang diproyeksikan menjadi kandidat ketua umum PBNU periode 2010-2015 untuk berorasi di kantor IKA-PMII Jalan Jeruk, Menterng, Jakarta Pusat, Ahad (13/9) sore ini.

Empat nama kandidat yang diundang adalah KH Said Aqil Siradj, KH Masdar F Mas'udi, H Ahmad Bagja, dan H Slamet Effendy Yusuf. Para kandidat akan menyampikan visi-misinya di hadapan para alumni organisasi kemahasiswaan berbasis NU itu.
Ahad, 13/09/2009 13:50
Pati, NU Online
Membentuk generasi muda yang berpikiran kreatif memang bukan hal mudah, namun bukan halangan untuk berprestasi. Hal inilah yang dilakukan oleh pengurus Madrasah Luthful Ulum Wonokerto, Pasucen, Trangkil Pati. Pengurus madrasah ini mengadakan bedah buku “Mencetak Anak Genius” karya Jamal Ma’mur Asmani, pada Jum’at (11 /9) pukul 16.00 WB, di auditorium madrasah setempat.

Agenda ini dihadiri oleh ratusan siswa, pengurus madrasah dan orang tua siswa. Pada kesempatan ini, Jamal Ma’mur mengungkapkan bahwa mencetak anak jenius itu bukan mudah dilakukan, sebab harus ada kegigihan untuk membentuk kegeniusan anak. “Anak genius itu memang bukan hal yang mudah ditemui, namun bukan jadi halangan bagi setiap anak untuk jadi pemuda kreatif,” terang Jamal.
Ahad, 13/09/2009 13:20
Jakarta, NU Online
Perebutan kursi ketua MPR semakin seru. Selain PDIP yang bernafsu mengusung Taufiq Kiemas dan PKS yang menjagokan kembali Hidayat Nur Wahid, ternyata PPP juga mengincarnya. PPP merasa terdorong memimpin MPR karena tidak mendapat jatah pimpinan DPR.

"Karena pemenang pemilu 1 sampai 5 sudah duduk di pimpinan DPR, maka PPP berharap kearifan di antara partai-partai yang sudah duduk di pimpinan DPR itu dapat mendorong PPP sebagai pemenang ke-6 untuk duduk sebagai ketua MPR," ujar Wasekjen DPP PPP Muhammad Romahurmuziy di Jakarta, Ahad (13/9).
Ahad, 13/09/2009 12:16
Padang, NU Online
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Padang salurkan bantuan kepada korban gempa Jawa Barat. Bantuan disalurkan melalui PMII Tasikmalaya dan Garut, yang selanjutnya diberikan kepada korban gempa.

Sekretaris PMII Cabang Padang Muntasir kepada Kontributor NU Online Bagindo Armaidi Tanjung, Ahad (13/9) menyebutkan, bantuan yang dihimpun dari masyarakat di dua ruas jalan raya di Padang, berjumlah Rp 3,7 juta.
Ahad, 13/09/2009 11:44
Jakarta, NU Online
Yayasan keluarga keraton Pengging Wonosegoro, Majasto Sujoharjo, Jawa Tengah,  siap memulai proses pemugaran dan pembangunan kembali keraton Kerajaan Demak dan pemugaran makam Syech Subakir dalam satu komplek Lintas Terpadu Bumi Keraton Glagahwangi Dhimak, Demak, Jawa Tengah.

Hal itu diungkapkan Munandar Wijaya Kusuma, selaku Ketua Yayasan Keluarga Keraton Pengging Wonosegoro, Majasto Sujoharjo, Jawa Tengah saat jumpa pers di Jakarta, Jumat (11/9).
Ahad, 13/09/2009 10:26
Yogyakarta, NU Online
Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Fatihah, Pleret, Bantul, Kiai Haji Muhammad Fuad Riyadi menuangkan esensi dari dzikir yang dilantunkan untuk memuji Allah, Tuhan Yang Maha Besar, dalam bentuk lukisan abstrak.

"Saya selalu berdzikir dulu sebelum melukis, sehingga semua lukisan yang dipamerkan kali ini adalah hasil dari dzikir," kata Kiai Fuad dalam pembukaan pameran Sang Kiai Melukis, di Bentara Budaya Yogyakarta, Sabtu malam.
Ahad, 13/09/2009 09:06
JELANG LEBARAN
Brebes, NU Online
Sebagai upaya menciptakan suasan Idhul Fitri yang damai, Kepolisian Resort(Polres) Brebes memusnahkan jutaan butir petasan dan ribuan minuman keras (Miras). Sebanyak 1.951 botol (Miras) dari berbagai jenis, merk dan ukuran serta ciu alias brangkal 57 liter.

“Sedang petasan, dimusnahkan sebanyak 2.121.513 butir dan 9 Kg. serbuk obat petasan,” papar Kapolres Brebes AKBP Drs. Firly, MSi disela-sela pemusnahan di halaman Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Brebes Sabtu (12/9) sore.
Ahad, 13/09/2009 02:34
Depok, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlaul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi menyambut kedatangan para kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Masjid Al-Hikam, Komplek Pondok Pesantren Alhikam 2, Kukusan, Beji, Kota Depok, Jum'at (11/9) lalu dalam acara Open House PMII UI.

Hadir dalam kesempatan itu mantan ketua alumni PMII H Ahmad Bagja, Ketua PKC PMII DKI Jakarta Dwi Winarno, aktivis PMII 1998 Alfanny, mantan ketua umum PMII Kota Depok Fuad Latif dan mantan ketua UKM Suara Mahasiswa UI Hans.
Ubudiyah
Sabtu, 18/04/2015 06:06
Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam...
Kamis, 16/04/2015 05:58
Orang mati tidak mungkin bisa kembali lagi. Sebagaimana tidak mungkinnya orang mati menambah amal sebagai revisi atas amal yang telah diperbuatnya selama...
Syariah
Jumat, 01/05/2015 04:01
Ikan dalam keadaan hidup-hidup maupun bangkainya, dihukumkan halal. Bagi yang hobi, ikan bisa diolah dengan pelbagai macam cara dan aneka bumbu. Ikan bisa...
Senin, 20/04/2015 20:03
Pada prinsipnya puasa sunah dianjurkan untuk dilaksanakan sebanyak mungkin mengingat puasa sarat keutamaan lahir dan batin. Karenanya agama Islam tidak akan...
Hikmah
Jumat, 17/04/2015 09:01
Jasad Syekh Abu Bakr Asy-Syibli memang terkubur dalam tanah sejak tahun 946 silam. Tapi nasihat santri Imam Junaid al-Baghdadi ini seakan terus mengalir...
Jumat, 10/04/2015 09:01
Menyayangi anak adalah sifat dan naluri yang dimiliki setiap orang tua. Tetapi, kasih sayang semacam apakah yang paling hakiki? Apakah dengan memanjakannya...
Taushiyah
Selasa, 28/04/2015 09:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Saat membaca kembali makalah-makalah yang dikirimkan kepada sejumlah penerbitan, disampaikan dalam sekian buah seminar dan...
Senin, 13/04/2015 07:05
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa tahun terakhir ini kita saksikan pergulatan yang hebat di kalangan berbagai kelompok Islam di Tanah Air. Banyak muncul...
Khotbah
Kamis, 09/04/2015 10:00
KHOTBAH JUMAT
Dalam membangun pola hidup sederhana ( إقامة المجتمع المقتصد - Iqamatul mujtama’ al-muqtashid) baik sederhana dalam pola berpikir, dalam tindakan dan tingkah laku. Sesungguhnya kehidupan yang sederhana diawali dari tindakan yang sederhana. Tindakan yang sederhana diawali dari ucapan yang sederhana, dan ucapan yang sederhana bersumber dari pola pikir yang sederhana. Dan pola pikir sederhana adalah memikirkan sesuatu yang bermanfaat, dan menjauhkan diri dari sesuatu yang dinilai tidak perlu.   
Kamis, 19/03/2015 11:00
KHOTBAH JUMAT
Bahkan dalam kitab Qomi’uth Thughyan diceritakan, Ada orang yang berlumur dosa, namun kemudian Allah melebur dosa-dosanya. Baginda Nabi bertanya kepada malaikat Jibril “sebab apa gerangan Allah mengampuni dosa-dosa orang itu?” Jibril menjawab karena ia menyenangkan putranya dengan ia memberikan buah tangan ketika pulang dari bepergian 
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefMei 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::