Jumat, 04 September 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Senin, 01/02/2010 12:46
HARLAH KE-84 NU
Surabaya, NU Online
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur siap membantu menangani dampak bencana alam, demikian Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (PP GP) Ansor Saifullah Yusuf saat Apel Banser NU Jatim menyambut Hari Lahir ke-84 NU di Gedung PWNU Jatim, Ahad.

"Kami sudah menyiapkan Tim Khusus untuk membantu pemerintah menangani bencana," kata Wagub Jatim itu saat menghadiri apel bersama Gubernur Jatim Soekarwo.
Senin, 01/02/2010 12:00
Jombang, NU Online
Pola sistem manajerial Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) yang telah direncanakan sepertinya masih perlu dilakukan banyak perbaikan. Hal ini terungkap dalam hasil workshop pedoman pengelolaan RSNU pada hari Sabtu (30/1) di rumah makan Zamzam wilayah kecamatan Diwek Jombang.

“Membangun rumah sakit yang baik dan layak mau tidak mau membutuhkan biaya yang besar dan itu bisa didapat salah satunya dengan cara berhutang, namun untuk menuju ke arah itu memerlukan penerapan manajemen pengelolaan yang jelas dulu,” ujar dr. Effendy yang menjadi salah satu pembicara.
Senin, 01/02/2010 11:10
HARLAH KE-84 NU
Pekalongan, NU Online
Sudah tiga tahun ini Pengurus Nahdlatul Ulama Kota Pekalongan menggelar pengobatan gratis yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama.

Dari setiap kali penyelenggaraan berhasil melakukan pengobatan tidak kurang dari seribu pasien. Dengan demikian, Nahdlatul Ulama Kota Pekalongan selama kurun waktu tiga tahun telah berhasil membantu pengobatan gratis tidak kurang dari tiga ribu warga Kota Pekalongan.
Senin, 01/02/2010 10:24
Tegal, NU Online
Kurang tepat jika ada anggapan yang menyatakan pesantren sekedar tempat mengaji. Kalau ada sebagian pesantren yang hanya mengajarkan pengajian hal itu tidak menjadi gambaran umum pesantren serta tidak mencerminkan sejarah panjang kelahiran pesantren di penjuru nusantara.

Pernyataan itu disampaikan Salah satu pengurus  Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Dukuhwaru Kabupaten Tegal, Ustadz Saiful Bahri, S.Pd.I. kepada NU Online di Sekretariat pondok baru-baru ini.
Senin, 01/02/2010 10:17
HARLAH KE-84 NU
Brebes, NU Online
Sebagai organisasi Islam terbesar, Nahdlatul Ulama (NU) selalu digoda oleh kepentingan partai politik ataupun kelompok-kelompok kepentingan tertentu. Hal ini menyebabkan kerap terjadi tarik-menarik didalam tubuh NU yang berimbas pada tercerai berainya warga NU (Nahdliyin).

Karena itu dalam momen peringatan hari lahir atau Harlah ke-84 NU pada 31 Januari 2010, persaudaraan sesama warga Nahdliyin atau Ukhuwah Nahdliyah perlu dikencangkan lagi.
Senin, 01/02/2010 09:09
HARLAH KE-84 NU
Pekalongan, NU Online
Belum banyaknya tulisan mengenai sejarah perjalanan NU mulai dari proses berdirinya pada tahun 1926 hingga kini, membuat Rais Aam Idaroh Aliyah Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya merasa khawatir.

Menurutnya, tulisan-tulisan tentang proses berdirinya NU oleh Hadratus Syeikh KH Hasyim Asy'ari dan para kiai lainnya sangat penting untuk direkonstruksi dan dibaca oleh kader-kader muda NU.
Senin, 01/02/2010 07:20
JELANG MUKTAMAR
Cirebon, NU Online
Mantan ketua umum Pengurus Pusat GP Ansor, H Slamet Effendi Yusuf mengatakan, mekanisme pemilihan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode mendatang tergantung kepada keputusan yang diambil muktamirin atau para peserta muktamar yang mewakili pengurus wilayah dan cabang seluruh Indonesia.

Hal ini disampaikannya menanggapi wacana pemilihan ketua umum (tanfidziyah) oleh ahlul halli wal aqdi. Wacana ini dikembangkan oleh mejelis Alumni IPNU yang maksudnya ketua umum tidak dipilih oleh seluruh muktamirin namun dipilih oleh dewan syuriyah yang ditunjuk dengan kriteria tertentu.
Senin, 01/02/2010 06:08
Brebes, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Brebes Ahad (31/1) kemarin mengadakan acara peletakan batu pertama pembangunan gedung PCNU Brebes yang dihadiri oleh Ketua PWNU Jawa Tengah H Moh Adnan.

Ketua PCNU Kabupaten Brebes H Athoillah mengatakan, gedung ini dibangun di lokasi yang sama, tetapi gedung baru akan lebih representatif. Berbagai fasilitas akan dilengkapi, diantaranya home stay, aula dan ruang rapat.
Senin, 01/02/2010 05:15
Cirebon, NU Online
Para santri yang tergabung dalam Komunitas Seniman Santri (KSS) meluncurkan film yang menggambarkan kisah penolakan santri terhadap proyek pembangunan jalan tol yang melewati komplek Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Cirebon.

Peluncuran diadakan di sela bahtsul masail pra muktamar di Pesantren Babakan, Sabtu (31/1) malam. Peluncuran film ini didahului dengan peluncuran sebuah novel karya alumni Pesantren Babakan berjudul “Habib Palsu Tersandung Cinta”.
Senin, 01/02/2010 03:03
Beijing, NU Online
Cina mengatakan akan menghentikan kerjasama militer dengan Amerika Serikat sebagai tanggapan atas usulan penjualan senjata Amerika kepada Taiwan. Sebelumnya Cina menyampaikan kemarahan atas usulan penjualan senjata Amerika kepada Taiwan senilai $6,4 miliar, yang mencakup helikopter dan peluru kendali. Hubungan antara kedua negara sudah tegang akibat pertikaian mengenai perdagangan dan penyensoran internet.

Taiwan dan Cina dipimpin oleh dua pemerintahan terpisah sejak akhir perang saudara tahun 1949. Beijing memiliki ratusan peluru kendali yang diarahkan ke negara pulau itu dan pernah mengancam akan menggunakan kekerasan guna mengembalikan Taiwan ke dalam wilayah Cina bila Taiwan mengambil langkah untuk merdeka secara resmi.
Ahad, 31/01/2010 20:25
Jakarta, NU Online
Sekitar 3 ribu jamaah berkumpul di GOR Bulungan, Blok M, Jakarta Selatan, Ahad (31/1). Dipimpin beberapa kiai kharismatik, jamaah yang mayoritas warga NU dan berpakaian serba putih itu menggelar acara shalawat untuk kedamaian bangsa, yang dilaksanakan Majelis Shalawat Nusantara.

Tampak hadir dalam acara itu, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), yang juga Ketua Panitia Muhaimin Iskandar, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini, Habib Luthfi Bin Yahya dari Pekalongan, KH Agoes Ali Masyhuri (Sidoarjo), KH Idris Marzuki (Kediri), KH Aziz Mansyur (Jombang), dan KH Mudjib Khudhori (Jakarta).
Ahad, 31/01/2010 19:26
Jember, NU Online
Aktris Nia Zulkarnain dan suaminya Arie Sihasale Jum'at (29/1) kemarin mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Antirogo, Jember. Anak kandung almarhum Alex Zulkarnain itu dating ke Nuris, bersama sejumlah kru pembaut film. Menurut Nia, pihakya berencana menggarap film tentang pesantren, khususnya terkait dengan pendidikan anak-anak.

Menurutnya, pesantren adalah tempat mencari ilmu bagi anak bangsa. ”Banyak anak-anak yang menuntut ilmu di pesantren,” jelasnya kepada sejumlah wartawan usai bertemu pengasuh pesantren Nuris, KH Muhyiddin Abdusshomad.
Ahad, 31/01/2010 19:01
Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi merasa menghadapi dilema dan sering disalahkan dalam posisinya sebagai pimpinan tertinggi jajaran tanfidziyah PBNU. Satu aspek yang sering diungkit adalah keterlibatannya dalam politik.

“Saya sering menghadapi dilema, ada kader NU yang maju pilkada berhadapan dengan kelompok lain, terus minta bantuan saya, apa akan dibiarkan kalah begitu saja,” katanya dalam pembukaan rakernas Majelis Alumni IPNU di Jakarta, Ahad (31/1).
Ahad, 31/01/2010 18:30
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Syuriyah NU berdasarkan aturan organisasi merupakan lembaga tertinggi di PBNU, tetapi sejauh ini, peran yang dilakukannya belum maksimal. Dalam muktamar ke-32 NU mendatang lembaga ini harus benar-benar menjalankan fungsinya dengan mengisi kepengurusannya orang-orang yang mendukung peran yang dilakukannya.

Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi menjelaskan, untuk memperkuat jajaran syuriyah, terdapat empat kelompok yang bisa dapat masuk dalam kepengurusan ini, yaitu ahli syariah, ahli hukum, ahli riyadhoh dan kelompok al wa’du wal irsyad atau golongan yang memfokuskan diri pada pendidikan pesantren dan lainnya
Ahad, 31/01/2010 17:59
JELANG MUKTAMAR
Cirebon, NU Online
Kegiatan pra muktamar ke-32 NU berupa bahtsul masail atau pembahasan masalah keagamaan yang dipusatkan di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon telah rampung, Ahad (31/1) siang. Bahtsul masail ini meliputi tiga komisi yakni maudluiyah, waqiiyah dan qonuniyah.

Ketua Panitia Muktamar KH Hafidz Utsman menyatakan, mubahitsin atau para pembahas di setiap komisi telah menyelesaikan semua materi yang ada dalam draf. Bahkan komisi waqiiyah, atau bahtsul masail yang khusus membahas soal rekomendasi NU terkait hukum posisif di Indonesia, telah menyelesaikan pembahasan pada Sabtu malam.
Ahad, 31/01/2010 17:29
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Usulan penggunaan metode ahlul halli wal aqdi atau penunjukan ketua tanfidziyah NU oleh syuriyah dalam muktamar ke-32 NU perlu disosialisasikan terlebih dahulu jika ingin diterapkan, agar tidak menimbulkan penolakan dari wilayah dan cabang yang merasa haknya terampas.

“Saya tidak masalah modelnya apa, tetapi jika ingin diterapkan, perlu ada sosialisasi karena bisa ribut akibat cabang dan wilayah yang merasa dipotong haknya,” kata KH Hasyim Muzadi dalam pembukaan Rakernas Majelis Alumni IPNU di Jakarta, Ahad (31/1).
Ubudiyah
Senin, 24/08/2015 23:03
Ketika sakit, mereka tidak hanya menderita secara jasmani. Tetapi secara rohani, orang yang menderita sakit juga cenderung rapuh. Dengan kemampuan dan...
Ahad, 19/07/2015 09:08
Di dalam agama Islam, seorang muslim yang memiliki kemampuan berupa materi harta, diwajibkan untuk membantu sesama muslim yang masih dalam kategori tidak...
Syariah
Jumat, 21/08/2015 18:02
Agama menaruh kewajiban nafkah istri dan anak di bahu seorang suami sebagai kepala keluarga. Meskipun pada praktiknya kadang yang menjadi “kepala...
Jumat, 10/07/2015 17:09
Bawaan puasa membuat tubuh terasa panas. Selain itu, perasaan gerah, panas, dan rasa tidak nyaman kadang memang dipengaruhi oleh cuaca yang panas. Untuk...
Hikmah
Rabu, 02/09/2015 10:00
Dunia ini penuh warna. Ada beragam suku bangsa. Banyak budaya dan bahasa. Banyak hal yang bisa dipelajari bersama. Banyak ranah bisa saling berbagi dan...
Kamis, 20/08/2015 12:00
Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam pernah bercerita tentang pertemuan seorang laki-laki dengan seekor anjing dalam sebuah tempat tak jauh dari...
Taushiyah
Ahad, 16/08/2015 07:01
Oleh Abdurrahman Wahid --Pada dasarnya terdapat tiga jenis refleksi tentang apa yang dianggap sebagai karakteristik manusia Indonesia. Pada ujung yang satu...
Jumat, 14/08/2015 10:00
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Setiap institusi agama ataupun yang lain, memberikan kedudukan sangat penting bagi ilmu pengetahuan. Dalam Islam, ilmu pengetahuan...
Khotbah
Kamis, 16/07/2015 12:05
KHOTBAH IDUL FITRI II
Nabi Muhammad memerangi perilaku jahat, kelaliman, dan tindak kekerasan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat Arab saat itu dengan mengajak dan mendidik umat manusia supaya memiliki ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pengetahuan, seseorang akan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.
Kamis, 16/07/2015 11:57
KHOTBAH IDUL FITRI I
Bagi umat Islam, momentum Idul Fitri adalah saat-saat penting untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan. Seluruh kesalahan yang pernah dilakukan selama satu tahun, seolah ingin dilebur di hari Lebaran ini, minal a’idin wal-faizin. Meskipun secara bahasa tidak sesuai, tetapi ungkapan itu dalam masyarakat kita sering dimaknai "mohon maaf lahir dan batin".
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefSeptember 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::