Rabu, 01 Juli 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Selasa, 24/11/2009 20:13
RAKERNAS LAKPESDAM NU
Malang, NU Online
Nahdlatul Ulama (NU) mampu bertahan dari segala situasi karena tiga hal. Pertama, NU mempunyai institusi sosial yang kokoh. Kedua, NU mempunyai akar yang kuat. Ketiga, mempunyai visi keindonesiaan yang jelas. Namun NU juga terus ditantang oleh perubahan zaman.

Demikian dikatakan PBNU H Ahmad Bagja pada kari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-4 Lakpesdam di Malang Jawa Timur yang digelar pada 15-20 November 2009.
Selasa, 24/11/2009 19:30
Medan, NU Online
Pemerintah Arab Saudi menjanjikan kuota lebih besar bagi jemaah haji Indonesia, menyusul akan selesainya perluasan tempat thawaf di Masjidil Haram, kata anggota Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis.

"Saudi berjanji menyediakan kuota lebih banyak jika kondisi Arafah dan Mina juga sudah siap, apalagi Kota Mina juga sudah menyiapkan trem cepat yang dapat mengangkut 800 ribu jamaah setiap empat jam dari tempat melontar di Mina menuju Mekah atau sebaliknya," ujarnya dalam siaran persnya di Medan, Selasa (24/11).
Selasa, 24/11/2009 18:18
Pariaman, NU Online
Pimpinan Pusat Muslimat NU (PP MNU) salurkan bantuan kepada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah korban gempa. Bantuan diberikan kepada PAUD Karya Bunda Ma’arif Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Tengah dan PAUD Ma’arif Toboh Palabah Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Penyerahan berlangsung, Selasa (24/11), di PAUD Karya Bunda Ma’arif Desa Koto Marapak Pariaman.

Penyerahan dari PP Muslimat NU diwakili Sekretaris PW Muslimat NU Sumbar, Hj. Azimar kepada Ketua Pengelola  PAUD Karya Bunda Ma’arif Desa Koto Marapak Lely Murni dan Pengasuh PAUD Ma’arif Toboh Palabah Elfa Rahmi.
Selasa, 24/11/2009 17:19
Jember, NU Online
Banjir tiba-tiba menghantam. Masyarakat pun pada panik. Suara angin yang meggelegar disertai hujan lebat, membuat mereka kian ketakutan. Mereka semburat keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Sebagian membawa perabotan rumah, sebagian membawa ternak seperti kambing dan sapi, dan sebagian yang lain membawa apa saja yang bisa diselamatkan dari terjangan bencana alam untuk bekal hidup.

Namun kekalutan mereka sedikit teratasi ketika puluhan relawan dengan sigapnya datang memberikan pertolongan. Itulah sekelumit gambaran simulasi rencana kontigensi yang dilakukan Community Based Disaster Risk Management Nahdlatul Ulama (CBDRMNU) Selasa siang (24/11). Acara tersebut sekaligus menjadi pamungkas serangkaian kegiatan out bond yang digelar selama 4 hari terakhir.
Selasa, 24/11/2009 16:26
Jepara, NU Online
Matapena (komunitas sastra pesantren) Yogyakarta bekerjasama dengan Madrasah Aliyah (MA) Walisongo Pecangaan Jepara, Ahad (22/11) kemarin menggelar Monitoring. Kegiatan tersebut merupakan serangkaian agenda yang sebelumnya juga diadakan road show dan workshop.

Road show merupakan sosialisasi yang dilakukan Matapena ke sekolah yang berbasis pesantren. Sementara, workshop agenda kupas tuntas tentang sastra khususnya penulisan cerpen. Adapun pemateri monitoring adalah Khilma Anis dan Pijer Sri Laswiji dari Matapena.
Selasa, 24/11/2009 16:26
Jakarta, NU Online
Mantan presiden RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengaku kecewa dengan sikap yang diambil oleh presiden SBY terkait dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh tim 8 menyangkut soal KPK.

“Saya kecewa, disitu tidak menyebut-nyebut soal kedaulatan hukum. Bagaimana kita bisa memberantas korupsi,” katanya di gedung PBNU, Selasa (24/11) dihadapan para mahasiswa yang menyatakan keprihatinannya soal masalah pemberantasan korupsi.
Selasa, 24/11/2009 15:28
JELANG MUKTAMAR
Pekalongan, NU Online
Sebagai gudangnya industri batik, Pekalongan tidak mau ketinggalan pada acara muktamar NU yang akan digelar di Kota Makasar, Maret mendatang. Warga Nahdliyin Pekalongan akan memamerkan motif terbaru batik NU yang didesain khusus untuk warga NU yang gemar memakai busana batik.

Potensi pasar batik khusus dengan motif lambang NU (Nahdliyyin) memang cukup menjanjikan. Pengurus Cabang NU Kota Pekalongan telah membuat desain khusus yang dapat menggambarkan keanekaragaman warga NU dari kalangan masyarakat paling bawah hingga atas yang semuanya menyatu dalam kebersamaan menjalankan ajaran ahlussunnah wal jama'ah.
Selasa, 24/11/2009 14:10
SERPIHAN PEMIKIRAN KH ZAINUL ARIFIN (3)
Mobilitas KH Zainul Arifin (ZA) tidak hanya di lingkungan NU. Ia juga melakukan roadshow yang tak mengenal lelah bagi kepentingan Masyumi. Misalnya pada 30-31 Juli 1944, dilangsungkan Musyawarah Ulama Jawa Barat yang dihadiri 600 ulama. ZA hadir untuk membuka acara tersebut sebagai perwakilan Pengurus Besar Masyumi.

Setelah menjelaskan bahwa acara di Jabar merupakan rangkaian pertemuan serupa di Jatim dan Jateng, yang juga dihadirinya, ia menyatakan bahwa maksud pertemuan itu adalah untuk mengadakan perhubungan dan persatuan ulama sebagai guru dan pemimpin yang mempunyai kedudukan istimewa di tengah-tengah masyarakat.
Selasa, 24/11/2009 13:15
Pariaman, NU Online
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Pariaman menyampaikan  terima kasih  atas bantuan dari seluruh kader PMII se-Indonesia yang  menyalurkan bantuannya  untuk korban gempa di Pariaman. PMII Pariaman menerima bantuan uang dan paket bantuan.

Ketua PMII Kota Pariaman Ory Satifa Sakban, Senin (23/11/2009) malam kepada Kontributor NU Online Bagindo Armaidi Tanjung di Padang menyampaikan, PMII Pariaman sudah menerima bantuan sebanyak Rp. 32.000.000. Bantuan tersebut berasal dari kader PMII  se-Indonesia yang disalurkan melalui PB PMII sebesar  Rp. 20.000.000, dan dari PKC PMII Jawa Tengah yang disalurkan melalui Ketua PC PMII Kota Padang Firdaus sebesar  Rp. 12.000.000.
Selasa, 24/11/2009 12:24
Bandung, NU Online
Pengkaderan dan Musyawarah anggota Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Universitas pendidikan Indonesia (UPI) di taman pendidikan Firdaus, Sabtu-Ahad (21-22/11) menetapkan Dede Enan Wahyudi sebagai ketua umum periode 2009-2010.

Kang Denan, sebagaimana akrab disapa adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.
Selasa, 24/11/2009 11:31
Songsong Hari Bakti Depag
Brebes, NU Online
Pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) perlu diperkenalkan sejak dini. Sehingga tidak lagi menjadi momok bagi siswa-siswi. Salah satunya dengan menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) MIPA.

“Lewat lomba ini, peserta akan lebih bergairah belajar MIPA dan mengubah imej kalau Matematika dan IPA sulit,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara Edy Haris Himawan SPdI MSi di sela-sela lomba di Aula MTs Negeri Model Brebes, Selasa (21/11).
Selasa, 24/11/2009 11:19
Tangerang, NU Online
Setelah pemilu legislatif dan presiden, GP Ansor akan kembali ke eksistensinya sebagai organisasi masyarakat sosial dan keagamaan. Hal tersebut dikatakan oleh sekretaris PC GP Ansor Hilman, seusai dilantik untuk periode kepengurusan 2009-2013, Ahad (22/11). Hilman tidak menampik pada saat dua pesta demokrasi itu, para kader otonom ikut terlibat politik praktis.

"Yang jelas meski demikian, para kader ataupun pengurus tidak  membawa nama organisasi, melainkan pribadi, '' tegas Hilman.
Selasa, 24/11/2009 10:10
JELANG MUKTAMAR
Surabaya, NU Online
Menjelang pelaksanaan Muktamar NU ke-32 di Makasar 2010, Rais Syuriyah PWNU Jatim KH Miftakhul Achyar menyebutkan ada 3 nama calon Rais Aam PBNU sesuai kesepakatan para kiai sepuh di Jawa. Yakni, KH Makruf Amin, KH Tholhah Hasan dan KH Hasyim Muzadi.

Para kiai sepuh itu di antaranya adalah KH Abdullah Faqih, KH Anwar Iskandar, KH Mas Subadar, KH Idris Marzuki dan beberapa kiai dari Jawa Tengah serta Jawa Barat.
Selasa, 24/11/2009 09:07
Banda Aceh, NU Online
Qanun (Perda) Jinayat dan Hukum Acara Jinayat yang telah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) tak kunjung mendapat persetujuan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. Guna mengakhiri polemik yang terjadi di tengah masyarakat terkait Qanun Jinayat itu, Pakar Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Mawardi Ismail, mengusulkan agar aturan itu dibahas ulang.

Mawardi mengungkapkan, mekanisme pemberlakuan qanun setelah 30 hari, hanya terjadi jika qanun tersebut disetujui DPRA dan gubernur dalam proses pembahasannya. "Sepanjang gubernur belum menyetujui, statusnya tetap sebagai raqan dan masih memerlukan pembahasan," tutur dosen Fakultas Hukum Unsyiah ini.
Selasa, 24/11/2009 07:10
Jakarta, NU Online
Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara resmi mendukung usulan Hak Angket atas kasus dana talangan Rp 6,76 triliun untuk Bank Century. Sikap resmi dua fraksi partai berbasis massa muslim tersebut menyusul hasil audit investigasi BPK yang dilaporkan ke DPR, Senin (23/11).

“Dengan mencermati hasil audit BPK dan merasakan kebathinan rakyat, FPKB mendukung Hak Angket Century,” Ketua Fraksi PKB, Marwan Ja’far lewat pesan singkat, Senin (23/11).
Senin, 23/11/2009 19:17
Brebes, NU Online
Selain mengembangkan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan Koperasi, PC Muslimat NU Kabupaten Brebes membuka layanan masyarakat. Terbaru, guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Yayasan Kesejahteraan Muslimat Nahdlatul Ulama (YKM NU) Brebes membuka layanan kesehatan. Layanan ini terbuka untuk masyarakat umum. Pelayanan yang diberikan berupa Pengobatan Umum dan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak.

“Menyongsong Indonesia Sehat 2010, kami membuka layanan kesehatan,” ujar Wakil Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Brebes Hj. Nur Halimah di Sekretariat PC Muslimat NU Jalan KH. Kholid Barat, Kelurahan Pasarbatang, Brebes Senin (23/11).
Ubudiyah
Senin, 29/06/2015 16:35
Kalau sedang berpuasa, paling enak rebahan di ubin musholla atau masjid. Hawa yang bertiup sungguh adem. Sementara suasananya menenangkan untuk istirahat...
Ahad, 28/06/2015 13:30
Di bulan Ramadhan, selalu saja diwarnai dengan pandangan 'negatif' terhadap pelaksanaan shalat tarawih yang dilakukan dengan cepat. Padahal shalat cepat bisa...
Syariah
Selasa, 30/06/2015 21:01
Sejak kecil kita semua mengerti bahwa puasa itu menahan diri dari hal-hal yang membatalkan sejak beduk Shubuh dipukul hingga pukulan beduk sembahyang...
Senin, 22/06/2015 00:03
Orang bilang, puasa itu menahan diri dari segala yang membatalkan puasa. Menahan diri ini sepertinya lebih terasa di saat yang bersangkutan tengah berjaga...
Hikmah
Senin, 15/06/2015 11:01
Selain memiliki keilmuan yang luar biasa, sahabat Ali bin Abi Thalib merupakan manusia berperikemanusiaan super tinggi pula. Sebab itulah ia tertahbis...
Jumat, 15/05/2015 09:07
Dunia hanya panggung sandiwara, kata banyak orang. Ia permainan belaka, betapapun indahnya kenikmatan alam yang pasti bakal rusak ini. Dunia sekadar jembatan...
Taushiyah
Senin, 15/06/2015 10:30
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Pesantren sebagai lembaga pendidikan dan lembaga sosial keagamaan yang pengasuhnya juga menjadi pemimpin umat dan menjadi sumber...
Rabu, 03/06/2015 10:30
بسم الله الرحمن الرحيم Sebagaimana diketahui bersama, Sabdaraja yang disampaikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 30 April...
Khotbah
Kamis, 25/06/2015 15:30
KHOTBAH JUMAT
Dalam sebuah hadits qudsi Allah menyatakan bahwa urusan pahala puasa adalah urusan pribadi hamba dengan Allah swt. karena hakikat puasa seseorang hanya Allah swt yang tahu bukan kelurga maupun lingkungannya. Bukankah ini berarti selama berpuasa seseorang yakin berada di bawah pengawasan-Nya. Sungguh luar biasa apabila perasaan ini kita terapkan di semua laku kehidupan kita.
Kamis, 18/06/2015 16:02
KHOTBAH JUMAT
Namun sayangnya diera globalisasi ini, Ramadhan yang seharusnya menjadi momentum memelihara kekhawatiran dan ketakutan malah berbalik menjadi ruang mengumbar kegembiraan. Ketaqwaan itu semakin hari dikikis oleh fenomena-fenomena hedonis yang disajikan melalui berbagai media yang juga memanfaatkan wacana agama sebagai barang komoditi. Inilah yang dalam keseharian kita menemukan istilah ‘ramadhan karim’ ‘ramadhan berkah’ ‘ramadhan maghfirah’ di berbagai mall di berbagai outlet-outlet di berbagai famlet dan lain sebagainya
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel

Menuju Muktamar

01 Agustus 2015

Hari Lagi
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefJuli 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
Space Iklan
305 x 150 Pixel
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::