Sabtu, 01 November 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Jumat, 23/01/2009 18:40
Jakarta, NU Online
Terkait semakin menguatnya keinginan kelompok-kelompok tertentu di tubuh Majlis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengharamkan rokok, pro dan kontra semakin tak terelakkan. Sejak Abad ke-11 Hijriyah hukum merokok memang telah gencar dibahas oleh para ulama di berbagai negeri.

Perbedaan pendapat di antara para ahli fikih mengenai hukum rokok, tidak dapat dihindari dan selalu berakhir dengan kontroversi. Demikian dinyatakan Wakil Ketua Lembaga Bats'ul Masail Nahdlatul Ulama (LBM NU) Arwani Faishal kepada NU Online di Jakarta, Jumat (23/1).
Jumat, 23/01/2009 17:11
Kediri, NU Online
Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) menghimbau kepada seluruh warga Nahdliyyin di Jawa Timur agar bisa menahan diri. JK meminta mereka tetap bersatu dan utuh, jangan sampai saling bertikai.

"Terakhir ini di Jawa Timur, khususnya warga Nahdliyyin sedikit agak panas-panasan. Tapi Alhamdulillah yang menang warga NU juga, makanya kami minta warga NU tetap utuh, apapun hasil pilkada," kata JK dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jumat (23/1).
Jumat, 23/01/2009 16:31
Kediri, NU Online
Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyatakan, pemerintah tidak membeda-bedakan anggaran pendidikan untuk sekolah umum dan untuk madrasah atau pesantren.

"Anggaran tertinggi untuk seluruh bangsa adalah pendidikan, dan ingat, tidak dibeda-bedakan antara sekolah umum dan sekolah agama," kata Wapres di depan ratusan santri saat berkunjung ke Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jumat (23/1).
Jumat, 23/01/2009 15:02
Jakarta, NU Online
Bergantinya rezim pemerintahan AS dari George W Bush ke Barack Hussein Obama, dinilai belum bisa mendorong negara Palestina yang terpisah dengan Israel. Sehingga pembebasan negara Palestina dari cengkraman Israel masih jauh.

Demikian disampaikan Dubes Palestina untuk Indonesia, Fariz Mehdawi, dalam diskusi 'Konflik Israel-Palestina, Perang Sampai Kapan?' di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta, di Jakarta, Kamis (22/1).
Jumat, 23/01/2009 14:11
Jakarta, NU Online
Konflik Israel-Pelestina telah menimbulkan korban jiwa dan harta yang sangat besar. Berbagai upaya serius harus dilakukan untuk memulihkan perdamaian dan merehabilitasi kerusakan-kerusakan fisik di Jalur Gaza.

Dalam hal ini, PBNU memberi amanat kepada Pengurus Cabang Istimewa PCI-NU yang ada di daerah sekitar Palestina seperti di Mesir, Jordan, Syiria, dan Lebanon untuk untuk membantu rakyat
Jumat, 23/01/2009 12:40
Semarang, NU Online
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori mengakui adanya kemungkinan terjadi koalisi antara PKB dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di wilayah Jawa Tengah.

Namun Yusuf menyatakan masih akan menunggu arahan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB mengenai pelaksanaan koalisi ini. Pihaknya juga mengakui PDIP merupakan salah satu partai yang paling intensif mendekati PKB menjelang Pemilu 2009.
Jumat, 23/01/2009 10:59
Gaza, NU Online
Agresi Israel di Jalur Gaza tentu saja tidak hanya berdampak pada umat Muslim Palestina, tapi juga pemeluk agama lain. Sehingga, pemeluk Katolik di teritori Palestina memanggil badan dunia untuk melindungi anak-anak dari serangan Israel.

Mewakili gereja Katolik di wilayah tersebut Pastor Manuel Musallam menyampaikan kesedihan mendalam atas ratusan korban pria, wanita, dan anak-anak yang terbunuh selama 22 hari agresi Israel.
Jumat, 23/01/2009 10:06
Jakarta, NU Online
Langkah PKB Gus Dur melakukan penggembosan tehadap PKB Muhaimin malalui koalisi dengan PDIP bukan merupakan solusi yang baik guna menyelesaikan konflik yang melanda partai yang didirikan oleh PBNU ini.

“Sebaiknya diselesaikan dulu secara internal, Gus Dur kan masih ketua dewan syuro PKB,” kata Ketua PBNU Ahmad Bagdja kepada NU Online, Jum’at (23/1).
Jumat, 23/01/2009 09:36
London, NU Online
Amerika Serikat menolak Resolusi yang berjudul "Kondisi kesehatan yang amat menyedihkan di Palestina terutama Gaza," yang disponsori negara-negara OKI, termasuk Indonesia.

Dalam sidang "Executive Board" WHO yang digelar sejak 19 hingga 27 Januari telah disahkan Resolusi yang berjudul "The Grave Health Situation in the Occupied Palestinian Territory, particularly in the Occupied Gaza Strip", demikian Sekretaris Pertama PTRI Jenewa, Acep Somantri kepada koresponden Antara London, Kamis.
Jumat, 23/01/2009 08:44
Semarang, NU Online
Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Jawa Tengah Murdoko mengklaim telah mendapatkan dukungan dari KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) selaku Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Menurut Murdoko, Gus Dur telah menyarankan kepada massa pendukungnya di Jawa Tengah untuk berkoalisi dengan PDIP. Demikian dinyatakan Murdoko di Semarang, Kamis (22/1).
Jumat, 23/01/2009 07:56
Blitar, NU Online
Tindak-tanduk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai kebablasan oleh kalangan pesantren. Dalam acara yang digelar di Ponpes Mamba'ul Hikam, Desa Mantenan, Kabupaten Blitar ini, kalangan pesantren merekomendasikan KPK untuk meninjau ulang batasan kewenangannya dalam menyelidiki kasus gratifikasi atau suap .

Pernyataan ini terungkap dalam Bahts'ul masail Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) yang diikuti 150 pesantren dari Jawa Timur dan Jawa Tengah, Kamis (22/1). Keputusan yang dikenal sebagai ijtihad kolektif warga nahdliyin ini menyatakan, seseorang atau suatu lembaga tidak dibenarkan melihat atau mencurigai orang lain secara berbihan.
Jumat, 23/01/2009 06:54
Gaza, NU Online
akibat invasi militer Israel, kerusakan yang terjadi di Gaza terjadi secara merata. Dari daerah pinggiran hingga di pusat kota, dari bangunan pemerintah hingga tempat ibadah seperti Masjid dan rumah sakit mengalami banyak keretakan.

"Kalau anda ingin melihat kerusakan lebih masif lagi, bisa datang ke Jabalia, karena di sana bangunan dan rumah ibadah pun rata dengan tanah," kata H Muhsin, warga Palestina asal Jabalia, Kamis (22/1).
Jumat, 23/01/2009 05:48
Kebumen, NU Online
Cita-cita memang harus digantungkan setinggi langit. Demikianlah tekad Susanto (42), seorang tukang servis payung yang sehari-hari mangkal di di pasar Petanahan Kabupaten Kebumen.

Warga Desa Jatimulyo RT 1 RW 01 Kecamatan Petanahan yang juga seringkali keliling kampung untuk mencari konsumen ini memiliki tekad kuat untuk meningkatkan taraf hidup. Tak tanggung-tanggung, ia memberanikan diri terjun di dunia politik.
Jumat, 23/01/2009 04:20
Padang panjang, NU Online
Persoalan yang sedang melanda Timur Tengah akan menjadi titik fokus pembahasan dalam pertemuan ulama se-Indonesia yang akan di gelar di Padang Panjang Sumatera barat.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat KH Gusrizal. Menurutnya, persoalan  Timur Tengah (Timteng) akan menjadi materi pada sidang Ijtima Ulama se-Indonesia pada 24-26 Januari 2009.
Kamis, 22/01/2009 20:31
Gaza, NU Online
Hamas mengklaim pihaknya memenangkan pertempuran selama tiga minggu. Buktinya Israel telah menarik seluruh pasukannya dari Jalur Gaza sejak, Rabu (21/1) tanpa mamatahkan sedikitpun perlawanan Hamas.

Dalam pernyataan televisi ini, Pemimpin Biro Politik Hamas Khaled Meshal Meshal mengatakan, kegagalan Israel di Jalur Gaza telah membuat Hamas semakin kuat.
Kamis, 22/01/2009 19:12
Jakarta, NU Online
Dalam bukunya "They Dare to Speak Out" yang diterbitkan pada 1985, mantan anggota Kongres, Paul Findley, mengungkapkan betapa kuatnya cengkeraman lobi Yahudi dan Israel di Amerika Serikat, terutama dalam masalah Timur Tengah, sehingga orang Amerika atau Barat yang berani mengkritik Israel dicap sebagai anti Yahudi dan pendukung Nazi.

Findley mengungkapkan, orang-orang kritis yang posisinya lemah telah diintimidasi dan disingkirkan, sementara yang lebih kuat diasingkan untuk kemudian dimiskinkan secara politik dan ekonomi, dideskreditkan oleh media massa, bahkan dilenyapkan sama sekali.
Ubudiyah
Selasa, 28/10/2014 14:00
Keutamaan bulan Muharram tidaklah perlu disangsikan lagi. Namun keutamaan itu harus diisi dengan berbagai amalan-amalan yang berbobot, sehingga keutamaan itu...
Kamis, 23/10/2014 11:03
Jumat besok bertepatan dengan tanggal 24 Oktober 2014 adalah hari terakhir bulan Dzul Hijjah, sekligus juga hari penutup tahun 1435 H. Melangkah-sambut tahun...
Syariah
Selasa, 21/10/2014 13:00
Pada umumnya orang memahami bahwa shalat tahajjud dan shalat hajat adalah dua shalat berbeda yang biasa dilakukan pada malam hari. Sehingga seseorang yang...
Rabu, 08/10/2014 15:05
Apa hubungan gerhana bulan ( khusuf ) dan keadilan sosial? Gerhana merupakan peristiwa alam, salah satu bentuk kuasa Allah. Tetapi Rasulullah SAW sendiri...
Hikmah
Ahad, 19/10/2014 11:24
Dirinya sungguh tak menyangka bakal sembuh dengan cara istimewa. Semula orang laki-laki ini sehari-hari diliputi gelap karena kondisi matanya yang sama...
Jumat, 26/09/2014 10:04
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW.
Taushiyah
Jumat, 24/10/2014 20:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Adalah fenomena baru dan masih menimbulkan berbagai pertanyaan, jika masalah perpajakan dikaitkan dengan peranan kiai atau ulama....
Senin, 20/10/2014 12:02
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam perjalanan ke gedung TVRI saat subuh awal Februari 2003, penulis mendengar siaran sebuah radio swasta Jakarta yang...
Khotbah
Kamis, 30/10/2014 14:00
KHOTBAH JUMAT
Dalam salah satu taushiyahnya Sayyidul Auliya Syaikh Abdul Qadir al-Jailani pernah membagi jenis manusia dalam empat bagian besar. pertama; mereka yang hati dan lisannya mati. Kedua, mereka yang mati hatinya namun lisannya bercerita. ketiga mereka yang kelu lidahnya, tetapi hayat hatinya. dan terakhir mereka yang berilmu dan berkarya sesuai ilmunya. 
Kamis, 23/10/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Barang siapa di pagi hari telah mengadukan kesulitannya kepada sesama (mahkluk/manusia), maka ia telah mengadukan Tuhannya. Dan barang siapa merasa  sedih dengan kondisi duniawinya di waktu pagi, maka dia telah membenci Tuhannya. Dan barang siapa merendahkan diri di hadapan orang kaya karena hartanya sungguh telah lenyap dua pertiga agamanya.    
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Space Iklan
305 x 140 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefNovember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30      
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::