Sabtu, 30 Mei 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Sabtu, 17/10/2009 05:30
Jombang, NU Online
Sejak awal, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah menyatakan akan mendukung Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden. Namun, PKB ternyata hanya akan mendapatkan jatah dua menteri saja dalam kabinet mendatang.

Pernyataan itu dilontarkan oleh Ketua Dewan Syuro DPP PKB Aziz Mansyur, di Jombang, Jawa Timur, Jumat (16/10). Dia mengaku baru saja bertemu dengan Ketua Dewan Tanfidz DPP PKB Muhaimin Iskandar, yang melaporkan mengenai hal itu. Namun, Muhaimin belum mengetahui posisi menteri apa saja yang akan diberikan.
Sabtu, 17/10/2009 04:23
Jakarta, NU Online
Di akhir masa jabatannya, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyempatkan shalat Jum'at di Masjid Baiturrahman, yang berada dalam lingkungan Istana Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Inilah salat Jumat terakhir JK di masjid kantornya.

Jum'at kali ini terasa lain, suasana perpisahan nampak terasa. Suasana perpisahan ini nampak dari kehadiran Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi dan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, (16/10).
Sabtu, 17/10/2009 03:10
Jombang, NU Online
Jabatan menteri agama umumnya selalau dijabat oleh tokoh dari kalangan Nahdlatul Ulama. Posisi itu pun tampaknya masih akan dipertahankan pada kabinet mendatang.

Jika selama ini, warga Nahdliyin selalu diidentikkan dengan PKB yang dideklarasikan oleh Abdurrahman Wahid. Namun, posisi menteri agama kali ini ternyata bukan menjadi milik partai tersebut.
Sabtu, 17/10/2009 01:49
Kolombo, NU Online
Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki mengusulkan pembentukan Uni Asia untuk memperkuat kerja sama ekonomi di antara negara-negara Asia.

"Kami mencoba menemukan sebuah sikap yang satu mengenai bermacam isu ekonomi untuk menghadapi tantangan yang dihadirkan oleh krisis ekonomi dan menawarkan solusi pengelolaan yang tepat kepada dunia," ujar Manouchehr Mottaki dalam acara Dialog Kerja Sama Asia (ACD) ke-8 di Kolombo, Sri Lanka.
Jumat, 16/10/2009 23:31
Jakarta, NU Online
Puluhan petani sayur-mayur dan palawija mengecam model pertanian yang menggantungkan pada pabrik. Mereka menilai, sistem agraria tersebut telah membuat petani tergantung pada perusahaan benih, pestisida, dan pupuk. Akibatnya, petani sistem tradisional turut hancur.

"Dengan sistem itu, petani tidak berdaya. Tanah menjadi mati. Padahal bumi kita subur, tidak perlu cara-cara yang tidak berpihak petani," kata salah satu orator dari Serikat Petani Inconesia (SPI) di bundaran HI, Jakarta Pusat, Jum'at (16/10).
Jumat, 16/10/2009 21:25
Makassar, NU Online
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makassar KH Arifudin Ahmad menghimbau masyarakat agar tetap tenang. Masyarakat diminta untuk tidak terprovokasi dan melakukan tindakan main hakim sendiri terkait kasus pin bergambar Nabi Muhammad.

"Kita juga tadi meminta polisi untuk mengusut tuntas kasus ini. Jika benar ada niat melecehkan umat Islam, pemilik atau pengedarnya harus ditindak tegas," kata Arifudin seusai menggelar pertemuan dengan pihak kepolisian, di di Mapolresta Makassar Timur, Jl Andi Pangeran Pettarani, Makassar, Jum'at (16/10).
Jumat, 16/10/2009 19:51
Jakarta, NU Online
Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembagunan (DPP PPP) menghargai sikap SBY yang menerapkan tes kesehatan untuk menseleksi menterinya. Hal itu perlu dilakukan agar pemerintahan ke depan dapat lebih baik dari sebelumnya.

"Proses seleksi yang dilakukan Presiden sangat positif untuk mengetahui secara pasti, kondisi kesehatan, kelayakan, serta komitmennya untuk menegakkan pemerintahan yang bersih dan transparan," kata Ketua DPP PPP Lukman Hakim Saefuddin di Gedung DPR Senayan Jakarta, Jum'at (16/10).
Jumat, 16/10/2009 18:39
Surabaya, NU Online
Terkait pergeseran lempengan bumi yang berpengaruh terhadap perubahan arah kiblat masjid, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Surabaya menyatakan siap mendukunG Departemen Agama (Depag) Jawa Tengah untuk melakukan sertifikasi arah kiblat.

Sesuai informasi dari Depag Jateng, arah kiblat masjid di kawasan Jateng telah mengalami pergeseran karena adanya pergeseran lempengan bumi. hal ini ditandai dengan peristiwa gempa bumi sebagaimana terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, seperti di Jawa Tengah pada saat gempa di Yogya atau Cilacap beberapa tahun silam.
Jumat, 16/10/2009 17:23
Jakarta, NU Online
Seusai akad nikah antara Zanuba Arifah Chafsoh dengan Dhohir Farisi yang digelar Masjid al-Munawwaroh Komplek Pesantren Ciganjur usai, Kamis (15/10) tampak seorang santri yang mendekati mempelai pria dan memberikan sebuah kado sambil mengucapkan selamat atas pernikahannya. Dhohir Farisi pun menerimanya dengan senang sembari mengucapkan terima kasih.

Santri yang memberikan kado tersebut menyatakan, kado yang diberikannya berisi sebuah Mushaf Al-Qur'an, sarung, peci dan Kitab kumpulan karya-karya KH Hasyim Asy'ari. Menurutnya, kado tersebut merupakan simbolisasi permintaan dari para santri di Lereng Gunung Bromo agar Gus Faris (menantu baru Gus Dur) bersedia meluangkan waktu untuk memimpin santri-santr
Jumat, 16/10/2009 16:23
Cianjur, NU Online
Isak tangis ribuan korban bencana gempa dan longsor di Cikangkareng, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, mengiringi acara istighosah dan doa bersama, di sekitar lokasi bencana, Jumat (16/10).

Istighosah yang digelar secara masal ini, sebagai salah satu upaya rehabilitasi mental korban bencana yang masih diliputi rasa takut dan trauma yang mendalam.
Jumat, 16/10/2009 15:24
Jakarta, NU Online
Keindonesiaan Nahdlatul Ulama (NU) tidak hanya dalam wacana, tetapi telah mendarah daging. Pada awal kemerdekaan beberapa pondok pesantren, termasuk pesantren Tebuireng Jombang menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum mengaji.

Demikian disampaikan KH A. Musthofa Bisri (Gus Mus) dalam diskusi buku Negara Pancasila: Jalan Kemaslahatan Berbangsa karya As’ad Said Ali di sela acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Perguruan Tinggi NU (APTINU) di Hotel Treva Internasional Jakarta, Jum’at (16/10). As’ad Said Ali, penulis buku ini juga hadir beserta Mantan Ketua Umum GP Ansor Slamet Effendi Yusuf.
Jumat, 16/10/2009 14:38
Mataram, NU Online
Ketua Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Nusa Tenggara Barat (MUI) Prof H Syaiful Muslim menilai pengakuan Amaq Bakri (60) sebagai nabi itu sangat meresahkan masyarakat.

"Itu merupakan yang pertama terjadi di NTB, karena itu pemerintah diminta segera menghentikan ajaran yang disebarkan Amaq Bakri, sekaligus mencabut pernyataannya sebagai nabi untuk menghindari amuk massa," katanya di Mataram, Jumat.
Jumat, 16/10/2009 13:33
Jakarta, NU Online
Berbagai permasalahan yang masih dihadapi perempuan muslim mendorong organisasi-organisasi perempuan untuk membentuk jaringan kerja ‘Alimat untuk memperjuangkan keadilan bagi keluarga Islam di Indonesia yang dilahirkan pada 12 Mei 2009.

Peluncuran gerakan ini dilakukan Kamis (15/10) malam di Hotel Bidakara Jakarta oleh Prof Dr Nasaruddin Umar yang dihadiri oleh sejumlah tokoh dan aktifis perempuan.
Jumat, 16/10/2009 12:32
WAHABI RAMBAH DESA-DESA CIREBON
Cirebon, NU Online
Langkah Ansor tersebut ternyata bukan tanpa alasan, ternyata daerah yang dinilai paling miskin itu menjadi sasaran utama gerakan Wahabi yang dipelopori anak muda dari organisasi Islam tertentu dan partai politik yang konon dananya disokong oleh donator Arab Saudi.

Sebagaimana diungkapkan Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Kapetakan, Ahmad Junaidi SAg mengungkapkan, berdasarkan kajian dan investigasi pihaknya, kini pemahaman Wahabi yang diusung oleh kelompok Islam fundamental dan radikal mulai merongrong warga NU di desa-desa, terutama yang terpencil dan banyak warganya tergolong miskin, seperti Desa Dukuh, Kecamatan Kapetakan.
Jumat, 16/10/2009 11:45
WAHABI RAMBAH DESA-DESA CIREBON
Cirebon, NU Online
Banyaknya warga desa Dukuh, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon yang mengonsumsi nasi aking, mengundang keprihatinan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Cirebon. Pada hari Jum’at (9/10), jajaran pengurus PC GP Ansor mengecek langsung kondisi warga dan memberikan bantuan 154 paket sembako bagi keluarga miskin (gakin) di Desa Dukuh.

Pemberian sembako secara simbolis diserahkan Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cirebon, Nuruzzaman MSi kepada Kuwu Desa Dukuh, Nurudin didampingi tokoh masyarakat setempat Abdul Mutholib dan Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Kapetakan, Ahmad Junaidi SAg, bertempat di madrasah ibtidaiyah (MI) setempat.
Jumat, 16/10/2009 11:02
Kudus, NU Online
Sejak 13 hingga 17 oktober 2009 nanti, sebanyak 20 santri dari berbagai pondok pesantren di kudus mengikuti pelatihan ketrampilan tehnik mengukir kaligrafi yang diselenggarakan Dinas perindustrian, koperasi dan usaha mikro menegah (Disperinkop UMKM) bekerja sama dengan PK Pontren Kandepag Kudus di Artis Jaya Antique desa Janggalan Kota Kudus.

Mereka yang berasal dari 10 pondok pesantren itu menerima materi tehnik dan praktek mengukir kaligrafi dari nara sumber. Selain itu, para santri juga akan mendapatkan peralatan untuk mengukir secara gratis.
Ubudiyah
Ahad, 24/05/2015 15:02
Pada prinsipnya setiap orang diperintahkan untuk berbuat baik. Karena setiap perbuatan akan diminta pertanggungan jawab di akhirat kelak. Sebuah kebaikan...
Jumat, 08/05/2015 20:03
Berhubung bisa masuk ke rongga-rongga tubuh, maka kedudukan air mendapat perhatian cukup penuh dalam Islam. Air berurusan dengan mati dan hidup makhluk...
Syariah
Jumat, 01/05/2015 04:01
Ikan dalam keadaan hidup-hidup maupun bangkainya, dihukumkan halal. Bagi yang hobi, ikan bisa diolah dengan pelbagai macam cara dan aneka bumbu. Ikan bisa...
Senin, 20/04/2015 20:03
Pada prinsipnya puasa sunah dianjurkan untuk dilaksanakan sebanyak mungkin mengingat puasa sarat keutamaan lahir dan batin. Karenanya agama Islam tidak akan...
Hikmah
Jumat, 15/05/2015 09:07
Dunia hanya panggung sandiwara, kata banyak orang. Ia permainan belaka, betapapun indahnya kenikmatan alam yang pasti bakal rusak ini. Dunia sekadar jembatan...
Jumat, 17/04/2015 09:01
Jasad Syekh Abu Bakr Asy-Syibli memang terkubur dalam tanah sejak tahun 946 silam. Tapi nasihat santri Imam Junaid al-Baghdadi ini seakan terus mengalir...
Taushiyah
Rabu, 27/05/2015 10:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid NU sering dianggap sebagai organisasi kolot, yang timbul dari pengamatan lahiriah atas gerakan itu. Dalam ungkapan Hadi Sabeno,...
Kamis, 14/05/2015 08:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh AIDS merupakan penyakit yang relatif baru dikenal oleh para ahlinya. Bahaya penyakit ini, seperti banyak dimuat media massa,...
Khotbah
Kamis, 09/04/2015 10:00
KHOTBAH JUMAT
Dalam membangun pola hidup sederhana ( إقامة المجتمع المقتصد - Iqamatul mujtama’ al-muqtashid) baik sederhana dalam pola berpikir, dalam tindakan dan tingkah laku. Sesungguhnya kehidupan yang sederhana diawali dari tindakan yang sederhana. Tindakan yang sederhana diawali dari ucapan yang sederhana, dan ucapan yang sederhana bersumber dari pola pikir yang sederhana. Dan pola pikir sederhana adalah memikirkan sesuatu yang bermanfaat, dan menjauhkan diri dari sesuatu yang dinilai tidak perlu.   
Kamis, 19/03/2015 11:00
KHOTBAH JUMAT
Bahkan dalam kitab Qomi’uth Thughyan diceritakan, Ada orang yang berlumur dosa, namun kemudian Allah melebur dosa-dosanya. Baginda Nabi bertanya kepada malaikat Jibril “sebab apa gerangan Allah mengampuni dosa-dosa orang itu?” Jibril menjawab karena ia menyenangkan putranya dengan ia memberikan buah tangan ketika pulang dari bepergian 
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel

Menuju Muktamar

01 Agustus 2015

Hari Lagi
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefMei 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::