Jumat, 18 April 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Sabtu, 29/07/2006 15:05
Munas dan Konbes NU
Surabaya, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Departemen Kesehatan di Sidoarjo belum lama ini untuk mendirikan pos-pos kesehatan di lingkungan pesantren mendapat sambutan hangat dari para peserta Munas dan Konbes NU usai mendengarkan sambutan dari Sekjen Depkes RI Dr H Syafi’i Ahmad M.Ph di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Sabtu (29/7). “Saya merasa optimis, MoU antara PBNU dengan pihak pemerintah seperti Depkes tersebut akan berjalan baik mengingat unsur pendukung sudah ada, seperti kebutuhan kebutuhan para santri dan masyarakat di lingfkungan pesantren,” ungkap Fathoni Muhlish, yang juga mantan Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Anshor.
Sabtu, 29/07/2006 12:04
Munas dan Konbes NU
Jakarta, NU Online
Nahdlatu Ulama (NU) telah memunculkan banyak profesor dan doktor berkat penelitian-penelitian mereka tentang sejarah dan perkembangan NU. Ini tidak cukup membanggakan karena dengan begitu NU hanya menjadi objek penelitian. Hal tersebut disampaikan KH. Said Budairi di ruang pameran foto dan dokumen bersejarah NU di area Munas Alim Ulama, Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Sabtu (29/7).
Sabtu, 29/07/2006 11:28
Munas dan Konbes NU
Surabaya, NU Online
Departemen Agama (Depag) berjanji akan menekankan prioritas pada pengembangan madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah, dan aliyah yang berstatus swasta. Depag tidak akan lagi membedakan yang swasta dan negeri. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam Depag Yahya Umar di hadapan para kiai dalam Munas NU di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jum’at (28/7) malam.
Jumat, 28/07/2006 23:56
Munas dan Konbes NU
Surabaya, NU Online
Istighotsah yang diselenggarakan oleh para peserta munas dan konbes NU di Masjid Asrama Haji Sukolilo diperuntukkan untuk mendoakan bangsa ini agar tidak selalu terkena bencana. Doa bersama ini juga diperuntukkan bagi saudara muslim yang ada di Palestina dan Libanon yang saat ini tengah menderita akibat agresi Israel. Istighotsah diselenggarakan sesaat setelah sholat Jum’at dengan dipimpin oleh Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur KH Miftahul Ahyar. Bacaan-bacaan dzikir kepada Allah dilangsungkan dengan khusu sekitar 30 menit.
Jumat, 28/07/2006 20:46
Munas dan Konbes NU
Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (konbes) Nahdlatul Ulama di Asrama Haji Sukolilo Surabaya (27-30 Juli 2006) kali ini dilengkapi dengan pameran foto-foto dan dokumen bersejarah. Dalam gambar organisasi kaum pesantren Nahdlatoel Oelama itu tampak hidup dan menjelaskan dirinya sendiri. Lokasi pameran dinamai “NU Center”. Dipamerkan foto 14 para perintis NU, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Abdul Wahab Chasbullah, KH. Bisri Syansuri, KH. Mas Alwi bin Abdul Aziz, KH. Ridlwan Abdullah. Warga Nahdliyyin menyebut mereka assabuqunal awwalun, orang-orang baik yang memulai NU.
Jumat, 28/07/2006 20:12
Tehran, NU Online
Ulama besar Iran Ahmad Khatami mengungkapkan, Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak akan dapat menghentikan program nuklir negaranya yang saat ini dikembangkan untuk tujuan damai. “(Republik) Islam Iran tidak akan dapat dicabut hak nuklirnya, bahkan oleh resolusi Dewan Keamanan PBB yang tiada guna itu sekalipun,” ungkap Khatami dalam ceramahnya di hadapan jamaah sholat Jum’at di Tehran, Jum’at (28/7).
Jumat, 28/07/2006 18:59
Munas dan Konbes NU
Surabaya, NU Online
Wakil Rais Aam PBNU KH Tolhah Hasan meminta agar terdapat program pengkaderan manajerial bagi para syuriah agar mereka mampu menjalankan fungsinya dalam organisasi secara maksimal. “Tak semua kiai bisa dijadikan syuriah. Jabatan ini layak bagi kyai plus, kyai yang memiliki kemampuan manajerial,” tandasnya dalam silaturrahmi ulama Kamis malam. Hal yang sama diungkapkan oleh KH Hasyim Muzadi dalam rapat pleno pertama. “Banyak orang memang disebut kyai, termasuk mereka yang pandai Ndukun,” tandasnya.
Jumat, 28/07/2006 16:27
Munas dan Konbes NU
Surabaya, NU Online
Konflik tak berujung di tubuh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuat kalangan muda Nahdlatul Ulama (NU) geregetan. Konflik pada partai yang kelahirannya dibidani PBNU tersebut dinilai justru merugikan warga NU sendiri. "Konflik tak berkesudahan PKB sangat mengganggu umat NU di grassroot. Seharusnya PKB sadar hal itu," kata Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Abdul Malik Haramain di sela-sela Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (28/7).
Jumat, 28/07/2006 15:33
Munas dan Konbes NU
Surabaya, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengusulkan agar Munas dan Konbes NU di Surabaya (27-30 Juli 2006) mendesak pemerintah untuk segera melakukan perombakan terhadap Inpres 13 13/2005 tentang Perberasan. Inpres itu dinilai tidak memberikan manfaat bagi kesejahteraan warga nahdliyyin. Besarnya Harga Pembelian Pemerintah (HPP) terhadap gabah dan beras merupakan upaya perbaikan kesejahteraan petani yang senantiasa dibangga-banggakan oleh Pemerintah dengan Inpres 13/2005 tentang Perberasan, dibandingkan dengan Inpres yang digantikannya, yaitu Inpres 2/2005. Dalam implementasinya, Inpres 13 yang diundangkan awal Oktober ini telah menimbulkan banyak persoalan yang kulminasinya adalah diangkatnya isu impportasi dalam pro-kontra Angket DPR beberapa waktu lalu.
Jumat, 28/07/2006 15:04
Caracas, NU Online
Menlu Venezuela Ali Rodriguez , Kamis (27/7) menekankan pentingnya dukungan pemerintah Rusia terhadap Venezuela untuk menjadi anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). “Dukungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke negara kita adalah satu di antara keberhasilan pemerintah Venezuela untuk disetujui duduk dalam DK PBB," ungkap Rodriguez seperti dilansir sebuah stasiun televisi Venezolana de Television.
Jumat, 28/07/2006 14:33
Munas dan Konbes NU
Surabaya, NU Online
Dua kubu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yaitu kubu Muhaimin Iskandar dan Alwi Shihab-Khoirul Anam menghadiri acara pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) di Gelanggang Olah Raga Kertajaya, Surabaya, Jum’at (28/7) Acara yang dihadiri para ulama NU se-Indonesia itu dibuka Wakil Presiden RI Jusuf Kalla Gelanggang Olah Raga Kertajaya, Surabaya, Jumat (28/7). Hadir juga dalam acara tersebut Rois ‘Aam PBNU KH Sahal Mahfudz dan KH Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi. Dubes Palestina untuk Indonesia Fariz Mehdawi, Gubernur Jawa Timur Imam Utomo, Ketua DPP PDIP Sutjipto dan para tokoh lintas agama juga hadir.
Jumat, 28/07/2006 13:56
Munas dan Konbes NU
Surabaya, NU Online
Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla menyatakan, sikap Nahdlatul Ulama (NU) tentang konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila tidak pernah berubah. “NU tidak pernah goyah pendiriannya soal NKRI dan Pancasila,” kata Kalla dalam sambutannya saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU di Gelanggang Olah Raga Kertajaya, Surabaya, Jum’at (28/7)
Jumat, 28/07/2006 13:51
Munas dan Konbes NU
Surabaya, NU Online
Rais Aam PBNU KH Sahal Mahfudz mengharapkan agar para ulama tidak menyeret atau melibatkan atribut-atribut NU ke dalam wilayah politik praktis. Ulama merupakan motivator dan pemberi inspirasi yang mampu mempengaruhi masyarakat untuk menumbuhkan dinamika yang tinggi dalam meningkatkan kualitas hidup dan kehidupannya. “Kepada mereka dituntut komitmen dan integritas yang tinggi. Jika hal itu dilakukan, maka akibatnya bukan hanya akan mencabik-cabik sesama warga NU tetapi juga wibawa organisasi akan kehilangan pamor,” demikian seperti diungkapkan dalam khutbah iftitah munas dan konbes di GOR Kertajaya Surabaya, Jum’at.
Jumat, 28/07/2006 11:54
Munas dan Konbes NU
Jakarta, NU Online
Nahdlatul Ulama berkeyakinan bahwa syari’at Islam dapat diimplementasikan tanpa harus menunggu atau melalui institusi formal. NU lebih mengidealkan substansi nilai-nilai syari’ah terimplementasi di dalam masyarakat ketimbang mengidealisasikan institusi. “NU sudah berkesimpulan bahwa NKRI dengan dasar Pancasila sudah merupakan bentuk final bagi bangsa Indonesia,” Demikian diungkapkan oleh Rais Aam PBNU KH Sahal Mahfudz dalam pidato iftitah munas dan konbes NU di GOR Kertajaya Surabaya, Jum’at (27/7).
Jumat, 28/07/2006 00:05
Silaturrahmi Alim Ulama NU
Surabaya, NU Online
Meski telah ditegaskan sebelumnya oleh Rois ‘Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Sahal Mahfudh bahwa tidak akan ada pembicaraan tentang politik praktis dalam Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU di Surabaya, namun muncul keinginan dari sejumlah ulama tentang pendirian partai politik baru. “Ada yang memunculkan keinginan untuk mendirikan partai baru, ada yang tidak setuju,” kata Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi sesaat setelah acara silaturrahmi antara ulama NU se-Indonesia di arena Munas Alim Ulama dan Konbes NU di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya, Kamis (27/7) malam.
Kamis, 27/07/2006 23:40
MUNAS DAN KONBES NU
Surabaya, NU Online
Faham liberalisme yang belakangan ini menghinggapi fikiran anak muda NU dikeluhkan oleh para ulama dalam silaturrahmi di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Ajaran baru tersebut dinilai sudah melenceng dari ajaran ahlusunnah wal jamaah yang menjadi dasar dari ajaran NU. Masalah kaderisasi yang buruk diduga sebagai salah satu penyebab para anak muda NU tersebut menyerap pemikiran-pemikiran luar tersebut. “Banyak anak muda NU yang sudah terlepas dari kebodohan tapi belum pinter beneran,” tandas KH Hasyim Muzadi.
Ubudiyah
Selasa, 15/04/2014 15:00
Dunia dan segala macam isinya diciptakan oleh Allah swt untuk manusia, termasuk juga malam dan siang. Sebagian besar manusia mefungsikan siang untuk mencari...
Kamis, 10/04/2014 16:00
Imam As-Suyuthi dalam kitabnya Lubabun Nuqul fi Asbabin Nuzul menceitakan bahwa suatu ketika rasulullah saw pernah sakit agak parah, maka datanglah dua...
Syariah
Rabu, 16/04/2014 07:00
Klangenan adalah bahasa jawa asal kata kangen. Klangenan dapat diartikan dengan sesuatu yang bisa menjadikan seseorang merasa kangen kepadanya. Klangenan...
Senin, 14/04/2014 17:01
Di dalam Islam istilah nafkah berasal dari kata nafaqah, infaq yang artinya mengeluarkan. Kata ini hanya digunakan untuk perkara yang baik saja. Fiqih...
Hikmah
Jumat, 18/04/2014 05:01
Kisah tentang keteguhan seorang wanita yang bernama Masyitah dalam mempertahankan keimanannya ini begitu masyhur. Masyitah adalah seorang pelayan di kerajaan...
Jumat, 11/04/2014 16:01
Suatu ketika Nabi Musa as. mengadu kepada Allah, “Wahai Tuhan! Engkau ciptakan makhluk dan Kau berikan kenikmatan rizki. Kau (pula) yang menjadikan...
Taushiyah
Rabu, 16/04/2014 19:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa tahun yang lampau, seorang ulama dari Pakistan datang pada penulis di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)...
Rabu, 09/04/2014 11:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Keharusan adanya pemimpin pada setiap komunitas sekecil apapun tidak diingkari baik oleh norma sosial mau pun norma agama Islam....
Khotbah
Kamis, 10/04/2014 13:04
"Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong seberat dzarroh (atom yang paling kecil)." Lantas ada seseorang yang berkata: Sesungguhnya ada laki-laki yang suka berpakaian indah dan bersandal bagus. Nabi saw bersabda: “sesungguhnya Allah itu Indah dan suka keindahan. Sombong adalah menentang kebenaran dan memandang rendah orang lain (al-Hadits).
Kamis, 27/03/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Rasulullah Pernah bersabda "Satu waktu nanti akan tiba atas umatku penguasa seperti singa, para menterinya seperti serigala, dan hakim-hakimnya seperti anjing. Sementara itu umat kebanyakan bagaikan kambing. Bagaimana bisa kambing hidup diantara singa, serigala dan anjing?"
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Space Iklan
305 x 100 Pixel
Agenda
PrefApril 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Maaf transaksi pembelian via web toko.nu.or.id belum bisa beroperasi karena ada sistem yang perlu disempurnakan ::::