Kamis, 24 Juli 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Jumat, 01/08/2008 20:11
ICIS III
Jakarta, NU Online
Komunitas muslim di bekas propinsi ke 27 Indonesia, Timor Timur yang kini telah menjadi negara dengan nama Timor Leste kini hidup dalam damai meskipun proporsinya minoritas ditengah-tengah 90 persen populasi Katolik.

“Kami tidak kehilangan identitas kami dan tidak merasa diasingkan atau didiskriminasi,” kata Aslam Timol, delegasi dari Timor Leste dalam penutupan International Conference of Islamic Scholars (ICIS) III di Jakarta, Jum’at (1/8).
Jumat, 01/08/2008 19:48
ICIS III
Jakarta, NU Online
Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda meminta negara-negara kaya minyak muslim untuk meningkatkan investasinya di negara yang berkembang yang juga didominasi oleh kaum muslimin.

“Kita mendorong mereka untuk meningkatkan investasinya di negara-negara Muslim,” katanya seusai penutupan International Conference of Islamic Scholars (ICIS) III di Jakarta, Jum’at (1/8).
Jumat, 01/08/2008 18:23
ICIS III
Jakarta, NU Online
Sekretaris Jenderal Konferensi para Ulama dan Cendekiawan Muslim se-Dunia (ICIS), KH Hasyim Muzadi, meminta agar umat Islam di seluruh dunia bersatu dan tidak tercerai-berai.

Menurutnya, umat Islam selamanya tidak akan pernah bisa menjadi penjaga perdamaian selama mereka tercerai-berai dan mencurigai satu sama lain.
Jumat, 01/08/2008 17:53
ICIS III
Jakarta, NU Online
Keberadaan International Conference of Islamic Scholars (ICIS) yang mengumpulkan ulama dan cendekiawan muslim dari seluruh dunia oleh PBNU tidak berarti sama dengan Islam transnasional yang kini marak di Indonesia.

“Meskipun mereka berkumpul menjadi satu, tetapi mereka tetap menghargai lokalitas budaya masing-masing yang sesuai dengan ajaran Islam,” Ketua PBNU KH Hasyim Muzadi saat berdialog dengan rombongan PCI NU yang mengikuti acara ICIS, Kamis malam (31/7).
Jumat, 01/08/2008 17:15
ICIS III
Jakarta, NU Online
Di sela-sela kesibukan mengikuti padatnya jadwal Konferensi Ulama dan Cendikiawan Muslim se-Dunia (ICIS) yang digagas Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) di Jakarta, delegasi dari Sudan menyempatkan diri melakukan kunjungan ke tempat yang mempunyai arti penting bagi rakyat Sudan, yakni Gedung Merdeka dan Gedung Asia-Afrika di Bandung, Jawa Barat.

Mereka juga mengunjungi beberapa pesantren NU di Kota Depok, dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kunjungan tersebut dilakukan pada Kamis (31/7) kemarin.
Jumat, 01/08/2008 15:08
ICIS III
Jakarta, NU Online
The Third International Conference of Islamic Scholars (ICIS III) yang diselenggarakan oleh PBNU pada29 Juli-1 Agustus 2008 di Jakarta menghasilkan keputusan bersama dalam bentuk “Pesan Jakarta”.

Berikut ini adalah isi dari Pesan Jakarta: Pesan Jakarta Menegakkan Islam sebagai Rahmatan lil-Alamin: Pembangunan Perdamaian dan Pencegahan Konflik di Dunia Muslim pada Konferensi International Ulama dan Cendekiawan Islam ke-3 Jakarta, 29 Juli – 1 Agustus 2008 Bismillahirahmanirrahim
Jumat, 01/08/2008 13:14
Caracas, NU Online
Presiden Venezuela Hugo Chavez akan menasionalisasi Bank of Venezuela, salah satu bank terbesar di negara itu, milik kelompok usaha Grupo Santander asal Spanyol.

"Kami akan menasionalisasi Bank of Venezuela. Saya minta (Grupo Santander) untuk datang dan memulai perundingan, ujar Chavez ketika menyampaikan pidato di televisi dan radio di Caracas, Kamis waktu setempat atau Jumat (1/8).
Jumat, 01/08/2008 10:08
ICIS III
Jakarta, NU Online
Ketua Dewan Tertinggi Dakwah Islam Sudan, Sheikh Umar Idris Hadrah meminta dukungan dari peserta ICIS bagi penyelesaian konflik di Darfur, Sudan. Dikatakannya, pembantaian massal yang terjadi di Darfur Sudan hanyalah rekayasa pers Barat untuk menjatuhkan kepemimpinan Presiden Umar Hasan Ahmad al-Bashir.

Tuduhan Mahkamah Internasional bahwa Presiden Bashir merupakan dalang genosida di Darfur adalah rekayasa dan tidak terbukti sama sekali. Hal ini dikemukakannya dalam presentasinya bertajuk The Problem of Peace: The Rice of Conflict in Darfur (Sudan) pada forum The Third International Conference of Islamic Scholars (ICIS III) di Jakarta, Rabu (30/7), seperti dilaporkan kontributor NU Online yang juga delegasi PCINU Malaysia, Hilmy Muhammad.
Jumat, 01/08/2008 08:04
ICIS III
Jakarta, NU Online
Umat Islam memiliki populasi yang cukup tinggi di dunia. Dengan penganut mencapai 1,5 milyar lebih (sekitar 20 persen dari total penduduk dunia), jumlah umat Islam melebihi penganut agama manapun di dunia. Hal itu seharusnya menjadi potensi untuk mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi umat Islam di sejumlah negara.

Tokoh Cendikiawan Islam asal Aljazair, Dr Samirah mengatakan, persatuan umat Islam sangat penting untuk mengatasi berbagai kesulitan. Kalau masing-masing umat memiliki agenda sendiri dan jalan sendiri-sendiri, berbagai kesulitan yang selama ini dihadapi akan terus menemui jalan buntu.
Jumat, 01/08/2008 03:08
Jakarta, NU Online
Islah atau penyatuan kembali dua kubu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sedang berseteru harus dilakukan untuk menyelamatkan partai ini pada Pemilu 2009.

“Islah itu suatu keharusan untuk menyelamatkan PKB sebagai partai warga NU yang akan mengikuti Pemilu 2009 mendatang,” ujar Ketua DPP PKB yang juga Ketua FKB DPR A Effendy Choirie (Gus Choi) di Jakarta, Kamis (31/7).
Jumat, 01/08/2008 01:46
Jakarta, NU Online
Rekonsiliasi antara dunia Barat dan Islam tergantung kepada upaya-upaya yang dilakukan umat Islam di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Sementara Indonesia sebagai salah satu negara di kawasan ini telah memimpin upaya-upaya rekonsiliasi itu.

“Umat Muslim di Asia Tenggara sangat terbuka untuk menerima ide-ide baru ketimbang umat Muslim di belahan dunia yang lain,” katanya dalam forum International Conference of Islamic Scholars (ICIS) III yang diadakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta, Rabu (30/7).
Kamis, 31/07/2008 21:26
Semarang, NU Online
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan Abdurrahman Wahid atau yang dikenal Gus Dur akan tetap bertahan di PKB.

Muhaimin di Semarang, Kamis mengatakan adanya pertemuan Gus Dur dengan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali beberapa waktu lalu hanya bagian dari manuver politik dan pihaknya tidak terlalu khawatir.
Kamis, 31/07/2008 20:21
Lamongan, NU Online
Melalui Kepala Departemen Agama Lamongan Asyhuri, Bupati Lamongan Masfuk berharap khatib sebagai penerjemah bahasa pembangunan kepada masyarakat melalui bahasa agama hendaknya tidak bersifat monoton dan teks book dalam menyampaikan khotbah. Imam dan khatib diharapkan mampu menyampaikan khutbah sesuai dengan era saat ini. Khatib hendaknya bisa membaca suasana dan membekali diri dengan meningkatkan wawasan melalui media cetak maupun elektronik.

Pada orientasi imam dan khatib masjid besar kecamatan se-Kabupaten Lamongan, Kamis (31/7) Asyhuri mengatakan selain khatib, imam juga perlu senantiasa menjadi daya tarik masyarakat untuk selalu kangen berada di masjid. Sesuai dengan peran imam sebagai pemuka dan panutan umat tugasnya menciptakan dan menebarkan kedamaian dan kepedulian sosial serta perekat persatuan dan kesatuan.
Kamis, 31/07/2008 17:14
ICIS III
Jakarta, NU Online
Kekhawatiran jika pasukan asing ditarik dari Irak akan menimbulkan kekacauan di negeri tersebut dinilai tidak beralasan. Saat ini, negera Irak telah siap untuk mengamankan wilayahnya. Demikian dikatakan oleh Imam Masjid Najf Irak, Sad Aldein Hasan Ali al Qibanchi di sela-sela acara International Conference of Islamic Scholars (ICIS) III di Jakarta, Kamis (31/7).
Kamis, 31/07/2008 16:35
ICIS III
Jakarta, NU Online
Konferensi para ulama dan cendikiawan Muslim se-Dunia atau International Conference of Islamic Scholars (ICIS) sedang melakukan pemetaan (mapping) mengenai akar konflik yang terjadi di negara-negara Islam guna membuat rumusan atau rekomendasi untuk dijadikan solusi terhadap konflik tersebut.
 
"Sedang dilakukan mapping, saya berharap segera bisa ditentukan solusinya," ujar Sekjen ICIS KH Hasyim Muzadi di sela-sela ICIS III, di Jakarta, Kamis (31/7).
Kamis, 31/07/2008 14:54
ICIS III
Jakarta, NU Online
Al-Qur’an di satu sisi memang memberi peluang kebebasan kepada manusia untuk berfikir dan bertindak. Akan tetapi di satu sisi, Al-Qur`an juga menyebut manusia (insan) dengan sebutan hamba (abd) yang senantiasa tunduk dan beribadah kepada Allah.

Kedua premis ini mengisyaratkan sebuah ajaran penting, yakni dalam memakmurkan bumi, umpamanya, harus dilakukan dalam koridor kesantunan beribadah kepada Allah.
Ubudiyah
Ahad, 20/07/2014 16:00
LAILATUL QADAR 3 (Habis)
Ada empat hal yang dirahasiakan oleh Allah swt. pertama ridhanya Allah dalam ibadah. Kedua murkanya Allah dalam maksyiat. Ketiga walinya Allah dan Keempat...
Sabtu, 19/07/2014 16:00
LAILATUL QADAR 2
Demikian Allah swt merahasiakan malam lailatul qadar dari umat manusia. Hanya orang-orang istimewa yang bisa memahami malam istimewa. Termasuk orang...
Syariah
Rabu, 23/07/2014 09:47
Fungsi dan Hakikat Zakat Yang dimaksud dengan zakat di sini bukanlah zakat fitrah yang berhubungan dengan ibadah puasa Ramdhan. Tetapi zakat kekayaan (...
Selasa, 22/07/2014 09:00
Zakat fitrah berbeda dengan zakat harta benda. Karena zakat fitrah merupakan satu rangkaian yang tidak terpisahkan dengan ibadah puasa Ramadhan. Bila ibadah...
Hikmah
Rabu, 23/07/2014 11:01
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan KH Abdul Ghoffar, suatu waktu berbincang dengan NU Online seputar seekor kijang yang memiliki...
Sabtu, 05/07/2014 08:02
Melakukan kebaikan, hendaknya didasarkan pada niat yang baik pula. Seperti halnya dengan puasa yang kita laksanakan sekarang, kita niatkan untuk mencari...
Taushiyah
Rabu, 23/07/2014 17:36
Kepada saudara-saudara sebangsa dan setanah air, khususnya keluarga besar nahdliyyin di manapun anda berada, yang saya cintai, Alhamdulillah proses Pemilihan...
Rabu, 16/07/2014 09:11
Oleh KH Abdurrahman Wahid Penulis diundang oleh UNESCO ke Paris, pada Mei 2003, untuk menyampaikan pidato pembukaan ( keynote address ) dalam sebuah...
Khotbah
Kamis, 24/07/2014 04:01
Rukun Islam itu ada lima hal. Membaca syahadat, mengerjakan shalat, membayar zakat, berpuasa dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Kelima rukun Islam tersebut bersifat positif (syatrul iktisab), kecuali puasa. Karena sesungguhnya perintah puasa adalah bersifat negative (syatrul ijtinab), yaitu perintah untuk meninggalkan sesuatu (makan, minum, menahan nafsu dan lain-lain). Artinya, apabila syahadat harus diucapkan, shalat harus dikerjakan, zakat harus ditunaikan, haji harus dilaksanakan, maka  puasa harus menahan segala hal yang membatalkannya.
Jumat, 18/07/2014 03:01
KHOTBAH JUMAT
Marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia-Nya yang senantiasa dilimpahkan kepada kita. Kiranya, dengan bersyukur itu dapat menambah kepatuhan dan ketaqwaan kita kepada Allah. Yakni menggunakan nikmat itu untuk melaksanakan semua perintah-Nya, dan untuk menjauhi segala larangan-Nya.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefJuli 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
::::Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak masyarakat menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah melalui LAZISNU. Rekening zakat: BCA 6340161473 MANDIRI 1230004838951. Infaq: BCA 6340161481 MANDIRI 1230004838977 :::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Transaksi pembelian di Toko NU Online bisa dilakukan via SMS (083807382750) atau PIN BBM (742CE570) ::::