Kamis, 24 April 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Rabu, 09/08/2006 18:26
Jakarta, NU Online
Upaya untuk menjalin komunikasi dan koordinasi yang lebih baik antara PBNU dan wilayah serta cabangnya merupakan bagian dari program peningkatan efektifitas organisasi. Kali ini, PBNU mengundang seluruh PWNU Jabar dan PCNU Se-Jabar untuk bersilaturrahmi di Gd. PBNU, Selasa. Dalam pertemuan tersebut, seluruh PCNU diberi kesempatan untuk mengungkapkan unek-unek tentang seluruh perkembangan dan permasalahan yang dihadapi masing-masing daerahnya. Salah satu permasalahan yang mengemuka adalah masalah penyelesaian pasca Konferwil yang belum tuntas. Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi didampingi H. Ahmad Bagdja mewakili PBNU.
Rabu, 09/08/2006 16:40
Jakarta, NU Online
Sistus resmi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, NU Online, didukung Lembaga Seniman dan Budayawan Muslim Indonesia (Lesbumi), Majelis Kebudayaan Muslim dan Dewan Peradaban Nasional menggelar dialog publik bertema “Infotainment: Kezaliman Era Baru?” di Pusat Gedung Film, JI. MT Haryono kay. 47-48 Jakarta Selatan, pada Kamis (10/8), pukul 14.00. Fatwa NU yang terumus dalam Munas Alim Ulama di Surabaya (27-30 Juli) lalu pada Sidang Bahtsul Masail Diniyyah Waqiiyyah tentang infotainment ternyata paling mendapat sorotan media massa. Banyak kalangan mendukung fatwa itu, dan tidak sedikit yang malah mengecam.
Rabu, 09/08/2006 14:00
Kuala Lumpur, NU Online
Langkah maju dilakukan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI-NU) Malaysia. Akhir bulan Juli lalu, PCI-NU Malaysia melakukan kerjasama dengan New Technology Innovation Sdn Bhd (NTI), salah satu agensi perusahaan telekomunikasi swasta di Malaysia dalam pembuatan sistem pengiriman pesan singkat (SMS) dakwah. Penandatanganan kontrak kerjasama tersebut dilakukan oleh salah satu Rois Syuriah PCI-NU Malaysia Drs Zam Zam Affandi dengan Direktur NTI MA H Affandi Abdullah di kantor NTI, Kuala Lumpur, Malaysia. Turut menyaksikan penandatanganan kerjasama tersebut Ketua Tanfidziyah PCI-NU Malaysia Drs H Achmad Mu’idi Rof’i, beberapa tim khusus dari jajaran PCI-NU Malaysia dan tim teknis dari NTI yang akan mengendalikan program tersebut nantinya.
Selasa, 08/08/2006 20:51
Cirebon, NU Online
Pemimpin Lima Tarekat Islam Syech Yusuf Muhyidin, ulama kelahiran Lebanon, di Cirebon, Selasa menyatakan sangat yakin kedzoliman zionis Israel akan bisa dikalahkan ummat Islam, apalagi Isreal secara geografis dikelilingi negara-negara Islam. "Kedzoliman di mana pun tidak akan langgeng dan akan dikalahkan, dan umat Islam sejak zaman Rosulullah punya jiwa jihad dan tidak tinggal diam dengan kedzoliman," katanya usai memberikan ceramah di Ponpes Jagasatru Cirebon pimpinan KH Ayip Muhammad, Selasa. 
Selasa, 08/08/2006 20:39
Jakarta, NU Online
Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Barisan Mahasiswa Muslim Jakarta (BAMM Jakarta) mendukung sikap Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang menentang tayangan "infotainment" di televisi karena dinilai melanggar kaidah keagamaan dengan membeberkan aib dan privasi seseorang. "Kami mendesak alim ulama agar tetap menyatakan (bahwa) tayangan tersebut haram. Bahkan kalau perlu larang semua tayangan yang melanggar agama, termasuk undian sms," kata Koordinator Presidium BAMM, Muhammad Bakri, dalam aksi mereka di Bundaran HI, Jakarta, Selasa.
Selasa, 08/08/2006 18:22
Pilkada DKI Jakarta
Jakarta, NU Online
Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur DKI Jakarta yang akan digelar pada 2007 mendatang, keberadaan militer kembali disoal. Militer dinilai tidak perlu ikut-ikutan dalam proses pesta demokrasi yang akan digelar di ibukota negara tersebut. Demikian wacana yang mengemuka pada dialog publik bertema “Gubernur DKI Jakarta Haruskah Militer? Relevansi Sipil-Militer dalam Pilkada DKI Jakarta“ di Gedung PBNU Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (8/8)
Selasa, 08/08/2006 16:38
Jakarta, NU Online
Pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melarang pengiriman relawan perang dari Indonesia dalam konflik Israel-Libanon. Dikatakan, hal itu justru malah menyulitkan pemerintah Indonesia.
 
Larangan itu menyusul adanya rencana sejumlah organisasi masyarakat di tanah air untuk mengirimkan relawan guna bertempur melawan pasukan Israel yang hingga saat ini masih menggempur Lebanon dan menculik sejumlah tokoh politik Palestina.
Selasa, 08/08/2006 15:36
Havana, NU Online
Lebih dari 400 tokoh dunia termasuk delapan di antaranya adalah peraih penghargaan Nobel, Selasa (8/8) meminta pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk menghormati kedaulatan negara Kuba dan mengutuk segala tindakan yang mengancam integritas teritorialnya. Mereka menandatangani sebuah dokumen “Kedaulatan Kuba Harus Dihormati” untuk disampaikan sebagai dukungan kepada Presiden Fidel Castro yang pada 31 Juli lalu melimpahkan tanggung jawab kenegaraannya kepada sang adik Raul Castro karena kondisi kesehatannya yang kurang baik.
Selasa, 08/08/2006 11:49
PULAU-PULAU KECIL RIAU
Jakarta, NU Online
Mantan Presiden KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mengusulkan agar DPR membentuk komisi independen yang bertugas meneliti segala hal yang terkait dengan pulau-pulau kecil yang ada di Riau menyusul adanya penjualan pasir dari sejumlah pulau tersebut ke luar negeri. Kepada pers di Jakarta, Senin (7/8), Gus Dur menyatakan, persoalan pulau-pulau kecil tersebut perlu mendapat perhatian serius sejak dini guna menghindari kemungkinan buruk di masa mendatang, terutama pulau yang berada di kawasan perbatasan dengan negara tetangga.
Senin, 07/08/2006 18:41
SETIAP komunitas mesti memiliki etika tersendiri, sebab tidak ada sesuatu yang bisa berjalan tanpa landasan moral. Termasuk aktivitas akademik. Kualitas akademik tidak hanya ditentukan oleh validitas keilmuan yang dikembangkan, tetapi lebih penting lagi adalah integritas moral para akademisi. Berguna tidaknya, dan berpengaruh tidaknya sebuah karya ilmiah sangat ditentukan oleh yang satu ini. Bila sebuah pemikiran ilmiah telah meninggalkan landasan etik itu, maka hilanglah kewibawaannya sebagai sebuah pemikiran ilmiah yang bisa dipercaya validitasnya. Hasil survai yang dilakukan oleh PPIM sebuah lembaga penelitian yang bernanung di bawah UIN Jakarta beberapa waktu lalu mengatakan bahwa kitab kuning yang digunakan dunia pesantren sebagai sumber kekerasan bahkan teorisme. Pandangan itu pertama menyalahi metodolgi survey itu sendiri, sebab pertama yang ditanyakan bukan persepsi orang tentang suatu gerakan, tetapi tiba-tiba meloncat pada kesimpulan bahwa mereka melakukan kekerasan karena merujuk pada kitab kuning pesantren.
Senin, 07/08/2006 15:42
Pilkada Jatim
Surabaya, NU Online
Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) sudah mulai ancang-ancang menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Jawa Timur (Jatim) yang akan digelar tahun 2008 mendatang. Partai berlambang banteng moncong putih ini mencoba mendekati Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim untuk menjajaki koalisi. Ketua DPP PDI-P Soetjipto yang sudah dicalonkan DPC PDI-P Jatim untuk menjadi gubernur Jatim periode 2008-2013 mendatangi Kantor PWNU Jatim di Jalan Raya Darmo, Surabaya, Senin (7/8). Didampingi Ketua DPD PDI-P Surabaya Saleh Ismail Mukadar, Soetjipto meminta restu kepada Ketua PWNU Jatim, Ali Maschan Moesa.
Senin, 07/08/2006 12:13
Jakarta, NU Online
Undang-undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia yang telah diamandemen oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 2002 lalu tidak bisa dikembalikan kepada UUD 1945, kecuali melalui referendum. “Kalau kita menginginkan, forumnya tidak ada sekarang. Karena lembaga tertingginya tidak ada. Karena MPR-nya sudah bunuh diri. Sehingga siapa sekarang yang akan bicara tentang UUD karena forumnya dibubarkan oleh dia sendiri. Nah kemudaian, satu-satunya jalan adalah referendum,” kata Ketua Umum PBNU KH. Hasyim Muzadi kepada NU Online di Jakarta, Senin (7/8).
Senin, 07/08/2006 11:30
Catatan Akhir Munas Surabaya
Surabaya, NU Online
KH. Afifuddin Muhajjir, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyyah, Situbondo, Jawa Timur, mengaku kecewa dengan model bahtsul masail (pembahasan hukum agama) di lingkungan Nahdlatul Ulama yang hanya terpaku pada teks. Para kiai dan santri senior tidak terbiasa memutuskan persoalan secara metodologis sehingga fikih yang dihasilkan menjadi kering dan selalu menunggu jawaban secara tekstual atau malah tidak ada keputusan hukum (mauquf). Bahtsul Masail Diniyyah Waqi’iyyah pada Munas Alim Ulama di Surabaya (27-30 Juli lalu) telah memberikan bebrapa keputusan. Sedikitnya ada lima persoalan dalam draft yang telah diputuskan hukumnya, yakni soal peresmian tempat ibadah agama lain, daur ulang air mutanajjis, pihak asuransi menanggung pembayaran sisa kredit rumah, masa tanguh atas suami yang hilang, dan soal asas pembuktian terbalik. Selebihnya, yang belum sempat terputuskan seperti soal infotaintment dilanjutkan di luar forum Munas atau diserahkan ke PBNU.
Senin, 07/08/2006 11:18
Beirut, NU Online
Pejuang Hezbollah kembali menggempur wilayah Israel dengan menembakkan roket-roketnya yang menewaskan 12 tentara Israel dan 3 warga sipil lainnya, Minggu (6/8). Demikian sumber Reuters melaporkan. Sementara itu, pasukan Israel pada hari yang sama, membombardir Lebanon selatan yang menewaskan sedikitnya 19 warga sipil dan seorang tentara Lebanon.
Senin, 07/08/2006 10:14
Jakarta, NU Online
Fatwa haram infotaintment yang dikeluarkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terus mendapat dukungan. Kali ini datang dari Fraksi Persatuan Pembangunan (F-PP). FPP dengan tegas mendukung keputusan tersebut sekaligus akan menyosialisasikannya kepada masyarakat. Dukungan tersebut disampaikan langsung Ketua FPP Endin AJ Soefihara, di Jakarta, Senin (7/8). "Publik perlu merespons secara positif fatwa tersebut. Karena tujuannya untuk menghidupkan budaya kritis," katanya.
Ahad, 06/08/2006 13:57
MTQ Nasional ke-21 Berakhir
Kendari, NU Online
Seperti diperkirakan sebelumnya gelar juara umum MTQN XXI yang diadakan di Kendari, Sulawesi Tenggara, selama sepekan ini akhirnya jatuh ke pangkuan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Kafilah DKI Jakarta yang berkekuatan 105 orang merebut gelar juara setelah meraup 12 emas, delapan perak dan lima perunggu, menyusul empat provinsi lainnya yang masuk lima besar  berturut-turut yakni Jawa Barat, Jawa Timur, tuan rumah Sulawesi Tenggara dan Jawa Tengah.
Ubudiyah
Rabu, 23/04/2014 08:11
Di daerah pesisir pantai utara pulau Jawa terdapat puji-pujian yang sangat mengharuka. Apalagi jika dilagukan oleh suara orang tua, seolah mereka menghayati...
Sabtu, 19/04/2014 16:00
Diantara empat hukum dalam Islam, semuanya memiliki konsekwensi masing-masing kecuali mubah. Pahala diperuntukkan mereka yang menjalankan hukum wajib dan...
Syariah
Ahad, 20/04/2014 05:00
Dalam hadits Bukhari, Abu Daud dan Al-Wadhihah sebuah cerita menyebutkan bahwa Ali bin Abi Thalib telah melamar seorang putri Abu Jahal bin Hisyam, lalu...
Rabu, 16/04/2014 07:00
Klangenan adalah bahasa jawa asal kata kangen. Klangenan dapat diartikan dengan sesuatu yang bisa menjadikan seseorang merasa kangen kepadanya. Klangenan...
Hikmah
Jumat, 18/04/2014 05:01
Kisah tentang keteguhan seorang wanita yang bernama Masyitah dalam mempertahankan keimanannya ini begitu masyhur. Masyitah adalah seorang pelayan di kerajaan...
Jumat, 11/04/2014 16:01
Suatu ketika Nabi Musa as. mengadu kepada Allah, “Wahai Tuhan! Engkau ciptakan makhluk dan Kau berikan kenikmatan rizki. Kau (pula) yang menjadikan...
Taushiyah
Rabu, 23/04/2014 12:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Hampir semua eksponen NU sibuk memasyarakatkan Khittah 26, pada masa antara pasca-Muktamar NU ke-27 sampai dengan Pemilu 1987....
Rabu, 16/04/2014 19:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa tahun yang lampau, seorang ulama dari Pakistan datang pada penulis di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)...
Khotbah
Kamis, 10/04/2014 13:04
"Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong seberat dzarroh (atom yang paling kecil)." Lantas ada seseorang yang berkata: Sesungguhnya ada laki-laki yang suka berpakaian indah dan bersandal bagus. Nabi saw bersabda: “sesungguhnya Allah itu Indah dan suka keindahan. Sombong adalah menentang kebenaran dan memandang rendah orang lain (al-Hadits).
Kamis, 27/03/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Rasulullah Pernah bersabda "Satu waktu nanti akan tiba atas umatku penguasa seperti singa, para menterinya seperti serigala, dan hakim-hakimnya seperti anjing. Sementara itu umat kebanyakan bagaikan kambing. Bagaimana bisa kambing hidup diantara singa, serigala dan anjing?"
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Space Iklan
305 x 100 Pixel
Agenda
PrefApril 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Maaf transaksi pembelian via web toko.nu.or.id belum bisa beroperasi karena ada sistem yang perlu disempurnakan ::::