Sabtu, 20 September 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Jumat, 17/10/2008 14:22
Semarang, NU Online
Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar di Semarang, Kamis, mengatakan, kemungkinan masih akan menggunakan foto serta gambar Ketua Dewan Syura PKB, KH Abdurrahman Wahid atau Gur Dur pada atribut kampanye untuk menggaet konstituen.

"Saya rasa Gus Dur tidak akan keberatan," kata Muhaimin sesaat sebelum memimpin sejumlah calon anggota legislatif asal Jawa Tengah untuk bersilaturahmi ke sejumlah kiai di provinsi ini, di Semarang.
Jumat, 17/10/2008 12:01
KUNJUNGAN KE KORSEL
Seoul, NU Online
Dalam kunjungan ke Pusat Pengembangan Teknologi Nuklir Korea (KHNP), Kamis (16/10) kemarin, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH A. Hasyim Muzadi mendapatkan penjelasan secara menyeluruh tentang kebijakan pemerintah Korea dalam bidang energi nuklir dari Dr Lee Woo Bang, Senior Vice President Korea Hydro dan Nuclear Power Co. Ltd.

Menurut Lee, tenaga-tenaga ahli nuklir Indonesia cukup mampu mengembangkan teknologi ini, karena sejak lama ahli nuklir Korea melakukan kontak-kontak kerjasama dan riset dengan tenaga ahli nuklir Indonesia.&l
Jumat, 17/10/2008 11:26
Jember, NU Online
Aktivitas Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tidak boleh hanya terkonsentrasi pada isu-isu politik dan birokrasi. Organisasi kemahasiswaan yang berbasis pada Nahdlatul Ulama (NU) itu harus menggiatkan kegiatan pendampingan masyarakat dan upaya peningkatan ekonomi umat.

“Kader PMII jangan sampai terjebak dalam arus permainan politik. Cobalah kita begerak di economic sociaty. Dan ini manfaatnya saya kira sangat besar,” kata Mantan Ketua Korcab PMII Jawa Timur, Hendro Tri Subiyantoro dalam Dialog Pemuda dan Pelatihan Kader Lanjut, di aula Kantor Pengurus Cabang NU, Jember, Jum’at (17/10) pagi ini.
Jumat, 17/10/2008 10:10
Jember, NU Online
Salah seorang tokoh Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus dosen Universitas Islam Jember (UIJ), Drs KH Sahilun A. Nasir, Ahad lalu (12/10) berhasil meriah gelar doktor di Program Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya, dalam usia yang sudah senja, 67 tahun.

Gelar tersebut diraih setelah, Pak Sahilun –sapaan akrabnya—berhasil mempertahankan disertasinya yang bertajuk “Syeikh Muhammad Nawawi Al-Bantani al-Jawi: Studi Pemikiran Kalam Seorang Ulama Perintis".
Jumat, 17/10/2008 09:46
Seoul, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi disambut hangat oleh Ketua Federasi Muslim Korea atau Korea Muslim Federation (KMF), Prof Dr Hee-Soo Lee saat tiba di Seoul, Korea Selatan, Kamis (16/10) kemarin untuk kunjungan resmi 5 hari.

Kedatangan Hasyim yang juga Sekjen International Conference of Islamic Scholars (ICIS) itu dalam rangka memenuhi undangan KMF yang difasilitasi kementrian luar negeri Korea melalui kedutaannya di Jakarta.
Jumat, 17/10/2008 07:11
Brebes, NU Online
Lambannya pengesahan Rancangan Undang Undang (RUU) Pornografi, membuat jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kab. Brebes, Jawa Tengah, geram. PCNU akan mengirimkan Surat Desakan kepada DPR RI agar secepatnya UU tersebut disahkan.

Sementara itu Pengasuh Pondok Pesantren Al Itihaad Desa Pasirkidul Purwokerto Barat Kab. Banyumas, Jawa Tengah, H Mughni Labib, MSi, juga mengharapkan agar RUU ini segera disahkan.
Jumat, 17/10/2008 05:39
Jakarta, NU Online
Sekitar 5.000 petani turun ke jalan memperingati Hari Pangan Sedunia, 16 Oktober kemarin. Para petani mendatangi Istana Negara Jakarta, Gedung DPR/MPR, dan bundaran Hotel Indonesia.

Para petani tergabung dalam organisasi-organisasi tani, serikat pekerja, lembaga swadaya msyarakat (LSM), serta aktivis anti utang dan imperialisme.
Jumat, 17/10/2008 03:45
New York, NU Online
Majelis Umum PBB akan mengadakan pemungutan suara, Jumat (17/10) hari ini, untuk memilih lima anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (DK PBB) yang baru. Semua mata tertuju pada Iran dan Jepang yang berebut satu kursi Asia yang tersedia.

Iran, yang kini mendapat sanksi Dewan Keamanan akibat penolakannya untuk menghentikan proyek bahan bakar nuklirnya yang sensitif, besar kemungkinan akan kalah dengan Jepang, raksasa ekonomi dunia dan penyumbang terbesar anggaran PBB yang menikmati dukungan luas, terutama dari negara-negara Barat.
Kamis, 16/10/2008 20:28
Jakarta, NU Online
Pemerintah Indonesia dan Lebanon menyelenggarakan dialog antar-keyakinan (interfaith dialogue) di Beirut pekan ini dengan tema "Promoting Interfaith Dialogue among Plural Society".

Menurut keterangan resmi Departemen Luar Negeri di Jakarta, Kamis, dialog itu terselenggara atas kerja sama Deplu, KBRI Beirut dan Dar El Fatwa Lebanon dibawah pengawasan PM Fouad Siniora yang memandang penting dialog itu sebagai proses menuju sebuah keterbukaan dan tukar pengalaman dalam membina kerukunan umat beragama.
Kamis, 16/10/2008 18:20
Semarang, NU Online
Minat masyarakat di daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memanfaatkan pegadaian syariah cukup besar, hal itu terbukti dengan besarnya penyaluran kredit pegadaian tersebut.

Kepala Humas Perum Pegadaian Kanwil Jateng dan DIY, Ambardi di Semarang, Kamis, mengatakan, penyaluran kredit pegadaian syariah di daerahnya sejak Januari hingga Agustus 2008 mencapai Rp83,37 miliar dari target yang ditetapkan sebanyak Rp113,11 miliar.
Kamis, 16/10/2008 16:53
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) melarang seluruh pengurus dan kader PKB versi Muhaimin Iskandar menggunakan foto atau poster bergambar dirinya saat berkampanye.

"Foto dan gambar tidak boleh digunakan dalam semua aktivitas yang mereka lakukan. Karena itu bentuk manipulasi kepada konstituen," ujar Gus Dur dalam rilis persnya, Kamis (16/10).
Kamis, 16/10/2008 15:35
Mengapa berbagai negara bertempur habis-habisan melawan pemerintah penjajahan, kalau tidak ada cita-cita untuk merdeka dan berdaulat, menjadi bangsa yang bisa berdiri di atas kaki sendiri (berdikari). Negara terjajah atau menjadi negara boneka tidak bisa berdikari, sementara berdikari merupakan asas untuk memperoleh kesejahteraan. Karena itu perang kemerdekaan dilakukan oleh kaum nasionalis.

Bangsa manapun, dengan kultur apapun memiliki prinsip bahwa kemandirian merupakan asas memperoleh kesejahteraan, dalam Islam dikenal dengan prinsip al i’timadu alan nafsi asasun najahi (berdiri di atas kaki sendiri merupakan pangkal kebahagiaan). Tetapi aneh bangsa modern yang terpelajar tidak lagi percaya pada prinsip semacam itu, dengan dalih bahwa hidup tidak lagi mengandalkan kekuatan sendiri, tetapi saling bergantung, maka ketergantungan pada bangsa lain menjadi sangat tinggi dan menjadi tumpuan utama kehidupan sebuah bangsa.
Kamis, 16/10/2008 14:32
Jakarta, NU Online
Badan Kehormatan DPR RI, agar menjawab secara terbuka kasus Agus Condro, kata Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa di DPR RI, Imam Anshori Saleh, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan itu, merespons kedatangan mantan anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Agus Condro, yang mempertanyakan kasusnya di Badan Kehormatan (BK) DPR RI tersebut, Selasa (13/10) lalu.
Kamis, 16/10/2008 12:58
Taheran, NU Online
Para pemimpin Iran menyatakan krisis finansial global merupakan pertanda berakhirnya kapitalisme, kegagalan demokrasi liberal dan hukuman Tuhan karena telah melupakannya

Seluruh kejadian ini merupakan tanda keunggulan model politik republik Islam itu, kata mereka, seperti dilaporkan AFP.
Kamis, 16/10/2008 11:36
HARI PANGAN SEDUNIA
Jakarta, NU Online
Sistem pertanian kecil berbasis keluarga, polikultur, berorientasi untuk pemenuhan kebutuhan pangan lokal, dan padat karya akan memecahkan masalah mendasar pada pertanian dan pangan.

Selama ini sistem yang berorientasi pada pertanian dalam jumlah besar-besaran, monokultur, berorientasi ekspor, dan padat modal terbukti tidak berhasil mengatasi masalah pangan di dunia.
Kamis, 16/10/2008 09:13
Yogyakarta, NU Online
Daftar tunggu calon haji dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga 2011, sedangkan untuk 2009 dan 2010 kuotanya sudah terpenuhi.

"Untuk 2011 bahkan telah terdaftar sebanyak 721 orang," kata Kepala Seksi Bimbingan Jemaah dan Petugas Bidang Penyelenggaraan Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama DIY Wahid Hasyim, Kamis.
Ubudiyah
Jumat, 19/09/2014 16:00
Setelah melaksanakan haji dan pulang ke rumahnya, Jama’ah haji biasanya mengadakan tasyakuran yang disebt walimatul naqi’ah yaitu walimah yang...
Kamis, 11/09/2014 19:03
Doa menempati kedudukan penting dalam keseharian umat Islam. Sejak bangun tidur hingga ketemu tidur lagi. Misalnya, sebelum dan sesudah makan ada doanya....
Syariah
Rabu, 10/09/2014 07:00
Ibadah haji memerlukan biaya, sarana transportasi dan kesiapan fisik. Haji adalah ibdah fisik ( al-ibadah al-badaniyah ) sekaligus harta ( al-ibadah...
Selasa, 09/09/2014 12:00
Dalam Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa seorang muslim diperbolehkan menikahi perempuan merdeka dari kalangan ahli kitab. Pernikahan itu dianggap sah...
Hikmah
Jumat, 19/09/2014 13:00
Berikut ini adalah cerita tentang dua orang dengan kondisi yang kontras: seorang laki-laki kaya raya dan perempuan papa. Dalam keseharian pun, keduanya juga...
Jumat, 05/09/2014 09:45
Siapa yang tidak kenal dengan sosok khalifah ke-5, Umar bin Abdul Aziz yang terkenal dengan sikap adil dan zuhud. Keramat seputar keadilannya ini terekam...
Taushiyah
Kamis, 18/09/2014 11:04
KH MA Sahal Mahfudh --Isu krisis ulama fiqih sering membuat kita berpikir, meski hal itu hanya sebagai sinyalemen. Di satu pihak, sinyalemen itu sebagai...
Kamis, 11/09/2014 11:03
Oleh Abdurrahman Wahid Kenyataan politik di bawah kolonialisme Belanda menyadarkan aktivis gerakan Islam dan gerakan nasionalis sebelum masa kemerdekaan....
Khotbah
Jumat, 05/09/2014 07:06
KHOTBAH JUMAT
Dalam konteks kondisi iman yang selalu fluktuatif, maka ketiga treatmen ini sangatlah bermanfaat untuk selalu diingat. Pertama, merasa takut kepada Allah swt secara lahir maupun bathin. Kedua, hidup dengan sederhana. Dan ketiga, tetap berlaku adil baik dalam keadaan longgar maupun dalam kondisi emosi.
Jumat, 22/08/2014 05:24
KHOtBAH JUMAT
Marilah di sisa bulan Syawal yang ada ini, kita giatkan diri kita dan keluarga kita untuk saling bersilaturrahim dengan sanak famili, saudara jauh dan saudara dekat. Walaupun liburan telah usai, tidak berarti kewajiban bersilaturrahim telah usai juga. Karena pada hakikatnya anjuran bersilaturrahim itu tidak terbatas pada waktu tertentu.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefSeptember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::