Sabtu, 04 Juli 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Senin, 19/10/2009 17:27
DIANGGAP BERALIRAN SYIAH
Jember, NU Online
Untuk kedua kalinya, Forum Kiai Muda (FKM) Jawa Timur akan mengelar diskusi dan tabayyun dengan tokoh nasional yang pemikirannya dianggap kurang sesuai dengan ajaran ahlusunnah wal jamaah.

Kali ini yang dihadapi adalah KH Said Aqil Siradj. Menurut juru bicara FKM, Ust Idrus Ramli, diskusi ini akan dilaksanakan pada Selasa (20/10) besok di pesantren Bumi Shalawat, Tulangan, Sidoarjo.
Senin, 19/10/2009 16:31
JELANG MUKTAMAR
Jember, NU Online
PCNU Jember menyatakan belum berpikir tentang figur yang akan diusungnya sebagai ketua umum PBNU dalam muktamar mendatang. Sebab, saat ini PCNU Jember tengah mempersiapkan sejumlah agenda, termasuk rapat kerja pertama dalam kepengurusan baru di bawah kendali KH Abdullah Syasul Arifin.

“Kami belum berfikir siapa yang akan didukung. Sekarang masih banyak pekerjaan,” jelas Sekertaris PCNU Jember, H Misbahussalam di sela-sela bahtsul masa’il di Sukorambi, Jember, kemarin (18/10).
Senin, 19/10/2009 15:25
Jeddah, NU Online
Jemaah haji asal India akan menjadi jemaah haji pertama yang masuk ke wilayah Arab Saudi. Jemaah haji India dijadwal akan tiba hari Selasa, 20 Oktober besok.

Menurut Konsul Jendral India di Jeddah, secara keseluruhan jumlah jemaah haji India mencapai 160.491 jemaah. 115.000 di antaranya dikelola Komite Haji India.
Senin, 19/10/2009 14:23
Jakarta, NU Online
Potensi sumber daya alam Indonesia yang begitu besar membutuhkan pula dukungan dana sehingga SDA diberdayakan secara optimal. Penyaluran pembiayaan dengan pola syariah menjadi alternatif pilihan. Salah satu program pemerintah yang kini sedang mencoba menjajaki pembiayaan dengan pola syariah adalah hutan tanaman rakyat.

Hutan Tanaman Rakyat adalah program pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui pemberian kemudahan akses berbagai macam sumber daya yang dikelola oleh Departemen Kehutanan (Dephut). Program ini memudahkan masyarakat untuk mengakses lahan hutan, dana yang dikelola Dephut, dan pasar perdagangan kayu.
Senin, 19/10/2009 13:11
Bogor, NU Online
Warga Nahdlatul Ulama (NU) yang berada di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Halal Bihalal Idul Fitri 1430 H, Ahad (18/10) kemarin. Kegiatan ini dipusatkan di Pesantren Mahasiswa Al-Ihya’ Dramaga Bogor.

Hajat yang digagas Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) IPB tersebut diikuti puluhan mahasiswa dari kalangan NU yang berada di lingkungan IPB dari berbagai jenjang, yakni mulai DIII, S1, S2 dan S3, serta diikuti beberapa mahasiswa kalangan NU dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Senin, 19/10/2009 12:04
GEMPA SUMBAR
Padangpariaman, NU Online
Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LPMNU) Propinsi Sumatera Barat Siap menampung warga di lingkungan lembaga pendidikan PAUD yang tidak dapat melanjutkan pendidikan untuk tingkat Tsanawiyah dan Aliyah akibat gempa yang terkjadi beberapa waktu lalu.

“Kita akan tampung mereka yang putus sekolah untuk 15 anak. Mereka belajar gratis, termasuk biaya sekolah, makan, dan tempat tinggal,” kata Ketua LPMNU Propinsi Sumatera Barat H Azwar Munaf di sela peninjauan LPMNU Sumbar ke sejumlah lembaga pendidikan Ma’arif di Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman, Ahad (18/10).
Senin, 19/10/2009 11:06
Kediri, NU Online
Pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Timur akan menggelontorkan dana ratusan miliar rupiah untuk pengembangan madrasah diniyah pada tahun anggaran 2010. Dana ini antara lain digunakan untuk memberikan tunjangan kepada para guru madrasah diniyah.

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menyatakan, Pemprov Jawa Timur memberikan perhatian lebih kepada pengembangan madrasah diniyah. Langkah ini, katanya, patut ditiru oleh pemerintah pusat dan provinsi lainnya.
Senin, 19/10/2009 10:48
Medan, NU Online
A. Jabidi Ritonga terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PKC PMII) Sumatera Utara Periode 2009-2011 dalam Konferensi Koordinator Cabang (Konkorcab) PMII Sumut XVIII di Wisma PHI, Jalan Gatot Subroto, Medan, Ahad dini hari (18/10).

Pantauan wartawan, saat tata tertib pemilihan ketua mulai dibahas, forum mulai terasa memanas. Kemudian pada saat dimulainya pemilihan, lima cabang pendukukung kandidat Ketua Parulian Siregar, yakni Binjai, Dairi, Sidimpuan, Nias dan Madina, meninggalkan arena konferensi.
Senin, 19/10/2009 10:17
Jakarta, NU Online
Hingga saat ini, NU tetap menolak pandangan maupun ajaran Jaringan Islam Liberal (JIL). Juru Bicara Forum Kiai Muda (FKM) Jawa Timur KH Abdullah Syamsul Arifin mengatakan dengan tegas bahwa NU secara institusi tidak sepakat dengan ajaran JIL yang diajarkan oleh Penggerak JIL Ulil Abshar Abdalla.

“Terdapat tiga poin ajaran Ulil yang tidak sesuai dengan konteks ideologi NU. Ketiga ajaran tersebut antara lain, 1. Pernyataan bahwa semua agama itu benar, 2. Desakralisasi Al Qur'an, 3. Deuniversalisasi Al Qur'an. Kami sangat bertolak belakang dengan ajaran JIL karena tidak sesuai dengan ajaran Islam,” katanya Ahad, (18/10).
Senin, 19/10/2009 09:11
Kediri, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi menilai banyaknya liberalisasi pemahaman melahirkan gerakan yang berujung ekstrem.

"Gerakan liberalisme dan ekstremisme di Indonesia perlu disikapi, oleh karena itu, kami akan membahasnya dalam muktamar mendatang," katanya di Kediri, Jawa Timur, Ahad (18/10).
Senin, 19/10/2009 08:19
Bandung, NU Online
Sebanyak 150 orang undangan dari seluruh Indonesia memeriahkan launching klub poligami di Hotel Grand Aquila Bandung, Jawa Barat, Sabtu malam.

Para tamu undangan yang datang di antaranya dari Papua, Jakarta, Tasikmalaya dan Garut. Dalam peresmian tersebut, hadir juga ketua klub poligami Malaysia Global Ikhwan Chodijah Binti Am.
Senin, 19/10/2009 07:25
Kediri, NU Online
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH  Mutawakil 'Alallah mengatakan, berbagai gerakan yang liberal dan ekstrem tersebut perlu diwaspadai. Sehingga, diperlukan upaya untuk proteksi terutama segi akidahnya.

"Saat ini, diperlukan upaya proteksi dan perumusan kaderisasi yang tepat dengan melakukan doktrinasi bukan hanya orientasi saja," kata Mutawakkil di sela-sela kegiatan silaturahmi dan halal bihalal PWNU dan PCNU se-Jawa Timur di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Ahad (18/10).
Senin, 19/10/2009 06:18
Jakarta, NU Online
Pengurus Pusat Lembaga Seniman dan Budayawan Muslim Indonesia (Lesbumi) NU bersama grup musik religi Ki Ageng Ganjur dari Yogyakarta dan sederetan artis Ibukota, akan melakukan Tour Show ke Timur Tengah yakni ke Qatar dan Uni Emirat Arab pada 20 Oktober hingga 1 November 2009 mendatang.

Tour ini bekerjasama dengan Direktorat Jendral Pemasaran Departeman Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia dan didukung sepenuhnya oleh Western Union. Secara tehnis kegiatan ini ditangani oleh PT Arzast Media Utama (Arzast Productions).
Senin, 19/10/2009 02:32
Surabaya, NU Online
Dosen dan mahasiswa IAIN Sunan Ampel (SA) mulai tahun depan secara bergilir akan menimba ilmu ke Kanada. Hal ini menyusul kerja sama yang sudah ditandatangani antara Depag RI dengan Dubes Kanada untuk program Supporting Islamic Leadership (SILE). SA bersama UIN Makassar menjadi institusi yang ditunjuk kali ini.

"Program peningkatan kualitas ini di antaranya juga untuk mengembangkan pemahaman terkait demokrasi, good goverment, HAM, gender, hingga civil right," kata Rektor IAIN Sunan Ampel, Nur Syam, Ahad (18/10).
Ahad, 18/10/2009 23:19
Makassar, NU Online
Ketua MUI Sulawesi Selatan Sanusi Baco meminta masyarakat agar ikut membantu petugas menarik pin yang disebutkan bergambar Nabi Muhammad SAW. Sebab, ajaran Islam melarang umatnya menggambarkan wajah Nabi Muhammad.

‘’Jika ada yang melihat atau ada yang menyimpan pin itu, silakan diserahkan pada bapak polisi, karena bisa meresahkan warga. Bantulah petugas untuk menarik pin tersebut,’’ ujar Sanusi Baco, dalam acara Launching Panitia Muktamar NU, di Makassar, Ahad (19/10).
Ahad, 18/10/2009 21:16
Semarang, NU Online
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menerapkan sistem rapor bagi setiap anggota fraksi PKB yang ditempatkan dalam lembaga legislatif. Hal itu dilakukan baik di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota untuk mengevaluasi dan menilai kinerja masing-masing.

"Kinerja setiap kader PKB yang duduk dalam fraksi akan selalu dinilai dan dievaluasi setiap tiga bulan," kata Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding, usai peluncuran Sekolah Legislatif Anggota Fraksi PKB se-Jateng, di Hotel Patra Jasa Semarang, Ahad (18/10).
Ubudiyah
Senin, 29/06/2015 16:35
Kalau sedang berpuasa, paling enak rebahan di ubin musholla atau masjid. Hawa yang bertiup sungguh adem. Sementara suasananya menenangkan untuk istirahat...
Ahad, 28/06/2015 13:30
Di bulan Ramadhan, selalu saja diwarnai dengan pandangan 'negatif' terhadap pelaksanaan shalat tarawih yang dilakukan dengan cepat. Padahal shalat cepat bisa...
Syariah
Jumat, 03/07/2015 21:03
Makan, minum, dan hal lain yang membatalkan puasa, mesti diatur ketika kita memasuki bulan Ramadhan. Pasalnya semua yang dibolehkan siang dan malam di luar...
Selasa, 30/06/2015 21:01
Sejak kecil kita semua mengerti bahwa puasa itu menahan diri dari hal-hal yang membatalkan sejak beduk Shubuh dipukul hingga pukulan beduk sembahyang...
Hikmah
Senin, 15/06/2015 11:01
Selain memiliki keilmuan yang luar biasa, sahabat Ali bin Abi Thalib merupakan manusia berperikemanusiaan super tinggi pula. Sebab itulah ia tertahbis...
Jumat, 15/05/2015 09:07
Dunia hanya panggung sandiwara, kata banyak orang. Ia permainan belaka, betapapun indahnya kenikmatan alam yang pasti bakal rusak ini. Dunia sekadar jembatan...
Taushiyah
Kamis, 02/07/2015 11:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Pada tahap 25 tahun mendatang, saat bangsa Indonesia memasuki era Pembangunan Jangka Panjang Tahap kedua (PJPT II), akan tiba...
Senin, 15/06/2015 10:30
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Pesantren sebagai lembaga pendidikan dan lembaga sosial keagamaan yang pengasuhnya juga menjadi pemimpin umat dan menjadi sumber...
Khotbah
Kamis, 02/07/2015 09:53
KHOTBAH JUMAT
Pernah datang seorang lelaki kepada Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam, lalu ia bertanya, “Wahai Rosulullah apakah perndapatmu tentang seseorang yang berperang dalam rangka mencari upah dan kemasyhuran/ nama baik, apakah yang ia dapat?”. Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam menjawab, “Ia tidak mendapatkan sesuatu apapun”. Lalu lelaki itupun mengulangi (pertanyaannya) sebanyak tiga kali. Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam tetap menjawab, “Ia tidak mendapatkan sesuatu apapun”, kemudian Beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla tidak akan menerima suatu amal melainkan selama ia ikhlas dan mengharapkan keridloan Allah
Kamis, 25/06/2015 15:30
KHOTBAH JUMAT
Dalam sebuah hadits qudsi Allah menyatakan bahwa urusan pahala puasa adalah urusan pribadi hamba dengan Allah swt. karena hakikat puasa seseorang hanya Allah swt yang tahu bukan kelurga maupun lingkungannya. Bukankah ini berarti selama berpuasa seseorang yakin berada di bawah pengawasan-Nya. Sungguh luar biasa apabila perasaan ini kita terapkan di semua laku kehidupan kita.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefJuli 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
Space Iklan
305 x 150 Pixel
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::