Rabu, 04 Maret 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Sabtu, 23/05/2009 05:17
Denpasar, NU Online
Kebebasan melaksanakan agama di Indonesia dijamin Undang-Undang Dasar. Tetapi, kata Menteri Agama Maftuh Basyuni, kebebasan itu ada batasnya, yakni dibatasi pelaksanaan agama oleh umat lain dan juga Undang-Undang (UU).

"Kalau masing-masing umat memahami batasan-batasan itu, maka benturan dapat dihindarkan dan keutuhan negara dapat dipertahankan," kata Menag.
Jumat, 22/05/2009 21:51
Jakarta, NU Online
Mantan Menko Perekonomian era pemerintahan Megawati, Kwik Kian Gie, menantang Cawapres Susilo Bambang Yudhoyono, Boediono, untuk berdebat mengenai neoliberalisme dan praktiknya di Indonesia selama ini untuk membuktikan komitmen ekonomi Boediono sebenarnya.

"Saya menantang Boediono dan mafia Berkeley lainnya untuk berdebat soal ini (neoliberalisme) karena saya yakin sekali bahwa Boediono berada pada posisi yang membenci adanya peran negara atas pasar," ujarnya saat berdiskusi dalam acara "Ekonomi Kemandirian vs Ekonomi Neoliberal" di Jakarta, Jumat (22/5).
Jumat, 22/05/2009 21:37
Tepi Barat, NU Online
Tak hanya merampas tanah Palestina, Israel bahkan membuang limbah bahan kimia mereka di wilayah Palestina. Tindakan tak bertanggungjawab ini membuat penduduk yang tinggal di sekitar pembuangan menderita penyakit.

Deputi Direktur Otoritas Lingkungan Palestina Jamil Mtoor mengatakan, Israel telah melakukan pelanggaran dengan membuang sampah dan limbahnya serta memperluas wilayah tempat pembuangan itu.
Jumat, 22/05/2009 19:40
Istanbul, NU Online
Majelis dan juga badan urusan keagamaan Turki mengeluarkan peringatan kepada umat Muslim negeri itu yang mengikuti program yoga.

Syeikh Ali Barducoglu, kepala badan urusan keagamaan Turki menyatakan, beberapa ritual yang berasal dari Timur Jauh erat berkaitan dengan ajaran agama dan filsafat tertentu.
Jumat, 22/05/2009 18:01
Surabaya, NU Online
Dalam momentum pemilihan presiden ini, seluruh kandidat berusaha berkomunikasi dan menarik perhatian seluruh tokoh masyarakat yang dianggap mampu mempengaruhi para pemilih. Salah satu yang cukup getol berkomunikasi dengan warga NU adalah capres Golkar Jusuf Kalla (JK)

"Kiai NU kalau mau ketemu Pak JK cukup SMS, berangkat ke Jakarta setelah itu pasti ketemu. Prosedurnya tak rumit," kata pimpinan Pondok Tebuireng Jombang, KH Solahuddin Wahid (Gus Solah).
Jumat, 22/05/2009 17:10
Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi meminta seluruh jajaran pengurus NU dari tingkatan pusat sampai ranting memberikan informasi yang cukup kepada warga NU mengenai profil dan visi-misi para calon presiden agar mereka tidak membeli kucing dalam karung.

“Institusi NU berkewajiban memberi informasi yang cukup kepada warga NU agar kebebasan yang diberikan, dilakukan secara pengertian dan tanggung jawab, bukan karena santunan. Dan itu diperlukan informasi yang cukup sehingga mereka tidak membeli kucing dalam karung,” katanya kepada NU Online di Jakarta, Jum’at (22/5).
Jumat, 22/05/2009 16:07
Jakarta, NU Online
Dalam pemilu presiden kali ini, para ulama yang dipercaya oleh masyarakat banyak didekati oleh calon presiden dan wakil presiden. Sebagai tokoh masyarakat, mereka harus bisa menjaga kehormatan dirinya dihadapan capres yang mungkin mengiming-imingi sesuatu.

“Saya berharap kiai bisa membawa martabatnya karena posisi kiai ini yang dihormati ummatnya. Kalau kiainya sendiri tidak menjaga kehormatannya, maka akibat tidak langsungnya, umatnya juga menjauh,” kata Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi kepada NU Online, di Jakarta Jum’at (22/5).
Jumat, 22/05/2009 15:16
Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi meminta agar para capres yang saat ini tengah berkampanye untuk meraih suara dari warga NU memperhatikan etika dan tidak memecah belah.

“Buat capres yang cari suara, saya minta menggunakan fatsun, cukup mengambil suaranya saja, jangan melakukan pemecahbelahan terhadap warga NU, karena dalam lima tahun, kita pemilu lima kali. Kalau masing-masing kandidat turun ke warga NU dan membelah, maka NU akan menjadi acak. Ini yang kita tidak suka,” katanya kepada NU Online, Jum’at (22/5).
Jumat, 22/05/2009 14:24
Kudus, NU Online
Umat Islam diharapkan menjadi pelopor kebajikan agar menjadi insan yang beruntung di dunia dan akhirat. Kaum Muslimin diharapkan tidak menjadi pelopor dalam kemaksiatan dan kemungkaran.

Demikian dinyatakan oleh Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kudus, KH Sya’roni Ahmadi dalam pengajian rutin di Masjid Menara Kudus, Jum’at pagi (22/5).
Jumat, 22/05/2009 13:33
Semarang, NU Online
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berjanji akan memajukan pesantren jika kelak terpilih menjadi presiden dalam pemilihan presiden (pilpres) 8 Juli mendatang.

JK juga berjanji akan memaksimalkan 20 persen anggaran pendidikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Bahkan, jika perekonomian dapat tumbuh meningkat, JK berjanji akan menaikkan anggaran pendidikan.
Jumat, 22/05/2009 12:02
Surabaya, NU Online
Menjalin pertemanan dalam dunia maya dengan memanfaatkan sarana jejaring sosial, seperti Facebook semakin marak. Namun para ulama di Jawa Timur disebut-sebut berencana akan memfatwakan Facebook.

Berdasarkan data internal yang dimiliki lembaga Independen pusat operasional Facebook, Palo Alto California, Amerika Serikat menyebutkan dari 235 juta masyarakat Indonesia, sekira 813.000 pengguna Facebook.
Jumat, 22/05/2009 11:12
Denpasar, NU Online
Jika agama tidak menyentuh kebutuhan umat, maka agama itu berangsur-angsur dipinggirkan oleh umatnya sendiri, bahkan dianggap sebagai beban bukan sebagai knopi lagi bagi masyarakatnya.

Demikian penegasan Menteri Agama (Menag) Muhammad Maftuh Basyuni ketika membuka Temu Karya Ilmiah dan Lomba Keterampilan Akademik Perguruan Tinggi Hindu seluruh Indonesia di gedung Ksirarnawa, Art Centre, Denpasar, Rabu malam.
Jumat, 22/05/2009 10:01
Brebes, NU Online
Nahdlatul Ulama (NU) perlu mempunyai desk politik atau bidang khusus dalam struktur kepengurusan NU dari tingkat pusat sampai ke cabang yang menangani urusan politik.

Demikian mengemuka dalam acara Muhasabah NU di Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes, Jateng, Kamis (21/5) sore. Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi, Ketua PWNU Jateng Moh Adnan dan segenap PWNU dan PCNU se-Jateng, serta para Pengurus Pondok Pesantren di Jateng hadir dalam kesempatan itu
Jumat, 22/05/2009 08:57
Surabaya, NU Online
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di sela-sela kunjungan kerjanya di Surabaya, Kamis malam bersilaturahmi dengan sejumlah kiai berpengaruh di Jawa Timur (Jatim).

Bertempat di hotel presiden menginap, sekitar 60 kiai dan ulama hadir dalam pertemuan yang tertutup bagi pers tersebut.
Jumat, 22/05/2009 08:31
Tegal, NU Online
Pengobatan Massal Gratis oleh Pengurus Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tegal 'diserbu' warga masyarakat. Kegiatan yang merupakan rangkaian Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-59 Fatayat NU Tingkat Kabupaten Tegal itu di didatangi lebih kurang 200 pasien.

“Ini sangat menggembirakan kami maupun warga yang berobat,” ujar Ketua PC Fatayat NU Kab. Tegal Dra Hj Nurhasanah di sela-sela pengobatan di lokasi MI-MDA NU Bustanuttholibin Desa Cerih, Kec Jatinegara Kabupaten Tegal Jateng Kamis (21/5) siang.
Jumat, 22/05/2009 06:54
Jakarta, NU Online
Penyebab jatuhnya pesawat Hercules di Desa Geplak, Kecamatan Karas, Madiun pada Rabu lalu hingga kini belum diketahui. Namun dapat dipastikan kecelakaan ini karena mesin pesawat yang bermasalah.

"Ini bukan kesalahan pilot, kita lihat cuaca cerah dan alat pandang bagus. Saya curiga ini yang masalah pesawatnya, yang tidak bisa ditanggulangi pilot dan co-pilot," ujar pengamat militer Anak Agung Banyu Perwita kepada okezone, Kamis (21/5).
Ubudiyah
Selasa, 24/02/2015 19:10
Pagi dan sore merupakan waktu di mana warga bumi sibuk. Pagi ialah waktu matahari mengintip. Lazimnya orang-orang mengawali aktivitas. Sementara sore kawanan...
Senin, 09/02/2015 06:00
Ketika hari telah larut malam dan kantuk mulai menyerang seorang pasti ingin segera menyerahkan diri kepada kasur dan ranjang. Akan tetapi bagi seorang...
Syariah
Sabtu, 21/02/2015 01:10
Allah SWT suka betul terhadap mereka yang mau mendekatkan diri ( taqarrub ) kepada-Nya. Kalau sudah suka, Allah SWT tidak segan menganugerahkan apa saja...
Jumat, 20/02/2015 07:00
Ngidam adalah fenomena psikologis yang terjadi pada perempuan yang sedang mengandung. Ngidam bagi ibu hamil adalah sesuatu yang luar biasa. Keinginan itu...
Hikmah
Jumat, 27/02/2015 13:02
Seorang bijak bestari suatu kali memanggil anak-anaknya. Pada saat mendekati ajalnya itu ia seperti hendak memberi pesan bermakna kepada mereka untuk yang...
Selasa, 10/02/2015 14:01
Dalam kitab Nashâihul ‘Ibâd , Syaikh Nawawi al-Bantani mengungkap kisah seorang pencuri kain kafan dan seorang hakim dalam sebuah negara....
Taushiyah
Rabu, 11/02/2015 11:15
Oleh KH Abdurrahman Wahid Judul diatas diilhami oleh sabda Nabi Muhammad SAW: “ Sebaik-baik persoalan adalah yang berada ditengah “ (...
Jumat, 30/01/2015 08:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Dakwah dalam arti bahasa berarti mengajak, me nyeru, memanggil. Berangkat dan pengeritian bahasa itu, lalu dihubungkan dengan nash...
Khotbah
Kamis, 05/02/2015 13:30
KHOTBAH JUMAT
Rasulullah saw pernah bersabda bahwasannya jika Allah swt mencintai seseorang maka Ia akan mengujinya. kalau orang itu sabar, maka Allah swt akan menjadikannya orang mulia (mujtaba). Dan jika ia ridha (rela) maka Allah swt akan menjadikannya sebagai orang pilihan yang istimewa (musthafa).
Kamis, 22/01/2015 17:00
KHOTBAH JUMAT
“Sesungguhnya surga itu dikepung oleh segala kemakruhan (hal yang dinistakan agama) sedangkan neraka dikelilingi oleh syahawat (hal-hal yang menyenangkan manusia)” dan dalam haditsnya yang lain “ingatlah bahwa surga adalah sesuatu yang sulit di raih bagai berada di tempat yang tinggi. Sedangkan neraka adalah sesuatu yang mudah  bagai berada di tanah yang rendah”
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefMaret 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031    
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::