Senin, 25 Mei 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Ahad, 30/08/2009 04:24
Yogyakarta, NU Online
Al-Barzanji adalah salah satu kitab yang sangat populer dan dekat di kalangan umat Islam, khususnya warga Nahdliyyin. Di Indonesia, kitab sastra dan sejarah karya ini biasa dibaca secara berjamaah di pesantren-pesantren, surau-surau, atau masjid-masjid.

Bahkan, di hampir seluruh daerah di negeri ini, banyak bermunculan Jamaah al-Barzanji yang menggelar acara pembacaan kitab al-Barzanji setiap minggu dan bergiliran dari satu rumah ke rumah yang lain.
Sabtu, 29/08/2009 20:54
Jenewa, NU Online
PBB, Jumat (28/8), mendesak Cina menjamin "perlakuan manusiawi" dan melaksanakan persidangan yang adil pada orang-orang yang ditahan terkait dengan kerusuhan di Tibet pada 2008 dan kekerasan di Xinjiang, Juli lalu.

Komite Penghapusan Diskriminasi Rasial PBB meminta agar tahanan bisa memilih pengacara mereka sendiri, diperlakukan dengan praduga tak bersalah dan diberi hukuman yang proporsional bagi mereka yang dinyatakan bersalah.
Sabtu, 29/08/2009 19:20
Jakarta, NU Online
Al-Qaeda menyatakan bertanggungjawab atas serangan bom bunuh diri terhadap Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Nayef, deputi menteri dalam negeri dan orang yang mengepalai unit pemburu teroris di Kerajaan Arab Saudi.

"Mohammed bin Nayef tengah berbuka puasa bersama di Jeddah saat pebom bunuh diri meledakan dirinya," demikian juru bicara kementerian dalam negeri Saudi, dilansir Al Jazeera, Sabtu (29/8).
Sabtu, 29/08/2009 17:04
PENDIDIKAN KADER DAKWAH LDNU
Jakarta, NU Online
Karena konsep khilafah Islamiyah merupakan bagian dari pemikiran manusia untuk menentukan bentuk pemerintahannya, maka hal ini dikategorikan sebagai budaya, bukan ajaran agama yang sifatnya wajib dan bentuknya baku.

“Khalifah kan pemikiran masyarakat, muncul untuk mencari solusi bagaimana setelah Rasulullah meninggal. Jadi khalifahnya siapa, disepakati secara aklamasi. Jadi ini fikiran manusia, karena budaya, maka berubah-ubah,” katanya di Jakarta, Sabtu (29/8).
Sabtu, 29/08/2009 16:26
Sevilla, NU Online
Salah satu pemain sepak bola di La liga (Spanyol) dari klub Sevilla FC kelahiran Prancis, Frederic Kanoute, berjanji akan tetap menjalani puasa Ramadan saat hari pertandingan. Mantan striker Tottenham Hotspur itu berjanji akan tetap berpuasa saat Sevilla menghadapi tuan rumah Valencia di laga pembuka La Liga musim ini, Ahad (30/8).

"Puasa Ramadan membuatku menjadi semakin kuat. Saya berusaha menghormati keyakinanku dan menjalankan ibadah sebisa mungkin. Terkadang memang sangat sulit melakukan puasa Ramadan ketika cuaca di Selatan Spanyol sangat panas sekali. Tetapi saya mampu melakukannya. Alhamdulillah," ujar striker Sevilla FC ini.
Sabtu, 29/08/2009 14:56
PENDIDIKAN KADER DAKWAH LDNU
Jakarta, NU Online
Dewan Penasehat LDNU Ahmad Mubarok mengatakan perlunya mewujudkan negara Indonesia yang Islami dengan melakukan penyerapan nilai-nilai Islam ke dalam kehidupan masyarakat, tidak dengan membentuk Negera Islam Indonesia.

“Undang-Undang Dasar kita menjamin penyerapan nilai-nilai Islam, tinggal kita mampu mengisinya atau tidak, kan sudah ada UU Zakat, UU Wakaf, UU Haji, dan lainnya,” katanya dalam acara pendidikan kader dakwah LDNU di gedung PBNU, Sabtu (29/8).
Sabtu, 29/08/2009 14:00
TAUSIYAH YAUMIYAH RAMADHAN
Jakarta, NU Online
Seluruh fasilitas yang ada di alam raya diciptakan oleh Allah sebagai sarana pendukung bagi manusia untuk melanjutkan kehidupannya. Allah tidak menciptakan sebutir debu pun di muka bumi tanpa memiliki manfaat.

Atas berbagai fasilitas yang telah dianugerahkan oleh Allah ini, manusia diwajibkan untuk bersyukur dan menjaganya dengan baik. Manusia tidak diperkenankan merusak alam dengan semna-mena. manusia hanya diperbolehkan memanfaatkannya untuk kepentingan-kepentingan positif dalam hidupnya dan demi semakin mendekatkan dirinya kepada Allah SWT.
Sabtu, 29/08/2009 13:19
PEMBAJAKAN KITAB SIRAJUT THALIBIN
Jakarta, NU Online
Mantan Duta Besar RI di Beirut Lebanon H Abdullah Syarwani SH mengusulkan Pengurus Nahdlatul Ulama (PBNU) membentuk panitia kecil yang akan menyelesaikan kasus pembajakan kitab Sirajut Thalibin karya ulama Nusantara Syekh Ihsan Jampes oleh penerbit Darul Kutub Al-Ilmiyah Beirut Lebanon.

Usulan tersebut disampaikannya kepada NU Online di Jakarta, Jum’at (28/8) menyusul rencana PBNU menyelenggarakan halaqoh khusus terkait kasus pembajakan ini dengan tema besar “Pelesatarian Kitab Karya Ulama Nusantara“ pada pertengahan Ramadhan 1430 H ini.
Sabtu, 29/08/2009 12:39
Jakarta, NU Online
Mesir melalui Salih Kamil Center for Islamic Economics (SKCIE), Universitas Al-Azhar, menyatakan kesediaannya untuk menjadi konsultan keuangan dan ekonomi syariah bagi koperasi dan UKM di Indonesia.

"SKCIE sebagai pusat studi di Mesir menyatakan kesediaannya untuk memberikan layanan konsultasi," kata Deputi Bidang Pembiayaan Menteri Negara Koperasi dan UKM, Agus Muharram, di Jakarta, Jum'at (28/8).
Sabtu, 29/08/2009 11:42
PENDIDIKAN KADER DAKWAH LDNU
Jakarta, NU Online
Muballigh kondang KH Sukron Makmun menyatakan saat ini banyak sekali orang yang terpukau pada pemikiran Islam yang berasal dari Barat tanpa mampu mengkritisinya, padahal pemikiran tersebut berpotensi menghancurkan Islam.

Saking fanatiknya, ia melihat, para intelektual yang belajar ke Barat lebih percaya ilmuwan Barat dibandingkan dengan para sahabat nabi atau Imam Syafii dan pemikir Islam lainnya.
Sabtu, 29/08/2009 11:08
Southfield, NU Online
Seorang wanita, 32 tahun, dari Dearborn Heights mengajukan gugatan hukum federal 26 Agustus lalu kepada seorang hakim Wayne Country. Muslim imigran asal Irak tersebut mengklaim, sang hakim telah memaksa ia untuk melepas penutup kepala, saat hadir di sidang pada Juni lalu.

"Saya merasa didiskriminasi dan dipermalukan. Saya sangat sakit hati..saya benar, benar takut dan ngeri," ujar Raneen Albaghdadi, wanita asal Irak tersebut dalam jumpa pers di Southfield, di kantor perwakilan Dewan Hubungan Amerika-Islami (CAIR) bagian Michigan.
Sabtu, 29/08/2009 10:47
TAUSIYAH YAUMIYAH RAMADHAN
Brebes, NU Online
Proses pendidikan, tidak melulu dilakukan di jalur formal seperti sekolah atau lembaga kursus. Pendidikan yang paling utama justru di ‘kelas keluarga’. Pasalnya, proses pendidikan di dalam keluarga justru memiliki waktu jam pelajaran yang panjang dibanding yang terjadi di institusi pendidikan lainnya.

“Untuk itu, manajemen pendidikan di dalam keluarga harus dikelola secara apik,” ujar Ketua Pengurus Cabang Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (PC LDNU) Kota Tegal Mustahid saat menyampaikan tausiyah pada Tour Alunan Nada dan Dakwah di Lapangan Pulosaren, Desa Losari Lor, Kec. Losari Brebes, Kamis (27/8) malam lalu.
Sabtu, 29/08/2009 09:48
Gorontalo, NU Online
Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo yang beragama Islam, diwajibkan mengaji atau membaca Al-Qur'an sebelum melaksanakan pekerjaannya. Pengajian atau tadarusan yang dilakukan di lingkungan kantor masing-masing itu, dilakukan minimal 30 menit setelah pelaksanaan apel pagi.

"Pengajian ini juga dilakukan di tingkat kantor kecamatan hingga kelurahan. Instruksi ini demi menciptakan suasana religius di lingkungan kerja pemerintahan selama Ramadhan ini.," kata Wali kota Gorontalo Adhan Dhambea, Jum'at (28/8).
Sabtu, 29/08/2009 08:00
Surabaya, NU Online
Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama berkomitmen melibatkan warga Muslim dan negara yang mayoritas penduduknya Islam untuk semua usaha membangun dunia yang lebih damai dan permulaan hubungan baru antara AS dan negara-negara berpenduduk Muslim.

Hal itu disampaikan Obama dalam "Pesan Ramadhan" yang ditayangkan lewat video saat buka puasa bersama antara Konsul Jenderal AS di Surabaya Carryn McClelland dan sejumlah tokoh masyarakat Jatim di rumah dinas konsul AS itu di Surabaya, Jum'at (28/8).
Sabtu, 29/08/2009 06:07
Kuala Lumpur, NU Online
Muslim Malaysia dilarang menonton konser kelompok penyanyi hip hop asal Amerika Serikat (AS), Black Eyed Peas.

Pejabat resmi mengatakan, larangan itu dikeluarkan terkait promotor pertunjukan yakni raksasa perusahaan bir Irlandia Guinness, sebagai bagian dari ulang tahun ke-250 perusahaan itu. Guinness dilarang menjual produk bir hitamnya yang terkenal pada konser yang menggunakan logonya pada iklan di publik.
Jumat, 28/08/2009 20:35
PENDIDIKAN KADER DAKWAH LDNU
Jakarta, NU Online
Meskipun salah satu pilar berdirinya NU adalah Nahdlatut Tujjar atau perkumpulan para pedagang muslim, tetapi sampai saat ini perekonomian warga NU belum berkembang seperti yang diharapkan. Warga NU masih berada di pinggiran dalam bidang ekonomi.

“Nahdltut Tujjar merupakan awal pendirian NU, sayangnya peranan upaya pengembangan perekonomian NU belakangan menurun, malah semakin dominan tarekatnya,” kata Ahmad Djunaidi, bendahara LDNU dalam acara pendidikan kader dakwah LDNU di gedung PBNU, Jum’at (28/8).
Ubudiyah
Ahad, 24/05/2015 15:02
Pada prinsipnya setiap orang diperintahkan untuk berbuat baik. Karena setiap perbuatan akan diminta pertanggungan jawab di akhirat kelak. Sebuah kebaikan...
Jumat, 08/05/2015 20:03
Berhubung bisa masuk ke rongga-rongga tubuh, maka kedudukan air mendapat perhatian cukup penuh dalam Islam. Air berurusan dengan mati dan hidup makhluk...
Syariah
Jumat, 01/05/2015 04:01
Ikan dalam keadaan hidup-hidup maupun bangkainya, dihukumkan halal. Bagi yang hobi, ikan bisa diolah dengan pelbagai macam cara dan aneka bumbu. Ikan bisa...
Senin, 20/04/2015 20:03
Pada prinsipnya puasa sunah dianjurkan untuk dilaksanakan sebanyak mungkin mengingat puasa sarat keutamaan lahir dan batin. Karenanya agama Islam tidak akan...
Hikmah
Jumat, 15/05/2015 09:07
Dunia hanya panggung sandiwara, kata banyak orang. Ia permainan belaka, betapapun indahnya kenikmatan alam yang pasti bakal rusak ini. Dunia sekadar jembatan...
Jumat, 17/04/2015 09:01
Jasad Syekh Abu Bakr Asy-Syibli memang terkubur dalam tanah sejak tahun 946 silam. Tapi nasihat santri Imam Junaid al-Baghdadi ini seakan terus mengalir...
Taushiyah
Kamis, 14/05/2015 08:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh AIDS merupakan penyakit yang relatif baru dikenal oleh para ahlinya. Bahaya penyakit ini, seperti banyak dimuat media massa,...
Selasa, 28/04/2015 09:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Saat membaca kembali makalah-makalah yang dikirimkan kepada sejumlah penerbitan, disampaikan dalam sekian buah seminar dan...
Khotbah
Kamis, 09/04/2015 10:00
KHOTBAH JUMAT
Dalam membangun pola hidup sederhana ( إقامة المجتمع المقتصد - Iqamatul mujtama’ al-muqtashid) baik sederhana dalam pola berpikir, dalam tindakan dan tingkah laku. Sesungguhnya kehidupan yang sederhana diawali dari tindakan yang sederhana. Tindakan yang sederhana diawali dari ucapan yang sederhana, dan ucapan yang sederhana bersumber dari pola pikir yang sederhana. Dan pola pikir sederhana adalah memikirkan sesuatu yang bermanfaat, dan menjauhkan diri dari sesuatu yang dinilai tidak perlu.   
Kamis, 19/03/2015 11:00
KHOTBAH JUMAT
Bahkan dalam kitab Qomi’uth Thughyan diceritakan, Ada orang yang berlumur dosa, namun kemudian Allah melebur dosa-dosanya. Baginda Nabi bertanya kepada malaikat Jibril “sebab apa gerangan Allah mengampuni dosa-dosa orang itu?” Jibril menjawab karena ia menyenangkan putranya dengan ia memberikan buah tangan ketika pulang dari bepergian 
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel

Menuju Muktamar

01 Agustus 2015

Hari Lagi
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefMei 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::