Rabu, 30 Juli 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Sabtu, 09/08/2008 08:17
Jakarta, NU Online
Sekira 30 anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPR RI bergabung ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kubu Ketua Umum Dewan Tanfidz Muhaimin Iskandar. Hal itu terjadi karena mereka ingin menjadi calon anggota legislatif (caleg) kembali dari PKB dalam Pemilihan Umum pada 2009 mendatang.

Demikian dikatakan Ketua FKB DPR RI, Effendy Choirie, di Jakarta, Jumat (8/8) kemarin. "Sejumlah anggota DPR meminta kepada saya supaya dijembatani menjadi caleg kembali melalui Muhaimin," katanya di Jakarta, Jumat (8/8) kemarin.
Sabtu, 09/08/2008 05:25
Gaza, NU Online
Dua sayap kekuatan sipil Palestina, yaitu kelompok Jihad Islam dan Front Pembebasan Palestina menuntut konflik yang berkecamuk antara Hamas dan Fatah secepatnya diakhiri.

Seperti dilansir Kantor Berita DPA yang berpusat di Gaza, statemen bersama yang dirilis Jihad Islam dan Front Pembebasan Palestina menyatakan kekhawatiran mereka terkait berlanjutnya penangkapan anggota Hamas dan Fatah di wilayah Palestina dan menuntut pembebasan mereka secepatnya.
Sabtu, 09/08/2008 04:29
Surabaya, NU Online
Jumat, tanggal 8, bulan 8 (Agustus) tahun 2008, tampaknya menjadi hari bahagia bagi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi. Pasalnya, kemarin merupakan hari ulang tahunnya ke-65.

Di hari itu juga, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam, Malang, Jawa Timur, itu merayakan ulang tahunnya dengan melakukan potong nasi tumpeng di Aula Mina Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jatim. Acara yang dihadiri sekira 300 anggota Muslimat NU dan Fatayat NU itu diiringi lantunan shalawat.
Sabtu, 09/08/2008 03:23
JELANG RAMADHAN
Jakarta, NU Online
Menjelang bulan Ramadhan 1429 H Lajnah Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan mengumpulkan para ahli falak dalam acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) para di Jakarta pada 21-24 Agustus nanti.

Selain membahas berbagai perkembangan baru di dunia falak, Silatnas juga akan membicarakan akan membicarakan kemungkinan-kemungkinan terjadinya perbedaan dalam penentuan awal Ramadhan dan Syawal 1429 H.
Jumat, 08/08/2008 19:37
Khurtoum, NU Online
Organisasi Islamis Sudan, Al-Harakah Al-Islamiyyah menggelar konferensi tahunannya yang ke-7 pada hari ini (8/8). Ribuan peserta hadir dalam konferensi tersebut, termasuk puluhan undangan dari berbagai mancanegara.

Sebagaimana dilansir oleh Aljazeera, konferensi kali ini akan lebih banyak difokuskan untuk membahas isu konflik yang masih berkecamuk di Darfour, wilayah Sudan Selatan, disamping membahas perkara mahkamah Internasional terkait tuduhannya atas Presiden Sudan Omar al-Bashir.
Jumat, 08/08/2008 17:59
Jakarta, NU Online
Ramainya para artis yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif atau terlibat dalam pemilihan kepala daerah menunjukkan gagalnya partai dalam melakukan kaderisasi kepemimpinan.

Ketua PBNU Masykuri Abdillah menjelaskan harapan rakyat untuk mendapatkan pemimpin dari kalangan partai yang mampu memperjuangkan kepentingannya banyak yang berakhir dengan sia-sia.
Jumat, 08/08/2008 16:37
OPM
Jakarta, NU Online
Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Djoko Santoso menegaskan, surat 40 anggota kongres Amerika Serikat (AS) yang meminta pembebasan tanpa syarat dua anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah bentuk intervensi.

Ketika ditemui di Istana Negara usai menghadiri peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-13, Jumat, Panglima TNI mengatakan penahanan dua anggota OPM itu sepenuhnya adalah kewenangan pemerintah Indonesia.
Jumat, 08/08/2008 15:58
Jakarta, NU Online
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kubu Ketua Umum Dewan Tanfidz Muhaimin Iskandar membantah tudingan bahwa pihaknya tidak kooperatif dalam upaya islah (rujuk). Tudingan yang menjadi salah satu dasar dibubarkannya tim mediasi kedua kubu itu dianggap mengada-ada.

Bantahan itu diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB kubu Muhaimin, Muhaimin Helmy Faisal, di Jakarta, Jumat (7/8). "Saya kira, tidak. Kita lihat fakta saja, Pak Effendy Choirie (Ketua Fraksi PKB kubu Gus Dur) sudah mengambil formulir caleg. Jadi, ini merupakan bentuk kooperatif Cak Imin (panggilan Muhaimin)," katanya.
Jumat, 08/08/2008 15:01
ISLAH PKB
Jakarta, NU Online
Tim Mediasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kubu KH Abdurrahman Wahid (Gud Dur) akhirnya dibubarkan karena kubu Muhaimin Iskandar dinilai tidak akomodatif dalam proses mediasi.

Meski para kader PKB diizinkan mengikuti proses pendaftaran calon anggota legislatis menurut prosedur Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni dengan menyertakan tanda tangan Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP PKB Muhaimin Iskandar, namun Muhaimin sendiri mendapatkan teguran keras dari para pentolan PKB lainnya.
Jumat, 08/08/2008 14:22
Nouakchott, NU Online
Pasukan melakukan kudeta di Mauritania, Rabu, menangkap presiden serta perdana menteri dan menutup radio serta televisi pemerintah, kata beberapa sumber keamanan.

Presiden Sidi Ould Cheikh Abdallahi dan Perdana Menteri Yahya Ould Ahmed Waghf ditangkap setelah pasukan bergerak ke ibukota negara itu pada Rabu pagi, kata sumber-sumber keamanan dan saksi mata.
Jumat, 08/08/2008 13:02
Brebes, NU Online
Sebagai sikap kepedulian kepada dunia pesantren, Pemerintah Kabupaten Brebes mengglontorkan dana sebesar 170 juta rupiah kepada 12 Pesantren yang besarnya masing-masing pesantren bervariasi.

”Stimulan ini, mudah-mudahan bias menggairahkan kembali kehidupan pesantren di Brebes,” ungkap Bupati Brebes H Indra Kusuma, S.Sos saat penyerahan bantuan di Pendopo Kabupaten Brebes Selasa (5/8) malam lalu.
Jumat, 08/08/2008 11:41
ICIS III
Jakarta, NU Online
Acara International Conference of Islamic Scholars (ICIS) III yang diselenggarakan baru-baru ini menegaskan pentingnya peran ulama sebagai bagian penting sebagai mediator konflik, terutama di negara-negara muslim.

Berdasarkan pengalaman, sebuah konflik tak cukup diselesaikan dengan penandatanganan perjanjian bersama. Penggunaan tradisi dan budaya masyarakat lebih mampu membangun kohesi sosial dibandingkan dengan pendekatan politik. Dalam komunitas dengan tradisi Islam yang kuat, peran ulama bisa menjadi aktor penting untuk menyelesaikan konflik.
Jumat, 08/08/2008 09:53
Jakarta, NU Online
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Abubakar Nataprawira mengatakan, foto wanita yang menggunakan jilbab dapat dipakai untuk menerbitkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk mendaftar calon legislatif (Caleg).

"Kapolri telah memerintahkan kepada para Kapolda untuk diteruskan ke semua jajaran bahwa foto caleg berjilbab boleh dipakai untuk SKCK," katanya di Mabes Polri, Jakarta, Jumat.
Jumat, 08/08/2008 08:41
Jakarta, NU Online
Hasil Survei Persepsi Masyarakat Terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjukkan kehadiran lembaga pembasmi koruptor itu tidak mengubah prilaku koruptif orang Indonesia.

Wakil Ketua KPK, M Jasin di Jakarta, Kamis, mengatakan hasil survei yang diselenggarakan oleh KPK pada Februari 2008 sampai Juni 2008 itu menunjukkan sebagian responden menyatakan tidak terjadi penurunan tingkat perilaku koruptif masyarakat, meski sejumlah pihak sudah dihukum karena berperilaku koruptif.
Jumat, 08/08/2008 05:35
Jakarta, NU Online
Awal bulan puasa Ramadhan 1429 H nanti dimungkinkan berbeda karena persoalan lama yakni perbedaan metode dalam penentuan awal bulan dalam kalender Hijriyah.

Berdasarkan metode hisab bulan sudah pasti akan mewujud pada Ahad petang tanggal 31 Agustus 2008, dan dengan demikian awal bulan akan jatuh pada hari Senin. Namun belum tentu hilal atau bulan sabit bisa dirukyat atau dilihat pada hari Ahad sehingga sebagian umat Islam bisa jadi akan mengawali puasa pada hari Selasa.
Jumat, 08/08/2008 03:30
Jakarta, NU Online
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menganggap ajakan golput yang dilakukan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai bentuk perlawanan politik. Sikap itu bukan dalam pengertian tidak menggunakan hak pilih dalam Pemilihan Umum 2009 mendatang.

Pernyataan tersebut diungkapkan Anggota KPU, I Gede Putu Artha, dalam diskusi bertajuk Fenomena Golput dalam Pilkada dan Potensi Golput dalam Pemilu 2009 di Jalan Fahrudin, Jakarta, Kamis (7/8).
Ubudiyah
Selasa, 29/07/2014 16:30
Inilah salah satu tradisi umat muslim Indonesia yang searah dengan sunnah Rasulullah saw, yaitu bersilaturrahim mengunjungi orang tua, famili, keluarga dan...
Senin, 28/07/2014 16:00
Memang pakaian tidaklah menunjukkan kwalitas seseorang. Karena keimanan itu tidak dapat diukur dari pakaian. Akan tetapi bagaimanapun juga pakaian mengandung...
Syariah
Selasa, 29/07/2014 18:05
Berbeda dengan zikir yang bisa dilakukan kapan saja, zakat Fitrah memiliki waktu-waktunya sendiri. Artinya, zikir tanpa mengenal waktu tetap dinilai ibadah...
Ahad, 27/07/2014 07:08
Hukum shalat id, baik idul fitri maupun idul adha adalah sunnah muakkadah dan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Hukum ini berlaku untuk...
Hikmah
Rabu, 23/07/2014 11:01
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan KH Abdul Ghoffar, suatu waktu berbincang dengan NU Online seputar seekor kijang yang memiliki...
Sabtu, 05/07/2014 08:02
Melakukan kebaikan, hendaknya didasarkan pada niat yang baik pula. Seperti halnya dengan puasa yang kita laksanakan sekarang, kita niatkan untuk mencari...
Taushiyah
Senin, 28/07/2014 12:02
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam terbitan perdana sebuah jurnal ilmiah bulanan Nahdlatul Ulama, yang diterbitkan pada 1928 dan bertahan sampai tahun 60-an,...
Senin, 28/07/2014 10:00
KH MUSTOFA BISRI
Nabi Muhammad SAW pernah ditanya istri Nabi, Aisyah, mengenai doa apa yang mesti dibaca saat Lailatul Qadar, Nabi Menjawab, “Allahumma innaka...
Khotbah
Jumat, 25/07/2014 21:00
KHOTBAH IDUL FITRI (1)
Takbir adalah membesarkan Allah dan mengecilkan selain Allah. Ketika kita berpuasa, Takbir kita cerminkan dengan mengecilkan pengaruh hawa nafsu dan mengagungkan kebesaran Allah didalam sanubari kita. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita mengecilkan seluruh pembicaraan manusia dan membesarkan kalam Allah. Ketika kita Tarawih dan Qiyamullail, kita kecilkan seluruh urusan dunia dan hanya membesarkan perintah Allah SWT. Mengapa kita harus bertakbir terus menerus?
Kamis, 24/07/2014 04:01
Rukun Islam itu ada lima hal. Membaca syahadat, mengerjakan shalat, membayar zakat, berpuasa dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Kelima rukun Islam tersebut bersifat positif (syatrul iktisab), kecuali puasa. Karena sesungguhnya perintah puasa adalah bersifat negative (syatrul ijtinab), yaitu perintah untuk meninggalkan sesuatu (makan, minum, menahan nafsu dan lain-lain). Artinya, apabila syahadat harus diucapkan, shalat harus dikerjakan, zakat harus ditunaikan, haji harus dilaksanakan, maka  puasa harus menahan segala hal yang membatalkannya.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefJuli 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
::::Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak masyarakat menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah melalui LAZISNU. Rekening zakat: BCA 6340161473 MANDIRI 1230004838951. Infaq: BCA 6340161481 MANDIRI 1230004838977 :::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Transaksi pembelian di Toko NU Online untuk sementara ditutup per 24 Juli-13 Agustus 2014::::