Selasa, 02 September 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Selasa, 13/03/2012 08:42
Jakarta, NU Online
Alhamdulilah kita masih jadi manusia muslim. Muslim bukan hanya KTP. Islam di KTP juga penting. Tetapi yang lebih penting adalah kita umat Islam yang berperan di atas bumi ini,” ujar Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Aqil Siroj dalam Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW 1433, di Kantor Menperra Jl. Raden Fatah Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Ahad (11/3).
Selasa, 13/03/2012 07:22
Demak, NU Online
Pengurus Cabang Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Kabupaten Demak periode 2012-2017 secara resmi dilantik oleh ketua umum Arif Mudatsir Mandan Minggu 11/3 di Gedung IHM NU Jl. Yudomenggalan Bintor Demak.
Selasa, 13/03/2012 06:12
Jakarta, NU Online
Selama ini, tanggungjawab untuk memakmurkan masjid dibebankan kepada segelintir pengurus saja. Padahal, menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI), masjid harus dikelola masyarakat dan jamaah secara bersama-sama dan dengan perencanaan kegiatan yang profesional.
Selasa, 13/03/2012 04:09
Jakarta, NU Online
Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan ide penyatuan zona waktu bisa saja direalisasikan. Menurutnya, kalau ide itu direalisasikan, umat Islam mudah menyesuaikan sebab sholat lima waktu patokannya matahari, bukan jarum jam.
Senin, 12/03/2012 23:45
Jakarta, NU Online
Kita patut berbangga dan bersyukur, karena event sekaliber Islamic Book Fair (IBF) itu bisa terselenggara di negeri tercinta ini. IBF diklaim sebagai ajang pameran buku Islam terbesar se-Asia Tenggara. Hal ini cukup beralasan, mengingat pameran buku Islam terbesar di dunia sampai saat ini masih diampu oleh Cairo International Book Fair, Pameran Buku Internasional Kairo, Frankfurt, Mesir. 
Senin, 12/03/2012 22:51
Jakarta, NU Online
Nahdliyin harus sadar benar menjadi orang Indonesia. Dengan kesadaran ini, nahdliyin bertanggungjawab atas keselamatan dan keberlangsungan negara Indonesia dari segala kelompok yang merongrongnya, termasuk para teroris.
Senin, 12/03/2012 21:48
Jakarta, NU Online
Kementerian Agama (Kemenag) dalam waktu dekat akan membangun asrama haji embarkasi baru di Padang Pariaman, Sumatera Barat. Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengatakan, asrama haji yang seluas 10 hektar tersebut rencananya akan digunakan untuk embarkasi baru.
Senin, 12/03/2012 20:20
Jakarta, NU Online - Tradisi ziarah kubur yang menjadi salah satu ciri khas Nahdlatul Ulama, dijaga oleh Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj saat melakukan kunjungan kerja ke Aljazair. Kang Said, demikian Kiai Said biasa disapa, menegaskan seseorang yang anti ziarah kubur tidak akan mendapatkan keberhasilan.

Di Aljazair di sela kegiatan seminar internasional yang diadakan oleh Kementerian Agama dan Wakaf setempat, Kang Said menyempatkan berziarah ke makam waliyullah yang bergelar al ghauts (penolong), yakni Syaikh Syuaib Abu Madiyan guru dari Syaikh Abdussalam bin Masyisy (dimakamkan di Maroko), yang memiliki murid Imam Abil Hasan As Syadzili.

"Syaikh Syuaib Abu Madiyan itu seorang ulama yang diberi kharomah luar biasa. Beliau dikenal mampu mengislamkan daerah yang dikunjunginya dengan cepat," ungkap Kang Said di Jakarta, Senin (12/3).
Senin, 12/03/2012 19:42
London, NU Online
Sayup sayup terdengar suara azan bergema di ruang pameran gedung megah British Museum, London, selama beberapa hari terakhir ini. Suara azan terdengar di tengah acara pameran "Hajj Journey to The Heart of Islam" yang digelar di museum tersebut.
Senin, 12/03/2012 18:18
Jakarta, NU Online
Sebuah aliansi yang menamakan diri “Forum Penyelamat NU Kota Bandar Lampung” mengeluhkan situasi mutakhir NU di Kota Bandar Lampung yang kian merosot. Dari segi kultur NU di ibu kota Lampung ini digerogoti kelompok-kelompok Islam garis keras, sementara dari segi struktur para pengurusnya dinilai tidak mampu menjalankan fungsingya dengan baik.
Senin, 12/03/2012 17:05
Aljir, NU Online - Untuk meredam pertumbuhan radikalisme di masyarakat, Indonesia memiliki berjuta pengalaman, salah satunya dengan memperkuat Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) keagamaan yang jauh dari gerakan politik.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj dalam seminar internasional Kementerian Agama Aljazair bertema 'Islam Dalam Menghadapi Ancaman Kekerasan Ekstrimisme' di Hotel Reinasance, Tlemcen, Aljazair, Minggu (11/3/2012).

Menurut Kiai Said, penguatan Ormas keagamaan itu sangat penting untuk meredam gejolak sosial masyarakat yang kecewa dengan kebijakan politik pemerintah setempat.

"Tidak seperti di Timur Tengah, banyaknya protes di beberapa negara seperti Suriah, Mesir dan lainnya itu salah satunya disebabkan karena ketiadaan Ormas keagamaan yang kuat, sehingga ketika terjadi gejolak politik, langsung tersalur dengan gerakan politik," ujar Kiai Said.
Senin, 12/03/2012 16:26
Banda Aceh, NU Online
Penerapan syariat Islam di Tanah Rencong  dinilai bukanlah hal yang akan menghambat pengembangan pariwisata Aceh. Bahkan, ini justru memberi nilai lebih. 

"Penerapan syariat Islam akan menjadi ciri menarik pariwisata Aceh yang berbeda dengan daerah lain di Indonesia," ujar Kepala Bidang Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Reza Fahlevi.
Senin, 12/03/2012 15:31
Pamekasan, NU Online
Pengurus PCNU Pamekasan memprioritaskan 2 program kerja, yaitu kesehatan dan pendidikan. Khusus yang terakhir, kini sudah mulai dijalankan. PCNU Pamekasan siap membentuk Madrasah Diniyah NU.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris PCNU Pamekasan KH Abdurrahman Abbas saat memimpin rapat di pertemuan rutin PCNU Pamekasan, Sabtu (10/3) malam di kediaman wakil ketua PCNU Pamekasan, H Zainul Hasan. Pertemuan yang dihadiri pengurus PCNU, MWC NU, lajnah-lajnah, dan banom NU Pamekasan, itu membicarakan banyak hal (NU Online, 11/03/2012), termasuk tentang pembentukan Madrasah Diniyah NU.
Senin, 12/03/2012 15:29
Perguruan tinggi Islam di Indoensia masih menyimpan pertanyaan. Sumber dan arah pendidikan sering terasa jauh dari idealisme pendidikan tinggi Islam. Sebagian terlalu liar sehingga melunturkan nuansa keislamannya, sebagian yang lain terlalu kolot dan tidak ramah. Lalu bagaimana dengan Perguruan Tinggi NU? Adakah revitalisasi atau adaptasi pendidikan model pesantren yang lazim di NU? Apa yang harus dilakukan para kader potensial NU untuk mewujudkan semua ini? Berikut hasil perbincangan Mahbib Khoiron dari NU Online dengan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Jakarta Drs HM Mujib Qulyubi, MH, Rabu (7/3), di kantor STAINU Jl. Kramat Raya 164, Jakarta Pusat.
Senin, 12/03/2012 15:18
Aljir, NU Online - Meskipun belum sepenuhnya terbebas dari kelompok-kelompok ekstremisme, namun praktik penanganan di Indonesia dinilai bagus dan berhasil. Oleh karena itu, pemerintahan Aljazair melalui Kementerian Agama dan Wakaf ingin berbagi pengalaman dan belajar dari Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Agama dan Wakaf Aljazair Dr. Bouabdallah Ghalamallah, saat menerima Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dan Dubes RI untuk Republik Aljazair Ahmad Niam Salim seperti dituturkan Sekpri Dubes, Muhammad Nur Hayid, Minggu (11/3/2012).

Dalam pertemuan di ruang kerjanya di Aljir, Aljazair, Ghalamallah mengatakan bahwa pemerintah Aljazair ingin hubungan dan kerjasama dengan  Indonesia tidak hanya dalam bidang diplomasi dan ekonomi, tetapi juga dalam bidang pendidikan dan penanganan soal paham ekstrimisme.

"Saya melihat Indonesia banyak suku, budaya dan bahasa serta agama, tetapi mampu menjaga harmoni sosialnya dengan baik," ujar Hayid menirukan apa yang disampaikan Ghalamallah.
Senin, 12/03/2012 14:25
Jakarta, NU Online
PBNU mengadakan tahlilan untuk KH Raden Ahmad Fawaid As’ad Syamsul Arifin pada Senin, (12/3) selepas Shalat Dhuhur, di mushola lantai dasar gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta.

Tahlilan dan doa yang dipimpin Ketua Lembaga Ta’mir Masjid (LTM-NU) KH Abdul Manan A. Ghani itu, diikuti puluhan jamaah yang terdiri dari pengurus PBNU, lajnah, lembaga, banom dan karyawan PBNU.
Ubudiyah
Kamis, 28/08/2014 07:00
Pada dasarnya Adzan dan iqamat adalah dua hal yang hanya disunnahkan untuk dikumandangkan dalam rangka menyambut shalat lima waktu. Meskipun shalt idul...
Selasa, 26/08/2014 07:00
Pada dasarnya mengangkat tangan ketika berdo’a dan dan mengusap wajah sesudahnya bukanlah sekedar tradisi yang tanpa dasa. Keduanya merupakan sunnah...
Syariah
Rabu, 27/08/2014 12:33
Dalam konteks fiqih, ejakulasi dini biasa disebut dengan istilah ‘idzyauth atau juga adzwath yaitu orang yang air maninya keluar lebih dahulu...
Senin, 25/08/2014 16:00
Seorang istri sebagaimana diterangkan dalam surat Al-Baqarah 223 berlaku sebagai lahan yang boleh ditanami apapun oleh sang suami. Meski demikian, Islam juga...
Hikmah
Selasa, 02/09/2014 13:01
Kisah menarik, ketika Rasulullah SAW mendapati 70 orang tawanan, beliau tak langsung memutuskan perihal apa yang akan dilakukan kepada para tawanan itu. Nabi...
Jumat, 29/08/2014 11:05
Pada suatu malam Khalifah Umar bin Khattab melakukan “blusukan” dengan ditemani ajudannya. Di tengah-tengah blusukan itu, Umar pun merasakan...
Taushiyah
Sabtu, 30/08/2014 11:02
Oleh Abdurrahman Wahid Beberapa hari yang lalu penulis artikel ini kedatangan seorang tamu. Ia adalah Mohamed Cherif Ferjani yang mengajar di Universitas...
Selasa, 26/08/2014 20:00
KH MA Sahal Mahfudh Sains ( science ) dalam tulisan ini diartikan sebagai ilmu pengetahuan dalam cakupan yang luas. Bukan dalam batasan satu nilai atau...
Khotbah
Jumat, 22/08/2014 05:24
KHOtBAH JUMAT
Marilah di sisa bulan Syawal yang ada ini, kita giatkan diri kita dan keluarga kita untuk saling bersilaturrahim dengan sanak famili, saudara jauh dan saudara dekat. Walaupun liburan telah usai, tidak berarti kewajiban bersilaturrahim telah usai juga. Karena pada hakikatnya anjuran bersilaturrahim itu tidak terbatas pada waktu tertentu.
Jumat, 25/07/2014 21:00
KHOTBAH IDUL FITRI (1)
Takbir adalah membesarkan Allah dan mengecilkan selain Allah. Ketika kita berpuasa, Takbir kita cerminkan dengan mengecilkan pengaruh hawa nafsu dan mengagungkan kebesaran Allah didalam sanubari kita. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita mengecilkan seluruh pembicaraan manusia dan membesarkan kalam Allah. Ketika kita Tarawih dan Qiyamullail, kita kecilkan seluruh urusan dunia dan hanya membesarkan perintah Allah SWT. Mengapa kita harus bertakbir terus menerus?
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefSeptember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::