Sabtu, 20 Desember 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Sabtu, 31/03/2012 14:40
SETENGAH ABAD LESBUMI
Jakarta, NU Online
Tanggal 30 Maret yang ditetapkan sebagai hari film nasional diambil dari film tokoh Lembaga Seniman dan Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU, yaitu Usmar Ismail. “Kita sangat terhormat sekali, filmnya Usmar Ismail, Darah dan Doa, jadi tonggak film nasional.”

Demikian ditegaskan Wasekjen PBNU Abdul Mun’im DZ pada hajatan sastrawan dan budayawan bertajuk “Menggerakkan Tradisi” di kantor redaksi NU Online, gedung PBNU, Jakrta, Rabu, (28/3). Hajatan itu dalam rangka peringatan hari lahir ke-50 Lesbumi, yang didirikan tahun 1962.
Sabtu, 31/03/2012 13:35
SETENGAH ABAD LESBUMI
Jakarta, NU Online
“Tolong teruskan bahwa di NU itu ada sastrawan.  Tapi sastrawan yang yang diperhitungkan,” tegas sastrawan kondang penulis novel Ronggeng Dukuh Paruk, Ahmad Tohari.

Tohari menyampaikan hal itu dalam hajatan sastrawan dan budayawan bertajuk “Menggerakkan Tradisi” di kantor redaksi NU Online, gedung PBNU, Jakrta, Rabu, (28/3). Hajatan itu dalam rangka peringatan hari lahir ke-50 Lembaga seniman budayawan muslimin Indonesia (Lesbumi) NU, yang didirikan tahun 1962.
Sabtu, 31/03/2012 11:37
Jombang, NU Online
Maraknya demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf prihatin. Sebab menurut pria yang akrab disapa Gus Ipul itu, ada efek penurunan gairah perekonomian akibat maraknya aksi demo tersebut.

“Sebab investor dan pelaku usaha itu takut kalau ada demo,” ucapnya usai takziah di rumah duka Nyai Hj Choiriyah Bishri, ibu KH Hamid Bishri sekretaris PCNU di PP Darul Ulum Rejoso Kamis (29/3) malam.
Sabtu, 31/03/2012 10:43
Pamekasan, NU Online
Manfaat dari hasil penelitian sudah dirasakan banyak kalangan. Karena itu sebagai organisasi kesarjanaan, Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) mesti menggalakkan program penelitian, dalam hal ini yang bercorak NU.

Demikian disampaikan mustasyar NU Pamekasan yang juga tercatat sebagai Bupati Pamekasan KH Kholilurrahman saat memberi sambutan pengarahan kepada para pengurus ISNU, Jumat (30/3) malam.
Sabtu, 31/03/2012 09:37
Pamekasan, NU Online
Pengurus Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Pamekasan mengadakan pertemuan bulanan di kediaman sekretaris ISNU Pamekasan H Romli, Galis, Pamekasan, Jumat (30/3) malam.

Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk menjaring para sarjana yang terdapat di 13 kecamatan di Pamekasan. Hadir pada kesempatan itu ketua PCNU Pamekasan KH Abdul Ghoffar dan Dewan Muhtasyar yang kini menjadi Bupati Pamekasan, KH Kholilurrahman.
Sabtu, 31/03/2012 08:24
Jakarta, NU Online
Gedung baru Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang terletak di Jalan Taman Amir Hamzah, Jakarta Pusat  akan dihuni oleh sejumlah institusi baik lembaga atau lajnah yang berada di bawah struktur PBNU maupun badan otonom NU. Peruntukan gedung empat lantai ini akan disesuaikan dengan kebutuhan dan aktifitas yang kini sudah pertimbangan.

“Kami sesuaikan peruntukannya dengan kebutuhan dan aktifitas. Jadi bukan semata-mata ikatan historis lembaga tertentu terhadap gedung itu,” kata Bendahara Panitia Pelaksanaan Pembangunan Gedung Bina Suhendra, Jumat (30/3).
Sabtu, 31/03/2012 06:57
SETENGAH ABAD LESBUMI
Jakarta, NU Online
Selawat kepada Nabi Muhammad SAW berhamburan tak henti-hentinya dari bibir D Zawawi Imron dan Ahmad Tohari. Lepas sembahyang Magrib, keduanya bergegas meninggalkan hotel menuju kantor PBNU untuk mengisi Pidato Kebudayaan D Zawawi Imron, pukul 19.30 di Aula PBNU lt. 8, Rabu (28/3).

Keduanya terus melantunkan selawat Nabi sepanjang perjalanan dari sebuah hotel di Jl. Raden Saleh, Jakarta Pusat menuju Kantor PBNU, Jl. Kramat Raya No. 164. Keduanya bersama seorang penjemput dari NU Online menumpangi sebuah taksi. Lantunan selawat keduanya menghempas-hempas dinding taksi.
Sabtu, 31/03/2012 05:30
Medan, NU Online
Warga Nahdlatul Ulama (NU) diminta untuk tidak melengserkan presiden SBY dan wakil presiden Boediono jika mereka tidak melanggar konstitusi. Pasalnya, NU tidak ingin sejarah pelengseran Presiden RI Abdurrahman Wahid terulang kembali. Bagi NU, Pemerintahan harus berlangsung selama lima tahun.

“Tidak boleh ada pelengseran, kecuali pemerintah melanggar konstitusi. NU tidak ingin sejarah pelengseran Presiden RI Abdurrahman Wahid terulang kembali. Kami tidak tahu kenapa beliau dilengserkan, padahal tidak melanggar konstitusi,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj dalam tausyiahnya di Konferensi Wilayah (Konferwil) XVI Nahdlatul Ulama Sumut dan Silaturahim Alim Ulama di Asrama Haji Medan, Jumat (30/3) sore.
Jumat, 30/03/2012 20:26
Bojonegoro, NU Online
Untuk mengembangkan kreatifitas para kadernya dalam hal dakwah, terutama di tataran Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Kabupaten Bojonegoro. Muslimat Nahdhatul Ulama Pimpinan Cabang (PC) Bojonegoro membentuk forum pelatihan Da'i-Daiyah.

Sebagaimana disampaikan, Ketua Muslimat PC NU Bojonegoro, Hajjah Lu'luatul Fuad. Menurutnya, pada forum ini dari seluruh PAC yang tersebar pada 27 kecamatan yang ada di Bojonegoro dijadikan dalam delapan kelompok. "Untuk forum ini kita namai Hikmad Mbak, Himpunan Da'i-Daiyah Muslimat," ujar perempuan yang akrab dipanggil Bu Nyai Luk ini.
Jumat, 30/03/2012 19:38
Pamekasan, NU Online
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan menggelar seminar pendidikan seks bertaraf nasional, Kamis (29/3). Acara yang ditempatkan di Auditorium STAIN Pamekasan, itu diikuti oleh mahasiswa STAIN Pamekasan, delegasi mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia, pelajar, dan masyarakat umum yang peduli terhadap dunia pendidikan.

Sebagai keynote speaker, panitia mendatangkan 2 ahli: Dr Muhammad Turhan Tani, MA (Tim Asesor Sertifikasi Dosen se-Jawa Timur, Tim Litbang Asosiasi Dosen Pendidikan Islam Indonesia dan Dosen Tetap Unesa Surabaya) dan Dr Muhammad Mahfudz, MS (Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Pamekasan).
Jumat, 30/03/2012 18:31
Jakarta, NU Online
Semangat anak-anak muda NU harus selalu menyala. Sisi penting dari anak muda tak lain adalah jiwa yang merdeka, mengembara, dan terus bergerak dinamis. Hal ini disampaikan oleh D Zawawi Imron dalam Pidato Kebudayaan di Aula PBNU lt. 8, Rabu (28/3).

“Kita bisa mempertahankan vitalitas atau daya hidup dari penggalian akan peninggalan para ulama. Imam Syafi‘i menggunakan bahasa sindiran bagi anak muda yang malas, ‘fa kabbir alaihi arba‘an bi mautihi’, angkat takbir 4 kali sebagai sembahyang jenazah baginya,” ungkap D Zawawi Imron di belakang podium dibalas riuh rendah para hadirin.
Jumat, 30/03/2012 17:33
SETENGAH ABAD LESBUMI
Jakarta, NU Online
NU memiliki banyak sekali sastrawan, aktor, dan senias. Hal ini bukan omong kosong mengingat NU adalah ormas keagamaan dengan jumlah mayoritas massa terbesar di Indonesia. “Kalau sudah ‘besar’, jangan lupa NU. Nahdlatul Ulama ini rumah kita bersama,” ungkap Ahmad Tohari, penulis novel trilogi, Ronggeng Dukuh Paruk dalam sambutan Pidato Kebudayaan D Zawawi Imron, di aula PBNU lt.8, Rabu (28/3).

Penulis cerpen, novel, penyair, pelukis, aktor, maupun sineas bisa berpartisipasi mengibarkan nama NU. Kaum nahdliyin sejak dulu bergerak dalam dunia kesenian. Kesenian menjadi bagian utuh mereka. Mereka sangat intens dalam dunia kesenian yang dipilih. Mereka  berhasil merebut prestasi atas ketekunan dan kerja keras mereka.
Jumat, 30/03/2012 16:27
Jakarta, NU Online
Dalam mengatasi persoalan, pendekatan hukum dan keamanan saja tidak akan menyelesaikan masalah. Karena itu, aparat negara perlu bekerjasama dengan fihak lain untuk menyelesaikan berbagai persoalan kemasyarakatan.

Hal ini disampaikan oleh Sekjen PBNU H Marsudi Syuhud ketika menerima rombongan dari sekolah pimpinan polisi Bandung yang ingin mengetahui dan mengenal lebih banyak aktifitas NU.
Jumat, 30/03/2012 15:49
Jakarta, NU Online - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta Pemerintah mendengar aspirasi rakyat yang menolak rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Batas waktu pemberlakuan kenaikan pada tanggal 1 April mendatang diminta diundur.

"Penolakan oleh masyarakat semakin luas dan Pemerintah harus mendengar itu. Ada baiknya pemberlakuan kenaikan harga BBM ditunda," ungkap Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di Medan, Jumat (30/3). Kiai Said berada di Medan dalam rangka menghadiri Konferensi Wilayah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Utara.
Jumat, 30/03/2012 15:19
Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia mengecam tindakan represif aparat kepolisian terhadap mahasiswa dan dan berbagai elemen msyarakat yang berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM.

Hal itu ditegaskan Adien saat dihubungi NU Online, Jum’at (30/3). Menurut Adien, Polri terlalu berlebihan mengamankan pihak demonstran dan cenderung melakukakan tindak represif.
Jumat, 30/03/2012 15:10
Tegal, NU Online
Sejak  membuka kantor cabang di Kecamatan Dukuhwaru , melalui Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Dukuhwaru, Koperasi Warga Nahlatul Ulama (Kowanu) melalui Baitul Mal wa Tamwil (BM ) Suradadi, terus melakukan sosilisasi. Baru-baru ini Kowanu mengadakan temu pengurus NU dan badan otonom di kantor Pengurus Ranting NU Desa Slaranglor dengan agenda sosialisasi kehadiran  BMT.

Ketua pegurus Kowanu MWCNU Suradadi Ma’muri mengatakan, kehadiran baitul maal wat tamwil (BMT) diharapkan bisa memberi manfaat bagi umat terutama warga Nahdliyin , sehingga warga nahdliyin benar-benar merasa terbantu. Selain itu aspek sosial kultural yang memang harus dipertimbangkan, sehingga BMT sebagai lembaga yang mampu memberikan solusi bagi persoalan terutama permodalan.
Ubudiyah
Jumat, 19/12/2014 16:00
Seringkali terselib pertanyaan di dalam hati mengenai bidadari yang disiapkan oleh Allah swt untuk muslim yang taat beribadah ketika di surga nantinya....
Kamis, 04/12/2014 12:00
Tashdiqun bil qalbi wa iqrarun billisani wa amalun bil arkani , demikian keterangan tentang iman. Yang artinya hati meyakini, lisan mengatakan, dan...
Syariah
Jumat, 05/12/2014 07:00
Bulu adalah rambut pendek dan lembut yang tumbuh pada tubuh manusia selain di kepala, jika rambut itu tumbuh di atas kepala disembut dengan rambut....
Jumat, 28/11/2014 07:00
Waktu hujan telah tiba, geluduk dan geledek sering menyambar tak terduga. Membuat kaget mereka yang tidak siap mendengarnya. Kaget itu menyebabkan seseorang...
Hikmah
Senin, 15/12/2014 09:01
Suatu hari, sahabat Muadz bin Jabal r.a. shalat Isya berjamaah bersama kaumnya. Di tempat tersebut ia menjadi imam. Sewaktu masih berlangsung jamaah shalat...
Jumat, 05/12/2014 14:01
Ini adalah sepenggal kisah keteladanan Rasulullah Muhammad SAW yang dikutip dari Abbas Mahmud Aqqad.  Suatu ketika di persinggahan suatu perjalanan Nabi...
Taushiyah
Senin, 17/11/2014 11:01
Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar yang membentuk watak dan perilaku secara sistematis, terencana dan terarah. Sedangkan sosial, secara ensiklopedis...
Sabtu, 01/11/2014 10:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Bagi umat Islam, ijtihad adalah suatu kebutuhan dasar, bukan saja ketika Nabi sudah tiada, tapi bahkan ketika Nabi masih hidup....
Khotbah
Jumat, 19/12/2014 06:18
KHOTBAH JUMAT
Hidup dengan sempurna adalah dambaan setiap muslim. Hidup dalam keseimbangan antara kepentingan dunia dan akhirat. Ada empat hal yang dapat menjadikan seseorang tetap sehat jasmani dan bugar ruhai. Keempat hal itu adalah لَا تَثِقَنَّ بِامرَأَة عَلَى كُلِّ حَال, لَا تَغْتَرَنَّ بِاْلمَالِ عَلَى كُلِّ حَال,  لَاتَحْمِلْ مَعِدَّتَكَ مَالَاتُطِيْقُهُ, لَاتَجْمَعْ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَايَنْفَعُكَ sebagaimana keterangan berikut:
Kamis, 27/11/2014 16:00
KHOTBAH JUMAT
Sahabat Ali Karramallahu Wajhah pernah berkata “andaikan tidak ada lima keburukan di dunia ini, tentunya manusia menjadi orang saleh semua. Kelima keburukan itu adalah 1) merasa senang dengan kebodohan. 2) tamak dengan dunia. 3) bakhil dengan kelebihan harta. 4) beramal disertai riya’ dan 5) selalu merasa bangga diri di atas yang lainnya”
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefDesember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::