Kamis, 24 April 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Selasa, 29/11/2011 10:54
Kudus, NU Online
Kendati dipimpin ulama non sarjana, sejak dulu Nahdlatul ulama sudah memiliki kepekaan dalam mengantisipasi problem umat.  Hal itu dibuktikan NU membentuk berbagai lembaga strategis dan badan otonom yang memperjuangkan sesuai kebutuhan ummat.

“Disaat kelompok lain belum memikirkan solusi untuk umat,  NU sudah berbuat dengan mendirikan lembaga-lembaga strategis dan badan otonom,” kata Ketua PWNU Jawa Tengah KH Moh Adnan saat menjadi pembicara seminar harlah LKKNU ke- 34 di Kudus, akhir pekan lalu.
Selasa, 29/11/2011 08:44
Terbanggi Besar, NU Online
PC LPPNU (Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama’) mengadakan training manajemen, pemberdayaan potensi sumber daya alam di Lampung Tengah. Training ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Rakernas (Rapat Kerja Nasional) PP LPPNU bersama PW LPPNU, PC LPPNU se-Indonesia di Jakarta pada April 2011.

Demikian sambutan singkat Arwani selaku Ketua PC LPPNU Lampung Tengah pembukaan yang bertempat di kompleks pesantren Tri Bakti Al Falah dan SMP Ma’arif 12 Yukumjaya, Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Kamis, 24-11-2011. 
 
Senin, 28/11/2011 21:54
Beijing, NU Online
Komunitas Muslim terbesar China, berada di barat laut dan merupakan wilayah otonomi Ningxia Hui, akhirnya memiliki lembaga pendidikan formal untuk anak-anak usia prasekolah. 

"mereka menargetkan hingga 2020, sebanyak 95 persen anak-anak di bawah usia 6 tahun mengenyam pendidikan TK," tulis Associated Press.
Senin, 28/11/2011 18:29
Kudus, NU Online
Lembaga Kemaslahatan keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) memprioritaskan gerakan kependudukan dan keluarga berencana (KKB). Hal ini dikarenakan LKKNU memiliki kesadaran arti pendidikan kependudukan sebagai upaya mencapai kemaslahatan keluarga dan ummat.

“Sikap NU, program KKB ini lebih dititik beratkan pada pengaturan kelahiran untuk kesejahteraan dan kesehatan ibu dan anak,” kata Ketua PP LKKNU H Arief Mudatsir Mandan pada acara seminar nasional dalam rangka Harlah LKKNU ke 34 di Aula MAN 2 Kudus, Ahad (27/11).
Senin, 28/11/2011 17:58
الحمد لله الذى جعل شهر المحرم أول السنين والشهور, أحمده سبحانه وتعالى حمد عبد شكور , وأشهد أن لااله الاالله وحده لاشريك له شهادة تكون لنا ذخرا عند عزيز الغفور, وأشهد أن محمدا عبده ورسوله أرسله رحمة للعالمين. اللهم صل وسلم وبارك على عبدك ورسولك النبي الأمي سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وعلى جميع الانبياء والمرسلين واتبعهم اجمعين عدد ما بين السموات والأرضين – أما بعد  Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Marilah kita bersama-sama tingkatkan ketaqwaan kita kepada Allah. Bersyukurlah bahwa kita semua masih diberi umur panjang menikmati tahun baru Islam. Tak terasa tahun telah berganti, umur telah bertambah, sudahkah semua it kita sertai dengan tambahnya iman dan taqwa? Bukankah Allah telah menambahkan umur dalam hidup kita? Mengapa kita tidak menambah keta’atan kepadanya?
Senin, 28/11/2011 17:41
Semarang, NU Online
Di era globalisasi sekarang ini, remaja lebih bangga menjadi aktivis band dari pada menjadi aktivis remaja masjid, malu-malu membaca Alquran, melantunkan shalawat dan justru lebih bangga atau lebih asyik menyanyikan lagu-lagu popular. "Sebenarnya kita tetap bisa melantunkan kalam-kalam illahi dan sholawat tanpa harus meninggalkan musik, artinya kita bisa memadukan lagu-lagu islam yang tertuang dalam musik religi," ujar Sekretaris Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), H Muchsin Jamil, Senin (28/11).
Senin, 28/11/2011 16:32
Solo, NU Online
Lembaga keuangan mikro syariah Baitul Maal wa Tamwil (BMT) wajib memilki dewan pengawas syariah dalam struktur bisnisnya. Dewan ini bertugas menjaga BMT tetap bekerja sesuai dalam kerangka prinsip syariah.

"Jika belum ada dewan pengawas syariah dalam satu BMT, maka harus dibentuk dewan tersebut minimal di tingkat kabupaten atau kota. Hal semacam ini bisa difasilitasi oleh asosiasi," papar Ketua Perhimpunan BMT se-Indonesia, Joelarso, Senin (28/11).
Senin, 28/11/2011 15:42
London, NU Online
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Federasi Rusia, Hamid Awaludin dianugerahi bintang kehormatan tertinggi bintang Al-Fahr. Itu karena selama 3,5 tahun Hamid dinilai berhasil membangun fondasi kerja sama umat Islam Indonesia dan Rusia.

Berjubah ala bangsawan Arab, Syeikh Ravil Gaynutdin, mufti paling tersohor di Rusia, menyerahkan penghargaan untuk Dubes Hamid Awaludin, demikian keterangan Councellor M. Aji Surya.
Senin, 28/11/2011 14:25
Deli Serdang, NU Online
Sebanyak 250 pasang pengantin warga Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, sah secara hukum sebagai suami istri setelah mengikuti prosesi nikah massal. Ketua Forum Silaturahmi Majelis Taklim Deli Serdang Yulviana di Deli Serdang mengatakan, cara tersebut digelar guna mempermudah para pasangan suami istri mendapatkan buku nikah, karena buku nikah penting dalam kehidupan, seperti untuk mengurus akta kelahiran, kartu keluarga, dan KTP.
Senin, 28/11/2011 12:48
Pekalongan, NU Online
Sekitar 10 ribu santri TPQ meriahkan Gema Muharram, dalam rangka menyambut datangnya tahun baru Islam 1433 H di Masjid Jami' Kauman Pekalongan, Ahad (27/11).

Acara ini rutin diselenggarakan Masjid Jami' Kauman pada setiap tahunnya kali ini diikuti santri TPQ, murid sekolah serta marching band dari sekolah dan TPQ di seluruh Kota Pekalongan yang diarak dan melakukan pawai keliling Kota Pekalongan. Sebelum berpawai, para santri dan murid-murid sekolah tersebut diajak bersama-sama untuk membaca dan mengkhatamkan Alquran terlebih dahulu.
Senin, 28/11/2011 11:43
Pamekasan, NU Online
Santri pondok pesantren Nurul Jadid, Desa Lepelle, Kecamatan Robatal, Sampang, Madura, Jawa Timur, Minggu, menanam sekitar 5.000 pohon di lahan kosong di wilayah setempat.

Pengasuh pondok pesantren itu, KH Ali Wahdi mengatakan, penanaman ribuan pohon tersebut dimaksudkan untuk menciptakan suasana lingkungan yang sejuk, sekaligus sebagai bentuk kampanye mengenai pentingnya penghijauan.
Senin, 28/11/2011 08:29
Purworejo, NU Online
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Cabang Purworejo dilantik. Dalam kesempatan itu Ahmad Naufa Khoerul Faizun dilantik sebagai ketua IPNU sedangkan Rekanita Aniroh dilantik sebagai ketia IPPNU periode 2011-2013.

Prosesi pelantikan Pengurus Cabang IPNU IPPNU yang dilaksanakan di Aula UPT PdanK Kecamatan Bayan tersebut dihadiri oleh Pengurus Wilayah IPNU IPPNU Jawa Tengah, Kepala Dinas P danK Kabupaten Purworejo, Polres Purworejo, Dandim 0708/Purworejo, Ketua Tanfidziyah NU Kab Purworejo perwakilan Badan Otonom serta kader Anak Cabang, Ranting dan Komisariat IPNU IPPNU se Kabupaten Purworejo, Ormas, Parpol dan organisasi kemahasiswaan. 
Senin, 28/11/2011 07:50
Judul: KH. M. Kholil Bangkalan Biografi Singkat 1835-1925
Penulis    : Muhammad Rifa’i
Editor: Meita Sandra
Penerbit: Garasi Yogyakarta
Cetakan: 2010
Tebal: 148 hlm.
Peresensi: Moh. Riwann Rifa’I, S. Pdi
Senin, 28/11/2011 07:39
Oleh Cecep Zakarias El Bilad   Jika ditanya, siapa kita? Jawabannya mungkin akan sebanyak pertanyaan itu diucapkan. Tapi jika diperjelas lagi, siapa kita ini dalam hubungannya dengan alam semesta. Agar menghasilkan jawaban yang baik, kita perlu mempertimbangkan dua sisi, persamaan dan perbedaan kita dengan alam semesta.

Pada sisi yang pertama, ada banyak aspek yang menyamakan kita dengan alam semesta. Tubuh kita memiliki unsur-unsur alam semesta. Misalnya, sekitar 75 persen tubuh kita adalah air. Sementara air ialah satu dari sekian unsur utama pembentuk kehidupan di alam ini. Bahkan keseluruhan tubuh kita setelah mati kelak akan melebur menjadi tanah, wujud asalnya. Saking meleburnya dengan alam semesta, tubuh kita pun menjadi “alam” kehidupan bagi organisme-organisme lain seperti kutu rambut, bakteri dan virus. Kita sendiri adalah satu dari sekian organisme yang hidup dalam “tubuh” alam semesta ini.
Ahad, 27/11/2011 21:03
Makassar, NU Online

Tablig akbar di Masjid Al-Markaz Al-Islamy Jend Muh Jusuf mewarnai peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1433 Hijriah. "Momen ini diperingati setiap tahun untuk merefleksikan kemenangan Islam dengan mengintrospeksi diri," kata Pengurus sekaligus panitia Tablig Akbar H Maskur Yusuf di Makassar, Ahad (27/11). 
Ahad, 27/11/2011 20:08
Padang, NU Online
Momentum tahun baru hijrah 1 Muharram 1433 harus dimanfaatkan umat Islam untuk melakukan perubahan dalam kehidupannya. Hal ini penting karena momentum awal tahun hijrah bagi perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam mengembangkan Islam amat penting artinya. Yakni kepindahan Nabi Muhammad Saw dari Mekah ke Madinah, sehingga pengembangan Islam berjalan lebih baik dari sebelumnya.

Rais Syuriyah PWNU Sumbar Prof Dr H Asasriwarni, MH menegaskan hal itu pada tablik akbar dalam rangka menyambut tahun baru hijrah 1 Muharram, Sabtu (26/11/2011) malam di Masjid Raya Teluk Bayur. Tablik akbar yang dihadiri lebih dari 400 jamaah tersebut diadakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Padang.
Ubudiyah
Rabu, 23/04/2014 08:11
Di daerah pesisir pantai utara pulau Jawa terdapat puji-pujian yang sangat mengharuka. Apalagi jika dilagukan oleh suara orang tua, seolah mereka menghayati...
Sabtu, 19/04/2014 16:00
Diantara empat hukum dalam Islam, semuanya memiliki konsekwensi masing-masing kecuali mubah. Pahala diperuntukkan mereka yang menjalankan hukum wajib dan...
Syariah
Kamis, 24/04/2014 07:00
Dalam kitab  Bughyatul Mustarsyidin  karya Sayyid Abdurrahman bin Muhammad al-hadramy menyatakan bahwa ada tujuh hal yang dimakruhkan dalam shalat....
Ahad, 20/04/2014 05:00
Dalam hadits Bukhari, Abu Daud dan Al-Wadhihah sebuah cerita menyebutkan bahwa Ali bin Abi Thalib telah melamar seorang putri Abu Jahal bin Hisyam, lalu...
Hikmah
Jumat, 18/04/2014 05:01
Kisah tentang keteguhan seorang wanita yang bernama Masyitah dalam mempertahankan keimanannya ini begitu masyhur. Masyitah adalah seorang pelayan di kerajaan...
Jumat, 11/04/2014 16:01
Suatu ketika Nabi Musa as. mengadu kepada Allah, “Wahai Tuhan! Engkau ciptakan makhluk dan Kau berikan kenikmatan rizki. Kau (pula) yang menjadikan...
Taushiyah
Rabu, 23/04/2014 12:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Hampir semua eksponen NU sibuk memasyarakatkan Khittah 26, pada masa antara pasca-Muktamar NU ke-27 sampai dengan Pemilu 1987....
Rabu, 16/04/2014 19:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa tahun yang lampau, seorang ulama dari Pakistan datang pada penulis di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)...
Khotbah
Kamis, 10/04/2014 13:04
"Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong seberat dzarroh (atom yang paling kecil)." Lantas ada seseorang yang berkata: Sesungguhnya ada laki-laki yang suka berpakaian indah dan bersandal bagus. Nabi saw bersabda: “sesungguhnya Allah itu Indah dan suka keindahan. Sombong adalah menentang kebenaran dan memandang rendah orang lain (al-Hadits).
Kamis, 27/03/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Rasulullah Pernah bersabda "Satu waktu nanti akan tiba atas umatku penguasa seperti singa, para menterinya seperti serigala, dan hakim-hakimnya seperti anjing. Sementara itu umat kebanyakan bagaikan kambing. Bagaimana bisa kambing hidup diantara singa, serigala dan anjing?"
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Space Iklan
305 x 100 Pixel
Agenda
PrefApril 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Maaf transaksi pembelian via web toko.nu.or.id belum bisa beroperasi karena ada sistem yang perlu disempurnakan ::::