Ahad, 05 Juli 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Selasa, 02/02/2010 05:50
Brebes, NU Online
Meski pro-kontra penyelenggaran Ujian Nasional (UN) masih terus berlangsung tapi tidak ada alasan untuk membatalkan ujian akhir ini. UN akan  tetap dilaksanakan pada bulan Maret 2010 mendatang.

Ketua Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP), Prof Dr  H Mungin Eddy Wibowo kepada NU Online mengatakan, Fraksi PKS dan PDIP di DPR memang keberatan dilangsungkannya UN. Namun sesuai hasil sidang komisi, DPR sepakat UN tetap dilaksanakan.
Senin, 01/02/2010 22:33
Teheran, NU Online
Jubir Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehman-Parast, Ahad, mengatakan pemerintah Arab Saudi sebaiknya mengoreksi kebijakan mengenai Yaman. Sebelumnya, Menlu Arab Saudi, Pangeran Saud Al Faisal baru-baru ini menyampaikan kembali pernyataan bahwa Iran menyediakan dukungan buat gerilyawan Yaman dan mencampuri urusan dalam negeri Yaman.

"Pernyataan Menlu Arab Saudi mengejutkan. Kami berharap saudara kami di Arab Saudi memperbaiki kebijakan praktis mereka mengenai Yaman. Bukan mengutuk pihak lain," kata Mehman-Parast sebagaimana dikutip Xinhua, Senin (1/2).
Senin, 01/02/2010 19:31
JELANG MUKTAMAR
Cirebon, NU Online
Ketua Umum (Tanfidziyah) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi berharap Muktamar ke-32 NU di Makassar dapat kembali menyatukan kekuatan ulama dalam barisan Syuriyah NU. Muktamar 2010 ini diharapkan menjadi pijakan kebangkitan para ulama (nahdlatul ulama).

Saat memberikan taushiyah dalam penutupan kegiatan Bahtsul Masail Pramuktamar di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Cirebon, Ahad (31/1) malam, ia mengingatkan, adanya serangan ekstrimisme dari luar yang tidak mungkin diatasi oleh Tanfidziyah.
Senin, 01/02/2010 18:52
Solo, NU Online
Seniman dan budayawan serta sejumlah kelompok masyarakat Kota Solo akan menggelar acara 'Kuncung Semar' untuk memperingati 40 hari wafatnya mantan presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Tema 'Kuncung Semar' tersebut dipilih karena selama ini Gus Dur dikenal masyarakat luas sebagai tokoh yang matang sekaligus memiliki sikap yang sangat polos seperti anak-anak yang mendidik bangsa dengan hal-hal bijak. Demikian dinyatakan dalang wayang suket Ki Slamet Gundono selaku koordinator Acara.

"Acara ini akan digelar pada 8 Februari sebagai wujud penghormatan dan terima kasih kepada Gus Dur untuk peranannya turut mendewasakan bangsa ini," kata Slamet di Wisma Seni Taman Budaya Surakarta (TBS), Solo, Senin (1/2).
Senin, 01/02/2010 18:09
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Bursa kandidat ketua umum PBNU semakin semarak dengan munculnya KH Ali Maschan Moesa yang juga mencalonkan diri. Deklarasi pencalonannya secara resmi dilakukan di pesantren Al Aziziyah Jakarta, Senin (1/2). Sebelumnya pernyataan pencalonannya sudah dikemukakan dalam berbagai forum.

Mantan Ketua PWNU Jawa Timur ini menyatakan pencalonannya ini bukan didasarkan alasan sok ingin memperbaiki NU sekarang, tetapi lebih pada keinginan untuk memperbaiki diri dengan berkhidmat di NU.
Senin, 01/02/2010 17:35
Surabaya, NU Online
Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) kini bersiap-siap memperjuangkan kembali organisasinya ini untuk menjadi Badan Otonon (Banom) resmi Nahdlatul Ulama (NU). Demikian keputusan Musyawarah Nasional (Munas) II Pergunu yang berlangsung di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya, 30-31 Januari 2010.

Namun demikian, Munas lebih menitikberatkan pada peningkatan eksistensi dan kualitas guru-guru NU. Demikian dinyatakan Ketua umum Pergunu KH Asep Syaifuddin Chalim di Surabaya, Ahad (31/1). Menurut Asep, saat ini Pergunu sudah bisa mandiri dan disahkan secara resmi dalam Lembaran Negara Departemen Hukum dan HAM.
Senin, 01/02/2010 16:26
Jakarta, NU Online
Menpora Andi Alifian Mallarangeng ingin para pengelola pondok pesantren di seluruh tanah air untuk juga mengembangkan olah raga. Sehingga para santri tidak hanya menguasai masalah-masalah keagamaan tapi juga olah raga. JIka sekolah-sekolah umum mampu mengembangkan berbagai kegiatan olah raga, maka seharusnya pondok pesantren juga mampu melakukan hal serupa.

"Saya telah berbicara dengan Menteri Agama (Suryadharma Ali) untuk mengembangkan keolahragaan di pesantren-pesantren. Kalau sekolah-sekolah umum mampu mengembangkan olah raga, maka kenapa pesantren tidak bisa," kata Menpora dalam sambutannya pada Jambore Pesantren di Pondok Pesantren Daar El- Qolam, Jayanti, Tangerang, Banten, Ahad (31/1).
Senin, 01/02/2010 15:00
Jakarta, NU Online
Mantan Menteri Kehutanan Republik Indonesia ke-6 Nur Mahmudi Ismail, politikus Indonesia dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sukses diusung oleh partainya sebagai Walikota Depok periode 2006-2011 kini Mulai mendekati mendekati warga Nahdliyin. Pria kelahiran Kediri, 11 November 1961 ini banyak mengunjungi pengajian-pengajian yang diselenggarakan oleh warga NU.

Salah satunya adalah pengajian umum yang diselenggarakan di Masjid Al-Munawwaroh Kompleks Pesantren Ciganjur, Jl. Warung Silah No. 10 Jakarta Selatan. Nur Mahmudi Ismail hadir dan diperkenalkan diri sebagai Walikota Depok, meskipun Ciganjur bukan termasuk wilayah Kota Depok. "Mungkin dia ingin masuk lagi ke NU," celetuk salah seorang peserta pengajian kepada NU Online saat Nur Mahmudi sedang memberikan semacam testimoni.
Senin, 01/02/2010 14:32
Jakarta, NU Online
Fenomena liberalisasi pemikiran keagamaan di kalangan anak muda NU menjadi keprihatinan tersendiri bagi Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Sirajd.

"Kalau sebatas bincang-bincang boleh lah. Tetapi jika sudah masuk dalam landasan berorganisasi ini bahaya", ujarnya dalam Rapat Kerja Nasional Majelis Alumni Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama di Jakarta, Senin (1/2).
Senin, 01/02/2010 14:04
Medan, NU Online
Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali minta kepada jajaran pengurus Nahdlatul Ulama (NU) untuk menjadi "pagar bangsa" dari berbagai ancaman yang merusak persatuan dan umat Muslim di tanah air.

Saat bersilaturrahim dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Utara, Menag  mengatakan, sebagai organisasi masyarakat (Ormas) Islam terbesar di tanah air, pengurus NU harus berada di barisan terdepan, memimpin dan memperkuat persatuan umat Islam.
Senin, 01/02/2010 13:41
Medan, NU Online
Menteri Agama menyatakan bahwa perkembangan teknologi informasi yang semakin agresif dewasa ini, merupakan tantangan bagi semua elemen baik tokoh-tokoh agama maupun orangtua dalam mendidik anak.

"Kekuatan informasi melalui teknologi yang modern dan canggih, selain untuk dipergunakan bagi kepentingan yang positif, tidak sedikit juga dipergunakan untuk kepentingan yang negatif," kata Suryadharma Ali saat membuka Tabligh Akbar dan Harlah Al-Ittihadiyah di Medan, Sumatra Utara, Ahad (31/1).
Senin, 01/02/2010 13:00
Judul : Imam Syafi’i Pelopor Fikih dan Sastra 
Penulis : Dr. Muhammad Ibrahim al-Fayyumi
Penerbit : Erlangga
Cetakan : I, 2009
Tebal : 118 Halaman
Presensi : Marsus Ala Utsman*


Imam Syafi’i adalah sosok penulis, ahli fikih, dan sastrawan yang karya dan pemikirannya orisinil terkenal sangat menonjol di peradaban Arab dan Islam. Imam Syafi’i adalah penggagas pertama kali dalam bidang ilmu Ushul Fikih yang dituangkang dalam kitab monuminnya, Ar-Risalah. Silogisme Imam Syafi’i nyaris sebanding dengan silogisme ciptaan Aristoteles. Jika sologisme Aristoteles bertujuan untuk mengatur dan mensistematiskan sebuah pemikiran, maka silogisme Imam Syafi’i bertujuan untuk mengatur hubungan antara kekuatan akal dan teks. Dengan begitu perpaduan antara akal dan teks, cara pemahamannya tidak dengan cara bebas, tanpa terkontrol, dan tanpa etika. Padahal ilmu Ushul Fikih adalah etika itu sendiri.
Senin, 01/02/2010 12:46
HARLAH KE-84 NU
Surabaya, NU Online
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur siap membantu menangani dampak bencana alam, demikian Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (PP GP) Ansor Saifullah Yusuf saat Apel Banser NU Jatim menyambut Hari Lahir ke-84 NU di Gedung PWNU Jatim, Ahad.

"Kami sudah menyiapkan Tim Khusus untuk membantu pemerintah menangani bencana," kata Wagub Jatim itu saat menghadiri apel bersama Gubernur Jatim Soekarwo.
Senin, 01/02/2010 12:00
Jombang, NU Online
Pola sistem manajerial Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) yang telah direncanakan sepertinya masih perlu dilakukan banyak perbaikan. Hal ini terungkap dalam hasil workshop pedoman pengelolaan RSNU pada hari Sabtu (30/1) di rumah makan Zamzam wilayah kecamatan Diwek Jombang.

“Membangun rumah sakit yang baik dan layak mau tidak mau membutuhkan biaya yang besar dan itu bisa didapat salah satunya dengan cara berhutang, namun untuk menuju ke arah itu memerlukan penerapan manajemen pengelolaan yang jelas dulu,” ujar dr. Effendy yang menjadi salah satu pembicara.
Senin, 01/02/2010 11:10
HARLAH KE-84 NU
Pekalongan, NU Online
Sudah tiga tahun ini Pengurus Nahdlatul Ulama Kota Pekalongan menggelar pengobatan gratis yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama.

Dari setiap kali penyelenggaraan berhasil melakukan pengobatan tidak kurang dari seribu pasien. Dengan demikian, Nahdlatul Ulama Kota Pekalongan selama kurun waktu tiga tahun telah berhasil membantu pengobatan gratis tidak kurang dari tiga ribu warga Kota Pekalongan.
Senin, 01/02/2010 10:17
HARLAH KE-84 NU
Brebes, NU Online
Sebagai organisasi Islam terbesar, Nahdlatul Ulama (NU) selalu digoda oleh kepentingan partai politik ataupun kelompok-kelompok kepentingan tertentu. Hal ini menyebabkan kerap terjadi tarik-menarik didalam tubuh NU yang berimbas pada tercerai berainya warga NU (Nahdliyin).

Karena itu dalam momen peringatan hari lahir atau Harlah ke-84 NU pada 31 Januari 2010, persaudaraan sesama warga Nahdliyin atau Ukhuwah Nahdliyah perlu dikencangkan lagi.
Ubudiyah
Senin, 29/06/2015 16:35
Kalau sedang berpuasa, paling enak rebahan di ubin musholla atau masjid. Hawa yang bertiup sungguh adem. Sementara suasananya menenangkan untuk istirahat...
Ahad, 28/06/2015 13:30
Di bulan Ramadhan, selalu saja diwarnai dengan pandangan 'negatif' terhadap pelaksanaan shalat tarawih yang dilakukan dengan cepat. Padahal shalat cepat bisa...
Syariah
Jumat, 03/07/2015 21:03
Makan, minum, dan hal lain yang membatalkan puasa, mesti diatur ketika kita memasuki bulan Ramadhan. Pasalnya semua yang dibolehkan siang dan malam di luar...
Selasa, 30/06/2015 21:01
Sejak kecil kita semua mengerti bahwa puasa itu menahan diri dari hal-hal yang membatalkan sejak beduk Shubuh dipukul hingga pukulan beduk sembahyang...
Hikmah
Senin, 15/06/2015 11:01
Selain memiliki keilmuan yang luar biasa, sahabat Ali bin Abi Thalib merupakan manusia berperikemanusiaan super tinggi pula. Sebab itulah ia tertahbis...
Jumat, 15/05/2015 09:07
Dunia hanya panggung sandiwara, kata banyak orang. Ia permainan belaka, betapapun indahnya kenikmatan alam yang pasti bakal rusak ini. Dunia sekadar jembatan...
Taushiyah
Kamis, 02/07/2015 11:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Pada tahap 25 tahun mendatang, saat bangsa Indonesia memasuki era Pembangunan Jangka Panjang Tahap kedua (PJPT II), akan tiba...
Senin, 15/06/2015 10:30
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Pesantren sebagai lembaga pendidikan dan lembaga sosial keagamaan yang pengasuhnya juga menjadi pemimpin umat dan menjadi sumber...
Khotbah
Kamis, 02/07/2015 09:53
KHOTBAH JUMAT
Pernah datang seorang lelaki kepada Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam, lalu ia bertanya, “Wahai Rosulullah apakah perndapatmu tentang seseorang yang berperang dalam rangka mencari upah dan kemasyhuran/ nama baik, apakah yang ia dapat?”. Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam menjawab, “Ia tidak mendapatkan sesuatu apapun”. Lalu lelaki itupun mengulangi (pertanyaannya) sebanyak tiga kali. Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam tetap menjawab, “Ia tidak mendapatkan sesuatu apapun”, kemudian Beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla tidak akan menerima suatu amal melainkan selama ia ikhlas dan mengharapkan keridloan Allah
Kamis, 25/06/2015 15:30
KHOTBAH JUMAT
Dalam sebuah hadits qudsi Allah menyatakan bahwa urusan pahala puasa adalah urusan pribadi hamba dengan Allah swt. karena hakikat puasa seseorang hanya Allah swt yang tahu bukan kelurga maupun lingkungannya. Bukankah ini berarti selama berpuasa seseorang yakin berada di bawah pengawasan-Nya. Sungguh luar biasa apabila perasaan ini kita terapkan di semua laku kehidupan kita.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefJuli 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
Space Iklan
305 x 150 Pixel
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::