Kamis, 21 Agustus 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Senin, 21/12/2009 12:38
Yerussalem, NU Online
Israel membuat pengakuan yang mengejutkan. Mereka menyatakan telah mengambil organ-organ dari orang-orang mati, di antaranya organ orang-orang Palestina, tanpa permisi kepada keluarga yang bersangkutan.

Laporan sebuah stasiun TV Israel, Channel 2, menyatakan bahwa pada 1990 silam, para dokter spesialis forensik di Abu Kabir mengambili kulit, kornea mata, katup jantung, dan tulang-tulang dari tentara-tentara Israel, warga Israel, warga Palestina, dan para pekerja asing, tanpa izin dari kerabat-kerabat mereka.
Senin, 21/12/2009 11:25
KONFERENSI PERSAUDARAAN MUSLIM DUNIA
Jakarta, NU Online
Konferensi Persaudaraan Muslim Dunia yang digelar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta, Ahad (20/12), ditutup dengan sejumlah rekomendasi, termasuk kemerdekaan bagi Palestina pada 2010. Untuk mencapai kemerdekaan Palestina, para peserta konferensi mendesak digelarnya pertemuan segi empat antara Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Amerika Serikat (AS), Israel, dan Palestina.

"Salah satu hasil kesepakatan peserta konferensi ini adalah kemerdekaan Palestina harus tercapai tahun 2010 M. Apa yang dilakukan masyarakat Palestina terhadap Israel sekarang ini adalah perang kemerdekaan atau perjuangan. Mereka ingin merdeka dari penjajahan," kata Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi usai acara penutupan konferensi yang diikuti seratus ulama dan cendekiawan Muslim dari sejumlah negara ini.
Senin, 21/12/2009 10:16
TAUSHIYAH AWAL TAHUN 1431 H
Bogor, NU Online
Seorang pemimpin harus memiliki sifat jujur pada diri sendiri dan bangsa yang dipimpinnya. Selain itu, seorang pemimpin juga harus memiliki sifat Adil dan taat pada hukum.

Demikian dinyatakan Mantan Presiden Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam program "live event" bertajuk Damai Indonesiaku yang disiarkan TV One dari Pondok Pesantren Darul Muttaqien, yang berlokasi di Desa Jabonmekar, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Senin, 21/12/2009 10:11
Pariaman, NU Online
Ribuan  siswa dan masyarakat Pariaman ikuti  kegiatan taushiyah dan dzikir bersama, Ahad (20/12), di Taman Pantai Gandoriah, menyambut tahun baru 1 Muharram 1431 H. Dzikir dan taushiyah diselenggarakan sehubungan Pesta Budaya Tabuik Piaman yang dibatalkan akibat gempa.

Guru Besar IAIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr. Duski Samad dalam taushiyahnya menyatakan, musibah hendaknya makin mengingatkan umat kepada Allah. Untuk itu, umat harus meningkatkan amal ibadahnya kepada Allah.
Senin, 21/12/2009 09:11
Makassar, NU Online
Nahdlatul Ulama (NU) sebagai lembaga organisasi sosial harus independen dan tidak boleh bermain dalam wilayah politik apapun. Independen sebab telah kembali ke khittahnya sebagai lembaga yang mengedepankan paham ke-NU-an, kebangsaan dan kemasyarakatan.

Demikian dinyatakan Pengasuh pondok Pesantren Tebuireng Jombang Salahudin Wahid (Gus Sholah) ketika menjadi pembicara pada acara Konsolidasi Mensukseskan Muktamar ke-32 Nahdlatu Ulama dan Dialog Kandidat Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Hotel Yasmin Makassar, Ahad (20/12).
Senin, 21/12/2009 08:02
Brebes, NU Online
Seorang manusia, akan terlindas peradaban manakala tidak mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi. Sama halnya dalam dunia pendidikan, kalau tidak dinamis dan tidak mengikuti perkembangan jaman maka akan tertinggal dan tidak akan eksis. Demikian juga dengan guru, maka dituntut untuk mengikuti perkembangan dan menjawab persoalan tertentu didunia pendidikan.

Setiap guru dituntut untuk menjawab persoalan yang dibutuhkan peserta didik. “Guru diharapkan bisa mempersiapkan manusia-manusia yang memiliki karakter unggul,” ungkap Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang Syamsul Ma’arif saat menyampaikan materi Pendidikan dan Latihan (Diklat) Nasional bagi Guru Profesional di Madrasah Aliyah Negeri Brebes 01 (Kompleks Islamic Centre Brebes), yang digelar PAC GP Ansor Brebes di Ahad (20/12).
Senin, 21/12/2009 06:35
Bogor, NU Online
Pondok pesantren merupakan aset besar bangsa Indonesia, karena itu pemerintah harus memberikan perhatian lebih atau ngemong terhadap lembaga tersebut.

"Pemerintah harus memperhatikan keberadaan pesantren, karena manfaatnya sangat besar bagi bangsa dan negara," kata mantan Presiden Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam wawancara via telephone di Pesantren Darul Muttaqien Parung Bogor, Jawa Barat, Ahad (20/12).
Senin, 21/12/2009 04:49
Jakarta, NU Online
Jamaah haji Indonesia yang masih tersisa di Makkah, Arab Saudi sampai dengan hari Sabtu (19/12/2009), tercatat 14.316 orang lagi. Mereka tergabung dalam 37 Kelompok Terbang (Kloter) yang akan diberangkatkan ke Madinah, sebelum pulang ke tanah air.

Menurut data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Departemen Agama yang diperoleh di Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Makkah,  ke-37 kloter tersebut adalah dari kloter JKG (Pondok Gede) sebanyak 8 kloter dengan jumlah jamaah haji sebanyak 3.611 orang, Kloter JKS (Bekasi) sebanyak 9 kloter dengan jumlah jamaah haji sebanyak 3.821 orang, kloter SOC (Solo) sebanyak 7 kloter terdiri atas 2.371 orang, kloter SUB (Surabaya)  6 kloter sebanyak 2.613 orang, kloter UPG (Ujungpandang) 4 kloter sebanyak 1.175 orang dan kloter BPN (Balikpapan) serta kloter PLM (Palembang) masing-masing 1 dan 2 kloter dengan jumlah jamaah haji sebanyak 725 orang.
Senin, 21/12/2009 03:19
Jerusalem, NU Online
Kepala Intelijen Mesir Omar Suleiman pada Ahad berkunjung ke Jerusalem untuk bertemu dengan para pejabat Israel untuk membahas proses perdamaian Palestina-Israel. Menurut para pejabat Israel, Suleiman pada Ahad telah bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Ehud Barak, juga Kepala Mossad, intelijen urusan luar negeri Israel.

Seorang juru bicara pemerintah Israel menolak memberi keterangan mengenai kunjungan Suleiman ke Jerusalem tersebut. Suleiman ditunjuk Presiden Mesir Hosni Mubarak untuk melakukan kontak langsung antara Israel dan kelompok garis keras Hamas mengenai pertukaran 1.000 tahanan Palestina di penjara-penjara Israel dengan seorang tentara Israel yang disandera Hamas di Gaza sejak 2006.
Ahad, 20/12/2009 21:05
Teheran, NU online
Kabar duka menyelimuti Iran. Salah satu ulama tertingginya, Ayatollah Hossein Ali Montazeri, meninggal dunia. Hal tersebut diungkapkan cucunya, Nasser Montazeri. Montazeri meninggal di usia 87 tahun. Nasser Montazeri mengatakan kakeknya itu meninggal saat sedang tidur, Ahad (20/12).

"Hossein Ali Montazeri meninggal dunia di rumahnya tadi malam," ujar kantor berita resmi Iran, IRNA. Montazeri tinggal di kota suci Muslim Syiah di selatan Teheran, Qam. Kantor berita AP melaporkan bahwa Montazeri sebelumnya digadang-gadang untuk menggantikan Ayatollah Ruhollah Khomeini, ulama besar yang memimpin revolusi Iran 1979 silam. Akan tetapi yang terpilih justru Ayatollah Ali Khamenei.
Ahad, 20/12/2009 19:44
Kepanjen, NU Online
Momentum Tahun baru Hijriyah 1 Muharam 1431 Hijriyah ditetapkan oleh 106 pengurus dan pengelola pondok pesantren se-Kabupaten Malang sebagai Hari Santri.  Para penggagas mengumumkan Hari Santri dalam acara peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1431 Hijriyah yang digelar di Pondok Pesantren Babussalam, Pagelaran, Kabupaten Malang, akhir pekan kemarin.

Thoriq Darwis, pengasuh Pondok Pesantren Babussalam menerangkan, penetapan Hari Santri itu akan dikampanyekan ke seluruh pondok pesantren di Malang Raya dan pondok pesantren se-Jatim. Para pengasuh pondok pesantren berkeinginan agar Hari Santri bisa tercatat sebagai hari peringatan nasional. Mengingat mayoritas masyarakat Indonesia memeluk Islam yang di dalamnya ada jutaan santri.
Ahad, 20/12/2009 18:00
Brebes, NU Online
Dalam dunia pendidikan, Anak diibaratkan sebagai kertas putih yang belum ternoda. Dalam perjalanan waktunya, bisa ditulis dengan tinta emas atau tinta kegelapan, tergantung yang menulisnya. Sang Penulis itu pada hakekatnya seorang pendidik, entah itu dirumah, disekolah atau pun dilingkungan sekitarnya.

Mereka akan mengisi catatan hidup anak dengan berbagai macam warna pendidikan hingga terpatri sampai dewasa. Sebagai upaya menorehkan prestasi dengan tinta emas pada diri pribadi anak, maka perlu diisi dengan berbagai kegiatan yang positif.
Ahad, 20/12/2009 16:36
Surabaya, NU Online
Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya, berharap pemerintah pusat menambahan kuota calon haji untuk NTT pada musim haji tahun 2010 untuk mengurangi daftar tunggu yang hingga kini mencapai 1.391 orang.

"Jumlah daftar tunggu ini yang sedianya menunaikan ibadah haji tahun 2009," kata Kepala Biro Kesra Setda NTT, Filemon da Lopez di Kupang, mengutip Gubernur NTT Lebu Raya di sela-sela menerima kedatangan rombongan jemaah haji asal NTT di Surabaya, Ahad (20/12).
Ahad, 20/12/2009 15:05
Jakarta, NU Online
Konferensi Persaudaraan Muslim Dunia yang diselenggarakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Sabtu-Ahad 19-20 Desember 2009 di Hotel Sultan Jakarta telah berakhir. Konferensi ini ditutup dengan pembacaan rekomendasi yang diwakili oleh 5 orang peserta yakni Mufti Syiria Dr Abdul Fattah Bazzam, Sekjen World Council of Proximity of Islamic School of Thoughts Iran Ayatullah Muhammad Ali Tashkiri, Ketua Umum PBNU KH A. Hasyim Muzadi, Majelis Ulama Lebanon Syekh Ahmad Zein, dan Dirjen Bimas Islam Departemen Agama RI Prof Dr KH Nasaruddin Umar.

Para ulama dan cendekiawan yang hadir dari beberapa negara Muslim, dalam rekomendasi yang dibacakan Abdul Fattah Bazzam, menegaskan bahwa persatuan merupakan hal yang paling mendasar bagi umat Islam. Hal ini telah ditekankan dalam Al-Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Umat islam harus menjauhi sifat ektirem dan fanatisme kelompok.
Ahad, 20/12/2009 13:23
Jakarta, NU Online
Kelompok Kerja Diniyah Takmiliyah (KKDT) Jakarta Utara menyelengarakan lomba kreatifitas santri bertajuk Gebyar Festival Santri Kreatif. lomba yang digelar di Aula Utama dan masjid Jakarta Islamic Center (JIC) Kl. Kramat Jaya Jakarta Utara ini diikuti oleh lebih dari 750 santri Madrasah Diniyah Takmiliyah di Jakarta Utara. Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor Departemen Agama (kakandepag) Jakarta Utara H Dadun Efendi.

Ketua panitia Penyelenggara, Ustadz Suwarso, dalam laporannya menyatakan, festival ini diikuti oleh 75 Madrasah Diniyah takmiliyah di Jakarta Utara. Adapun lomba-lomba yang digelar antara lain adalah lomba ceramah agama, cerdas cermat, membaca Al-Qur'an dengan tartil, tahfidz Al-Qur'an, kaligrafi dan deklamasi.
Ahad, 20/12/2009 11:56
Tangerang, NU Online
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, mengharamkan pembangunan patung Sultan Maulana Hasanudin Banten di bundaran Pamulang, Tangsel, karena khawatir dijadikan tempat pemujaan.

Ketua MUI Kota Tangsel, KH Saidi, Ahad, menyatakan, hasil musyawarah MUI Tangsel dan pemerintah daerah setempat menyepakati bahwa pembangunan patung Sultan Maulana Hasanuddin tidak sesuai dengan hadis.
Ubudiyah
Senin, 18/08/2014 13:00
Bentangan ibadah sebagaimana diterangkan oleh Rasulullah saw dalam salah satu haditsnya tidaklah terbatas. Mulai dari menghindarkan duri di jalanan hingga...
Kamis, 31/07/2014 10:11
Tidak diragukan lagi bahwasanya dalam syariat Islam, selain puasa wajib di bulan Ramadhan, kaum muslim pun diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa sunah...
Syariah
Senin, 18/08/2014 17:00
Diantara sunnah Rasulullah saw bagi umatnya adalah selalu tampil rapi. Karena hal itu sangat penting bagi pencitraan seorang muslim khususnya dan Islam pada...
Rabu, 13/08/2014 14:39
Tanpa banyak pertimbangan, masyarakat akan mendatangi orang yang “mengerti” bilamana di tengah mereka terdapat orang yang terjangkit penyakit...
Hikmah
Jumat, 15/08/2014 13:01
Suatu ketika, kaum Khawarij mendengar sabda Nabi Muhammad saw. : انامدينةالعلم و عليّ بابها “Aku adalah kota ilmu, dan Ali...
Jumat, 08/08/2014 10:01
Nabi Muhammad  SAW mempunyai sahabat perempuan bernama Muthi’ah yang sangat taat pada suaminya. Setiap hari, Muthi’ah selalu mematuhi pesan...
Taushiyah
Ahad, 17/08/2014 19:10
Oleh: KH. Abdurrahman Wahid Ketika pada tahun 1933, KH. M. Hasjim Asy’ari Tebuireng (Jombang) memerintahkan putra beliau KH. Wahid Hasjim yang baru...
Rabu, 13/08/2014 08:02
Oleh KH Abdurrahman Wahid Pada sebuah diskusi beberapa tahun yang lalu di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, penulis dikritik oleh Dr. Yusril Ihza Mahendra....
Khotbah
Jumat, 25/07/2014 21:00
KHOTBAH IDUL FITRI (1)
Takbir adalah membesarkan Allah dan mengecilkan selain Allah. Ketika kita berpuasa, Takbir kita cerminkan dengan mengecilkan pengaruh hawa nafsu dan mengagungkan kebesaran Allah didalam sanubari kita. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita mengecilkan seluruh pembicaraan manusia dan membesarkan kalam Allah. Ketika kita Tarawih dan Qiyamullail, kita kecilkan seluruh urusan dunia dan hanya membesarkan perintah Allah SWT. Mengapa kita harus bertakbir terus menerus?
Kamis, 24/07/2014 04:01
Rukun Islam itu ada lima hal. Membaca syahadat, mengerjakan shalat, membayar zakat, berpuasa dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Kelima rukun Islam tersebut bersifat positif (syatrul iktisab), kecuali puasa. Karena sesungguhnya perintah puasa adalah bersifat negative (syatrul ijtinab), yaitu perintah untuk meninggalkan sesuatu (makan, minum, menahan nafsu dan lain-lain). Artinya, apabila syahadat harus diucapkan, shalat harus dikerjakan, zakat harus ditunaikan, haji harus dilaksanakan, maka  puasa harus menahan segala hal yang membatalkannya.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::