Kamis, 17 April 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Rabu, 22/07/2009 11:49
Lombok Barat, NU Online
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma`ruf Amin, mengatakan, pondok pesantren bukan lembaga yang mencetak pelaku terorisme penebar teror bom.

"Pondok pesantren bukan lembaga pencetak teroris dan ini harus diluruskan," katanya pada acara Rapat Koordinasi Daerah MUI wilayah III (Jatim, Bali, NTB dan NTT), di Senggigi Lombok Barat, Selasa (21/7) malam.
Rabu, 22/07/2009 10:59
Banda Aceh, NU Online
Sejumlah warga Kota Banda Aceh menyaksikan langsung fenomena alam gerhana matahari yang berlangsung pada Rabu (22/7) pukul 07.59.
   
Salah seorang warga Kota Banda Aceh, Taufik, Rabu, mengatakan, ia sangat antusias menyaksikan gerhana matahari dan mengabadikan peristiwa tersebut dengan kamera video. "Momen ini sangat istimewa buat saya karena gerhana matahari tidak bisa setiap saat," kata Taufik yang melihat langsung peristiwa alam itu dari Jembatan Pante Pirak, Banda Aceh.
Rabu, 22/07/2009 10:16
Kediri, NU Online
Kitab Sirajut Thalibin karya Syekh Ihsan bin Dahlan Kediri atau di kalangan pesantren lebih dikenal dengan Kiai Ihsan Jampes menawarkan model tasawuf baru untuk zaman ini. Misalnya ajaran tentang uzlah yang secara umum diartikan sebagai pengasingan diri dalam kesunyian duniawi, oleh Syekh Ihsan dimaknai sebagai pengasingan diri dalam kehidupan bersama masyarakat yang majemuk.

Hal ini disampaikan KH Abidurrahman Masrukhin. Ia adalah penerus pengajian Sirajut Thalibin di lingkungan Pondok Pesantren Jampes yang diadakan tiga kali seminggu yakni Jum’at, Sabtu, dan Ahad malam pukul 22.30 WIB di masjid Pesantren Nurul Amin Jampes, Kediri.
Rabu, 22/07/2009 09:59
Jakarta, NU Online
Meneruskan nota Embassy of the Republic of Sudan, Jakarta nomor. SEJ/4/1 tertanggal 29 Juni 2009, yang disampaikan melalui Departemen Agama (Depag) Republik Indonesia, Biro Kerjasama Timur Tengah dan Pengembangan SDM kembali mengumumkan nama-nama kader Nahdlatul Ulama (NU) yang lolos belajar ke Sudan, Rabu (22/7). 

Kali ini, dari 26 nama-nama yang berhasil mendapatkan Beasiswa untuk belajar di Universitas Afrika Internasional, Sudan, 8 diantaranya adalah kader NU yang mendaftarkan diri melalui Biro Kerjasama Timur Tengah dan Pengembangan SDM. Kedelapan kader tersebut adalah Miftahul Munib Bin Sutarto, Ahmad Sabiqul Himam, Ahmad Taufiqurrahman. Ahmad Sofwan Nur, Fahmi Hasan Nugroho, Alfin Maulana, Ujep Auful Muntaqimin dan Retna Andi Irawan.
Rabu, 22/07/2009 08:44
Tangerang, NU Online
Dalam kurun waktu lima hari sejak Jum`at (17/7) hingga Selasa (21/7), sudah sekitar 300 santri pondok pesantren Dar-Qolam, Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten, yang diperiksa karena diduga terjangkit virus A H1N1 penyebab flu babi.

"Kini penyebarannya makin meluas dan sampai hari ini sudah 300 santri yang suspect flu babi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Hani Heryanto di Tangerang, Selasa.
Rabu, 22/07/2009 07:39
London, NU Online
Pemerintah Inggris mengabulkan permintaan suaka seorang putri Kerajaan Arab Saudi yang mempunyai anak di luar nikah dengan seorang pria Inggris. Sang putri takut dijatuhi hukuman mati bila kembali ke negaranya.

Perempuan yang masih berstatus istri seorang pangeran itu mendapatkan status pengungsi dan boleh menetap di Inggris setelah mengaku kepada hakim bahwa ia berselingkuh dengan pria Inggris.
Rabu, 22/07/2009 06:40
Den Haag, NU Online
Dua saudara sepupu asal Serbia Bosnia, Milan Lukic dan Sredoje Lukic, divonis bersalah oleh Pengadilan Kejahatan Perang Internasional untuk bekas Yugoslavia (ICTY), Senin (20/7) waktu Den Haag atau Selasa WIB.

Mereka terbukti membakar hidup-hidup ratusan Muslim Bosnia dalam perang 1992-1995 di negara itu.
Rabu, 22/07/2009 04:09
PEMBAJAKAN KITAB SIRAJUT THALIBIN
Depok, NU Online
Berkaitan dengan pembajakan kitab Sirajut Thalibin karya Syekh Ihsan Jampes oleh penerbit Darul Kutub Al-Ilmiyah Beirut, Lebanon, Wakil Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Tolchah Hasan menyatakan, perlu ada penyelidikan lebih lanjut tentang kemunkinan luasnya pembajakan karya ulama Nusantara.

Jangan-jangan karya intelektual yang dibajak tidak hanya kitab Syekh Ihsan. Siapa tahu kitab babon Kiai Machfud Tremas atau kitab Kiai Nawawi Al-Bantani atau kitab ulama Nusantara atau ulama Jawi yang lain juga dibajak.
Selasa, 21/07/2009 22:09
Oleh Irham Sya’roni

16-12 bulan sebelum hijrah ke Madinah (Yatsrib), Nabi Muhammad SAW mengalami peristiwa dahsyat. Beliau diperjalankan (isra’) oleh Allah SWT dari Masjidil Haram di Makkah menuju Baitul Maqdis di Jerusalem, lalu naik (mi’raj) ke Sidratul Muntaha (akhir penggapaian), bahkan melampauinya, serta kembali lagi ke Makkah dalam waktu yang amat singkat.

Ini merupakan bukti bahwa 'ilm (ilmu) dan qudrat (kekuasaan) Allah meliputi dan menjangkau, bahkan mengatasi, segala yang finite (terbatas) dan infinite (tak terbatas) tanpa dipengaruhi oleh ruang dan waktu.
Selasa, 21/07/2009 20:46
Banda Aceh, NU Online
Warga Kota Banda Aceh dan Sabang, Provinsi Aceh akan menyaksikan gerhana matahari total yang diperkirakan terjadi pada Rabu (22/7) pukul 07.15 WIB.

"Gerhana matahari bisa disaksikan di Banda Aceh dan Sabang mulai pukul 07.15 WIB dan puncaknya pada 07.59 WIB yang berakhir pada 08.49 WIB," kata Staf sub bidang gravitasi dan tanda waktu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat, Rukman yang dihubungi dari Banda Aceh, Selasa.
Selasa, 21/07/2009 19:59
Palembang, NU Online
Meskipun usia uzur tetapi tidak menyusutkan tekad bulat Kim Lim Mio (75) warga Palembang keturunan Tionghoa menjadi muslimah bersamanya cucunya Fenny Lorens (24) dihari Isra Mi’raj 27 Rajab 1430 Hijriyah ini mengucap syahadat di Mesjid Chengho, di Palembang, Senin.

Proses pengucapan dua kalimat syahadat tersebut dipimpin KH Nawawi Dencik dilakukan sebelum jamaah mesjid melaksanakan salat Zuhur.
Selasa, 21/07/2009 19:15
Sukabumi, NU Online
Kalangan Dewan menargetkan pegesahan Rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang wajib Belajar Keagamaan Islam paling lambat akhir Juli 2009. Dalam Raperda tersebut ketentuan tentang kewajiban belajar di Madrasah Diniyah (MD) sebagai syarat melanjutkan ke tingkatan SMP dihapuskan.

“Raperda tersebut sudah di bahas di Pansus, hasilnya banyak pasal yang perlu direvisi terutama tentang kewajiban melampirkan sertifikat MD untuk syarat nikah dan melanjutkan sekolah ke SMP,’’ungkap Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Sopandi Harjasasmita kepada wartawan, Selasa (21/7). Dikatakan dia kedua ketentuan tersebut sudah dicabut dengan klausul lainnya.
Selasa, 21/07/2009 18:45
Surabaya, NU Online
Siapa bilang politik aliran telah lenyap dari ranah politik Indonesia? Itulah pernyataan yang disampaikan pengamat politik Islam Dr Bachtiar Effendy MA saat dialog di acara Surabaya First Channel di Radio Trijaya Surabaya, Selasa (21/7) pagi.

Bachtiar menyatakan, melihat fenomena hasil pilpres 8 Juli 2009 yang dimenangkan duet SBY-Boediono--berdasar hitungan cepat berbagai lembaga survei--bukan mengindikasikan matinya politik aliran di Indonesia. "Faktornya kompleks untuk membedah latar belakang pemilih menjatuhkan pilihan politiknya," tambahnya.
Selasa, 21/07/2009 18:08
BOM JAKARTA
Medan, NU Online
Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera utara Drs Misran Sihaloho mengimbau masyarakat untuk tidak berspekulasi tentang siapa pelaku pengeboman di Hotel JW Marriot dan Rizt Carlton Jakarta, Jumat (17/7) lalu, sebab kewenangan pengungkapan pelaku bom itu adalah aparat kepolisian.

“Masyarakat jangan berspekulasi siapa yang melakukan pengeboman itu mari kita percayakan kepada aparat kepolisian yang mengungkapkannya.Yang terpenting bagi kita adalah mewaspadai disekitar kita guna mencegah terjadinya hal-hal tidak diinginkan,sebab kalau kita berspekulasi yang terjadi adalah saling tuding satu sama lain sehingga berpotensi terjadinya perpecahan,” kata Misran kepada wartawan, Selasa (21/7) di Sekretariat PWNU Sumut Jalan Palang Merah No 80 Medan.
Selasa, 21/07/2009 17:25
Jombang, NU Online
Insiden peledakan bom di 2 hotel bertaraf Internasional, Ritz Carlton dan JW Marriot, Jakarta, beberapa hari lalu, memantik keprihatinan kalangan pondok pesantren. Tak terkecuali anak-anak di panti asuhan Al Fattah, Tambakberas, Jombang.

Sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan, mereka menggelar aksi teatrikal di lokasi pesantren, Senin (20/7). Aksi teatrikal itu juga untuk membantah anggapan bahwa terorisme identik dengan pesantren. Karena, menurut para santri, tidak ada satu pun ajaran dari kiai mereka yang membenarkan berbuat kekerasan.
Selasa, 21/07/2009 16:37
Solo, NU Online
Ribuan pemain rebana memeriahkan perayaan Isra Mi'raj di Kota Solo, Jawa Tengah, dengan melakukan pawai di beberapa ruas jalan kota tersebut.

"Pawai perayaan Isra Mi'raj tahun ini diikuti 35 grup kesenian rebana yang masing-masing terdiri dari 30 orang," kata wakil ketua panitia acara tersebut, Soni Parsono di Solo, Senin (20/7).&
Ubudiyah
Selasa, 15/04/2014 15:00
Dunia dan segala macam isinya diciptakan oleh Allah swt untuk manusia, termasuk juga malam dan siang. Sebagian besar manusia mefungsikan siang untuk mencari...
Kamis, 10/04/2014 16:00
Imam As-Suyuthi dalam kitabnya Lubabun Nuqul fi Asbabin Nuzul menceitakan bahwa suatu ketika rasulullah saw pernah sakit agak parah, maka datanglah dua...
Syariah
Rabu, 16/04/2014 07:00
Klangenan adalah bahasa jawa asal kata kangen. Klangenan dapat diartikan dengan sesuatu yang bisa menjadikan seseorang merasa kangen kepadanya. Klangenan...
Senin, 14/04/2014 17:01
Di dalam Islam istilah nafkah berasal dari kata nafaqah, infaq yang artinya mengeluarkan. Kata ini hanya digunakan untuk perkara yang baik saja. Fiqih...
Hikmah
Jumat, 11/04/2014 16:01
Suatu ketika Nabi Musa as. mengadu kepada Allah, “Wahai Tuhan! Engkau ciptakan makhluk dan Kau berikan kenikmatan rizki. Kau (pula) yang menjadikan...
Selasa, 01/04/2014 12:01
Dikisahkan, ada seorang lelaki yang tidak pernah membaca shalawat nabi. Suatu ketika dia bermimpi berjumpa dengan Rasulullah SAW. Tapi yang mengherankan,...
Taushiyah
Rabu, 16/04/2014 19:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa tahun yang lampau, seorang ulama dari Pakistan datang pada penulis di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)...
Rabu, 09/04/2014 11:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Keharusan adanya pemimpin pada setiap komunitas sekecil apapun tidak diingkari baik oleh norma sosial mau pun norma agama Islam....
Khotbah
Kamis, 10/04/2014 13:04
"Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong seberat dzarroh (atom yang paling kecil)." Lantas ada seseorang yang berkata: Sesungguhnya ada laki-laki yang suka berpakaian indah dan bersandal bagus. Nabi saw bersabda: “sesungguhnya Allah itu Indah dan suka keindahan. Sombong adalah menentang kebenaran dan memandang rendah orang lain (al-Hadits).
Kamis, 27/03/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Rasulullah Pernah bersabda "Satu waktu nanti akan tiba atas umatku penguasa seperti singa, para menterinya seperti serigala, dan hakim-hakimnya seperti anjing. Sementara itu umat kebanyakan bagaikan kambing. Bagaimana bisa kambing hidup diantara singa, serigala dan anjing?"
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Space Iklan
305 x 100 Pixel
Agenda
PrefApril 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Maaf transaksi pembelian via web toko.nu.or.id belum bisa beroperasi karena ada sistem yang perlu disempurnakan ::::