Sabtu, 29 November 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Senin, 04/01/2010 12:36
Semarang, NU Online
Legal Resources Center untuk Keadilan Jender dan Hak Asasi Manusia (LRCKJHAM) Semarang, berharap akan muncul Gus Dur muda sebagai pengganti KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

"Bagi kami, Gus Dur adalah tokoh yang memperjuangkan hak asasi perempuan dan contoh kongkret buat kami para perempuan," kata Direktur LRC-KJHAM Evarisan, di Semarang, Ahad.
Senin, 04/01/2010 12:05
Bogor, NU Online
Kendati dinilai sulit mencari tandingan atau pengganti sosok KH Abdurrahman "Gus Dur" Wahid, namun "Nahdliyyin" atau sebutan untuk warga Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tetap berharap akan munculnya Gus Dur - Gus Dur yang baru.

Pengasuh Pesantren Ibnu Aqil, Laladon, Ciomas, Bogor, KH Agus Salim Mawardi, mengatakan, sosok Gus Dur tidak tertandingi oleh siapapun di negeri ini.
Senin, 04/01/2010 11:21
Surabaya, NU Online
Peringatan tujuh hari wafatnya mantan presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur digelar dalam dua versi waktu berbeda antara yang di Ciganjur, Jakarta dengan yang di Jombang, Jawa Timur.

"Versi Jakarta peringatan tujuh harinya digelar pada Selasa (5/1) malam, sementara versi Jombang pada Rabu (6/1) malam," kata keponakan Gus Dur, Saifullah Yusuf, di Surabaya, Ahad.
Senin, 04/01/2010 10:43
Kota Tegal, NU Online
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng, Dr H Moh. Adnan MA meminta kepada warga NU tidak perlu gelisah dengan kepergian KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Pasalnya akan tumbuh Gus Dur-Gus Dur lain yang tetap konsisten memperjuangkan Pluralisme.

“NU memiliki stok yang kelak mempejuangkan pluralisme selain Gus Dur. Insya Allah akan tumbuh Gus Dur-Gus Dur lainnya,” ungkap Moh. Adnan saat melantik Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tegal masa bakti 2008-2013, di Pendopo Ki Gede Sebayu, Kota Tegal, Jawa Tengah Ahad (3/1.
Senin, 04/01/2010 10:12
SMS GUS DUR DIBUNUH
Jombang, NU Online
Beredarnya SMS gelap tentang kematian KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dibunuh membuat pengasuh pondok pesantren Tebuireng, Jombang, KH Salahudin Wahid alias Gus Solah bersikap.

Ia meminta agar tim dokter yang selama ini menangani Gus Dur melakukan jumpa pers. Selain itu, pihaknya juga meminta polisi mengusut tuntas pengirim SMS meresahkan tersebut.
Senin, 04/01/2010 09:46
Jember, NU Online
Keputusan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember untuk terlibat langsung dalam perhelatan pemilihan bupati (pilbup) Juli mendatang, disambut baik oleh Mustasyar PBNU, KH Muchit Muzadi. Menurutnya, keputusan tersebut sudah tepat, mengingat potensi politik NU cukup besar.

“Massa NU cukup besar, sehingga jangan berdiam diri. Harus mengambil peran sendiri dalam proses politik yang terjadi,” tukas Mbah Muchit, sapaan akrabnya, di rumahnya Jember, Ahad (3/12) kemarin.
Senin, 04/01/2010 08:50
London, NU Online
Warga NU bersama masyarakat Indonesia yang berada di Kerajaan Inggris Raya mengelar acara doa dan tahlilan bersama atas kepulangan mantan Presiden RI ke-4 K.H. Abdurrahman Wahid, yang digelar Gedung KBRl London, Ahad (3/1)sore.

Selain mengelar sholat gaih dan doa bersama, KBRI London juga menyediakan buku duka cita dibuka di KBRI London yang telah tersdia sejak Kamis, 31 Desember.  Buka duka untuk mantan Presiden keempat Republik Indonesia yang meninggal dunia pada hari Rabu tanggal 30 Desember di RS Ciptomangunkusumo, Jakarta pada pukul 18.45 WIB itu juga tersedia hingga Selasa, 5 Januari.
Senin, 04/01/2010 06:50
London, NU Online
Kedutaan Besar (kedubes) Inggris di Yaman ditutup karena alasan keamanan, kata Kementerian Luar Negeri Inggris, Ahad, menyusul Amerika Serikat menutup kedubesnya di sana sebagai tanggapan ancaman dari Al Qaida.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris merujuk pada "alasan keamanan" bagi penutupan kedubes tersebut, tanpa menjelaskan lebih rinci.
Ahad, 03/01/2010 18:38
Kairo, NU Online
Tepat pukul 15.00 waktu Kairo, Sabtu lalu, setelah menunaikan shalat Ashar berjamaah di Hall Wisma Duta KBRI Cairo, Utusan Grand Syeikh Al-Azhar Al-Syarief, Syeikh Abdul Mun’im Faudah yang juga Pembina Asrama Mahasiswa Asing Al-Azhar memimpin shalat ghaib untuk almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Seusai shalat gaib dilanjutkan dengan pembacaan yasinan dan tahlilan yang dipimpin oleh Irwan Maulana, Staf KBRI Cairo.

Dalam sambutan duka citanya, Syeikh Abdul Mun’im menerangkan bahwa Gus Dur adalah ‘ibnu madinah al buuts al Islamiyah’, Gus Dur tumbuh cerdas di Asrama Mahasiswa Al-Azhar dan ia menyatakan hingga saat ini mahasiswa Indonesia adalah penghuni terbesar di asrama Al-Azhar buuts.
Ahad, 03/01/2010 17:00
Jakarta, NU Online
Pluralisme yang diperjuangkan oleh Nahdlatul Ulama (NU) di Indonesia adalah pluralisme sosiologis bukan plurarisme teologis. Pluralisme teologis justru merugikan teologi semua agama. Tidak ada keimanan atau keyakinan "tahu campur" dalam agama.

Demikian disampaikan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi di Jakarta, Ahad (3/12), untuk meluruskan konsep pluralisme. Konsep pluralisme ini mengemuka menyusul meninggalnya KH Abdurrahman Wahid yang disebut oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Bapak Pluralisme.
Ahad, 03/01/2010 16:06
Jakarta, NU Online
Shalat ghaib dan tahlilan untuk almarhum KH Abdurrahman Wahid terus dilakukan di berbagai tempat. Di Saudi Arabia Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) setempat juga menggelar pembacaan Yasin dan Tahlil selama 7 hari berturut-turut.

“Kami berduka cita atas wafatnya KH Abdurrahman Wahid. PCINU Saudi Arabia telah melaksanakan solat ghaib pada hari Jumat, 1 Januari 2010 di Mesjid Indonesia Jeddah. Selama seminggu ini sampai hari Rabu kita mengadakan tahlil untuk mendo'akan KH Abdurrahman Wahid,” demikian dalam surat elektronik yang diterima NU Online.
Ahad, 03/01/2010 15:28
Jakarta, NU Online
Acara tumpengan sebagai pertanda syukur peringatan hari lahir (Harlah) ke-24 di halaman kantor PBNU Jakarta, Ahad (3/1), diawali dengan pembacaan surat Al-Fatihah untuk mendoakan penasihat Pagar Nusa KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang telah berpulang ke rahmatullah.

“Sebelum kita tumpengan marilah kita bacakan surat Al-Fatihah untuk KH Abdurrahman Wahid,” kata Ketua Umum PP Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa H Fuad Anwar. Selanjutnya para anggota meneriakkan yel-yel Pagar Nusa, “Pendekar!” lalu disusul “La haula wala quwwata illa billah (tidak ada daya dan kekuatan kecuali karena Allah).”
Ahad, 03/01/2010 14:41
Jakarta, NU Online
Ikatan Pencak Silat Pagas Nusa, salah satu badan otonom di bawah Nahdlatul Ulama (NU), hari ini, Ahad 3 Januari 2010, merayakan peringatan hari lahir (Harlah) ke-24 di halaman kantor PBNU Jakarta. Acara harlah dirangkai dengan tumpengan dan doa bersama, serta latihan perdana.

Latihan perdana diikuti para peserta baru yang tinggal di sekitar kantor PBNU Jalan Kramat raya No 164 Jakarta. Para peserta selanjutnya akan dikelompokkan kedalam dua kelompok, yakni kelompok olah raga dan kelompok bela diri.
Ahad, 03/01/2010 12:04
Jakarta, NU Online
Rupanya, kesederhanaan mantan Presiden Abdurrahman Wahid, yang akrab dipanggil Gus Dur, tercermin juga dari makanan kesukaannya. Ia dan rombongannya hampir seminggu tiga kali makan hidangan khas Padang di Rumah Makan Sederhana.

Ia sering makan di sana karena lokasinya yang memang dekat dengan kantor PBNU Jl. Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, hanya sekitar 500 meter, yakni di Jl Raden Saleh No 29.
Ahad, 03/01/2010 11:25
Jakarta, NU Online
Konon, guyonan mantan Presiden Abdurrahman Wahid selalu ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan, termasuk presiden dari berbagai negara.

Pernah suatu ketika, Gus Dur membuat tertawa Raja Saudi yang dikenal sangat serius dan hampir tidak pernah tertawa. Oleh Kiai Mustofa Bisri (Gus Mus), momentum tersebut dinilai sangat bersejarah bagi rakyat Negeri Kaya Minyak. "Kenapa?" tanya Gus Dur.
Ahad, 03/01/2010 10:25
Jombang, NU Online
Pencalonan diri Salahuddin Wahid (Gus Sholah) sebagai ketua umum PBNU sudah sepengetahuan kakaknya, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Gus Dur bahkan sudah memberikan restunya.

"Beliau bilang, baguslah, teruskan saja," ujar Gus Sholah, Sabtu (2/1) seperti dikutip Cybernews. Pengasuh Pesantren Tebuireng itu menuturkan pesan di atas disampaikan Gus Dur pada tanggal 11 Desember lalu.
Ubudiyah
Kamis, 27/11/2014 12:00
Mengubur mayit muslim dengan memasukkannya terlebih dahulu ke dalam peti, hukumnya adalah makruh sesuai pendapat mayorits ulama. Kecuali ada beberapa...
Kamis, 20/11/2014 21:03
Kalimat “Inna lillahi wa Inna Ilaihi Roji’un” mesti melompat lebih dulu sebelum bertanya apa sebab tetangga wafat. Kalimat itu seperti...
Syariah
Jumat, 28/11/2014 07:00
Waktu hujan telah tiba, geluduk dan geledek sering menyambar tak terduga. Membuat kaget mereka yang tidak siap mendengarnya. Kaget itu menyebabkan seseorang...
Rabu, 26/11/2014 15:02
Kalau ada penduduk baru keluar dari rahim seorang perempuan, otomatis orang tuanya disunahkan menyembelih kambing. Tentu saja sebelum aqiqah orang tua akan...
Hikmah
Jumat, 28/11/2014 19:03
Nabi Yaqub AS ialah nabi besar dengan kesabaran luar biasa. Ia diuji Allah dengan keirihatian sebagian anak kepada sebagian lainnya. Namun di balik ujian...
Jumat, 21/11/2014 09:01
Khalifah II Dinasti Abbasiyah, Abu Ja’far al-Mansur, hari itu benar-benar sedang jengkel. Seekor lalat terus mendekati wajahnya. Usaha untuk...
Taushiyah
Senin, 17/11/2014 11:01
Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar yang membentuk watak dan perilaku secara sistematis, terencana dan terarah. Sedangkan sosial, secara ensiklopedis...
Sabtu, 01/11/2014 10:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Bagi umat Islam, ijtihad adalah suatu kebutuhan dasar, bukan saja ketika Nabi sudah tiada, tapi bahkan ketika Nabi masih hidup....
Khotbah
Kamis, 27/11/2014 16:00
KHOTBAH JUMAT
Sahabat Ali Karramallahu Wajhah pernah berkata “andaikan tidak ada lima keburukan di dunia ini, tentunya manusia menjadi orang saleh semua. Kelima keburukan itu adalah 1) merasa senang dengan kebodohan. 2) tamak dengan dunia. 3) bakhil dengan kelebihan harta. 4) beramal disertai riya’ dan 5) selalu merasa bangga diri di atas yang lainnya”
Jumat, 14/11/2014 07:38
KHOTBAH JUMAT
Bekerjalah kamu dan jadikanlah alat tenunmu (bila engkau penenun) sebagai tasbih. Jadikanlah kapakmu (bila tukang kayu) sebagai tasbih dan jadikanlah jarumnu (bila engkau penjahit) sebagai tasbih, dan jadikanlah perjalananmu (bila engkau pedagang) sebagai tasbih.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Space Iklan
305 x 269 Pixel
Space Iklan
305 x 140 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefNovember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30      
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::