Kamis, 28 Mei 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Rabu, 27/01/2010 08:10
Surabaya, NU Online
Pengasuh Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Rembang Jawa Tengah yang juga salah seorang deklarator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KHA Mustofa Bisri (Gus Mus) menilai islah di antara para petinggi PKB yang sedang berseteru seharusnya menjadi tangungjawab mereka yang berkepentingan. Namun selaku deklarator, Gus Mus menghimbau agar kubu-kubu yang sedang berseberangan dapat berislah kembali.

"Deklarator hanya bertugas mengumumkan sampai ada muktamar. Soal islah, kita hanya menghimbau. Kalau ingin menjadi partai aspiratif ya harus islah," kata Gus Mus yang juga Mustasyar (Penasihat) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini di Surabaya, Selasa ((26/1).
Rabu, 27/01/2010 07:08
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi mengatakan, calon ketua umum (tanfidziyah) PBNU yang akan menggantikannya haruslah seorang manager agar dapat merealisasikan berbagai aganda NU secaa lebih kongkrit.
 
”Ketua tanfidziyah itu haruslah manajer sehingga bisa langsung menjalankan perbuatan-perbuatan kongkret di lapangan berupa proyek-proyek NU seperti bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi,” katanya di sela acara peletakan batu pertama gedung PBNU II, Jl Matraman Timur 5, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/1).
Selasa, 26/01/2010 22:18
Kuala Lumpur, NU Online
Pengadilan Tinggi Malaysia, akhirnya membatalkan pelarangan Menteri Dalam Negeri terhadap peredaran buku "Muslim Women anda the Challenge of Islamic Extrimism" (Wanita Muslim dan Tantangan Ekstrimisme Islam). Keputusan itu memenangkan gugatan judisial review yang diajukan oleh LSM Sister in Islam (SIS).

Hakim Muhamad Ariff Muhamad Yusuf, yang memimpin sidang pada 25 Januari, menyatakan bahwa sirkulasi buku tidaklah melanggar hukum publik, mengingat hanya tujuh dari total 215 halaman buku yang dinyatakan menyerang panduan Departemen Pengembangan Islam Malaysia (JAKIM).
Selasa, 26/01/2010 20:23
REVISI UU ZAKAT
Jakarta, NU Online
Departemen Agama (Depag) sedang mengkaji kembali efektifitas Badan Amil Zakat Nasional (Basnas). Lembaga pemerintah ini dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden No. 8 tahun 2001.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, pihaknya sedang merumuskan pola implementasi zakat yang lebih efektif. “Yang kita maksud efektif di sini adalah efektif dalam pengumpulan dan penyaluran,” katanya di sela acara peletakan batu pertama Gedung PBNU II, Jl Matraman Timur, Jakarta, Selasa (26/1).
Selasa, 26/01/2010 19:59
Setiap komunitas selalu mempunyai adat dan tradisi khas sesuai dengan peradaban dan falsafah hidup mereka. Adat dan tradisi tersebut lahir sebagai akibat dari dinamika dan interaksi yang berkembang di suatu komunitas lingkungan masyarakat. Oleh karenanya, bisa dikatakan, adat dan tradisi merupakan identitas dan ciri khas suatu komunitas.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, adat atau tradisi bermakna kebiasaan perilaku yang dijumpai secara turun-temurun. Karena bermula dari kebiasaan dan itu merupakan warisan dari pendahulu, maka akan terasa sangat ganjil ketika hal itu tidak boleh dilakukan atau dilakukan tapi tidak sesuai dengan kebiasaan yang berlaku.
Selasa, 26/01/2010 19:30
Pasuruan, NU Online
Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kota Pasuruan mulai mengambil start persiapan pilkada 2010. Saat ini, tim desk pilkada partai tersebut siap menggelar pendaftaran terbuka untuk konvensi bakal calon walikota. Mereka menetapkan deadline Februari konvensi tuntas digelar.

"Seperti yang sudah pernah kami nyatakan beberapa waktu lalu. Ajang seleksi bakal calon (balon) tidak akan ditentukan secara tertutup dan dibatasi. Sebab, kami ingin kandidat yang terpilih nanti benar-benar hasil seleksi ketat," ujar ketua tim desk pilkada PKB Aminurokhman.
Selasa, 26/01/2010 18:13
Oleh Abd. Basid*

Salah satu berita internasional yang juga menyita perhatian publik akhir-akhir ini adalah berita al-Qaeda di Yaman. Kelompok al-Qaeda yang dianggap sebagai kelompok aliran ektremesm dalam memaknai agama kini tampaknya tidak tergantung pada figur satu atau dua tokoh. Telah banyak tokoh-tokoh al-Qaeda papan atas yang tewas, seperti pendiri al-Qaeda, Sheikh Abdullah Azzam (tewas misterius di Peshawar tahun 1989); Ali Rasyidi al-Panshiri (tewas di Danau Victoria, Afrika, 1996); dan Abu Musab As Zarqawi (tewas di Irak tahun 2006), namun aksi kelompok ini semakin subur, eksis, dan semakin berkembang dengan sumber daya manusia yang baru dan metode penyerangan yang baru pula.

Yaman, selama ini dikabarkan menjadi semacam surga persembunyian kelompok garis keras al-Qaeda ini. Karena itu, pemerintah Yaman mendapat tekanan keras dari Washington untuk memerangi al-Qaeda di Yaman. Washington juga menuduh bahwa al-Qaeda Yaman berada di balik aksi peledakan pesawat yang gagal pada Northwest Airline di Detroit, AS, persis pada hari Natal, 25 Desember 2009, melalui intelektual mudanya asal Nigeria, Umar Farouk Abdulmutallab.

Al-Qaeda
Selasa, 26/01/2010 18:01
KONBES XVI GP ANSOR
Jakarta, NU Online
Konferensi besar GP Ansor yang berlangsung antara 24-26 salah satunya merekomendasikan agar gelar pahlawan untuk Gus Dur segera direalisasikan mengingat jasa-jasanya yang sangat besar untuk negeri ini.

“Beliau orang yang berjasa atas berkembangnya faham keislaman yagn moderat, pluraslis dan democrat, tak hanya mewacanakan pemikiran, tetapi beliau juga melaksanakannya dengan konsisten,” kata sekjen GP Ansor Malik Haramain kepada NU Online, Selasa (26/1).
Selasa, 26/01/2010 17:02
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Televisi melalui tayangannya menawarkan nilai-nilai tertentu sehingga televisi dapat menimbulkan dampak tertentu pula bagi umat dan masyarakat. Tayangan dengan nilai baik akan berdampaik baik, sebaliknya tayangan dengan nilai yang buruk juga akan berdampak buruk.

Berdasarkan berbagai kajian dan pengamatan, saat ini banyak tayangan televisi yang menawarkan nilai buruk melalui program-program tayangan yang tidak berkualitas dan tidak mendidik, seperti masih adanya tayangan berbau kekerasan, adegan seksual (pornoaksi), mistik/klenik, eksploitasi perempuan/anak-anak, tayangan bernuansa hedonis/materialistis serta mengandung gosip.
Selasa, 26/01/2010 16:01
Jakarta, NU Online
Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) II yang terletak di Jl Matraman Timur No. 5 Menteng, Jakarta Pusat mulai dibangun. Gedung ini terletak di samping Masjid Raya Matraman dan berhadapan dengan bekas rumah almarhum KH Wahid Hasyim yang sekarang menjadi kantor The Wahid Institut (WI).

Acara peletakan batu pertama diadakan Selasa (26/1) pagi tadi, dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh NU antara lain Menteri Agama Suryadharma Ali, mantan menteri agama Maftuh Basyuni, Rais Syuriyah PBNU KH Saifuddin Amtsir, Katim Aam PBNU H Nasaruddin Umar, Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi, Ketua PBNU H Ahmad Bagdja dan Sekjen PBNU Endang Turmudzi.
Selasa, 26/01/2010 15:23
ISLAH PKB
Jakarta, NU Online
Kondisi yang dialami oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mempengaruhi pencitraan masyarakat terhadap NU karena partai ini dilahirkan dari rahim NU. Meskipun secara organisatoris sudah independen dan NU menyatakan diri ke khittah 1926, NU tetap menginginkan PKB kuat.

Ketua PBNU Masykuri Abdillah menyatakan, warga NU sangat mendukung upaya islah yang dilakukan oleh semua komponen dalam tubuh PKB dan menyatakan kesiapan jika PBNU diminta untuk memfasilitasi proses islah ini.
Selasa, 26/01/2010 14:25
Tuban, NU Online
Kepergian wanita ke luar negeri untuk menjadi tenaga kerja wanita (TKW) dan terpaksa meninggalkan suaminya dalam waktu lama menjadi salah satu dari 20 topik bahasan bahsul masail di Ponpes Langitan Widang. Kajian berbagai permasalahan sosial dari kaca mata syariah Islam tersebut direncanakan berlangsung dua hari dan dibuka kemarin, Senin (25/1).

Masalah lain yang dibahas 200 ulama perwakilan dari 75 ponpes di Jawa-Bali, perwakilan PBNU serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut adalah masalah muslim internasional terkait liberalisme, pluralisme, dan sekularisme aliran Ahmadiyah. Berikutnya, tayangan dunia mistis di televisi, kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ekspos hasil penyadapan, tayangan hipnotis, sulap, dan ilusionis di televisi.
Selasa, 26/01/2010 13:12
Jayapura, NU Online
Dewan Adat Papua, Senin, menganugerahkan gelar "Bapak Demokrasi Papua" kepada Presiden RI keempat. alm. KH Abdulrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur. Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Forkorus Yoboisembut menyebut Gus Dur berjasa terhadap Papua dengan telah menggembalikan nama Papua dari sebelumnya Irian Jaya dan mengambil pendekatan yang tidak militeristik melainkan lebih dialogis dan menghargai HAM.

Pemberian gelar yang ditandai dengan penyerahan cenderamata berupa dua ekor burung cenderawasih yang sudah mati dan ditaruh dalam kotak kaca itu diterima anak almarhum, Inayah Wahid. Penghargaan itu diberikan dalam acara memperingati 10 tahun kembali nama Papua yang digelar di gedung olahraga Cenderawasih Jayapura yang juga ditandai dengan peluncuran buku berjudul "Hai Tanahku Papua, Untukmu Pahlawan" yang diterbitkan Konsensus Nasional Papua.
Selasa, 26/01/2010 12:09
Jember, NU Online
Bila bacabup lain masih kebingungan mendapatkan dukungan dan rekomendasi dari parpol untuk maju dalam pilkada Jember 7 Juli mendatang, tak demikian dengan incumbent M.Z.A. Djalal. Justru, dukungan demi dukungan dari parpol terus mengalir untuk Djalal. Buktinya, setelah sebelumnya DPC PKNU secara resmi menyatakan akan memberangkatkan Djalal sebagai cabup dalam pilkada mendatang, kini giliran DPC PPP Jember yang juga secara resmi memastikan mendukung Djalal.

Menariknya, DPC PPP Jember bahkan menyepakati dan meminta Djalal meneruskan duet dengan Kusen Andalas. "PPP mendukung M.Z.A. Djalal dan Kusen Andalas. Itu hasil dari rapat tim sembilan DPC PPP Jember," kata Ra Ali Wafa, Ketua DPC PPP Jember.
Selasa, 26/01/2010 11:26
Pekanbaru, NU Online
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan mengimbau masyarakat Muslim Indonesia untuk mewaspadai aliran sesat yang mengaku diri sebagai bagian dari Tariqat Naqsabandiyah.

"Tariqat Naqsabandiyah sesat ini pernah ada di Kota Medan beberapa tahun silam," ujar Ketua MUI Kota Medan Mohammad Hatta, usai menghadiri pelantikan Mursyid Perwakilan Tariqat Naqsabandiyah Pekanbaru, H Ismail Royan, di Pekanbaru, Senin.
Selasa, 26/01/2010 10:32
Surabaya, NU Online
Presiden Islamic Center USA, Seikh Ahmed Tijani Bin Omar beserta rombongan berkunjung ke makam Gus Dur hari ini (Selasa/26/1).

Lawatan ini, merupakan salah satu agenda dari berbagai agenda Simply Islam dan Arus Damai di Indonesia. Selain Tijani, ada juga tokoh Islam manca negara yang hadir seperti Syeikh Sa'ad Al Attas, dan Syeikh Faraz Rabbani, Wakil Rektor Universitas Toronto periode 1994-1996.
Ubudiyah
Ahad, 24/05/2015 15:02
Pada prinsipnya setiap orang diperintahkan untuk berbuat baik. Karena setiap perbuatan akan diminta pertanggungan jawab di akhirat kelak. Sebuah kebaikan...
Jumat, 08/05/2015 20:03
Berhubung bisa masuk ke rongga-rongga tubuh, maka kedudukan air mendapat perhatian cukup penuh dalam Islam. Air berurusan dengan mati dan hidup makhluk...
Syariah
Jumat, 01/05/2015 04:01
Ikan dalam keadaan hidup-hidup maupun bangkainya, dihukumkan halal. Bagi yang hobi, ikan bisa diolah dengan pelbagai macam cara dan aneka bumbu. Ikan bisa...
Senin, 20/04/2015 20:03
Pada prinsipnya puasa sunah dianjurkan untuk dilaksanakan sebanyak mungkin mengingat puasa sarat keutamaan lahir dan batin. Karenanya agama Islam tidak akan...
Hikmah
Jumat, 15/05/2015 09:07
Dunia hanya panggung sandiwara, kata banyak orang. Ia permainan belaka, betapapun indahnya kenikmatan alam yang pasti bakal rusak ini. Dunia sekadar jembatan...
Jumat, 17/04/2015 09:01
Jasad Syekh Abu Bakr Asy-Syibli memang terkubur dalam tanah sejak tahun 946 silam. Tapi nasihat santri Imam Junaid al-Baghdadi ini seakan terus mengalir...
Taushiyah
Rabu, 27/05/2015 10:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid NU sering dianggap sebagai organisasi kolot, yang timbul dari pengamatan lahiriah atas gerakan itu. Dalam ungkapan Hadi Sabeno,...
Kamis, 14/05/2015 08:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh AIDS merupakan penyakit yang relatif baru dikenal oleh para ahlinya. Bahaya penyakit ini, seperti banyak dimuat media massa,...
Khotbah
Kamis, 09/04/2015 10:00
KHOTBAH JUMAT
Dalam membangun pola hidup sederhana ( إقامة المجتمع المقتصد - Iqamatul mujtama’ al-muqtashid) baik sederhana dalam pola berpikir, dalam tindakan dan tingkah laku. Sesungguhnya kehidupan yang sederhana diawali dari tindakan yang sederhana. Tindakan yang sederhana diawali dari ucapan yang sederhana, dan ucapan yang sederhana bersumber dari pola pikir yang sederhana. Dan pola pikir sederhana adalah memikirkan sesuatu yang bermanfaat, dan menjauhkan diri dari sesuatu yang dinilai tidak perlu.   
Kamis, 19/03/2015 11:00
KHOTBAH JUMAT
Bahkan dalam kitab Qomi’uth Thughyan diceritakan, Ada orang yang berlumur dosa, namun kemudian Allah melebur dosa-dosanya. Baginda Nabi bertanya kepada malaikat Jibril “sebab apa gerangan Allah mengampuni dosa-dosa orang itu?” Jibril menjawab karena ia menyenangkan putranya dengan ia memberikan buah tangan ketika pulang dari bepergian 
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel

Menuju Muktamar

01 Agustus 2015

Hari Lagi
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefMei 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::