Jumat, 06 Maret 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Jumat, 15/01/2010 09:23
Pati, NU Online
Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro, Mayjen TNI Budiman, meminta maaf kepada Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Sahal Mahfud menyusul pernyataan yang tidak pantas oleh salah seorang anggotanya kepada kiai asal Kajen, Kabupaten Pati tersebut.

"Salah seorang anggota saya memang ada yang melakukan tindakan yang tidak tepat sehingga perlu meminta maaf," katanya usai menemui Kiai Sahal di kediamannya di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, di Pati, Kamis (14/1).
Jumat, 15/01/2010 08:11
Jakarta, NU Online
Selama ini, struktur cabang di NU mengikuti struktur pemerintahan dengan ibukota sebagai pusat PBNU dan diikuti struktur di propinsi dan kabupaten/kota sampai ke jajaran paling bawah.

Pola seperti ini memiliki kelemahan karena di daerah tertentu yang memiliki potensi aset dan SDM besar seperti DKI Jakarta, strukturnya sangat ringkas sementara wilayah di luar Jawa dengan potensi kecil tetapi karena sudah menjadi kabupaten/kota, maka disitu berdiri PCNU.
Jumat, 15/01/2010 07:15
Jakarta, NU Online
Konflik internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam beberapa tahun terakhir merusak keutuhan warga Nahdliyin yang merupakan basis massa PKB. Oleh karena itu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan membahas persoalan PKB ini ke dalam Muktamar ke-32 NU di Makassar pada 22-27 Maret mendatang. Demikian dinyatakan PBNU Ahmad Bagja di Jakarta, Kamis (14/1).

"Konflik PKB telah merusak ukhuwah warga NU. Ada dampak sangat besar yang dirasakan beberapa tahun terakhir. Melalui forum tertinggi di NU tersebut, PBNU akan memutuskan sikap NU terhadap PKB," tutur Bagja yang juga salah seorang kandidat Ketua Umum PBNU.
Jumat, 15/01/2010 06:43
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Pimpinan Pusat Jam’iyatul Qurra’ wal Huffazh (JQH) Nahdlatul Ulama menyelenggarakan ”Workshop Nasional Pengasuh Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an” di Jakarta selama 3 hari, 15 – 17 Januari 2010.

Pembukaan diadakan di aula PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jum’at (15/1) hari ini pukul 13.00 WIB. Acara pembukaan ini akan dihadiri Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini.
Kamis, 14/01/2010 23:04
Banyuwangi, NU Online
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyuwangi me-warning seluruh masyarakat agar tidak menyalahgunakan pemakaian kondom perempuan. Sekretaris MUI Banyuwangi, Nurchozin mengakui bahwa pihaknya memberikan perhatian khusus terhadap sosialisasi kondom khusus untuk perempuan.

Sebab, pada dasarnya fungsi kondom laki-laki dan kondom perempuan adalah sama. Kedua jenis kondom itu bertujuan melindungi warga atas penyakit HIV/AIDS yang semakin meningkat di Banyuwangi. ''Jangan sampai dengan adanya kondom perempuan, justru dijadikan kedok untuk melakukan hal-hal yang dilarang,'' kata Nurchozin.
Kamis, 14/01/2010 21:09
PILKADA SITUBONDO
Situbondo, NU Online
Polemik proses penjaringan bakal calon bupati (bacabup) dan wakil bupati (bacawabup) Dewan Pengurus Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) Situbondo, kian memanas. Kali ini, sejumlah pengurus harian parpol yang berkantor di Jalan Sudirman Situbondo itu mendesak DPC kembali membuka ulang pendaftaran penjaringan bacabup-bacawabup PPP.

Setyo Bakti, pengurus DPC PPP Situbondo menilai, tim 5 yang diberi kewenangan melakukan penjaringan telah menyimpang dari petunjuk pelaksanaan (juklak), yang dikeluarkan DPP. "Di juklak nomor 1646/ KPTS/DPP/ XI/2009 jelas, DPC harus mengajukan tiga pasangan. Nanti DPW akan menciutkan menjadi dua pasang, dan di DPP dipilih satu pasang," terangnya.
Kamis, 14/01/2010 20:17
Brebes, NU Online
Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali menyatakan, Departemen Agama (Depag) yang dipimpinnya memang perlu melakukan instrospeksi dan berbenah diri. Ia mengaku prihatin atas tudingan miring beberapa kalangan sampai memelesetkan kepanjangan Depag menjadi departemen paling gawat.

Dia berjanji, di bawah kepemimpinannya, bidang garapan Depag yakni pendidikan, pemberdayaan umat beragama, dan penyelenggaraan haji akan terus di revitalisasi.
Kamis, 14/01/2010 19:55
Jakarta, NU Online
Kajian-kajian keislaman di Indonesia belakangan ini cenderung bergeser pada hal-hal yang pragmatis. Kajian-kajian keislaman saat ini lebih berputas pada masalah-masalah kehidupan kekinian saja, seperti ekonomi, perbankan, hukum internasional dan lainnya.

Demikian dinyatakan Katib Aam Syuriah Pengurus Besar nahdlatul Ulama (PBNU) Nasaruddin Umar, pada peluncuran Buku Indeks Hadits dan Syarah oleh Buya H. Muhammad Alfis Chaniago di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jl. Diponegoro Jakarta, Kamis (14/1).
Kamis, 14/01/2010 19:18
FTA ASEAN-CHINA
Jakarta, NU Online
Serbuan produk China berharga murah yang masuk setelah berlakunya free trade area atau kawasan bebas perdagangan antara Asean dan China bisa mengancam keberadaan industri manufaktur di Indonesia yang akhirnya bisa mengakibatkan terjadinya PHK massal.

Ketua Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) H Junaidi Ali mendorong agar pemerintah dan masyarakat mengkampanyekan penggunaan produksi dalam negeri untuk melawan serbuan produk dari China.
Kamis, 14/01/2010 18:14
Jakarta, NU Online
Presiden Laos Choummaly Sayasone menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya mantan Presiden Abdurrahman Wahid yang telah dianggap sebagai sahabat oleh masyarakat Laos.

Ucapan dukacita tersebut disampaikan secara langsung kepada Menteri Luar Negeri Marty M Natalegawa saat melakukan kunjungan resmi selama dua hari pada 10 hingga 11 Januari lalu ke negara tersebut.
Kamis, 14/01/2010 17:20
INDONESIA RANKING KE-2 PENGGUNA FACEBOOK
Jakarta, NU Online
Kabar lumayan mengejutkan, Indonesia dilaporkan menempati rangking kedua pengguna Facebook setela Amerika Serikat (AS). Ini berdasarkan Survei Inside Facebook yang dilakukan e-marketer. Urutan berikutnya adalah Philipina, Turki, Italia dan India.

Seorang aktivis NU pengguna Facebook mengatakan, orang Indonesia yang telah melengkapi diri dengan sarana teknologi kini lebih suka silaturahmi via dunia maya dari pada bertemu secara fisik.
Kamis, 14/01/2010 16:14
Jakarta, NU Online
Masih banyak umat Islam yang perilakunya tidak mencerminkan ajaran-ajaran Islam. banyak umat Isalam ini malah melakukan hal-hal yang bertentangan dengan tuntunan Islam. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman mereka pada agama yang dianutnya.

Demikian dinyatakan Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) KH AN. Nuril Huda kepada NU Online di Jakarta, Kamis  (14/1). Menurut Nuril Huda, kondisi ini merupakan tantangan bagi para dai, baik yang tergabung dalam kelompok-kelompok maupun sebagai individu.
Kamis, 14/01/2010 15:10
Brebes, NU Online
Rais Suriyah PWNU jawa Tengah, KH Masruri Abdul Mughni memandang NU tidak perlu meminta pada siapapun untuk memberi gelar pahlawan kepada KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Pasalnya, pahlawan yang sebenarnya itu tidak perlu pengakuan dari manusia. Cukup Allah SWT yang menilai dan membalas kebaikan manusia, katanya.

Bagi Kiai Masruri, Gus Dur tanpa dimintakan pun sebenarnya sudah diakui sebagai pahlawan oleh banyak kalangan. "Masyarakat sudah mengatakan Gus Dur itu pahlawan, sudah cukup tidak perlu minta-minta," ujarnya.
Kamis, 14/01/2010 14:03
Jakarta, NU Online
Departemen Agama (Depag) telah menerbitkan dua buku pedoman pesantren, yakni ”Pedoman Pondok Pesantren Salafiyah” dan Pedoman Pengembangan Kurikulum Pesantren.” Buku ini akan disebarkan ke pesantren-pesantren setelah turunnya Peraturan Menteri Agama (PMA) yang menjadi bagian dari Program 100 Hari Pemerintahan SBY.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Depag RI Choirul Fuad Yusuf kepada NU Online mengatakan, dua buku pedoman itu berisi arahan dari Depag untuk pengembangan pesantren dan tidak bersifat memaksa.
Kamis, 14/01/2010 13:02
Jakarta, NU Online
Pendidikan tinggi yang dikelola oleh Nahdlatul Ulama (NU) harus berwawasan global agar dapat menelurkan peserta didik yang siap berkecimpung dalam konstalasi global. Namun ini tidak mudah karena dalam waktu bersamaan pendidikan tinggi NU mempunyai kewajiban untuk melestarikan nilai-nilai dan tradisi lama.

Demikian disampaikan Irjen Depag RI Dr H Mundzier Suparta MA saat memberikan orasi ilmiah bertajuk “Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Era Global” dalam acara wisuda pertama Sekolah Tinggi Agama Islam NU (SAINU) Jakarta di Jakarta, Rabu (13/1).
Kamis, 14/01/2010 12:15
Tegal, NU Online
Setiap Muslim memiliki kewajiban untuk menjaga keislamannya. Salah satu cara menjaga keislaman adalah dengan ilmu. Karenanya, seorang Muslim juga memiliki kewajiban untuk terus mencari ilmu.

Demikian dinyatakan Pengasuh Pondok Pesantren Attauhidiyah, KH Achmad Saidi pada haul ke-77 pendiri Pondok Pesantren Attauhidiyyah KH Armia bin KH Kurdi di Pondok Pesantren Attauhidiyyah, Bojong Tegal, Tegal , Rabu (13/1). Tentu saaja ilmu yang dimaksudkan di sini adalah ilmu agama yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.
Ubudiyah
Selasa, 24/02/2015 19:10
Pagi dan sore merupakan waktu di mana warga bumi sibuk. Pagi ialah waktu matahari mengintip. Lazimnya orang-orang mengawali aktivitas. Sementara sore kawanan...
Senin, 09/02/2015 06:00
Ketika hari telah larut malam dan kantuk mulai menyerang seorang pasti ingin segera menyerahkan diri kepada kasur dan ranjang. Akan tetapi bagi seorang...
Syariah
Kamis, 05/03/2015 15:05
Dalam bahasa fiqih Begal dimaknai sebagai segerombolan orang yang saling tolong menolong dan bantu membantu dalam melaksanakan maksud mereka, mengganggu...
Sabtu, 21/02/2015 01:10
Allah SWT suka betul terhadap mereka yang mau mendekatkan diri ( taqarrub ) kepada-Nya. Kalau sudah suka, Allah SWT tidak segan menganugerahkan apa saja...
Hikmah
Jumat, 27/02/2015 13:02
Seorang bijak bestari suatu kali memanggil anak-anaknya. Pada saat mendekati ajalnya itu ia seperti hendak memberi pesan bermakna kepada mereka untuk yang...
Selasa, 10/02/2015 14:01
Dalam kitab Nashâihul ‘Ibâd , Syaikh Nawawi al-Bantani mengungkap kisah seorang pencuri kain kafan dan seorang hakim dalam sebuah negara....
Taushiyah
Kamis, 05/03/2015 09:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Suatu ketika secara kebetulan saya mendengar percakapan beberapa santri di pesantren desa saya. Percakapan antar santri itu mirip...
Rabu, 11/02/2015 11:15
Oleh KH Abdurrahman Wahid Judul diatas diilhami oleh sabda Nabi Muhammad SAW: “ Sebaik-baik persoalan adalah yang berada ditengah “ (...
Khotbah
Kamis, 05/03/2015 12:53
KHOTBAH JUMAT
Imam Syafi'i berkata bahwa bentuk jahiliyah pada masa pra Islam ada dua, pertama mereka yang mengaku punya kitab (ahlul kitab) namun mereka telah mengubah sebagian besar hukum-hukumnya, serta mencampurkan kebernaran dengan kepalsuan. Kedua, adalah orang-orang yang mengingkari Allah. Dengan tangannya sendiri dibuatnya batu dan kayu menjadi patung lalu disembahnya.
Kamis, 05/02/2015 13:30
KHOTBAH JUMAT
Rasulullah saw pernah bersabda bahwasannya jika Allah swt mencintai seseorang maka Ia akan mengujinya. kalau orang itu sabar, maka Allah swt akan menjadikannya orang mulia (mujtaba). Dan jika ia ridha (rela) maka Allah swt akan menjadikannya sebagai orang pilihan yang istimewa (musthafa).
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::