Kamis, 31 Juli 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Kamis, 17/12/2009 13:38
Kepanjen, NU Online
Jelang Pilkada kabupaten Malang periode 2010-2015 beberapa Partai Politik di Kabupaten Malang mulai bermanuver dengan menggelar rapat kerja tertutup maupun terbuka. Namun Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Kabupaten Malang, enggan melakukan Konvensi terbuka.

DPC PKB hanya mengincar kursi Calon Wakil Bupati bukan Kursi Bupati. Dengan mengincar kursi Wabup, DPC PKB pun mengambil keputusan untuk tidak melaksanakan konvensi secara terbuka. Demikian dinyatakan Imron Rosyadi Ketua Pemenangan Pemili PKB, seusai rapat kerja di kantor DPC PKB Malang, Rabu (16/12).
Kamis, 17/12/2009 12:53
Jakarta, NU Online
Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengharapkan kontribusi yang lebih luas dari Indonesia dalam upaya meningkatkan saling pengertian antarumat beragama di dunia. Indonesia dinilai masih memiliki keberagaman pemikiran dan ide tentang pluralisme serta kebebasan beragama yang menjadi isu penting dewasa ini.

Demikian dinyatakan Utusan Khusus untuk Masyarakat Muslim Departemen Luar Negeri AS, Farah Anwar Pandith di Jakarta, Rabu (16/12). Menurut Farah, ide serta pemikiran dari para cendekiawan dan tokoh agama di Indonesia yang berangkat dari sejarah kerukunan yang panjang perlu dibawa ke tingkat yang lebih luas.
Kamis, 17/12/2009 11:02
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH A. Hasyim Muzadi menagaskan, dirinya belum menyatakan dukungan kepada salah satu calon ketua umum PBNU periode mendatang. Ia menyatakan, jika dirinya memberi restu kepada kandidat bukan berarti mendukung.

”Restu itu artinya ya mongo-mongo mawon (silakan saja, red), bukan berarti pemihakan. Masak datang minta restu tidak diberi,” kata Hasyim kepada wartawan di kantor PBNU Jakarta, Rabu (16/12).
Kamis, 17/12/2009 10:08
Tegal, NU Online
Meski baru berdiri sekitar dua tahun, Koperasi Serba Usaha (KSU)  Jasmin Baking Centre & Bakery milik Pengurus Cabang (PC)  Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tegal menerima peserta magang. Mereka, adalah para siswa dari Unit Pelaksana Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sanggar Kelompok Belajar (SKB) Adiwerna Kabupaten Tegal.

Dalam praktek magang tersebut, peserta diberi bekal yang cukup tentang proses pembuatan dan pengelolaan roti. Kegiatan dipusatkan di gedung lantai 2 Baitul Maal wat Tamwil Syirkah Muawanah (BMT SM) Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Desa  Bongkok Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, mulai Selasa (15/12) kemarin.
Kamis, 17/12/2009 09:01
Jakarta, NU Online
Sebuah perhelatan akbar akan berlangsung secara besar-besaran di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kamis (17/12) hari ini. Dimulai pukul 16.00 WIB akan diadakan Kirab Agung Suro atau Muharam yang diikuti oleh perwakilan daerah provinsi. Menampilkan kesenian tabot, tabuik, hudog dan kesenian arakan lainnya.

“Kelompok barisan pasukan Keraton Surakarta Hadiningrat akan mengawal tumpeng raksasa Gunungan Baskara Nusantara dan Gunungan Candra Nusantara, yang disusun dari buah-buahan dan hasil bumi,” kata Manajer Informasi TMII Jaya Purnawijaya, Rabu (16/12).
Kamis, 17/12/2009 07:02
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Peroalan konflik internal partai politik berbasis NU seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum dipastikan akan menjadi pembahasan dalam Muktamar ke-32 NU di Makassar pada Maret 2009 mendatang. Namun diakui konflik yang menimpa partai berlambang bola dunia ini telah melibatkan berbagai elemen NU.

Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi di kantor PBNU Jakarta, Rabu (16/12) menyatakan, pembahasan seputar partai politik terutama PKB baru akan diputuskan dalam rapat panitia Muktamar NU dalam waktu dekat ini.
Kamis, 17/12/2009 05:04
Jeddah, NU Online
Kejujuran seorang anggota polisi yang mengembalikan perhiasan dalam tas yang ditemukannya saat musibah banjir dan air bah di Jeddah 25 November lalu mungkin bisa diteladani.

Wanita setengah baya warga distrik Quwaizah, Jeddah, bernama Fatimah Al-Ghamdi, seperti dikisahkan harian Al-Madina, tanpa menduga, mendapatkan kembali tas berisi perhiasan senilai lebih SR 500.000 atau (Rp 1,25 miliar) yang hanyut terbawa air bah.
Rabu, 16/12/2009 20:31
RUKYATUL HILAL
Jakarta, NU Online
Tanggal 1 Muharram atau tahun baru 1431 Hijriyah ditetapkan jatuh pada hari Jum’at tanggal 18 Desember 2009. Hal ini berdasarkan hasil rukyatul hilal yang diadakan pada Rabu 16 Desember 2009 atau tanggal 29 Dzulhijjah 1430 H.

Tim rukyatul hilal Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama di sedikitnya 65 titik seluruh Indonesia tidak berhasil melihat hilal sehingga berdasarkan kaidah istikmal bulan Dzulhijjah 1430 H digenapkan menjadi 30 hari.
Rabu, 16/12/2009 18:39
Garut, NU Online
Menjelang tahun baru 1 Muharram 1431 Hijriyah disambut semarak Majlis Tarbiyah Bojong Wanaraja Garut, Jawa Barat, dengan pawai ta'aruf dan do'a akhir tahun 1430 H.
Ketua penyelenggara H. Rosyid, Rabu (16/12), mengatakan tahun baru Hijriyah merupakan milik segenap kaum muslimin di dunia, yang hingga kini nyaris terlupakan, sehingga menjadi kewajiban untuk memelihara dan menjunjungnya.

Karena itu, pada Kamis (17/12) diselenggarakan pawai ta'aruf sepanjang belasan kilometer mulai dari bundaran kelurahan Suci Garut kemudian melintasi hampir seluruh ruas jalan seputar kota dan sekitarnya. Puncak peringatan tersebut, juga diagendakan antara lain dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat H. dan Bupati Garut Aceng H. M Fikri.
Rabu, 16/12/2009 17:29
Jakarta, NU Online
Peradaban Islam yang pada masa lalu pernah mencapai kejayaan, akan bangkit kembali di masa yang akan datang. Untuk membangkitkan hal tersebut diperlukan kesadaran dari berbagai pihak terutama umat Islam dan para ulama itu sendiri.

Demikian dinyatakan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Masykuri Abdillah dalam seminar bertajuk Membangun Peradaban Islam dan Dunia dengan Damai, di Jakarta Islamic Center, Rabu (16/12). Menurut Masykuri, dirinya merupakan salah seorang yang meyakini kebangkitan peradaban Islam.
Rabu, 16/12/2009 16:01
Jakarta, NU Online
Konferensi Persaudaraan Muslim Dunia yang diselenggarakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta 19-20 Desember 2009 mendatang akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Djoko Suyanto.

Ketua Umum PBNU KH A. Hasyim Muzadi dalam konferensi pers di kantor PBNU Jakarta, Rabu (16/12) menyatakan, berbagai konflik di dunia Muslim akan berpengaruh bagi kondisi keamanan di Indonesia.
Rabu, 16/12/2009 15:16
KONFERENSI PERSAUDARAAN MUSLIM DUNIA
Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengundang para tokoh dari beberapa negara Muslim dalam Konferensi Persaudaraan Muslim di Hotel Sultan Jakarta, pada 19-20 Desember 2009 mendatang. NU akan menawarkan konsep moderasi dalam menghadapi kelompok-kelompok garis keras di sejumlah negara Muslim yang sedang ’bergolak’.

”Saya mengatakan bergolak bukan berarti negara yang diundang tersebut sedang bergolak, atau banyak terjadi kekerasan, tapi maksudnya negara-negara itu dihuni oleh kelompok-kelompok yang banyak melakukan kekerasan,” kata Ketua Umum PBNU KH A. Hasyim Muzadi dalam konferensi pers di kantor PBNU Jakarta, Rabu (16/12).
Rabu, 16/12/2009 14:19
Doha, NU Online
Cendikiawan Muslim terkemuka, Syekh Yusuf Al-Qardhawi, presiden dari Persatuan Ulama Muslim Dunia (IUMS), memenangkan penghargaan bergengsi Malaysia "Hijrah Nabi" pada Selasa (15/12). Penghargaan tersebut akan diberikan kepada Qardhawi oleh Raja Malaysia, Mizan Zainal Abidin, dalam sebuah upacara pada tahun baru Hijriyah, tanggal 1 Muharram yang jatuh pada Jum'at (18/12) mendatang.

Qardhawi dijadwalkan akan menyampaikan pidato dalam acara, yang akan dihadiri oleh menteri-menteri, negarawan dan tokoh masyarakat itu, dengan tema misi Nabi Muhammad SAW. Ulama terkemuka itu juga akan memberikan serangkaian kuliah dan bertemu dengan anggota Dewan Mufti Nasional  serta intelektual Malaysia.
Rabu, 16/12/2009 13:26
Jakarta, NU Online
Upaya mewujudkan NU yang profesional dan mampu melayani umat dengan maksimal harus dimulai dengan menciptakan para kader yang mumpuni. Proses pengkaderan yang baik harus dilakukan dengan memberikan praktek langsung di lapangan agar mampu belajar persoalan riil di lapangan.

Demikian dikatakan oleh wakil ketua Lembaga Pelayanan Kesehatan (LPKNU) Dr Bina Suhendra dalam pertemuan antara LPKNU dan lembaga serta badan otonom dalam rangka mencari masukan pada program penanggulangan HIV/AIDS, di Jakarta, Selasa (15/12).
Rabu, 16/12/2009 12:22
Jakarta, NU Online
Sesuai dengan logonya, yang berbentuk bola dunia dengan tali yang mengikat didalamnya, NU harus mampu mewujudkan visi yang diembannya dengan mengembangkan peran kosmopolitan yang menjangkau seluruh dunia.

“Jika dulu kita memaknai logo bola dunia sebagai tanda kita harus mensyiarkan Islam ke seluruh dunia, maka harus ada pengejawantahannya dalam bentuk yang kongkrit,” kata ketua PBNU Prof Dr Ridwan Lubis dalam acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Pelayanan Kesehatan LPKNU bersama lembaga dan badan otonom NU lainnya, di Jakarta Selasa (15/12).
Rabu, 16/12/2009 11:35
Washington, NU Online
Sederet bintang dan seniman Muslim AS silih berganti tampil di atas panggung dalam sebuah konser amal akhir pekan lalu. Di akhir konser, hampir 1 juta dolar AS terkumpul dari para dermawan. Konser yang mengusung tema  Evening Inspiration itu digelar untuk mengumpulkan derma bagi anak yatim dan anak-anak dhuafa sedunia.

Derma dari konser yang digagas Islamic Relief AS itu akan disumbangkan untuk anak-anak, yang menderita dan yatim piatu di seluruh dunia. Ini merupakan konser tahunan. Pada tahun ini, konser amal ini telah memasuki tahun keempat.
Ubudiyah
Selasa, 29/07/2014 16:30
Inilah salah satu tradisi umat muslim Indonesia yang searah dengan sunnah Rasulullah saw, yaitu bersilaturrahim mengunjungi orang tua, famili, keluarga dan...
Senin, 28/07/2014 16:00
Memang pakaian tidaklah menunjukkan kwalitas seseorang. Karena keimanan itu tidak dapat diukur dari pakaian. Akan tetapi bagaimanapun juga pakaian mengandung...
Syariah
Selasa, 29/07/2014 18:05
Berbeda dengan zikir yang bisa dilakukan kapan saja, zakat Fitrah memiliki waktu-waktunya sendiri. Artinya, zikir tanpa mengenal waktu tetap dinilai ibadah...
Ahad, 27/07/2014 07:08
Hukum shalat id, baik idul fitri maupun idul adha adalah sunnah muakkadah dan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Hukum ini berlaku untuk...
Hikmah
Rabu, 30/07/2014 17:19
Ramadhan dapat diibaratkan sebagai lahan yang subur untuk banyak menanam amal kebaikan. Kita diberi banyak kesempatan dan kemudahan untuk melaksanakan ibadah...
Rabu, 23/07/2014 11:01
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan KH Abdul Ghoffar, suatu waktu berbincang dengan NU Online seputar seekor kijang yang memiliki...
Taushiyah
Senin, 28/07/2014 12:02
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam terbitan perdana sebuah jurnal ilmiah bulanan Nahdlatul Ulama, yang diterbitkan pada 1928 dan bertahan sampai tahun 60-an,...
Senin, 28/07/2014 10:00
KH MUSTOFA BISRI
Nabi Muhammad SAW pernah ditanya istri Nabi, Aisyah, mengenai doa apa yang mesti dibaca saat Lailatul Qadar, Nabi Menjawab, “Allahumma innaka...
Khotbah
Jumat, 25/07/2014 21:00
KHOTBAH IDUL FITRI (1)
Takbir adalah membesarkan Allah dan mengecilkan selain Allah. Ketika kita berpuasa, Takbir kita cerminkan dengan mengecilkan pengaruh hawa nafsu dan mengagungkan kebesaran Allah didalam sanubari kita. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita mengecilkan seluruh pembicaraan manusia dan membesarkan kalam Allah. Ketika kita Tarawih dan Qiyamullail, kita kecilkan seluruh urusan dunia dan hanya membesarkan perintah Allah SWT. Mengapa kita harus bertakbir terus menerus?
Kamis, 24/07/2014 04:01
Rukun Islam itu ada lima hal. Membaca syahadat, mengerjakan shalat, membayar zakat, berpuasa dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Kelima rukun Islam tersebut bersifat positif (syatrul iktisab), kecuali puasa. Karena sesungguhnya perintah puasa adalah bersifat negative (syatrul ijtinab), yaitu perintah untuk meninggalkan sesuatu (makan, minum, menahan nafsu dan lain-lain). Artinya, apabila syahadat harus diucapkan, shalat harus dikerjakan, zakat harus ditunaikan, haji harus dilaksanakan, maka  puasa harus menahan segala hal yang membatalkannya.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefJuli 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
::::Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak masyarakat menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah melalui LAZISNU. Rekening zakat: BCA 6340161473 MANDIRI 1230004838951. Infaq: BCA 6340161481 MANDIRI 1230004838977 :::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Transaksi pembelian di Toko NU Online untuk sementara ditutup per 24 Juli-13 Agustus 2014::::