Selasa, 28 April 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Sabtu, 23/01/2010 19:11
HALAQOH DAKWAH LDNU VI
Jakarta, NU Online
Para juru dakwah agama (dai dan daiyah) harus mampu menjelaskan kepada masyarakat mengenai arti atau makna pluralisme yang sebenarnya. para dai harus mampu menerangkan bahwa Islam mengakui dan menghargai adanya pluralitas (kemajemuk) dari sisi sosiologis. Yakni kemajemukan dan perbedaan sosial, baik mengenai asal-usul, tingkat ekonomi dan perbedaan kebudayaan.

Demikian dinyatakan Ketua Pengurus Pusat Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (PP LDNU) KH A.N. Nurul Huda dihadapan para peserta Halaqoh Dakwah LDNU VI di Jakarta, Sabtu (23/1). Menurut Kiai Nuril, para dai berkewajiban menjelaskan kepada masyarakat agar tidak terjadi salah pengertian mengenai pluralisme.
Sabtu, 23/01/2010 18:08
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Masdar Farid Mas’udi mengatakan, berbagai elemen warga NU (Nahdliyin) harus memperkuat kharisma organisasi. Saat ini NU tidak bisa bertumpu pada salah satu figur saja.

“NU harus beralih dari yang perorangan kepada kepentingan institusi, dari figur ke organisasi. Memperkuat organisasi ini adalah tuntutan,” katanya kepada NU Online di Jakarta, Sabtu (23/1).
Sabtu, 23/01/2010 17:06
RAKERNAS MAARIF NU
Bandung, NU Online
Madrasah sebagai institusi pendidikan keagamaan yang mengutamakan nilai-nilai keislaman tidak boleh kehilangan jati dirinya dengan alasan untuk bisa diseterakan dengan sekolah umum.

“Jangan menjadikan diri anda orang lain, bagaimana menjadikan madrasah menjadi kekuatan atau mempunyai sesuatu yang beda,” kata Direktor Pendidikan Dasar dan Pesantren Amin Haidari dalam rakernas Maarif NU di Bandung, Sabtu (23/1).
Sabtu, 23/01/2010 16:02
Kuala Lumpur, NU Online
Kepolisian Malaysia kembali menangkap tujuh orang yang diduga terlibat dalam aksi pembakaran terhadap gereja. Seperti diketahui sebelumnya serangan terhadap gereja itu dipicu oleh polemik penggunaan kata 'Allah' bagi non muslim Malaysia. Polisi Diraja Malaysia menangkap pria yang berusia antara 17 hingga 29 tahun di wilayah kota Perak. Ketujuh pria tersebut dituduh terlibat dalam aksi penyerangan terhadap sebuah gereja anglikan dan gereja katolik serta sebuah biara pada 10 Januari lalu.

"Polisi yakin jika mereka bertindak spontan dan bukan menjadi sebuah bagian kelompok yang terorganisir," komentar Kepala Polisi Diraja Malaysia wilayah Perak, Zulkifli Abdullah seperti dikutip The Straits Times, Sabtu (23/1). Tindakan spontanitas mereka dapat dibuktikan dari tidak ada catatan kejahatan yang dimiliki oleh ketujuh pria tersebut.
Sabtu, 23/01/2010 15:28
RAKERNAS MAARIF NU
Bandung, NU Online
Kualitas sekolah saat ini salah satunya diukur melalui akreditasi. Sayangnya, bagi madrasah yang selama ini dianaktirikan oleh pemerintah, proses ini menjadi sesuatu yang menakutkan akibat minimanya fasilitas yang dimiliki. Departemen Agama sebagai institusi yang membawahi madrasah diharapkan memberikan asistensi agar komponen-komponen madrasah bisa naik sehingga madrasah memenuhi persyaratan akreditasi.
Sabtu, 23/01/2010 14:43
Makkah, NU Online
Imam dan khatib Masjidil Haram, Saleh bin Humaid, mengingatkan umat Islam untuk tidak gampang menghakimi atau menuduh orang lain terkait fenomena bencana alam. Menurutnya, bukan akhlak Rasulullah SAW melakukan perbuatan itu, karena Nabi Muhammad SAW sepanjang hidupnya tak pernah berprasangka.

"Nabi masyarakat adalah salah satu masyarakat yang paling saleh yang pernah dikenal dalam sejarah Islam. Apakah dia pernah menuduh teman-temannya menjadi jahat dan berdosa setelah bencana datang?" kata bin Humaid Bin saat memberikan Khotbah Jum'at (22/1).
Sabtu, 23/01/2010 13:07
Jember, NU Online
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember KH Abdullah Syamsul Arifin (Gus A’ab) akhirnya mengambil formulir pendaftaran Cabub-Cawabup di Panitia Desk Pilkada DPC PKB Jember. Gus A’ab datang ke kantor DPC PKB bersama Sekretasis PCNU Jember H Misbahussalam dan H Alfan Jamil JUm’at (22/1) malam.

Cabub Guntur Ariyadi yang dikabarkan akan berduet dengan Gus A’ab (Cawabub), tidak datang sendiri. Pria yang juga mengadu untung di Partai Demokrat itu, diwakili H Misbahussalam untuk mengambil formulir. “Ini hanya bagian dari ikhtiar kami untuk ikut menata Jember kedepan,” ujar H Misbah.
Sabtu, 23/01/2010 12:07
Padangpariaman, NU Online
Masyarakat Ambung Kapur Nagari VII Koto Kecamatan VII Koto Kabupaten Padangpariaman Propinsi Sumatera Barat diminta untuk dapat memanfaatkan dan merawat wash cluster-water sanitation hygiene yang sudah  dibangunkan oleh CBDRM PBNU – UN OCHA. Kesulitan air bersih yang dialami masyarakat sudah teratasi.

Permintaan tersebut disampaikan Pelaksana Program CBDRM PBNU-UNCHO Sultanul Huda saat penyerahkan wash cluster water kepada masyarakat Ambung Kapur Nagari VII Koto Kecamatan VII Koto Kabupaten Padangpariaman, Jumat (21/1).
Sabtu, 23/01/2010 11:15
HALAQOH DAKWAH LDNU VI
Jakarta, NU Online
Para dai dan daiyah diharapkan dapat mempertimbangkan jalannya dakwah dalam jangka yang panjang. Para dai dan daiyah juga diharapkan mengatur strategi dakwah agar memiliki dampak lintas generasi. Demikian dinyatakan oleh Katib 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul (PBNU) Ulama KH Nazaruddin Umar dalam sambutannya ketika membuka Halaqoh Dakwah VI yang diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah nahdlatul Ulama (LDNU).

"Para dai Jangan Hanya Sibuk mencari efek dakwah dalam jangka pendek. Karena jika hasiljangka pendek yang dikedepankan, tentu hasilnya tidak maksimal. Dakwah yang hanya mempertimbangkan efek jangka pendek hanya dapat dinikmati sesaat saja, namun tidak dapat mengubah watak atau karakter generasi," tutur Nasaruddin, di Gedung PBNU Jl. Kramat Raya 164 Jakarta, Sabtu (23/1)
Sabtu, 23/01/2010 10:20
Kediri, NU Online
Memperingati Satu Abad Lirboyo yang dimulai Minggu 23 Januari, Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo di Kelurahan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, akan menggelar reuni akbar dengan menghadirkan 10 ribu kiai. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) direncanakan yang akan membuka acara ini.

Demikian dinyatakan Koordinator Bidang Publikasi peringatan Satu Abad Lirboyo, Emha Nabil Haroen, Jum'at (22/1). Menurut Nabil, selain kiai dan alumni santri, acara akbar ini juga mengundang tokoh-tokoh nasional yang penyelenggaranya memilih lokasi di Aula Muktamar Lirboyo. Sejumlah tokoh yang diharapkan hadir itu di antaranya Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Wakil Gubernur Saifullah Yusuf, mantan Gubernur Imam Utomo, kepala daerah se eks-Karisidenan Kediri, Jajaran Komisaris PT Gudang Garam, tokoh Nahdlatul Ulama Jawa Timur, serta pimpinan organisasi pers Persatuan Wartawan Indonesia dan Aliansi Jurnalis Independen. Bahkan panitia juga mengundang Syeh Puji Semarang.
Sabtu, 23/01/2010 09:41
Jakarta, NU Online
Sebanyak 320.000 atau 40 persen dari 800.000 jumlah masjid di seluruh Indonesia mengalami pergeseran arah kiblat. Salah satu penyebabnya adalah bergesernya lempeng bumi dan musibah gempa bumi bertubi-tubi yang melanda Tanah Air. Demikian dinyatakan Direktur Urusan Agama Islam Kementerian Agama Rohadi Abdul Fatah di Jakarta, Jum'at (22/1).

Menurut Abdul fatah, angka tersebut diperoleh dari hasil penelitian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang menunjukkan adanya pergeseran arah kiblat dari ratusan ribu masjid tersebut. Sementara data Kementerian Agama hingga saat ini sebanyak 20 persen atau 160.000 masjid yang mengalami pergeseran arah kiblat.
Sabtu, 23/01/2010 08:19
Kairo, NU Online
Mufti Mesir, Syekh Ali Jumah, mengeluarkan fatwa yang melarang penggunaan ayat-ayat Al-Qur'an dan panggilan adzan shalat sebagai nada dering (ringtones) untuk telepon genggam.

Syekh Jumah sebagai salah satu fujukan fatwa-fatwa keagamaan di Mesir, mengatakan, puisi atau lagu religius boleh digunakan oleh mereka yang ingin mengagungkan agama mereka dalam telepon genggam mereka, tetapi ayat Al-Qur'an tidak diperbolehkan untuk itu, seperti dilaporkan Al-Arabiya, Kamis (21/1), yang mengklaim memiliki salinan fatwa tersebut.
Sabtu, 23/01/2010 07:45
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Katib Aam PBNU Prof Dr Nasaruddin Umar berpendapat yang dibutuhkan oleh NU saat ini adalah para manajer yang mampu mengelola organisasi dengan baik. Di lingkungan NU banyak sekali orang yang bertipe pemimpin, tetapi sulit untuk mencari manager.

Hal ini disampaikannya dalam acara pembukaan rapat kerja nasional LP Maarif NU yang diselengarakan di Bandung, Jum’at (22/1).
Sabtu, 23/01/2010 06:33
RAKERNAS MAARIF NU
Bandung, NU Online
Dengan jumlah penduduk lebih dari dua ratus juta rupiah, kebijakan pemberian beasiswa untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia bukanlah kebijakan yang tepat. Jumlah dana yang terbatas hanya dimanfaatkan oleh segelintir siswa yang memperoleh beasiswa itu.

“Mana yang paling urgen, membantu satu orang dengan 150 juta atau dana itu kita gunakan untuk pesantren yang bisa dimanfaatkan oleh 200 orang,” kata Dirjen Bimas Islam dalam acara pembukaan raker Maarif NU di Bandung Jum’at (22/1) malam.
Jumat, 22/01/2010 19:54
RAKERNAS MAARIF NU
Jakarta, NU Online
Dirjen Bimas Islam Depag Nasaruddin Umar mengungkapkan terdapat fenomena kehidupan keagamaan yang perlu diwaspadai, yaitu peningkatan kecenderungan radikalisasi keyakinan beragama.

“Dalam lima tahun terakhir, jumlah pesantren yang radikal dari tiga buah menjadi tiga ratus buah,” katanya dalam pembukaan rakernas Maarif NU di Bandung, Jum’at (22/1).
Jumat, 22/01/2010 19:03
Jakarta, NU Online
Pemerintah China akan memberikan dana hibah kepada Indonesia senilai RMB 20 juta (sekitar Rp27 miliar) dan nota kesepakatan (MoU) mengenai hal itu ditandatangai kedua negara di Jakarta, Jum’at (22/1).

MoU dana hibah itu ditandatangi oleh Direktur Jendereal Asia Pasifk dan Afrika Kemeterian Luar Negeri Indonesia, T.M. Hamzah Thayeb, dan dari China diwakili Wakil Menteri Perdagangan RRC, Che Jian.
Ubudiyah
Sabtu, 18/04/2015 06:06
Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam...
Kamis, 16/04/2015 05:58
Orang mati tidak mungkin bisa kembali lagi. Sebagaimana tidak mungkinnya orang mati menambah amal sebagai revisi atas amal yang telah diperbuatnya selama...
Syariah
Senin, 20/04/2015 20:03
Pada prinsipnya puasa sunah dianjurkan untuk dilaksanakan sebanyak mungkin mengingat puasa sarat keutamaan lahir dan batin. Karenanya agama Islam tidak akan...
Rabu, 15/04/2015 01:05
Sembahyang lima waktu ada jangka waktunya. Setiap kita pun diperintahkan agar melaksanakan sembahyang pada jangka waktu tersebut. Tidak mencuri start. Atau...
Hikmah
Jumat, 17/04/2015 09:01
Jasad Syekh Abu Bakr Asy-Syibli memang terkubur dalam tanah sejak tahun 946 silam. Tapi nasihat santri Imam Junaid al-Baghdadi ini seakan terus mengalir...
Jumat, 10/04/2015 09:01
Menyayangi anak adalah sifat dan naluri yang dimiliki setiap orang tua. Tetapi, kasih sayang semacam apakah yang paling hakiki? Apakah dengan memanjakannya...
Taushiyah
Selasa, 28/04/2015 09:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Saat membaca kembali makalah-makalah yang dikirimkan kepada sejumlah penerbitan, disampaikan dalam sekian buah seminar dan...
Senin, 13/04/2015 07:05
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa tahun terakhir ini kita saksikan pergulatan yang hebat di kalangan berbagai kelompok Islam di Tanah Air. Banyak muncul...
Khotbah
Kamis, 09/04/2015 10:00
KHOTBAH JUMAT
Dalam membangun pola hidup sederhana ( إقامة المجتمع المقتصد - Iqamatul mujtama’ al-muqtashid) baik sederhana dalam pola berpikir, dalam tindakan dan tingkah laku. Sesungguhnya kehidupan yang sederhana diawali dari tindakan yang sederhana. Tindakan yang sederhana diawali dari ucapan yang sederhana, dan ucapan yang sederhana bersumber dari pola pikir yang sederhana. Dan pola pikir sederhana adalah memikirkan sesuatu yang bermanfaat, dan menjauhkan diri dari sesuatu yang dinilai tidak perlu.   
Kamis, 19/03/2015 11:00
KHOTBAH JUMAT
Bahkan dalam kitab Qomi’uth Thughyan diceritakan, Ada orang yang berlumur dosa, namun kemudian Allah melebur dosa-dosanya. Baginda Nabi bertanya kepada malaikat Jibril “sebab apa gerangan Allah mengampuni dosa-dosa orang itu?” Jibril menjawab karena ia menyenangkan putranya dengan ia memberikan buah tangan ketika pulang dari bepergian 
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefApril 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::