Jumat, 30 Januari 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Senin, 11/01/2010 06:08
Judul : Tafsir Sosiolinguistik
Penulis : M. Faisol Fatawi   
Penerbit : UIN Press
Cetakan : I Juni 2009
Tebal : 170 halaman
Peresensi : M. Kamil Ramma Oensyar*

Salah satu tradisi ilmu pengetahuan yang tidak dapat dipisahkan dari Al-Qur’an adalah tafsir. Tafsir merupakan tradisi keilmuan yang telah dirintis oleh generasi muslim awal untuk memahami dan menjelaskan makna-makna yang terkandung dalam Al-Qur’an. Dalam khazanah pengetahuan Islam, tafsir Al-Qur’an tidaklah seragam. Ada berbagai macam bentuk tafsir diantaranya tafsir bil ma’tsur dan tafsir bir ra’y. Munculnya ragam tafsir tersebut mengantarkan kita pada sebuah kenyataan akan adanya multi pemahaman terhadap ayat-ayat Al-Qu’ran.
Ahad, 10/01/2010 20:30
Depok, NU Online
Rieke Diah Pitaloka merasa kehilangan atas wafatnya Gus Dur akhir Desember 2009. Sebagai orang yang mengagumi Gus Dur, ia lalu membuat lagu Cinta Ini Menemani.

"Waktu itu sekitar pukul 18.00 Gus Dur meninggal, dan semua kehilangan termasuk saya. Lantas saya bikin sesuatu, belum pernah mengungkapkan rasa kekaguman, saya menulis karya lagunya itu," ungkapnya saat ditemui di kediamannya di kawasan Depok, Jawa Barat, Sabtu (9/1).
Ahad, 10/01/2010 19:24
Jember, NU Online
PCNU Jember benar-benar serius untuk terlibat langsung dalam Pilkada Juli mendatang. Buktinya, Ahad (10/1), segenap pengurus NU Jember, menggelar rapat untuk membahas mekanisme perekrutan calon yang akan dimunculkan dalam Pilkada nanti. Rapat tersebut dihadiri oleh 30 pengurus harian NU, dan  dipimpin langsung oleh Ketua PCNU Jember, KH. Abdullah Syamsul Arifin,

Hasilnya, PCNU Jember akan menggelar konvensi untuk menentukan jago yang akan diusung. Konvensi tersebut akan dilaksanakan tiap-tiap MWC dengan melibatkan selurah ranting masing-masing.
Ahad, 10/01/2010 18:23
Depok, NU Online
Sebanyak 6000 pohon dari jenis belimbing dewa  dan alpukat di tanam secara simbolik oleh GP ansor Depokkegiatan tersebut kerjasama antara Kedutaan Besar Australia.

Rencananya akan dibagikan juga pupuk organik sebanyak 20 ribu kg kepada masyarakat di enam kecamatan Kota Depok (Cimanggis, Pancoran Mas, Sawangan, Beji, Sukmajaya, Limo) oleh PAC GP Ansor yang ada. Setelah penanaman akan ada pengawasan dan pemeliharaan dengan bekerjasama dengan IPB. Duta, Sawangan,Depok, Ahad (10/1).
Ahad, 10/01/2010 17:40
KONFERWIL NU DKI
Jakarta, NU Online
Mustasyar PBNU KH Mustofa Bisri mengemukakan tradisi warga NU suka dipimpin oleh para pejabat saat ini sudah saatnya untuk mulai dihindari dan digantikan oleh orang yang sepenuhnya mampu mengurus NU, bukan hanya sebagai sambilan.

Hal ini dikatakan menanggapi terpilihnya kembali Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dalam konferensi wilayah NU DKI yang berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Sabtu malam (9/1).
Ahad, 10/01/2010 17:22
Tegal, NU Online
Belum 15 hari KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur meninggal dunia, banyak yang merasa kehilangan terutama Nahdliyin yang begitu dekat dengan bapak pluralisme tersebut, namun kedekatan Gus Dur tidak saja dirasakan oleh  warga NU, cucu pendiri NU tersebut juga dekat dengan warga Tionghoa.

"Terus terang selain orang NU yang merasa paling kehilangan, mungkin warga kamilah yang merasa begitu kehilangan,” ujarnya salah seorang warga Tionghoa bernama Shintawati kepada NU Online, yang ditemui di rumahnya Jln. Ahmad Yani nomor 12 Slawi Kulon Kabupaten Tegal, Sabtu (9/1) kemarin.
Ahad, 10/01/2010 16:27
Surabaya, NU Online
Yayasan Albayyinat melalui Ketua Bidang Organisasinya Habib Achmad Zein Alkaf meluncurkan karya buku fenomenal ke-14 berjudul "Export Revolusi Syiah ke Indonesia".

Buku ini pada edisi pertama peluncurannya dicetak sebanyak 5 ribu eksemplar. Saat peluncurannya kemarin juga dihadiri ulama besar dari Yaman bernama Habib Umar Bin Hafidz.
Ahad, 10/01/2010 15:30
Jombang, NU Online
Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar menggagas islah yang bersifat alamiah untuk PKB artinya islah tersebut berjalan perlahan tanpa paksaan.

"Bagi yang mau islah kami persilahkan sedangkan kelompok yang tidak mau tidak apa-apa kami terbuka," kata Muhaimin saat berada di Ponpes Denanyar Jombang, Ahad (10/01).
Ahad, 10/01/2010 14:20
Temanggung, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Temanggung akan merekomendasikan kepada pemerintah agar mantan Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) diusulkan menjadi pahlawan nasional.

"Kami juga meminta Pemkab Temanggung untuk mendukung rekomendasi PCNU tersebut," kata Ketua PCNU Temanggung, Tajudin Nur di Temanggung, Sabtu malam usai acara Istighotsah dan Tahlil Qubro untuk Pahlawan Bangsa bagi KH. Abdurrahman Wahid di Pendopo Pengayoman.
Ahad, 10/01/2010 10:17
Jakarta, NU Online
Dalam sistem pendidikan modern saat ini banyak dikembangkan sistem transliterasi baru yang lambat laun menggusur transliterasi yang telah berkembang di dunia pesantren. Padahal transliterasi model pesantren yang mengacu pada tradisi lisan (orality) yang berkembang di pesantren itu jauh lebih mudah dipraktikkan oleh kalangan penulis.

Sementara trasliterasi baru yang hanya mengutamakan konsistensi dan keseragaman itu banyak menimbulkan kesulitan, tidak hanya bagi penulisnya, tetapi juga menyulitkan bagi pembacanya.
Ahad, 10/01/2010 08:50
Sumedang, NU Online
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sumedang yang baru saja dilantik, KH Sa'dulloh, mengungkapkan perlunya NU merekontruksi perannya sebagai agen perubahan dalam masyarakat.

Hubungan dengan umara’ atau pemerintah, menurut Ketua PCNU termuda di Jawa Barat ini, perlu dijalin dengan baik namun jangan sampai membuat NU kurang leluasa bergerak di tengah-tengah masyarakat, karena tetap berperan sebagai ormas Islam yang bertugas amar ma'ruf nahi mungkar.
Ahad, 10/01/2010 07:58
Surabaya, NU Online
Adalah budayawan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) yang mengibaratkan mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai sosok yang bukan "cassing" (wadah/tempat menyimpan perangkat HP atau handphone).

"Gus Dur itu bukan `cassing`, tapi HP (telepon seluler), karena itu beliau tidak perlu pencitraan, sehingga beliau tidak merasa perlu berpakaian `necis` (tampilan rapi atau terpelajar)," ucapnya.
Ahad, 10/01/2010 05:49
Washington, NU Online
Amerika Serikat (AS) berjanji tidak akan mengusik kedaulatan Yaman, menyusul keterlibatan AS dalam memerangi terorisme di negeri Muslim itu.
 
Seorang juru bicara Departemen Pertahanan AS mengatakan, AS menghormati sepenuhnya kedaulatan Yaman. "Yaman adalah negara berdaulat, dan kami menghargai kedaulatannya," kata juru bicara AS itu, seperti dikutip Reuters, Sabtu (9/1).
Sabtu, 09/01/2010 19:33
Banda Aceh, NU Online
Wakil Gubernur (Wagub) Aceh Muhammad Nazar menyatakan lembaga pendidikan Dayah (Pondok pesantren) perlu melakukan pengembangan kurikulum melalui pendekatan ilmu pengetahuan umum sejalan dengan penerapan syariat Islam di Aceh.

"Ini perlu dilakukan dalam pembelajaran di dayah sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas alumni dayah di masa mendatang," katanya di Aceh Besar, Jumat. Pernyataan tersebut disampaikan usai memberi khutbah sholat Jum’at di masjid pondok pesantren Ruhul Fatah, Pimpinan Tgk H. Muchtar Luthfi Aw (Abon Seulimum) Seulimum, Aceh Besar.
Sabtu, 09/01/2010 18:45
Doha, NU Online
“Mengenang Gus Dur Sebagai Guru Bangsa”, begitu bunyi tema renungan malam mengenang presiden ke-4 Republik Indonesia, Al Marhum KH Abdurrahman Wahid, di KBRI Doha, Kamis 7 Januari 2010.

Acara ini dihadiri tidak kurang dari 150 orang masyarakat Indonesia yang ada di Qatar. Mereka mewakili masyarakat Islam, Protestan, Katolik, Buddha dan Hindu serta perkumpulan lainnya seperti Dharma Wanita Persatuan dan Ikatan Alumni ITB.
Sabtu, 09/01/2010 18:02
Jakarta, NU Online
Saat ini, PWNU DKI sedang memiliki gawe besar dengan menyelenggarakan konferensi wilayah yang berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Jum’at-Ahad (8-10 Januari). Satu aspek penting yang menarik adalah keinginan dari beberapa cabang untuk mengusung kembali Gubernur DKI Jakarta H Fauzi Bowo untuk duduk kembali memimpin NU.

Mensikapi hal ini, Ketua PBNU H Ahmad Bagdja meminta agar cabang-cabang NU di DKI Jakarta yang memiliki hak suara untuk arif dalam menentukan pemimpnnya untuk lima tahun mendatang. Berdasarkan aturan organisasi, PBNU melarang adanya rangkap jabatan politik, diantaranya rangkap jabatan gubernur dan ketua tanfidziyah NU.
Ubudiyah
Kamis, 29/01/2015 20:06
Pemain sepak bola yang membobol gawang lawan, macam-macam tingkahnya. Kalau tidak melepas kaos atau menunjuk-tunjuk entah ke arah mana sambil berlari-larian,...
Senin, 26/01/2015 18:02
Pada prinsipnya, zikir sangat dianjurkan pada saat apa saja dan dengan lafazh apa saja. Tidak peduli panas, hujan, mendung, atau terik, zikir tetap...
Syariah
Jumat, 30/01/2015 07:10
Hingga kini perkara bid’ah masih saja diperselisihkan. Baik dalam teori maupun praktiknya. Sebagian orang menganggap bid’ah sebagai sesuatu yang...
Rabu, 28/01/2015 00:03
Betul kalau orang wafat melepaskan segalanya. Memang bukan ia sendiri yang menanggalkannya. Tetapi pihak keluarga perlu mencopot segala yang melekat pada...
Hikmah
Jumat, 30/01/2015 13:00
Jika Rasulullah SAW pernah mengumumkan ada sepuluh sahabat yang dijanjikan bakal masuk surga, maka nama Abdurrahman bin ‘Auf termasuk di dalamnya. Nabi...
Selasa, 06/01/2015 03:15
Suatu hari seorang kaya raya memanggil budaknya. Ia membutuhkan sesuatu. Perutnya berbunyi. Alarm di mana tubuh si orang kaya ini membutuhkan pasokan...
Taushiyah
Jumat, 30/01/2015 08:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Dakwah dalam arti bahasa berarti mengajak, me nyeru, memanggil. Berangkat dan pengeritian bahasa itu, lalu dihubungkan dengan nash...
Sabtu, 17/01/2015 12:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam sebuah konfrensi internasional, penulis diminta memaparkan pandangannya mengenai terorisme yang tengah terjadi, seperti...
Khotbah
Kamis, 22/01/2015 17:00
KHOTBAH JUMAT
“Sesungguhnya surga itu dikepung oleh segala kemakruhan (hal yang dinistakan agama) sedangkan neraka dikelilingi oleh syahawat (hal-hal yang menyenangkan manusia)” dan dalam haditsnya yang lain “ingatlah bahwa surga adalah sesuatu yang sulit di raih bagai berada di tempat yang tinggi. Sedangkan neraka adalah sesuatu yang mudah  bagai berada di tanah yang rendah”
Jumat, 19/12/2014 06:18
KHOTBAH JUMAT
Hidup dengan sempurna adalah dambaan setiap muslim. Hidup dalam keseimbangan antara kepentingan dunia dan akhirat. Ada empat hal yang dapat menjadikan seseorang tetap sehat jasmani dan bugar ruhai. Keempat hal itu adalah لَا تَثِقَنَّ بِامرَأَة عَلَى كُلِّ حَال, لَا تَغْتَرَنَّ بِاْلمَالِ عَلَى كُلِّ حَال,  لَاتَحْمِلْ مَعِدَّتَكَ مَالَاتُطِيْقُهُ, لَاتَجْمَعْ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَايَنْفَعُكَ sebagaimana keterangan berikut:
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefJanuari 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::