Sabtu, 20 Desember 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Rabu, 06/01/2010 10:18
Samarinda, NU Online
Sekitar 200 orang dari komunitas lintas iman di Samarinda, Kalimantan Timur, menggelar doa untuk Gus Dur, bertajuk "Tribute to Gus Dur" (penghormatan untuk Gus Dur) Selasa malam.

Selain dihadiri warga dari berbagai agama dan aliran kepercayaan di Samarinda itu, acara yang digagas Forum Pelangi Kaltim  yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Samarinda itu juga diikuti para tokoh agama diantaranya, ulama, pendeta serta biksu.
Rabu, 06/01/2010 09:59
Mamuju, NU Online
Ratusan warga Nahdatul Ulama (NU) di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan tahlilan untuk mantan Presiden RI ke IV KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Warga NU yang yang terdiri dari badan otonom organisasi masyarakat (Ormas) NU, diantaranya Ansor, Fatayat NU, Mulimat NU, IPPNU, dan kader PKB serta Garda Bangsa, melakukan tahlilan untuk Gus Dur, di pimpin pengurus NU Kabupaten Mamuju, Yahya Bahar di Mamuju, Rabu.
Rabu, 06/01/2010 09:42
Jakarta, NU Online
DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyelenggarakan tahlil tujuh hari meninggalnya Presiden Republik Indonesia ke-4 KH Abdurrachman Wahid (Gus Dur) di kantor DPP PPP Jalan Diponegoro, Jakarta, Selasa malam.

Wakil Sekjen DPP PPP Romahurmuziy, di Jakarta, Selasa, mengatakan, acara tahlilan diselenggarakan bersamaan dengan tasyakuran peringatan hari lahir ke-37 partai berlambang ka`bah.
Rabu, 06/01/2010 08:30
Mamuju, NU Online
Sebanyak 10 Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) akan menggelar acara tahlilan dan zikir bersama, untuk mendoakan serta mengenang jasa dan pengabdian yang dilakukan oleh Mantan Presiden RI ke-4, KH. Abdulrahman Wahid (Gus Dur) yang akan dilaksanakan di rumah jabatan bupati Mamuju, Rabu.

Kegiatan Tahlilan dan Do`a bersama untuk Gus Dur ini dilaksanakan dengan melibatkan 10 partai koalisi pendukung Suhardi Duka (SDK) di Pilkada 2010 masing-masing PPP, PKPB, Patriot, Demokrat, PAN, PDI-P, PKS, PDK, Republikan dan Golkar.
Rabu, 06/01/2010 05:32
Beirut, NU Online
Menyusul wafatnya Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau biasa dipanggil Gus Dur, sejumlah tokoh dan publik Lebanon menyempatkan diri untuk mendatangi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beirut, Lebanon, guna memberikan ucapan bela sungkawa. KBRI Beirut memang membuka buku duka cita sejak hari wafatya Gus Dur, namun warga Lebanon baru berdatangan ke KBRI usai  libur panjang Natal dan tahun baru.

Tercatat pengisi pertama buku duka cita adalah delegasi dari Tajammu’ Ulama Lubnan atau Liga Ulama Lebanon, sebuah organisasi yang menyatukan seluruh ulama dari sekte Syiah dan Sunni Lebanon. Dalam testimoninya, mereka mengungkapakan duka yang mendalam atas wafatnya seorang tokoh dan pemimpin umat Islam dari negeri terbesar berpenduduk muslim sedunia.
Selasa, 05/01/2010 22:10
Bogor, NU Online
Keluarga mendiang ulama terbesar di Kota Bogor, Jawa Barat, almarhum KH Abdullah bin Nuh (ABN), ikut kehilangan besar atas wafatnya KH Abdurrahman Wahid serta melepas kepergiannya dengan doa dan tahlil.

Dalam perbincangan dengan NU Online di Bogor, Selasa, putra KH Abdullah bin Nuh, KH Mustofa ABN mengatakan, almarhum mendiang sang ayah memiliki ikatan yang kuat dengan keluarga KH Hasyim Asy'ari, pendiri Pesantren Tebuireng yang tak lain merupakan kakek Gus Dur.
Selasa, 05/01/2010 21:34
Jombang, NU Online
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) cabang Jombang melakukan aksi turun jalan. Mereka mendesak pemerintah agar segera merealisasikan almarhum KH Abdurrahman alias Gus Dur diangkat menjadi pahlawan nasional.

Namun mereka menolak jika almarhum presiden Soeharto juga diangkat menjadi pahlawan.
Selasa, 05/01/2010 21:06
Jakarta, NU Online
Selain layak dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, nama almarhum Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) juga harus direhabilitasi karena kejatuhannya dari kursi presiden murni proses politik, bukan kasus hukum.

“Gus Dur layak dapat gelar Pahlawan nasional karena jasa-jasanya yang sangat besar, tapi nama Gus Dur juga harus direhabilitasi,” kata Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Bagja, di kantor PBNU, Jakarta, Selasa (5/1).
Selasa, 05/01/2010 20:37
SMS GUS DUR DIBUNUH
Jakarta, NU Online
Keluarga almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur tidak mau menanggapi seputar beredarnya pesan pendek yang menyebutkan mantan Presiden RI itu dibunuh di RSCM. 

Kendati demikian, adik kandung Gus Dur, Umar Wahid mengakui, jika pihak keluarga menerima SMS misterius tersebut. Namun dirinya tidak percaya dengan isi SMS itu dan lebih percaya kepada dokter.
Selasa, 05/01/2010 20:08
Jember, NU Online
Mantan Ketua MPR Amien Rais didesak untuk segera minta maaf secara terbuka kepada KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Ia dinilai memiliki dosa politik, karena ikut memprakarsai pelengseran Abdurrahman Wahid dari kursi kepresidenan.

Tahun 2001, Gus Dur meninggalkan istana setelah dilengserkan melalui Sidang Istimewa MPR karena kasus Bulog-gate dan Brunei-gate. Hingga kini dua kasus itu sama sekali tidak terbukti.
Selasa, 05/01/2010 19:15
Jakarta, NU Online
Anggota DPD RI dari Provinsi Jawa Timur H Abd. Sudarsono mendukung penganugerahan gelar Pahlawan Nasional untuk KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dari perspektif DPD, Gus Dur dinilai telah telah menunjukkan keberpihakannya terhadap daerah

”Beliau telah membentuk kementerian yang khusus menangani ketimpangan pembangunan yang sekarang dikenal dengan ‘Pembangunan Daerah Tertinggal’, membentuk Departemen Kelautan dan Perikanan, dan melakukan pendekatan berbeda dalam upaya penyelesaian konflik di Aceh, Papua, dan daerah konflik lainnya,” katanya kepada NU Online di Jakarta, Selasa (5/1).
Selasa, 05/01/2010 18:35
London, NU Online
Perdana Menteri Inggris Gordon Brown memperingatkan bahwa setiap aksi yang bisa menyinggung perasaan keluarga prajurit yang tewas atau terluka di Afghanistan akan dianggap sebagai "hal yang sama sekali tidak pantas."

Juru bicara Brown, Alan Johnson, mengeluarkan peringatan itu kemarin setelah pemimpin Islam4UK, Anjem Choudary, 42 tahun, mengatakan ia akan tetap melaksanakan rencana parade berbaris melalui Wootton Bassett.
Selasa, 05/01/2010 17:50
Jakarta, NU Online
Ketua LDNU KH Nuril Huda meminta agar masyarakat tidak menyalahartikan atau malah memelintir sikap pluralisme Gus Dur sebagai menganggap semua agama sama.

“Pluralisme bagi Gus Dur adalah menghargai orang lain, tetapi tetap teguh dengan keyakinannya sendiri,” katanya kepada NU Online di Jakarta, Selasa (5/1).
Selasa, 05/01/2010 17:20
Jakarta, NU Online
Rencana pemerintah melalui kementrian agama membentuk Badan Pengelola Dana Abadi Umat (BP DAU) mendapat sambutan positif dari masyarakat dan ormas Islam. Lebih penting dari itu, adalah proses akuntabilitas dan transparansi harus dikedepankan.

Unsur masyarakat yang nantinya duduk dalam BP DAU, menurutnya harus benar-benar dapat mempresentasikan masyarakat atau umat. Demikian dinyatakan Ahmad Djuwaini, Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa Republika di Jakarta, Selasa ( 5/12).
Selasa, 05/01/2010 16:54
Jombang, NU Online
Sekitar 20 orang bikku atau biksu dari agama Budha mengunjungi makam KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di komplek pemakaman Ponpes Tebuireng, Jombang, Selasa (5/1).

Kedatangan puluhan tokoh agama Budha ini untuk mendoakan mendiang Gus Dur. Sebab, selama ini Gus Dur merupakan sosok pemersatu dan sanggup menciptakan kerukunan antar umat beragama.
Selasa, 05/01/2010 16:30
Jakarta, NU Online
Keluarga Besar Pesantren Ciganjur selenggarakan acara istighotsah, tahlil dan pembacaan Surat Yasin di kediaman KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Jl. Warung Silah No. 10 Ciganjur ba'dal Isya' malam ini, Selasa (5/1). Acara ini merupakan puncak acara kirim doa kepada Presiden Republik Indonesia ke-4 selama tujuh hari berturut-turut.

Di Kediaman Gus Dur, selama 24 Jam nonstop sejak jenazah Gus Dur disemayamkan di Ciganjur. Pada acara tujuh hari ini, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj akan memberikan testimoni mengenai keteladanan Gus Dur.
Ubudiyah
Jumat, 19/12/2014 16:00
Seringkali terselib pertanyaan di dalam hati mengenai bidadari yang disiapkan oleh Allah swt untuk muslim yang taat beribadah ketika di surga nantinya....
Kamis, 04/12/2014 12:00
Tashdiqun bil qalbi wa iqrarun billisani wa amalun bil arkani , demikian keterangan tentang iman. Yang artinya hati meyakini, lisan mengatakan, dan...
Syariah
Jumat, 05/12/2014 07:00
Bulu adalah rambut pendek dan lembut yang tumbuh pada tubuh manusia selain di kepala, jika rambut itu tumbuh di atas kepala disembut dengan rambut....
Jumat, 28/11/2014 07:00
Waktu hujan telah tiba, geluduk dan geledek sering menyambar tak terduga. Membuat kaget mereka yang tidak siap mendengarnya. Kaget itu menyebabkan seseorang...
Hikmah
Senin, 15/12/2014 09:01
Suatu hari, sahabat Muadz bin Jabal r.a. shalat Isya berjamaah bersama kaumnya. Di tempat tersebut ia menjadi imam. Sewaktu masih berlangsung jamaah shalat...
Jumat, 05/12/2014 14:01
Ini adalah sepenggal kisah keteladanan Rasulullah Muhammad SAW yang dikutip dari Abbas Mahmud Aqqad.  Suatu ketika di persinggahan suatu perjalanan Nabi...
Taushiyah
Senin, 17/11/2014 11:01
Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar yang membentuk watak dan perilaku secara sistematis, terencana dan terarah. Sedangkan sosial, secara ensiklopedis...
Sabtu, 01/11/2014 10:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Bagi umat Islam, ijtihad adalah suatu kebutuhan dasar, bukan saja ketika Nabi sudah tiada, tapi bahkan ketika Nabi masih hidup....
Khotbah
Jumat, 19/12/2014 06:18
KHOTBAH JUMAT
Hidup dengan sempurna adalah dambaan setiap muslim. Hidup dalam keseimbangan antara kepentingan dunia dan akhirat. Ada empat hal yang dapat menjadikan seseorang tetap sehat jasmani dan bugar ruhai. Keempat hal itu adalah لَا تَثِقَنَّ بِامرَأَة عَلَى كُلِّ حَال, لَا تَغْتَرَنَّ بِاْلمَالِ عَلَى كُلِّ حَال,  لَاتَحْمِلْ مَعِدَّتَكَ مَالَاتُطِيْقُهُ, لَاتَجْمَعْ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَايَنْفَعُكَ sebagaimana keterangan berikut:
Kamis, 27/11/2014 16:00
KHOTBAH JUMAT
Sahabat Ali Karramallahu Wajhah pernah berkata “andaikan tidak ada lima keburukan di dunia ini, tentunya manusia menjadi orang saleh semua. Kelima keburukan itu adalah 1) merasa senang dengan kebodohan. 2) tamak dengan dunia. 3) bakhil dengan kelebihan harta. 4) beramal disertai riya’ dan 5) selalu merasa bangga diri di atas yang lainnya”
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefDesember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::