Selasa, 21 Oktober 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Kamis, 31/12/2009 18:18
Bogor, NU Online
Umat lintas agama serta pejuang perdamaian dan kemanusiaan di Kota Bogor, Jawa Barat, akan menyelenggarakan malam lilin pada Kamis malam ini, mendoakan kepergian tokoh pejuang memanusiaan, toleransi, pluralisme dan anti diskriminasi, KH Abdurrahman Wahid.

Rachmat Imron Hidayat dari Badan Sosial Lintas Agama (Basolia) kepada NU Online di Bogor, Kamis, mengatakan, umat beragama di Indonesia telah kehilangan tokoh besar yang selalu berjuang untuk tegaknya keadilan dan kemanusiaan bagi semua.
Kamis, 31/12/2009 17:26
Jakarta, NU Online
Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama melaporkan, herhana bulan sebagian (parsial) akan terjadi pada pembukaan tahun 2010 nanti, tepatnya pada malam Kamis atau hari Jum’at Wage dinihari tanggal 15 Muharram 1431 H bertepatan dengan 1 Januari 2010 M. Gerhana diperkirakan terjadi mulai pukul 01.53 WIB sampai pukul 02.53 WIB.

Insyaallah gerhana bulan sebagian terjadi Kamis malam Jum’at 1 Januari 2010 mulai pukul 1.52 WIB dan puncaknya pada 2.23 WIB dan berakhir atau terang kembali pada 2.53 WIB,” kata Ketua Lajnah Falakiyah PBNU KH A. Ghazalie Masroeri kepada NU Online di Jakarta, Rabu (30/12).
Kamis, 31/12/2009 16:42
Brebes, NU Online
Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Brebes, dipenuhi dengan hadiah Surat Al-Fatihah buat Almarhum Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Sejak awal acara, rapat yang membahas penetapan Raperda tentang APBD Kabupaten Brebes tahun anggaran 2010 itu sudah memanjatkan doa untuk Gus Dur. Ketua DPRD Kabupaten Brebes H Illia Amin MEg langsung memimpin hadiah Fatihah.

"Kepada pejuang demokrasi, mari kita awali rapat ini dengan membacakan Suratul Fatihah untuk Almarhum Kiai Haji Abdurrahman Wahid, Al Fatihah!" pimpin Ilia Amin saat mengawali rapat paripurna di Gedung Islamic Center Brebes, Kamis (31/12).
Kamis, 31/12/2009 16:13
Jayapura, NU Online
Sekretaris Jendral (Sekjen) Presidium Dewan Papua (PDP), Thaha M Alhamid menyatakan, Gus Dur mampu menjembatani segala perbedaan yang ada dalam kelompok masyarakat tertentu di Papua untuk menyelesaikan permasalahan di daerah tersebut.
   
"Gus Dur mampu mengalihkan kekalutan politik di Papua pada tahun 2000 silam melalui proses-proses bermartabat yang jauh dari tindakan anarki yang melibatkan pertentangan antara rakyat dengan aparat," ujar Thaha di Jayapura, Kamis.
Kamis, 31/12/2009 15:37
Madinah, NU Online
Shalat ghaib untuk memdoakan almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tidak hanya dilakukan oleh warga Indonesia di tanah air. Shalat ghaib juga diselenggarakan di Madinah.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kantor Daerah Madinah melakukan shalat ghaib setelah terdengar kabar Gus Dur meninggal dunia di RSCM Jakarta, Rabu (30/12) pukul 18.45 WIB.
Kamis, 31/12/2009 15:07
Jombang, NU Online
Kepergian KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengagetkan banyak kalangan. Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Salahuddin Wahid mengatakan, tidak hanya keluarga beasr Pondok Pesantren Tebuireng Jombang yang merasa kehilangan. ”Yang kehilangan bukan hanya Tebuireng, tetapi juga NU dan bangsa,” kata adik kandung Gus Dur ini saat memberikan sambutan mewakili pihak keluarga dalam upacara pemakaman di komplek pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Kamis (31/12) siang.
Kamis, 31/12/2009 14:43
Jombang, NU Online
Upacara pemakaman kenegaraan untuk KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur telah diadakan siang ini yang dipimpin langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Gus Dur dimakamkan di komplek pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, tepat di samping makam kakeknya KH Hasyim Asy’ari.

Dalam sambutanya SBY menyampaikan, bangsa Indonesia telah kehilangan salah seorang putra terbaiknya. Karena itu pemerintah memberikan penghormatan terakhir kepada Gus Dur melalui upacara kenegaraan.
Kamis, 31/12/2009 14:03
Manado, NU Online
Sejumlah warga di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), mendoakan kepergian almarhum mantan Presiden KH Abdurahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur, agar diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa, seiring dengan besarnya perjuangan dan pengabdian bagi bangsa dan negara.

"Sungguh tidak terhitung hal-hal positif yang diberikan Gus Dur bagi bangsa Indonesia, terutama menciptakan kesejahteraan rakyat," kata Josepus, salah satu warga Manado, Kamis (31/12).
Kamis, 31/12/2009 13:42
Ternate, NU Online
Warga Ternate, Maluku Utara (Malut) banyak yang melaksanakan shalat gaib untuk almarhum mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai bentuk penghormatan dan rasa belasungkawa mereka atas presiden keempat Republik Indonesia itu.

"Tadi usai Shalat Subuh di masjid, kami melaksanakan shalat gaib sebagai bentuk penghormatan dan rasa belasungkawa kami atas wafatnya beliau," kata salah seorang warga Ternate, Amin di Ternate, Kamis (31/12).
Kamis, 31/12/2009 13:20
Padang, NU Online
Almarhum mantan presiden RI, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, merupakan tokoh yang sering  membela kaum terindas. "Gus Dur mempunyai keberanian dan pembelaan yang tinggi terhadap kamu tertindas. Bahkan, berani mengambil resiko untuk membantu orang lain," kata tokoh muda Sumbar, Chardinal Putra ketika diminta pandangannya tentang sosok Gus Dur, di Padang, Rabu.

Menurut Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Batusangkar itu, Gus Dur adalah sosok pemimpin yang kharismatik setelah Bung Karno, Bung Hatta dan Agus Salim. Perjuangannya untuk rakyat tertindas, lahir dari nuraninya tanpa mengharapkan suaru imbalan dibalik upaya yang dilakukanya.
Kamis, 31/12/2009 12:59
Surabaya, NU Online
Jajaran pebisnis wisata yang tergabung dalam Surabaya Promotion Tourism Board (STPB) menilai, sosok Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai insan yang humanis dan tidak rasis, mengingat sejumlah pemikirannya yang dianggap kontroversial selama ini.
   
"Saya adalah pengagum berat Gus Dur sejak saya kuliah di Universitas Gadjah Mada," kata Direktur Eksekutif STPB Yusak Anshori saat ditemui Antara, di Surabaya, Kamis (31/12).
Kamis, 31/12/2009 12:38
Jombang, NU Online
Kedatangan Jenazah KH Abdurrahman Wahid di masjid Ulul Albab Jombang diwarnai suasana haru. Puluhan masyarakat yang sejak pagi menunggu meneteskan air mata dan menangis ketika jenazah Gus Dur dimasukkan kedalam Masjid.

Mereka terlihat membuntuti mobil jenazah Gus Dur yang tiba pukul 11.30 WIB, sambil menggemakan takbir duka cita atas meninggalnya mantan Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid.
Kamis, 31/12/2009 12:28
Jakarta, NU Online
Tamu-tamu terus berdatangan ke prosesi pemakaman mantan presiden Abdurrahman Wahid. Bahkan sejumlah perwakilan berbagai agama menyempatkan diri untuk datang menyampaikan belasungkawanya ke Ponpes Pondok Ireng. Seperti pendeta budha, pastur, dan perwakilan berbagai organisasi Islam.

Sejumlah tokoh nasional, seperti Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin tampak hadir. Mantan Menteri Agama Maftuh Basyuni juga sudah terlihat hadir. Mereka tampak singgah di rumah singgah yang disiapkan panitia.
Kamis, 31/12/2009 12:17
Surabaya, NU Online
Ribuan warga Jawa Timur, termasuk anak-anak berdiri di sejumlah ruas jalan utama yang menghubungkan antara Surabaya-Jombang untuk menyambut kedatangan jenasah mantan presiden KH Abdurrahman Wahid, Kamis pagi (31/12).

Kerumunan warga yang tampak tertib itu terkonsentrasi di beberapa titik di sepanjang jalan yang akan dilalui iring-iringan yang membawa jenasah Gus Dur. Diantara ribuan warga tersebut adalah anak-anak sekolah yang masih mengenakan seragam sekolah dan dengan didampingi oleh gurunya.
Kamis, 31/12/2009 12:01
Jombang, NU Online
Bukan hanya politisi, ulama atau budayawan, Gus Dur juga dikenal sebagai tokoh mistik. Sebagian orang meyakini cucu KH Hasyim Asy’ari ini sebagai wali. Menjelang meninggalnya, Gus Dur juga telah menyampaikan isyarat akan berpulang ke rahmatullah.

Salah satu isyarat adalah ia berziarah ke makam kakeknya, KH Hasyim Asy’ari, meskipun saat itu kondisinya sedang sakit. Mantan ketua umum PBNU ini juga mengatakan akan berkunjung ke Jombang tanggal 31 Desember.
Kamis, 31/12/2009 11:43
Jakarta, NU Online
Guna menghormati meninggalnya Gus Dur, sejumlah kantor swasta dan instansi pemerintah mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda ikut berduka.

Presiden SBY dalam konferensi pers yang diadakan semalam memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang selama tujuh hari kepada masyarakat sebagai bentuk penghormatan pada Gus Dur.
Ubudiyah
Selasa, 14/10/2014 13:02
Khawatir kebakaran, matikan lampu dan kompor saat hendak tidur. Jauhkan lilin dari benda yang muda terbakar. Cari juga tatakan porselen untuk lilin. Begitu...
Senin, 06/10/2014 20:05
Kita kadang kehilangan kunci motor, kacamata, telepon genggam, atau perabotan rumah tangga. Bisa jadi karena terjatuh, lupa di mana meletakkannya, atau lalai...
Syariah
Selasa, 21/10/2014 13:00
Pada umumnya orang memahami bahwa shalat tahajjud dan shalat hajat adalah dua shalat berbeda yang biasa dilakukan pada malam hari. Sehingga seseorang yang...
Rabu, 08/10/2014 15:05
Apa hubungan gerhana bulan ( khusuf ) dan keadilan sosial? Gerhana merupakan peristiwa alam, salah satu bentuk kuasa Allah. Tetapi Rasulullah SAW sendiri...
Hikmah
Ahad, 19/10/2014 11:24
Dirinya sungguh tak menyangka bakal sembuh dengan cara istimewa. Semula orang laki-laki ini sehari-hari diliputi gelap karena kondisi matanya yang sama...
Jumat, 26/09/2014 10:04
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW.
Taushiyah
Senin, 20/10/2014 12:02
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam perjalanan ke gedung TVRI saat subuh awal Februari 2003, penulis mendengar siaran sebuah radio swasta Jakarta yang...
Sabtu, 11/10/2014 10:01
Keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup -bahkan seluruh aspek kehidupan manusia- merupakan kunci kesejahteraan. Stabilitas hidup memerlukan...
Khotbah
Sabtu, 04/10/2014 09:08
KHOTBAH IDUL ADHA
Pada hari dan bulan ini umat Islam dari seluruh penjuru dunia disyariatkan menjalankan 2 ibadah disamping ibadah yang rutin dilaksanakan setiap hari. Pertama ibadah haji dan, kedua ibadah kurban. Ibadah haji hukumnya wajib bagi yang mampu. Yang kedua, ibadah kurban. Ibadah ini berhukum sunnah ‘ain bagi individu dan sunnah kifayah bagi anggota keluarga.
Jumat, 26/09/2014 07:41
KHOTBAH JUMAT
“Tidak ada hari yang paling disukai oleh Allah swt,  dimana Dia disembah pada hari itu kecuali, sepuluh hari bulan Dzul Hijjah. Puasa satu hari di dalamnya sama halnya dengan puasa satu tahun. Ibadah, shalat malam sekali pada malamnya seperti shalat malam selama satu tahun pula”.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Space Iklan
305 x 140 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefOktober 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::