Ahad, 29 Maret 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Selasa, 19/01/2010 14:08
Brebes, NU Online
Masyarakat di Brebes, Jawa Tengah, kembali digegerkan dengan pemunculan kartun nabi dalam format berbahasa Indonesia. Kartun yang dimuat situs www.faithfreedom.org tersebut sangat meresahkan.

Kartun baru tersebut diposting tanggal 27 Desember 2009 dengan nama pengirim Adadeh On Sun. “Kartu tersebut memuat gambar Nabi Muhammad dengan penggambaran aktifitas Nabi tapi menyimpang, antara lain dengan adegan pelecehan seksual,” ujar salah seorang penggemar Internet di Brebes, Selasa (19/1).
Selasa, 19/01/2010 13:41
Bandung, NU Online
Universitas Islam Bandung (Unisba) membuka jalur penerimaan mahasiswa baru tanpa tes bagi calon mahasiswa yang hafal Al-Qur`an sebanyak 30 juzz. Para mahasiswa yang diterima melalui jalur itu juga mendapat fasilitas bebas biaya kuliah dalam jangka waktu lima tahun. Mereka yang berminat masuk Unisba dengan jalur Tahfidz Qur`an bisa mendaftar ke kampus Unisba.

"Calon mahasiswa yang hafal 30 Juzz Al-qur`an bisa masuk Unisba dengan mengikuti jalur Tahfidz Qur`an, tanpa tes ujian masuk. Silakan datang langsung ke sini dengan hafal 30 Juzz nanti kita uji," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Unisba Prof Edi Setiadi, di Bandung, Selasa (19/1).
Selasa, 19/01/2010 12:34
Kebumen, NU Online
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen menggelar nikah massal bagi 14 pasangan di Masjid Nurul Hikmah di Desa Karangduwur, Ayah. Dari ke 14 pasangan yang menikah tersebut, 12 pasangan di antaranya merupakan muallaf (orang yang baru memeluk agama Islam).

"Untuk pasangan muallaf terlebih dahulu mengucap dua kalimat syahadat sebagai tanda dia memeluk agama Islam," ujar Komandan Satuan Koordinasi Rayon (Dansatkaryon) Banser Kecamatan Ayah, Sukamsi kepada Suara Merdeka, Senin (18/1).
Selasa, 19/01/2010 11:23
Jakarta, NU Online
Fatwa sebagai petunjuk bagi masyarakat Muslim untuk bertindak dalam kehidupan sosial dan keagamaan bukan menjadi monopoli pemerintah saja. Artinya, baik ormas maupun perorangan selain pemerintah, juga memiliki hak untuk mengeluarkan fatwa.

Demikian dinyatakan oleh Wakil Ketua lembaga Bathsul Masail Nahdlatul Ulama (LBM NU) KH Arwani Faisal kepada NU Online di Jakarta, Selasa (19/1). Menurut Arwani, Fatwa memiliki makna ajakan, artinya fatwa tidak memiliki konsekwensi hukum yang mengikat.
Selasa, 19/01/2010 10:27
JELANG MUKTAMAR
Surabaya, NU Online
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Mutawakkil Alallah berharap kader NU dari Jawa Timur dapat menduduki posisi Rais Aam, sedangkan posisi ketua umum tanfidziyah bisa dipegang oleh kader dari wilayah lain.

“Kita berharap bisa memaksimalkan peran di jajaran syuriyah NU,” katanya kepada NU Online, Selasa (18/1).
Selasa, 19/01/2010 09:38
MISI PERDAMAIAN PBNU (4)
Beirut, NU Online
Keberadaan Indonesia sebagai kekuatan terbesar Islam di dunia telah dimaklumi oleh dunia internasional. Karenanya, bangsa Palestina sangat berharap dukungan dari kaum muslimin Indonesia dalam perjuangan melawan penjajahan Israel yang tidak mengenal batas kemanusiaan. 

Demikian dinyatakan Syeikh Qahir Hamud, Imam Masjid Al-Quds sebelum dikuasai Israel. Pernyataan ini disampaikan Qahir saat menyambut misi perdamaian PBNU di markasnya di kawasan Lebanon Selatan yang berbatasan dengan Israel dan Palestina.
Selasa, 19/01/2010 08:51
Kepanjen, NU Online
Jelang Pilkada Bupati Malang, Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC-PKB) Kabupaten Malang, mulai memanas. Beberapa kubu saling dukung dan tolak, membuat pengurus DPC PKB setempat, perlu mendudukkan para petinggi partai bernomor urut 13 itu. Bahkan, konsolidasi pun dipercepat untuk menyatukan satu tekad dan visi guna memenangi Pilkada Bupati Malang yang jatuh pada 5 Agustus 2010 nanti. "Konsolidasi ini untuk merapatkan barisan. Termasuk, menggerakkan mesin politik untuk mendukung satu suara yang dikeluarkan DPC PKB," ucap Sanusi, Ketua DPC PKB Kabupaten Malang saat ditemui di kantornya Jalan Raya Ngadilangkung, Kepanjen, Malang, Ahad (17/1).
Selasa, 19/01/2010 07:47
Bogor, NU Online
Guna menghadapi ketatnya persaingan global dewasa ini, alumni pesantren dituntut untuk meningkatkan kiprah dan perannya dalam mengabdi di tengah masyarakat serta mengemas dakwah secara kreatif dalam berbagai lini kehidupan.
Demikian diutarakan oleh Mochamad Iqbal Lutfhi di sela-sela reuni akbar ke-2 angkatan 18 Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Daarul Rahman (IKDAR) Jakarta, yang diselenggarakan di Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu-Ahad (16-17/1). "Alumni pesantren memiliki peran strategis di tengah masyarakat. Alumni pesantren merupakan duta dakwah yang akan semakin menguatkan misi ajaran Islam yang membawa rahmat bagi alam semesta. Karena itu alumni pesantren harus mampu mengemas dakwah secara kreatif agar misi dakah yang diemban dapat dilakukan dengan efektif, sehingga mengena sasaran yang diinginkan," tutur Iqbal kepada NU Online di Bogor.
Selasa, 19/01/2010 06:12
Kuala Lumpur, NU Online
Kontras dengan opini publik, Menteri Hukum dan Parlemen Malaysia, Datuk Seri Nazri Aziz, berpikir pengadilan hanyalah cara untuk meghentikan debat seputar penggunaan kata "Allah". Ketika koleganya di kabinet, termasuk Perdana Menteri, mendorong para pemuka agama untuk duduk bersama di meja demi menyelesaikan kontroversi tersebut, Nazri mengatakan terlambat untuk sebuah dialog. "Sudah terlambat. Saya sudah ungkapkan itu berkali-kali. Itu bukan salah pemerintah. Harus diketahui, bukan pemerintah, melainkan Tan Sri Pakiam yang membawa masalah itu ke pengadilan," ujar Nazri ketika ditanya opininya terkait cara terbaik mengatasi perdebatan tersebut. Kontroversi seputar kata 'Allah' telah meningkatkan ketegangan antara komunitas Muslim dan non-Muslim di Malaysia.
Selasa, 19/01/2010 03:02
Jerusalem, NU Online
Lima pemukim Israel ditahan sehubungan dengan serangan dan pembakaran terhadap sebuah masjid Palestina di Tepi Barat Desember lalu, kata radio militer, Senin (18/1). Ke lima orang itu ditahan dalam satu operasi oleh polisi Israel dan badan keamanan domestik Shin Bet di Yitzhar , satu pangkalan para pemukim garis keras di Tepi Barat bagian utara. Lima orang lainnya yang dicari polisi juga ditahan dalam operasi Ahad malam. Polisi sebelumnya menahan seorang pemuda berusia 17 tahun dari permukiman Tepi Barat lainnya sehubungan dengan serangan terhadap masjid itu, tetapi ia kemudian dibebaskan.
Selasa, 19/01/2010 00:53
ALIRAN SESAT
Bandung, NU Online
Sembilan orang pengikut "Surga Eden", aliran kepercayaan yang diduga sesat, dibebaskan oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat setelah mereka dimintai keterangan sebagai saksi. Namun mereka bisa diperiksa kembali untuk keperluan kelengkapan penyidikan. "Sementara itu Polisi menetapkan empat orang tersangka diantaranya Ahmad Tantowi, Endang, Ros, dan Tuti saat ini masih ditahan di Mapolda Jawa Barat," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Dede Achmad di Bandung, Senin (18/1).
Senin, 18/01/2010 18:00
MISI PERDAMAIN PBNU (3)
Beirut, NU Online
Panglima Hizbullah khusus Lebanon Selatan Syeikh Nabil Qauq menyambut dengan senang hati atas kesediaan NU untuk turut memperjuangkan nasib bangsa Palestina dan bangsa Arab khususnya dari penindasan Israel.  Menurut Nabil, jika kekuatan Islam Indonesia bergabung dengan kekuatan dunia Islam lain, tentu perjuangan Islam akan mencapai keberhasilan

”Saya telah mendengar nama NU sebagai organisasi besar yang aktif dalam membela perjuangan kami. Kami bangga bahwa Islam telah tersiar sampai ke negeri paling jauh dan sekarang menjadi kekuatan yang tersebar di dunia,” katanya Nabil Qauq saat menyambut kehadiran Misi Perdamaian NU yang dipimpin langsung oleh KH Hasyim Muzadi.
Senin, 18/01/2010 16:41
Bojonegoro, NU Online
Persatuan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPS NU) Pagar Nusa meminta kepada pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan jajaran aparat keamanan yang berwenang untuk memprakarsai perdamaian dan kerukunan di antara para anggota perguruan pencak silat yang sering terlibat pertengkaran dan perkelahian.

Permintaan ini disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat IPS NU Pagar Nusa H Fuad Anwar di Jakarta, Senin (18/1). Fuad mengajak semua pihak yang selama ini sering terlibat perkelahian dan jajaran aparat keamanan yang berwenang untuk duduk bersama mengkaji akar masalah sebenarnya agar terwujud kedamaian antar anggota berbagai perguruan Pencaksilat.
Senin, 18/01/2010 15:16
MISI PERDAMAIAN PBNU (2)
Beirut, NU Online
Sebelum mengawali pembicaraan dengan para pemimpin agama dari berbagai aliran yang mengalami ketegangan Hasyim Muzadi terlebih dulu melihat kondisi di Lebanon selatan pusat konflik antar aliran termasuk dengan Israel terjadi.

Masuk wilayah selatan ini tidak mudah, sejak mengurus visa saja sudah sulit mendapat izin masuk wilayah ini. Setelah para pemimpin agama memberi jaminan, maka PBNU diizinkan masuk ke sana dengan pengawalan pasukan PBB yang bertugas di sana.
Senin, 18/01/2010 14:19
MISI PERDAMAIAN PBNU (1)
Beirut, NU Online
Upaya memperkenalkan kembali NU kepada dunia internasional selama beberapa dekade ini telah dirintis oleh Gus Dur. Pada tahun 1980-an Gus Dur memperkenalkan NU ke dunia internasional, khususnya di kalangan masyarakat barat. Setelah itu banyak orang mengkaji tentang NU. Saat itu NU memiliki hubungan yang sangat baik dengan dunia barat sehingga berbagai kerjasama dilakukan bersama mereka. 

Demikian disampaikan Hasyim saat berada di Lebanon selatan dalam misi perdamaian PBNU, Ahad (17/1).
Senin, 18/01/2010 13:33
Judul : Sekutum Nyawa untuk Sahabat; Antologi Cerpen Santri
Penulis : Aleyo Sas Melas, dkk.
Editor : Rijal Mumazziq dan M. Husnaini
Penerbit : Imtiyaz Surabaya
Cetak : I, Desember 2009
Tebal : xv + 148 halaman
Peresensi : Abd. Basid*


Istilah sastra secara harfiah berarti huruf, tulisan, atau karangan. Kata sastra ini kemudian diberi imbuhan su-(dari bahasa Jawa) yang berarti baik atau indah. Artinya baik isinya dan indah bahasanya. Selanjutnya, kata susastra diberi imbuhan gabungan ke-an sehingga menjadi kesusastraan yang berarti nilai hal atau tentang buku-buku yang baik isinya dan indah bahasanya.
Ubudiyah
Ahad, 22/03/2015 22:05
Bagi pekerja kantoran atau pelajar, Senin menjadi hari menjenuhkan. Senin merupakan hari mereka mengawali aktivitas setelah libur. Senin pagi yang padat...
Kamis, 19/03/2015 13:00
Ini seperti orang yang sedang sakit, berkonsultasi kepada dokter tentang penyakitnya, kemudian setelah diberi petunjuk dan arahan dari dokter malah...
Syariah
Jumat, 27/03/2015 01:04
Dua pekan sebelum hari raya Idul Adha, pasar hewan dadakan bermunculan di tepi jalan raya. Sepekan menjelang hari H, pasar hewan itu makin ramai baik oleh...
Jumat, 20/03/2015 06:00
Mengenai hal ini ada keterangan lanjutan yang berhubungan dengan  musallam alaih  yaitu pihak yang diberi salam. Apabila yang diberi salam adalah...
Hikmah
Jumat, 27/03/2015 16:03
Pada masa Malik bin Dinar, hidup seorang pemuda. Dahulu pemuda tersebut, seorang penyembah api. Namun setelah ia mendapat hidayah untuk masuk Islam, ia pun...
Selasa, 24/03/2015 12:01
Istilah “bahlul” rasanya cukup akrab di telinga kita. Kata tersebut biasa digunakan untuk menyebut orang yang bodoh, tolol, atau sejenisnya....
Taushiyah
Kamis, 26/03/2015 07:12
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Dalam mengatasi kemiskinan, dakwah setidaknya bisa ditempuh melalui dua jalan. Pertama, memberi motivasi kepada kaum muslimin yang...
Kamis, 12/03/2015 13:10
Oleh Abdurrahman Wahid Selama ini orang menganggap bahwa Marxisme-Leninisme atau lebih mudahnya komunisme, berada dalam hubungan diametral dengan Islam....
Khotbah
Kamis, 19/03/2015 11:00
KHOTBAH JUMAT
Bahkan dalam kitab Qomi’uth Thughyan diceritakan, Ada orang yang berlumur dosa, namun kemudian Allah melebur dosa-dosanya. Baginda Nabi bertanya kepada malaikat Jibril “sebab apa gerangan Allah mengampuni dosa-dosa orang itu?” Jibril menjawab karena ia menyenangkan putranya dengan ia memberikan buah tangan ketika pulang dari bepergian 
Kamis, 05/03/2015 12:53
KHOTBAH JUMAT
Imam Syafi'i berkata bahwa bentuk jahiliyah pada masa pra Islam ada dua, pertama mereka yang mengaku punya kitab (ahlul kitab) namun mereka telah mengubah sebagian besar hukum-hukumnya, serta mencampurkan kebernaran dengan kepalsuan. Kedua, adalah orang-orang yang mengingkari Allah. Dengan tangannya sendiri dibuatnya batu dan kayu menjadi patung lalu disembahnya.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::