Jumat, 25 Juli 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Rabu, 16/12/2009 09:10
Ternate, NU Online
Masyarakat Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut), menolak pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di wilayah itu termasuk kegiatan lain yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten (pemkab) setempat.

"Masyarakat Gane Timur telah menyampaikan penolakan pelaksanaan MTQ termasuk kegiatan lain yang dilaksanakan pemkab di wilayah Gane Timur kepada pemkab dan DPRD di Halsel," kata seorang tokoh masyarakat dari Gane Timur, Abdul Jabar di Ternate, Selasa (15/12).
Rabu, 16/12/2009 08:07
Havana, NU Online
Mantan pemimpin Kuba Fidel Castro mengingatkan senyum ramah Presiden AS Barack Obama tidak bisa dipercaya. Castro (83) yang memerintah Kuba selama hampir 50 tahunan sebelum kesehatannya yang memburuk memaksanya mengalihkan tongkat kepresidenan kepada saudaranya Raul tahun lalu. Semula menyambut baik terpilihnya Obama namun dengan cepat berbalik mengkritiknya.

Dalam satu surat yang dibacakan Presiden Venezuela Hugo Chavez pada pertemuan para pemimpin kiri di Havana, Castro menyatakan bahwa Amerika Serikat berada di belakang gerakan-gerakan yang melemahkan Chavez dan para pemimpin sosialis lainnya di kawasan itu.
Rabu, 16/12/2009 07:14
Surabaya, NU Online
Melihat bentuk Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya dari kejauhan, sekilas tidak tampak seperti bangunan masjid di Indonesia pada umumnya. Selain tidak ada kubah dan menara sebagaimana masjid-masjid lainnnya, bentuk masjid ini juga lebih mirip bangunan kelenteng (tempat ibadah umat Budha). Masjid Cheng Hoo memang unik, dan antik.

Masjid Cheng Hoo selain untuk tempat ibadah, sejak awal pendiriannya diharapkan bisa menjadi simbol kerukunan dan perdamaian umat Islam, terutama bagi warga muslim etnik Tionghoa. Tidak aneh bilamasjid ini bentuk maupun arsitekturnya kental dengan nuansa budaya Tiongkok. "Masjid ini memang berdiri atas prakarsa teman-teman anggota Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), yang sebelumnya sudah membentuk Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo," ujar Ketua Takmir Masjid Cheng Hoo, Ustadz Hariyono Ong.
Selasa, 15/12/2009 21:49
Banda Aceh, NU Online
Program jangka panjang Organisasi Konperensi Islam (OKI) membantu pembiayaan pendidikan, kesehatan bagi 25 ribu anak yatim masyarakat korban konflik dan bencana alam gempa bumi dan tsunami di Provinsi Aceh.

"Kami memulai bantuan tersebut terhitung sejak 2007 dan akan berjalan selama 15 tahun ke depan," kata Direktur eksekutif OKI Aceh-Sumatra, Mustafa Sabri Yavuz di Banda Aceh, Selasa (15/12.
Selasa, 15/12/2009 19:33
Pariaman, NU Online
Panitia Hari Besar Islam (PHBI) di Kota Pariaman akan sambut 1 Muharram 1431 Hijriah dengan dzikir bersama dan tausyiah dari Guru Besar IAIN Imam Bonjol Padang Prof DR Duski Samad. Dzikir bersama dipusatkan di obyek wisata Pantai Gandoriah  Pariaman.

Sekretaris PHBI Kota Pariaman Muhammad Nur MA,  Selasa (15/12/2009) menyebutkan, zikir bersama ini diselenggarakan sehubungan perayaan pesta budaya Tabuik ditiadakan. Demikian dilaporkan Kontributor NU Online Bagindo Armaidi Tanjung di Padang.
Selasa, 15/12/2009 16:11
Pekalongan, NU Online
Pemerintah diminta memberikan perhatian lebih besar kepada para dai. Kerjasama yang baik antara pemerintah dan da’i diharapkan dapat menciptakan tatanan masyarakat yang madani.

Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Pekalongan KH Sam'ani Sya'roni mengatakan, masih banyak wilayah yang seharusnya menjadi garapan pemerintah, belum mampu disentuh, sehingga peran para da'i inilah yang diharapkan agar jangan sampai daerah itu kosong dari pembinaan agama
Selasa, 15/12/2009 15:00
Jakarta, NU Online
Rukyatul hilal awal Muharram atau bulan pertama pada penanggalan Hijriyah 1431 H akan diadakan pada Rabu (16/12) besok bertepatan dengan tanggal 29 Dzulhijjah 1431 H.

Rukyatul hilal akan diadakan pada sore hari, tepatnya pada saat matahari terbenam pada setiap tanggal 29 dalam penanggalan Hijriyah. Untuk penentuan awal tahun ini, Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama telah mengkoordinir pelaksanaan rukyatul hilal di sedikitnya 65 titik rukyat seluruh Indonesia.
Selasa, 15/12/2009 14:23
Jeddah, NU Online
Seorang korban banjir di Jeddah, 25 November lalu ditemukan terperangkap di tumpukan sampah selama sepuluh hari dalam keadaan hidup. Seorang petugas Pertahanan Sipil Jeddah, seperti dilaporkan Arabnews.com, Selasa (15/12).

Pria berkebangsaan Afrika itu diselamatkan dari reruntuhan bangunan Sidik Centre di al-Sawad, kawasan Quwaizah atau yang paling parah terkena musibah banjir.
Selasa, 15/12/2009 13:22
Jakarta, NU Online
Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim ke-15 yang berlangsung di Kopenhagen Denmark merupakan momentum penting dalam upaya melindungi bumi dari dampak perubahan iklim yang merusak kehidupan masyarakat.

Indonesia sebagai negara tropis yang terpengaruh pada fenomena perubahan iklim sangat berkepentingan pada perlindungan bumi dari aktifitas yang membahayakan. Tak heran, sejumlah delegasi dikirimkan untuk ikut dalam berbagai perundingan yang berlangsung pada 7-18 Desember ini.
Selasa, 15/12/2009 12:36
Manado, NU Online
Gerakan Pemuda (GP) Ansor wilayah Sulawesi Utara (Sulut) siap membantu pihak kepolisian guna mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di daerah itu. "Ada ribuan kader GP Ansor akan disebar ke sejumlah daerah di Sulut, dalam membantu keamanan dan ketertiban, sehingga perayaan keagamaan umat Kristen itu berlangsung khusyuk dan hikmat," kata Ketua GP Ansor Sulut, Benny Rhamdani di Manado, Selasa (15/12).

Menurut Benny, Sulut merupakan daerah yang sangat tinggi menjunjung toleransi umat beragama, sehingga bisa hidup damai dan rukun. Persoalan-persoalan di luar daerah atau negara lainnya, terutama ancaman stabilitas bangsa harus dihindari, karena negara Indonesia merupakan negara hukum dan memberikan keleluasaan beragama.
Selasa, 15/12/2009 11:43
Tegal, NU Online
Sebagai organisatoris, bila mengemban sekecil apapun amanat itu harus dilaksanakan, tanpa memandang status sosial. Pasalnya, amanat organisasi bukan tugas perorangan namun tugas kolektif. Dalam berorganisasi tidak ada perbedaan, yang membedakan hanyalah dalam structural.

Termasuk dalam Fatayat NU. Dibutuhkan niat yang baik dan ikhlas agar berjalan maksimal. Dalam perjalanannya, tidak memandang status sosial. “Apalagi bidang garapan perjuangan fatayat dalam ranah sosial keagamaan yang tidak ada imbalan secara materi,” ujar Ketua Pengurus Cabang (PC) Fatayat NU, Dra Hj Nur Hasanah dalam sambutan pelantikan Pengurus PAC Fatayat NU Dukuhwaru Kabupaten Tegal dan Pengurus Ranting sekecamatan Dukuhwaru Masa Khidmat 2009–2013, di Masjid Jami Baitul Muslimin Desa Slaranglor Kec. Dukuhwaru Tegal, Ahad (13/12)
Selasa, 15/12/2009 10:38
Brussel, NU Online
Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau North Atlantic Treaty Organisation (NATO) berharap akan mengirim dua kelompok taktis, sebanyak 3.000 tentara, ke Afghanistan utara, di bawah komando Jerman, seorang kepala staf NATO mengatakan, Senin (14). Tentara-tentara baru itu diperkirakan akan disediakan oleh Jerman dan Prancis, meskipun baru tersedia tahun depan.

"Dari sudut pandang militer, markas besar sekutu di Eropa berpikir, penting untuk mengirim dua kelompok taktis ke zona tersebut, yakni 250 hingga 1.500 tentara masing-masing," kata Jenderal Jerman Karl-Hinz Lather, kepala staf markas besar komando operasi sekutu, yang bermarkas di Brussels.
Selasa, 15/12/2009 09:35
Riyadh, NU Online
Lembaga pengawas hak asasi manusia, Amnesti Internasional meminta pemerintah Saudi Arabia menghentikan hukuman cambuk yang diberikan kepada seorang nenek tua berusia 75 tahun atas pelanggarannya terhadap aturan kerajaan yang melarang perkumpulan lawan jenis.

"Menteri dalam negeri (Pangeran Nayef bin Abdul Aziz) dilaporkan telah memerintahkan penahanan segera Khamisa Mohammed Sawadi yang berusia, bersama dengan dua orang Arab Saudi lainnya yang diketahui sebagai Fahad dan Hadyan," kata seorang pengawas yang berpusat di London.
Selasa, 15/12/2009 08:12
Detroit, NU Online
Kekayaan budaya Islam menjadi daya tarik tersendiri bagi Institut Seni Detroit, Amerika Serikat (AS). Lembaga tersebut, berencana untuk membuka galeri khusus yang berisi benda-benda peninggalan sejarah Islam. Dijadwalkan, galeri tersebut bisa mulai beroperasi 28 Februari 2010.

Seperti tertulis dalam laporan Associated Press yang dikutip situs berita wlns.com, galeri Islam di museum milik institut tersebut akan memajang benda-benda bersejarah dari Mediterania, Timur Tengah, Asia Tengah, juga India. Benda-benda itu merekam sejarah perjalanan budaya Islam dari abad ke-7 hingga abad ke-20.
Selasa, 15/12/2009 06:53
Jakarta, NU Online
Direktur Pemberdayaan Zakat, Departemen Agama (Depag), Nasrun Harun, membantah adanya rencana sentralisasi zakat yang diusulkan dalam revisi UU No.38 tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat.

"Zakat solusi bagi kemiskinan yang ada, pemerintah tidak sama sekali berniat hapuskan LAZ, dan tidak berniat sentralisasi zakat," ujarnya Seminar Interaktif bertema Haruskah LAZ Dibubarkan di Auditorium Universitas Trisakti, Jakarta, Senin (14/12).
Selasa, 15/12/2009 02:57
Abu Dhabi, NU Online
Abu Dhabi Islamic Bank memfasilitasi pembiayaan syariah sebesar 200 juta dirham bagi International Capital Trading untuk membiayai salah satu proyek real estate. General Manager Abu Dhabi Islamic Bank, Nuhad Saliba mengatakan fasilitas pembiayaan tersebut sejalan dengan visi bank mendukung pengembangan proyek di Uni Emirat Arab (UEA).

“International Capital Trading adalah perusahaan terkemuka di sektor properti Abu Dhabi dan telah terkenal di proyek pengembangan dan investasi real estate di UEA,” kata Saliba, sebagaimana dimuat khaleejtimes, Senin (14/12).
Ubudiyah
Ahad, 20/07/2014 16:00
LAILATUL QADAR 3 (Habis)
Ada empat hal yang dirahasiakan oleh Allah swt. pertama ridhanya Allah dalam ibadah. Kedua murkanya Allah dalam maksyiat. Ketiga walinya Allah dan Keempat...
Sabtu, 19/07/2014 16:00
LAILATUL QADAR 2
Demikian Allah swt merahasiakan malam lailatul qadar dari umat manusia. Hanya orang-orang istimewa yang bisa memahami malam istimewa. Termasuk orang...
Syariah
Jumat, 25/07/2014 07:00
Tidaklah berlebihan jika istilah Hari Raya digunakan kata ganti untuk idul fitri meskipun secara bahasa jauh berbeda, karena idul fitri bermakna kembali...
Rabu, 23/07/2014 09:47
Fungsi dan Hakikat Zakat Yang dimaksud dengan zakat di sini bukanlah zakat fitrah yang berhubungan dengan ibadah puasa Ramdhan. Tetapi zakat kekayaan (...
Hikmah
Rabu, 23/07/2014 11:01
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan KH Abdul Ghoffar, suatu waktu berbincang dengan NU Online seputar seekor kijang yang memiliki...
Sabtu, 05/07/2014 08:02
Melakukan kebaikan, hendaknya didasarkan pada niat yang baik pula. Seperti halnya dengan puasa yang kita laksanakan sekarang, kita niatkan untuk mencari...
Taushiyah
Rabu, 23/07/2014 17:36
Kepada saudara-saudara sebangsa dan setanah air, khususnya keluarga besar nahdliyyin di manapun anda berada, yang saya cintai, Alhamdulillah proses Pemilihan...
Rabu, 16/07/2014 09:11
Oleh KH Abdurrahman Wahid Penulis diundang oleh UNESCO ke Paris, pada Mei 2003, untuk menyampaikan pidato pembukaan ( keynote address ) dalam sebuah...
Khotbah
Jumat, 25/07/2014 21:00
KHOTBAH IDUL FITRI (1)
Takbir adalah membesarkan Allah dan mengecilkan selain Allah. Ketika kita berpuasa, Takbir kita cerminkan dengan mengecilkan pengaruh hawa nafsu dan mengagungkan kebesaran Allah didalam sanubari kita. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita mengecilkan seluruh pembicaraan manusia dan membesarkan kalam Allah. Ketika kita Tarawih dan Qiyamullail, kita kecilkan seluruh urusan dunia dan hanya membesarkan perintah Allah SWT. Mengapa kita harus bertakbir terus menerus?
Kamis, 24/07/2014 04:01
Rukun Islam itu ada lima hal. Membaca syahadat, mengerjakan shalat, membayar zakat, berpuasa dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Kelima rukun Islam tersebut bersifat positif (syatrul iktisab), kecuali puasa. Karena sesungguhnya perintah puasa adalah bersifat negative (syatrul ijtinab), yaitu perintah untuk meninggalkan sesuatu (makan, minum, menahan nafsu dan lain-lain). Artinya, apabila syahadat harus diucapkan, shalat harus dikerjakan, zakat harus ditunaikan, haji harus dilaksanakan, maka  puasa harus menahan segala hal yang membatalkannya.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefJuli 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
::::Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak masyarakat menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah melalui LAZISNU. Rekening zakat: BCA 6340161473 MANDIRI 1230004838951. Infaq: BCA 6340161481 MANDIRI 1230004838977 :::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Transaksi pembelian di Toko NU Online untuk sementara ditutup per 24 Juli-13 Agustus 2014::::