::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kemampuan Komunikasi Jadi Kunci Sukses Pemimpin

Sabtu, 15 Desember 2018 16:30 Daerah

Bagikan

Kemampuan Komunikasi Jadi Kunci Sukses Pemimpin
Pontianak, NU Online
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Syeikh Mahfudz At-Timasi IAIN Pontianak Raya, Pontianak Kalimantan Barat  kembali mengadakan diskusi mingguan. Kali ini tema yang diambil adalah  Meningkatkan Public Speaking dan Kepemimpinan. Diskusi diisi senior PMII yakni Putriana dan berlangsung di Museum Kalimantan Barat, Jumat (14/12).

Dalam paparannya, Putriana menjelaskan seputar public speaking atau komunikasi lisan. “Untuk bisa mampu berbicara di depan khalayak, setidaknya ada sejumlah hal yang harus dikuasai,” katanya. 
Yang utama adalah banyak bicara, aktif di forum, juga sering berdiskusi. “Yang tidak boleh ditinggalkan adalah banyak membaca serta menampilkan diri,” jelasnya. 

Sedangkan terkait tema kepemimpinan, dirinya mengemukakan hal yang melekat bagi mereka yang menjadi pemimpin. “Ciri-ciri kepemimpinan adalah harus otoriter, demokratis, karismatik serta paternalistik,” ungkapnya. 

Pada kesempatan tersebut, Putriana berbagi pengalaman tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin dan bagaimana berpublic speaking yang baik, benar dan mengesankan. “Public speaking yang baik, benar dan mengesankan juga mendukung untuk  menjadi pemimpin,” katanya. 

Diskusi dihadiri Khairil Anwar selaku Seketaris Pengurus Cabang PMII Pontianak Raya. Juga tentu saja sejumlah aktivis dari Rayon Syeikh Mahfudz Attirmasi. 

“Mereka antusias mengikuti diskusi meskipun cuaca tidak bersahabat dikarenakan hujan. Tapi itu tidak menyurutkan niat peserta untuk terus belajar dan berproses,” tandas Ketua Rayon, Sri Purwati. (Ibnu Nawawi)