::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Atlet Disabilitas Ini Akhirnya Bisa Umrah Bersama Ibunya

Senin, 17 Desember 2018 20:30 Daerah

Bagikan

Atlet Disabilitas Ini Akhirnya Bisa Umrah Bersama Ibunya
Surabaya, NU Online
Masih ingat pembukaan Asian Para Games 2018 Oktober lalu? Ada perempuan dengan kursi roda dan dihampiri Presiden RI Joko Widodo. Dia adalah Bulan Kurnia Rudianti, atlet panahan.

Bulan, sapaan akrabnya adalah siswi kelas IV SDN 88 Kota Pekanbaru, Riau, bungsu dari pasangan Rudi Arifin-Purwanti. Namanya juga jadi sorotan pada Maret 2018 setelah menulis surat ke presiden dan meminta kursi roda. Surat itu direkam dan videonya jadi viral di media sosial. Presiden tersentuh lalu memberikan apa yang diinginkan bocah manis itu. 

Adalah H Echwan Siswadi, Direktur Ikhwan Berkah Sejahtera (IBS) Tour and Trevel Umrah mengaku tersentuh ada anak berusia sebelas tahun bisa menginspirasi banyak orang. 

“Awalanya saya melihat anak itu di televisi nasional menjelang shalat dhuha. Di rakaat keempat berikutnya saya menangis melihat anak yang begitu tegar menghadapi segala kekurangan,” kata Abah Echwan, di kantornya, jalan Kanginan Surabaya, Senin (17/12).

Dari sinilah Wakil Bendahara PWNU Jawa Timur ini ingin mengajak Bulan umrah pada liburan sekolah. Senyum Bulan tak henti-henti tersungging saat berada di kantor IBS sebelum berangkat. Ia sumringah karena impian umrah bersama ibunya ke Tanah Suci terkabul. Kendati penuh keterbatasan fisik, Bulan mengaku semangat menyongsong ibadah di tanah kelahiran Islam. Dia berjanji akan mencium Hajar Aswad. 

Bulan mengaku sudah lama ingin umrah. Bahkan, dalam doa dia meminta kepada Tuhan agar diberangkatkan bersama sang ibu. “Alhamdulillah senang banget bisa umrah bersama mama,” katanya dengan manja. 

Dia mengaku tidak hilang semangat saat menjalani ibadah umrah, meski kondisi fisik terbatas. "Nanti pakai kursi roda bersama papa dan mama. Bulan juga mau jalan sendiri, dan ingin mencium Hajar Aswad," ungkapnya. 

Ibu Bulan, Purwanti, mengatakan bahwa putrinya sering menyampaikan keinginan untuk umrah. "Dia sering kali bilang, 'mama, Bulan ingin sekali mengumrahkan mama. Sebelum viral dia selalu ngomong gitu. Setiap habis shalat Maghrib saya selalu tanya, 'Kamu doa apa tadi?' Dia bilang doanya pengin umrahkan mama," cerita dia. 

Purwanti mengaku terharu keinginan anaknya terkabul. "Alhamdulillah sama sekali kami tidak menyangka dapat hadiah umrah gratis dari Abah Echwan. Saya sangat terharu,” pungkasnya. (Rof Maulana/Ibnu Nawawi)