::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Pojok Sunan Kalijaga di UIN Yogyakarta

Jumat, 21 Desember 2018 04:15 Daerah

Bagikan

Pojok Sunan Kalijaga di UIN Yogyakarta
Yogyakarta, NU Online
Perpustakaan UIN Yogyakarta kini menambah salah satu fasilitasnya yang disebut Pojok Sunan Kalijaga atau Sunan Kalijaga Corner. Pojok Sunan Kalijaga berisi buku-buku, skripsi, tesis, penelitian, dan laporan ilmiah tentang Islam Jawa dan budaya lokal. Ada juga koleksi naskah-naskah kuno yang keislaman dan kejawen, seperti maskah sunan kalijaga dan sunan bonang.

Labibah Zain, kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga mengatakan naskah-naskah yang ada di Pojok Sunan Kaliaga Corner sudah digitalisasi. Tujuan dari digitalisasi naskah yaitu untuk menangani manuskrip yang rawan kerusakan karena usia yang lama dan lapuk.

"Ada sekitar 15 manuskrip yang menjadi koleksi di Pojok Sunan Kalijaga yang semuanya sudah digitalisasi. Naskah tersebut didapatkan dari koleksi Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakata, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta, dan Pesantren Budaya Kaliopak," rincinya pada peluncuran, akhir pekan lalu.

Labibah menyebutkan tujuan didirikannya Sunan Kalijaga Corner adalah untuk mengumpulkan bahan pustaka atau koleksi tentang Islam Jawa, supaya terkumpul dalam satu tempat (corner).

Gustamara Ardianta, mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Yogjakarta mengungkapkan hadirnya Pojok Sunan Kalijaga juga agar Perpustakaan UIN Yogyakarta menjadi pusat koleksi Islam di Yogyakarat.

Sunan Kalijaga Corner diharapkan dapat bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Kalijaga yang memiliki banyak hasil penelitian-penelitian tentang keislaman.

"Supaya penelitian-penelitian tentang keislaman bisa dibaca dan bermanfaat untuk semua akademisi," tukas Mifedwil Jandra, ketua LPPM UIN Yogyakarta, saat ditemui di kantornya, Kamis (21/12).

Pengembangan Sunan Kalijaga Corner dilakukan kurang lebih selama tiga bulan oleh 13 mahasiswa  Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmi Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarya.

Peluncuran dimeriahkan dengan pameran koleksi Islam Jawa berupa naskah tentang dan karya-karya yang mengkombinasikan antara budaya tradisional Indonesia dengan kehidupan milenial. Pameran ini berlangsung selama tiga hari di lobi perpustakaan UIN Yogyakarta.

Selain pameran, pada saat peluncuran juga diadakan aneka lomba seperti cipta puisi dengan tema Sunan Kalijag dan Islam.