::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

TSUNAMI SELAT SUNDA

Pengungsi Tsunami di Bukit dan Kebun Belum Dapat Bantuan

Rabu, 26 Desember 2018 07:15 Nasional

Bagikan

Pengungsi Tsunami di Bukit dan Kebun Belum Dapat Bantuan
Pengungsian di Lampung Selatan (Tim NU Peduli)
Jakarta, NU Online
Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Ishomuddin yang turut terjun ke lapangan mendistribusikan bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan mengungkapkan bahwa korban yang mengungsi di bukit-bukit dan kebun-kebun belum mendapatkan bantuan.

Hal itu ia sampaikan kepada Tim NU Peduli untuk ditindaklanjuti agar distribusi bantuan mencapai lokasi-lokasi tersebut. Saat ini, para pengungsi tersebut sementara melakukan aktivitas seadanya seperti mendririkan tenda, termasuk tidur dengan tikar seadanya untuk ramai-ramai.

“Mohon bantuan untuk para pengungsi di beberapa titik pengungsi yang  berada di bukit-bukit, di kebun-kebun, dan lain sebagainya di Lampung Selatan seperti di Tarahan yang hingga hari ini belum mendapatkan bantuan untuk kebutuhan mereka,” ujar Kiai Ishomuddin, Rabu (26/12).

Walau demikian, Tim NU Peduli bencana telah melakukan asesmen lapangan terhadap para korban tsunami Selat Sunda, baik di Banten maupun di Lampung Selatan. Peninjauan lapangan tersebut di antaranya memperoleh data kebutuhan pokok mendesak yang diperlukan para korban.

Wakil Sekretaris Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Yuslistianto yang menjadi Koordinator Tim Lapangan mengungkapkan, saat ini para korban membutuhkan sejumlah bahan-bahan keperluan di pengusngsian.

“Mereka membutuhkan makanan cepat saji, air mineral, sembako, hygiene kits, selimut, dan terpal,” jelas pria yang akrab disapa Anto ini, Selasa (25/12).

Selain itu, imbuhnya, mengingat proses penyisiran dan evakuasi korban terus dilakukan, saat ini juga banyak dibutuhkan personel untuk pencarian dan evakuasi.

Adapun pendistribusian dalam bentuk 9 bahan Pokok, Mie Instan, Hygiene Kits, Perlengkapan Ibadah, Gen Set, Tenda dan Pakaian Layak Pakai telah dilaksanakan di lokasi-lokasi yang menjadi Pos Lapangan dan Pos Layanan NU Peduli. (Fathoni)