::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

NU Backpacker Segera Gelar Pertemuan Nasional

Selasa, 01 Januari 2019 07:30 Daerah

Bagikan

NU Backpacker Segera Gelar Pertemuan Nasional
M Hidayatullah atau Mbah Doyok (kanan).
Yogyakarta, NU Online
NU Backpacker adalah sebuah komunitas yang menjadi wadah bagi pelancong mandiri NU atau siapapun yang pemikirannya sejalan dengan cara juang Nahdlatul Ulama. Komunitas yang berdiri menjelang pelaksanaan Muktamar ke-33 NU di Jombang ini kini memiliki 22 cabang di sejumlah kota di Indonesia dan beberapa anggota di luar negeri.

Dalam rangka menentukan arah gerak komunitas yang dikenal dengan slogan Ziarah, Sowan, Dolan ini rencananya mengadakan pertemuan atau gathering pada pertengahan Januari 2019. Hal ini sebagiamana disampaikan M Hidayatullah yang merupakan koordinator nasional NU Backpacker.

“Rencananya kami akan mengadakan gathering nasional di Yogyakarta pada 19 hingga 20 Januari 2019. Acara ini bertujuan menentukan arah gerak komunitas NU Backpacker,” jelasnya kepada NU Online, Senin (31/12).

Pria yang akrab disapa dengan sebutan Mbah Doyok ini menambahkan, selain untuk menentukan arah gerakan, acara yang memiliki tagline Tinggi Tanpa Merendahkan ini juga bertujuan menyusun pedoman komunitas yang berpusat di Purworejo Jawa Tengah tersebut.

“Selain itu, acara ini juga ada agenda untuk menyusun pedoman komunitas secara nasional dan tentunya sebagai ajang silaturahim antaranggota NU Backpacker se-Nusantara,” imbuhnya.

Ia menjelaskan alasan pemilihan tagline acara berupa Tinggi Tanpa Merendahkan. Menurut pria asal Purworejo ini adalah supaya bisa menjadi faktor penambah semangat untuk berkolaborasi dan maju bersama. “Semangat berkolaborasi untuk maju bersama-sama,” ucapnya.

Kegiatan ini sendiri rencananya akan diikuti oleh sekitar 150 peserta yang berasal dari anggota internal dan undangan.
 
“Kegiatan ini nantinya diikuti sekitar 150 peserta yang rinciannya adalah 88 orang yang merupakan perwakilan resmi dari masing-masing kota dan 70 orang merupakan peserta undangan,” ungkapnya.

Syarat sebagai peserta pertemuan adalah penggerak aktif, ataupun mendapat undangan dari NU Backpacker. “Juga bersedia mengikuti hingga selesainya acara, dan memiliki semangat silaturahim tinggi,” pungkas pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua IPNU Jateng ini. (Hanan/Ibnu Nawawi)