::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

NU Tiongkok Galang Dana Peduli Tsunami Selat Sunda

Jumat, 04 Januari 2019 09:00 Internasional

Bagikan

NU Tiongkok Galang Dana Peduli Tsunami Selat Sunda
Changchun, NU Online
Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Tiongkok melakukan penggalangan dana. Seluruh donasi diberikan kepada para korban tsunami yang terjadi di Selat Sunda beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara PCINU Tiongkok, PPIT Cabang Changchun, Permic, Permusim, Himma, IPMI Chongqing, LPB, dan Bait al-Muslihin Changzhou.

Nurwidiyanto, Ketua PCINU Tiongkok mengemukakan bahwa kegiatan sebagai wujud kepedulian kepada sesama yang membutuhkan. “Kegiatan semacam ini adalah bentuk kepedulian sesama manusia, terutama kepada yang membutuhkan pertolongan,” jelasnya pada NU Online, Rabu (2/1).

Ia melanjutkan, hingga akhir Desember 2018, total ada sebesar RMB 26.039,58 (Renminbi, mata uang resmi Republik Rakyat Tiongkok, red) atau jika dikurskan ada sekitar Rp 54.422.722,2. “Total donasi yang masuk melalui kegiatan ini sebesar RMB 26.039,58 atau sekitar Rp 54.422.722,2 jika dikonversi ke dalam rupiah,” ujarnya.

“Donasi tadi terkumpul melalui dua cara. Pertama melalui WeChat, ada sebesar 13.153,18. Kedua melalui Alipay sejumlah 12.886,40,” imbuhnya.

Pria yang merupakan dosen Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang ini mengatakan, donasi yang diterima sudah dan akan didistribusikan ke tiga tempat. Ketiganya adalah pesisir utara Banten yang meliputi Serang dan sekitarnya yang disalurkan melalui kerja sama dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Banten.

Untuk wilayah selatan Banten yang meliputi Pandeglang, Kecamatan Sumur, dan sebagainya, mereka bekerja sama dengan Yayasan Rumah Cahaya Pandeglang. “Total ada 120 paket yang sudah terdistribusi,” paparnya.

“Sedangkan untuk wilayah Lampung dan sekitarnya, kami bekerja sama dengan NU Care – LAZIZNU,” lanjutnya.

Widi mengatakan, setelah semua donasi tersalurkan, laporan akhir akan disampaikan melalui website resmi PCINU Tiongkok. “Laporan akhir donasi akan kami tampilkan di web PCINU Tiongkok (nutiongkok.com) setelah semua donasi tersalurkan,” jelasnya.

Dirinya berterima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta menyukseskan kegiatan ini. “Kami dari PCINU Tiongkok, PPIT Cabang Changchun, Permic, Permusim, Himma, IPMI Chongqing, LPB, dan Bait Al Muslihin Changzhou mengucapkan terima kasih, jazakumullahu ahsanal jaza,” pungkasnya. (Hanan/Ibnu Nawawi)