::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Di Pesantren Al-Falak, Kiai Ma’ruf Amin Kenang Ulama Jawa Barat

Sabtu, 05 Januari 2019 22:00 Nasional

Bagikan

Di Pesantren Al-Falak, Kiai Ma’ruf Amin Kenang Ulama Jawa Barat
Bogor, NU Online 
Mustasyar PBNU KH Ma'ruf Amin bersilaturahim ke Pondok Pesantren Al-Falak, Kampung Pagentongan, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Sabtu (5/1). 

Dalam kunjungan tersebut, Kia Ma’ruf berziarah ke makam KH Tubagus Muhammad Falak bin Tubagus Abbas, yang dikenal sebagai Mama Falak Pagentongan. Ziarah dipimpin oleh KH Agus Fauzan, cicit dari Mama Falak yang kini menjadi Ketua Yayasan Al-Falak Pagentongan. 

Usai berziarah, Kia Ma'ruf bercengkrama dengan Keluarga Pesantren Pagentongan, Pesantren Al-Musadaddiyah Garut dan Pesantren Al-Masturiyah Sukabumi. 

“Dulu dekat makam ada kali, saya pernah sowan beberapa kali kepada mama Falak. Beliau wafatnya usia 130 tahun ya?” tanyanya kepada keluarga Pesantren Pagentongan. 

Tentang Al-Musadaddiyah Garut, Kiai Ma’ruf juga punya kenangan tersendiri dengan. KH Anwar Musaddad, pendiri Pondok Pesantren Al Musaddadiyah Garut, yang pernah menjadi Wakil Rais Aam PBNU pada tahun 1979-1989. 

“Profesor Musaddad itu teman seperguruan ayah saya ketika di Mekkah. Sebetulnya di Bogor ini ada makam embah saya juga, KH Ahmad Matin. Saya ingin ziarah lagi, tapi karena rute kunjungannya berbeda, mungkin lain waktu,” katanya. 

Menurut KH Agus Fauzan, Kiai Ma’ruf merupakan bagian dari Keluarga Pesantren Pagentongan. Dalam sejumlah kesempatan, ia pernah mengisi pengajian Haul Mama Falak. 

“Waktu Pak Suryadharma jadi Menteri Koperasi, Kiai juga ngisi di haul Mama Falak,” ujarnya. (Tanmalika/Abdullah Alawi)