::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Pendidikan Berkualitas Jadi Fokus Program NU Ajibarang

Senin, 07 Januari 2019 22:00 Daerah

Bagikan

Pendidikan Berkualitas Jadi Fokus Program NU Ajibarang
Foto: Musykerancab MWC NU Ajibarang
Banyumas, NU Online
Di era revolusi industri sekarang ini, pendidikan tak sekedar lagi menjadi suatu kewajiban, melainkan sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Karenanya, layanan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat adalah salah tugas yang harus dilakukan oleh pengurus Jamiyyah NU.

Demikian dikatakan Zaenudin, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah ketika ditemui NU Online disela-sela kegiatan Musyawarah Kerja Anak Cabang (Musykerancab) MWC NU Ajibarang, Ahad (6/1) di SMP Ma'arif NU 2 Ajibarang.

"Pendidikan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat. Hak memperoleh pendidikan yang layak tentunya harus didapatkan oleh semua lapisan masyarakat. Dan tugas kita sebagai pengurus Jamiyyah NU adalah menyediakan layanan pendidikan yang baik kepada masyarakat," katanya.

Untuk mewujudkan hal ini, lanjutnya, MWC NU Ajibarang akan menyiapkan sistem pendidikan yang terintegrasi dengan baik dari semua jenjang  pendidikan NU di Kecamatan Ajibarang. Pendidikan ini pun jelasnya, terintegrasi mulai dari pendidikan non formal seperti pesantren, maupun pendidikan formal yakni sekolah atau madrasah.

Selain pendidikan, pengembangan masyarakat melalui program pemberdayaan ekonomi umat juga menjadi hal penting yang harus terus dilakukan oleh pengurus NU. Ini mengingat banyak sekali potensi warga NU yang belum dikembangkan secara optimal semisal di daerahnya banyak pengrajin gula jawa yang masih melakukan usaha secara individu dan tidak terorganisir dengan baik.

"Kami menginginkan NU bergerak ke hal yang lebih luas lagi, yaitu pemberdayaan umat, baik melalui pelatihan-pelatihan keterampilan, maupun melalui seminar kewirausahaan yang dilakukan melalui jalinan kerjasama dengan semua pihak," tambahnya.

Sedangkan untuk pengembangan internal organisasi, Zaenudin mendorong semua badan otonom dan lembaga di bawah naungan NU Ajibarang dapat saling bersinergi dalam program maupun dalam gerakan.

Sinergitas yang terjalin antara pengurus NU, lembaga dan badan otonom menurut pria asal Desa Tipar Kidul Ajibarang itu sangat penting dilakukan demi kemajuan bersama. Sinergitas ini akan menjadikan program dapat dilaksanakan lebih efektif dan tidak terjadi tumpang tindih.

"Jika semuanya sudah saling bersinergi dengan baik, maka semua program kerja yang dilakukan akan lebih mudah  untuk direalisasikan," pungkas Kepala SMK Ma'arif NU 1 Ajibarang ini. (Kifayatul Ahyar/Muhammad Faizin)