::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Karya Siswa YPM 1 Taman Sidoarjo Pukau Ribuan Wali Murid

Senin, 14 Januari 2019 09:00 Daerah

Bagikan

Karya Siswa YPM 1 Taman Sidoarjo Pukau Ribuan Wali Murid
Sidoarjo, NU Online
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma'arif (YPM) 1 Taman Sidoarjo, Jawa Timur menggelar Open House dan Pameran Karya Cipta Siswa-siswi SMK YPM 1 Taman. Baru tahun ini, pameran karya siswa dilaksanakan dengan meriah dan diikuti dengan penuh antusias.

Panitia penyelenggara Moh Nasir mengatakan, para siswa telah menyiapkan karyanya sebaik mungkin. Mereka pun memanfaatkan waktu liburan dengan mengerjakan karya dari masing-masing jurusan di SMK YPM 1 Taman Sidoarjo.

"Kegiatan open house ini dilaksanakan dalam rangka memperlihatkan karya cipta dan hasil praktikum siswa-siswi SMK YPM 1 Taman Sidoarjo, serta dalam upaya penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2019/2020," kata Nasir, Ahad (13/1).

Pameran ini diikuti siswa-siswi SMK YPM 1 Taman mulai dari jurusan teknik instalasi tenaga listrik, teknik pemesinan, teknik komputer dan jaringan, teknik elektronika industri, dan teknik pengelasan.

Selama kegiatan, panitia menyediakan 30 stan. Berbagai tropi dan medali pun juga dipamerkan guna memberi rasa bangga kepada wali murid atas prestasi yang telah diraih.

Pameran tersebut dipertontonkan kepada ribuan wali murid yang hadir di sekolah. Mereka sangat antusias dalam melihat hasil karya dan mengaku sangat bangga dengan karya cipta teknologi yang luar biasa.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman sekolah setempat itu mampu menampung ribuan wali murid yang hadir pada saat pameran. "Respons dari wali murid sangat baik, sampai-sampai ada yang memberi saran untuk alat yang diciptakan siswa  agar lebih baik lagi dalam penggunaannya,” katanya. Bahkan ada wali murid yang minta dibuatkan mesin perontok kedelai untuk usahanya di rumah, lanjutnya.

Sekolah berharap, melalui kegiatan ini lebih banyak lagi karya yang diciptakan siswa-siswi dan mampu membawa prestasi untuk sekolah dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. “Dan juga mampu menambah animo masyarakat untuk mendaftarkan putra-putrinya di SMK YPM 1 Taman Sidoarjo,” harapnya.

Adapun karya siswa-siswi yang ditampilkan di antaranya berbagai prestasi yang diraih sekolah, demo modul lift PLC, demo aplikasi autocad, mesin penyerut kelapa, mesin perajang bawang, demo modul traffic light, modul control berbasis PLC, demo modul electro Pneumatic.

Ada juga running text berbasis wireless, demo aplikasi master cam, demo Aplikasi Innventor, karya CNC miling dan turning, voip (telepon berbasis jaringan internet), antenna poin to poin, perakitan komputer, internet gateway, smart home, hingga smart garbage.

Ada pula demo las MIG, demo Las SM-AW, demo Las Acetylin, mesin pencacah ketel, box panel electrical, instalasi penerangan dan motor, animasi 3D, HMI dan PLC, fiber to the home (FTTH), smart Vase, smart Trash dan rol perekat sol sepatu. (Moh Kholidun/Ibnu Nawawi)