::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ketua NU Lebak: Ansor-Banser Harus Pastikan Ulama Aman

Senin, 14 Januari 2019 15:45 Daerah

Bagikan

Ketua NU Lebak: Ansor-Banser Harus Pastikan Ulama Aman
Lebak, NU Online
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Lebak, Banten, KH Saepudin Assadili menekankan kepada Ansor dan Banser untuk bisa membuat ulama aman dan nyaman. Menurutnya, sebagai organisasi pemuda yang lahir dari rahim NU, maka harus siap menghadapi berbagai peristiwa yang kerap menyerang ulama.

KH Saepudin menuturkan, belakangan terjadi upaya menyudutkan para kiai NU, termasuk ancaman yang berpotensi terjadi keretakan antar masyarakat. “Untuk itu, Ansor-Banser harus bisa membentengi hal tersebut agar tidak terjadi apapun kepada para ulama dan kiai,” katanya, Ahad (13/1).

Menurutnya, Banser dan Ansor harus ingat dengan asal muasal didirikan. “Banser maupun Ansor harus bisa membuat para ulama, kiai menjadi nyaman dan merasa aman," katanya.

Selain itu, lanjut KH Saepudin, Ansor-Banser harus mengenal ulama NU secara mendalam. “Sehingga saat bertemu dengan masyarakat, apa yang disampaikan kiai dapat disampaikan lagi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dalam pandangannya, Ansor-Banser adalah organisasi pemuda NU yang memiliki peran besar terhadap bangsa dan negara. Hampir di seluruh wilayah Indonesia keberadaan Ansor diperhitungkan masyarakat.

“Untuk itu, harus ada penguatan yang signifikan dari para pengurus NU agar Ansor-Banser tetap berjalan pada koridor yang sudah ditentukan oleh ajaran Islam Ahlusunnah wal Jamaah,” tegasnya.

Di Kabupaten Lebak, Ansor sangat dilirik masyarakat sebagai  organisasi pemuda yang aktif membantu dalam menyelesaikan persoalan. “Termasuk menggerakan pemuda untuk tetap setia membela tanah air,” katanya.

Namun, semakin majunya Ansor di Kabupaten Lebak, tantangannya semakin besar yakni menjaga kiai NU yang terkena fitnah dan ancaman. “Untuk itu, sudah selaiaknya Ansor-Banser menjaga kiai dan ulama NU agar tidak menghalangi dakwah para ulama tersebut,” tandasnya. (Abdul Rahman Ahdori/Ibnu Nawawi)