::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Pagar Nusa Harus Hadir di Masyarakat

Senin, 14 Januari 2019 22:00 Daerah

Bagikan

Pagar Nusa Harus Hadir di Masyarakat

Jember, NU Online
Pagar Nusa tidak boleh ketinggalan dari institusi silat yang lain. Sebab, NU yang merupakan induk  Pagar Nusa, mempunyai massa cukup besar.  Sehingga Pagar Nusa tidak akan pernah kekurangan pesilat jika rekruitmennya dilakukan dengan sungguh-sungguh. Hal tersebut diungkapkan Ketua PCNU Jember, KH Abdullah Syamsul Arifin saat memberikan pengarahan dalam Harlah Pencak Silat Pagar Nusa ke-33 & Pengesahan Pelatih Baru 2019 di halaman Kantor PCNU Jember, Ahad (13/1).

Menurutnya, secara kultural  pencak silat memang tidak asing di kalangan warga NU. Dulu, di desa-desa pencak silat begitu digandrungi masyarakat. Bahkan banyak kelompok silat mengadakan semacam arisan yang isinya adalah atraksi silat.  Sehingga pencak silat tampak hidup.

“Karena itu, kami berharap agar Pagar Nusa terus merekrut anggota sebanyak mungkin agar kemeriahan pencak silat seperti yang sudah-sudah, bisa terulang lagi,” jelasnya.

Walaupun bidang garapannya adalah olah raga bela diri, namun  Gus Aab, sapaan  akrabnya, berharap agar Pagar Nusa selalu hadir dalam kehidupan masyarakat. Ketika warga menghadapi kesulitan,  maka pesilat Pagar Nusa tidak boleh tinggal diam. Tapi harus bergerak untuk mencari solusi bagi  kesulitan yang dihadapi masyarakat.

“Misalnya ada bencana, tolong Pagar Nusa turun. Ada warga tertimpa  musibah, Pagar Nusa harus ambill  inisiatif untuk membantu,” ucapnya (Red: Aryudi AR)