::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Hadapi Tantangan Berat, Madrasah Harus Miliki Daya Saing

Senin, 21 Januari 2019 22:00 Daerah

Bagikan

Hadapi Tantangan Berat, Madrasah Harus Miliki Daya Saing
Pengukuhan Pengurus Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) Jepara
Jepara, NU Online
Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah H Nor Rosyid mengajak seluruh elemen madrasah di wilayahnya untuk terus berupaya dan berkomitmen lebih memajukan serta meningkatkan kualitas madrasah dalam rangka menghadapi tantangan masa depan.

"Kualitas pendidikan harus semakin ditingkatkan dan tidak boleh jalan di tempat," kata pria asal Kudus ini usai mengukuhkan Pengurus Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) 02 periode 2019-2023 yang berlangsung di aula gedung LP Maarif NU Jepara, Senin (21/1).

Menurutnya saat ini persaingan semakin kompetitif sehingga setiap madrasah harus memiliki daya saing baik dengan sesama madrasah maupun dengan sekolah umum. Sehingga diperlukan kekompakan dengan menjaga komunikasi dan koordinasi di antara elemen madrasah.

Komunikasi antar elemen madrasah lanjutnya, tidak boleh terganggu oleh berbagai faktor baik dari dalam maupun dari luar. Ia menyontohkan, jangan sampai terjadi perpecahan dalam madrasah hanya karena beda pilihan politik.

"Di tahun politik ini harus rukun dengan kiai dan dengan siapa pun. Walau beda politik. Setelah selesai ya selesai. Kalo bertengkar ya tidak selesai-selesai," katanya seraya mengajak elemen madrasah untuk bersatu dan rukun di tahun politik.

Sementara Ketua KKMA 02 Sarwadi mengatakan, setelah kepengurusan yang dipimpinnya dikukuhkan, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan KKMA 01 utamanya terkait dengan kebijakan pemerintah. Berbagai kekurangan madrasah di wilayahnya saat ini menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Dengan ini lanjutnya, kualitas madrasah akan semakin baik dan madrasah bisa menjadi alternatif utama para orang tua untuk menyekolahkan putra-putrinya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PCNU KH Hayatun Abdullah Hadziq dan Ketua LP Maarif NU Jepara Fatkhul Huda. (Syaiful Mustaqim/Muhammad Faizin)