::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ratusan Banser Brebes Disiapkan dalam Sishankamrata

Senin, 04 Februari 2019 18:52 Daerah

Bagikan

Ratusan Banser Brebes Disiapkan dalam Sishankamrata
Brebes, NU Online 
Sebanyak 120 Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di Kecamatan Banjarharjo Brebes mendapat didikan dari Babinsa Cihaur Serka Suyitno dan Serda Sulis Kurniawan dari Koramil 14 Banjarharjo pada Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Ansor di halaman MTS Al-Falah Cihaur, Banjarharjo, Brebes, Ahad (3/2).

Menurut Suyitno, apa yang dilakukannya adalah upaya prajurit di TNI Kodim 0713 Brebes dalam penggalangan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). 

“Setiap warga negara mempunyai kewajiban dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia termasuk Banser Ansor,” kata Suyitno.

Disampaikan Suyitno, kegiatan PKD dan Diklatsar juga bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat. Khususnya Ansor, bisa ikut ambil jatah membantu tugas TNI melalui pendekatan persuasif, edukatif, dan partisipatif. 

“Sewaktu-waktu, Banser dan Ansor dapat kita gerakan guna membantu masyarakat lainnya di wilayah Kabupaten Brebes. Semisal penanganan bencana alam, pengamanan Pemilu, mata dan telinga petugas dalam mengantisipasi terorisme serta menjaga kondusifitas wilayahnya sendiri,” tegasnya.

Ketua Panitia M Tamrin menyatakan perlunya masyarakat mewarisi sifat-sifat nasionalisme untuk menyelamatkan NKRI yang berpenduduk 265 juta jiwa. (Wasdiun/Abdullah Alawi)