::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Berkah Koin NU Angkat Kesejahteraan Warga Bukit Kapur Grobogan

Jumat, 08 Februari 2019 07:00 Pemberdayaan

Bagikan

Berkah Koin NU Angkat Kesejahteraan Warga Bukit Kapur Grobogan
Penyaluran Koin NU Mrisi, Tanggungharjo, Grobogan
Grobogan, NU Online
Kebermanfaatan program Kotak Infak (Koin) NU juga dirasakan masyarakat Grobogan, Jawa Tengah. Di Desa Mrisi, Kecamatan Tanggungharjo, program nasional dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di bawah koordinasi NU Care-LAZISNU ini memberikan keceriaan bagi anak yatim piatu. Selai itu Koin NU juga mampu mengangkat perekonomian warga setempat.

"Keceriaan itu antara lain terlihat saat mereka menerima santunan tersebut di halaman Gedung MTs Salafiyah Desa, Mrisi, Sabtu 2 Februari 2019 yang lalu," kata Ketua UPZISNU Ranting Mrisi, Ahmad Taufiq Ma’sum, Kamis (7/2) malam.

Ia menyebutkan UPZISNU Ranting Mrisi bersama NU dan badan otonomnya menyalurkan bantuan senilai total Rp20 juta. "Untuk santunan anak yatim diberikan langsung pada saat acara santunan, sedangkan untuk dhuafa diantar langsung oleh petugas ke rumah masing-masing," rincinya.

Taufiq juga mengungkapkan, program Koin NU di Desa Mrisi mendapat sambutan positif dari warga. Kotak Koin NU kini telah diterima hampir semua warga di lereng bukit kapur ini. Terdapat 1.192 kotak Koin yang tersebar merata di pedukuhan di Mrisi. "Jumlah kotak Koin NU di Mrisi  terbanyak di Kecamatan Tanggungharjo," sambung Taufiq.

Keberhasilan program Koin NU di Mrisi, lanjutnya, tak lepas dari dukungan pengurus NU, serta banom-banomnya. Program ini juga telah mendapat persetujuan dari seluruh lapisan masyarakat dari Pemerintah Desa, BPD, LPMD, RW, RT dan tokoh masyarakat.

Sementara itu, Ketua NU Ranting NU Mrisi, Kiai Machali menyampaikan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Mrisi atas dukungan dan partisipasi menyukseskan Koin NU. Menurutnya setiap kebijakan dan keputusan terkait pelaksanaan program Koin NU akan dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan perwakilan kelembagaan dan tokon masyarakat.

Dia juga memberikan apresiasi kepada Pengurus UPZISNU yang sebagian besar merupakan tokoh Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Fatayat NU. Kiai Machali menilai para generasi muda NU ini  sangat memiliki komitmen kuat dalam mengelola dana Koin NU. (Kendi Setiawan)