::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Berkunjung ke Pesantren Darul Ulum, UAS: Hargai Proses

Ahad, 10 Februari 2019 16:30 Nasional

Bagikan

Berkunjung ke Pesantren Darul Ulum, UAS: Hargai Proses
Ustadz Abdus Shomad
Jombang, NU Online
Beberapa hari ini, silaturahmi Ustadz Abdus Shomad (UAS) ke beberapa kiai kharismatik Nahdlatul Ulama (NU) dan pesantren di tanah Jawa menjadi perhatian sendiri masyarakat. Begitu juga saat silaturahminya di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kedatangan UAS disambut oleh Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum dan ribuan santri putra dan putri serta jamaah pencinta UAS. Mereka tampak antusias mendengarkan ceramah dari da’i asal Riau ini.

Dalam kesempatan tersebut, UAS menyampaikan tentang pentingnya menghargai sebuah proses menuju kesuksesan. Sabar melewati proses membuat manusia tidak iri pada kesuksesan orang lain. 

Sabar menurutnya bermakna dengan senang hati memenuhi segala kewajiban dalam berproses, tanpa merasa letih, lelah apalagi putus asa. Kalau hanya melihat pada hasil, maka manusia tersebut akan suka memotong proses.

“Kebanyakan kita hanya melihat pada hasil tanpa memperhatikan suka-duka dalam berproses,” katanya.

Dalam menjalani proses, manusia juga tidak boleh lupa dengan Allah SWT. Hal ini karena Allah lebih paham sesuatu yang pantas bagi makhluk-Nya. Karena ketidaksabaran dalam menjalani proses, orang sering menyalahkan Allah dan orang lain.

“Akibatnya kalau kita tidak menikmati proses maka kurang semangat, kurang gigih bahkan kurang sabar dalam berproses. Akhirnya berprosesnya gagal dan tidak dapat apa-apa,” tandas UAS. (Syarif Abdurrahman/Muhammad Faizin)