::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

MUNAS KONBES NU 2019

Pembahasan RUU Permusikan Diharapkan Lebih Rinci

Senin, 11 Februari 2019 16:50 Munas-Konbes NU 2019

Bagikan

Pembahasan RUU Permusikan Diharapkan Lebih Rinci
Jakarta, NU Online
Rancangan Undang-Undang Permusikan direncanakan akan menjadi salah satu bahasan di Munas-Konbes NU pada akhir Februari 2019. Untuk itu, pengajar pada Ikatan Kesenian Jakarta (IKJ), Donny Satryowibowo, ia meminta rancangan ini lebih dirincikan.

"Kalau mau dibikin (RUU Permusikan), mbok ya dibikin lebih detil lagi, dengan melibatkan semua pihak," kata Donny Satryowibowo dalam acara Focus Grup Discussion pada Pra-Munas Konbes 2019 NU di Gedung PBNU lantai 5, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Senin (11/2).

Pendalaman ini diperlukan mengingat musik di Indonesia memiliki kerumitan tersendiri yang berbeda dengan musik lain. Bahkan menurutnya, beberapa daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing yang berbeda. "Melihat kerumitan, RUU Permusikan lebih didalami lagi dan diluaskan lagi," pungkasnya.

Menurutnya, musik merupakan pembahasan yang sangat luas sehingga tidak bisa terlalu disederhanakan. Apalagi menurutnya, Indonesia merupakan negara yang memproduksi musik dengan jumlah yang banyak.

RUU Permusikan sendiri sedang ramai dibicarakan setelah didorong dan diangkat di berbagai media, dan diusulkan oleh anggota DPR RI Anang Hermansyah. (Syakir NF/Ahmad Rozali)