::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kegiatan Manaqib Ikut Dongkrak Ekonomi Umat

Selasa, 12 Februari 2019 11:00 Daerah

Bagikan

Kegiatan Manaqib Ikut Dongkrak Ekonomi Umat
Kegiatan manaqib di Ketanggungan Brebes
Brebes, NU Online
Rutinan Pengajian Ahad Legi Manaqib Syekh Abdul Qodir Jaelani yang digelar MWC NU Ketanggungan Brebes Jawa Tengah berhasil mendongkrak ekonomi umat. Terbukti, dari Infaq massal terkumpul dana umat mencapai Rp37.430.000 dalam satu kali kegiatan. Di area penyelenggaraan pun UMKM tumbuh subur dengan transaksi perputaran uang yang cepat.

"Alhamdulillah dari Infaq massal yang didapat mencapai Rp37.430.000, semoga bermanfaat untuk kemaslahatan umat," tutur Rois Ranting NU Kubangsari, Ketanggungan KH Abdul Wahid saat mengumumkan hasil infaq di hadapan 20 ribu jamaah yang hadiri manaqib di perempatan desa Kubangsari, Ahad (10/2)

Kiai Wahid bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh banom NU yang telah bersatu,  kompak bahu membahu menyukseskan Manaqib. "Semoga desa kita terlimpahkan berkah dan menjadi wasilah untuk tolak bala, sebab ketika di mana suatu umat berkumpul menjadi satu, bermunajat meminta ampun pertolongan Allah SWT, maka dari salah satunya akan dikabulkan," ucap Kiai Wahid.

Dia berharap, dengan manaqib bisa mempersatukan warga NU dari berbagai unsur, baik yang kaya, miskin, pejabat, rakyat, petani,   pedagang, dan lain-lainnya. 

Sekretaris MWC NU Ketanggungan Kiai Fadholi HM kepada NU Online, Senin (11/2) menjelaskan, Manaqib sudah berlangsung selama 4 tahun dan selalu dihadiri tidak kurang dari dua puluh ribu nahdliyin berlangsung semarak. 

"Februari ini, manaqib yang bergilir ke ranting ranting sudah berlangsung 4 tahun. Alhamdulillah dengan acara ini warga NU di Kecamatan Ketanggungan makin kompak dan antusias untuk menyemarakkan syiar-syiar Aswaja. Karena manaqiban adalah amaliyahnya nahdliyin, maka harus kita lestarikan meskipun banyak yang ngomong bid'ah, musyrik dan lain sebagainya gak usah digubris," pesan Kiai Fadloli.

Kiai Fadloli menukil hadits Rasulullah "Barang siapa yang menunjukan atau melakukan hal yang baik, maka pahalanya akan sebanyak orang yang mengikutinya". Dan manaqiban adalah acara yang baik, di mana umat berkumpul menjadi satu, bermunajat bareng kepada Allah. Memohon ampunan dan menceritakan orang-orang Sholeh adalah hal baik.

Pengajian manaqib kali ini spesial, karena sekaligus memperingati hari lahir ke-93 NU tingkat kecamatan Ketanggungan. Saat itu juga diumumkan hasil infaq dari Tahlil Massal Warga NU se-Kecamatan Ketanggungan dalam rangka Harlah ke-93 NU oleh Koordinator tahlil masal Ustadz Ikhsan mendapatkan Rp 77 juta.

"Insyaallah dananya untuk membantu Pembangunan Gedung MWC NU Ketanggungan yang berlokasi di jalan lingkar Ketanggungan-Padakaton," pungkas Ikhsan. (Wasdiun/Muiz)