::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

RAKORNAS NU CARE-LAZISNU 2019

Sekjen PBNU: Bangun Solidaritas melalui Zakat

Sabtu, 16 Februari 2019 02:00 Nasional

Bagikan

Sekjen PBNU: Bangun Solidaritas melalui Zakat
Sekjen PBNU A Helmy Faishal Zaini pada Rakornas NU Care-LAZISNU 2019 (foto: Ahmad Sofyan)
Sleman, NU Online
Sekretaris Jenderal PBNU, H Ahmad Helmy Faisal Zaini mengatakan zakat dapat membangun solidaritas dan menumbuhkan rasa kebersamaan.

"Melalui zakat akan terbangun solidaritas sosial, bagaimana kita menumbuhkan rasa kebersamaan dan bisa membuat gerakan yang berjamaah dari pusat hingga anak ranting," kata Sekjen Helmy ketika memberikan pengantar Rakornas NU Care-LAZISNU di Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro, Sleman, Yogyakarta, Jumat (15/2).

Salah satu potensi yang dapat dikembangkan untuk melakukan pemberdayaan adalah dengan basic voluntary (kesukarelaan) yang dimiliki melalui zakat. "Bagaimana cara para mustahik, menjadi muzaki, mereka orang yang telah berdaya secara ekonomi," terangnya.

Ia menilai dalam beberapa waktu ini NU Care-LAZISNU mengalami perkembangan yang signifikan. Hal itu menjadi teladan bagi lembaga lainnya di NU.

"Lembaga yang menjadi teladan adalah LAZISNU," ujarnya.

Helmy juga mengatakan Rakornas NU Care-LAZISNU yang mengambil tema Energy Of Zakat: Berkhidmat Membangun Arus Baru Ekonomi Umat adalah hal yang sangat tepat.

Helmy juga mengatakan bahwa manusia mempunyai misi-misi kemanusiaan yakni membebaskan masyarakat dari dua hal. "Pembebasan manusia terhadap dua hal, yakni bebas dari rasa lapar, dan ketakutan," tegasnya lebih lanjut.

Ia mengimbau untuk menghadapi era 4.0, warga Nahdlatul Ulama dituntut untuk kreatif dan mengikuti perkembangan teknologi. 

"Kelompok lain sudah mengawali infak, sedekah di masjid, hanya menggunakan bardcode. Alhamdulillah kini PBNU juga memiliki  payment gateway yang berupa NU Cash. Jadi saat ini kita bisa melakukan bayar zakat, beli pulsa, iuran melalui kanal yang kita miliki," terang Helmy.

Pada kesempatan tersebut Sekjen Helmy juga mengajak pengurus NU Care-LAZISNU untuk mengunduh aplikasi NU Cash, dan meminta mereka menularkan kepada Nahdliyin. (Rifatus Zuhro/Kendi Setiawan)