::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Dulu Wilayah ISIS Seluas Negara Inggris, Kini Tinggal 700 Meter

Ahad, 17 Februari 2019 15:30 Internasional

Bagikan

Dulu Wilayah ISIS Seluas Negara Inggris, Kini Tinggal 700 Meter
Ilustrasi ISIS. Foto: Reuters
Baghouz Al-Fawqani, NU Online
Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengendalikan sepertiga wilayah Irak dan sepertiga wilayah Suriah pada akhir 2014 silam. Jika digabung, maka luas wilayah kekuasaan kelompok ISIS pada saat itu sama dengan luas negara Inggris (sekitar 130.395 km²). Pada saat itu, ISIS dilaporkan memerintahkan delapan hingga sembilan orang di dalam wilayah kekuasannya itu. 

“(Wilayah) negara yang dikuasasi ISIS seluas Inggris. Memiliki sekitar delapan atau sembilan juta orang di dalamnya,” kata Joshua Landis pakar Suriah dan direktur dari University of Oklahoma Center for Middle East Study, dilansir laman Alarabiya, Jumat (28/11/2014).

Namun kondisi ISIS berubah total setelah lima tahun berlalu. Kini mereka terjepit setelah digempur banyak pihak. Merujuk laporan edition.cnn.com, Sabtu (16/2/2019), komandan pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung Amerika Serrikat mengungkapkan kalau saat ini kelompok ISIS hanya mengontrol wilayah di Suriah seluas 700 meter persegi. 

Dalam beberapa pekan terakhir, pasukan SDF melancarkan serangan untuk mengusir militant ISIS yang tersisa di Baghouz Al-Fawqani, sebuah kota kecil di bagian timur Suriah. Selain mengusir militant ISIS, SDF juga memiliki misi untuk membebaskan tahanan yang ditahan ISIS. 

“Beberapa orang mungkin terkejut Baghouz belum jatuh, tapi penembakan telah berhenti. Kami bergerak dengan hati-hati karena ada ribuan warga sipil ditawan sebagai perisai manusia,” kata Chia Kobani, kepala operasi untuk SDF.

Kobani mengaku yakin kalau dalam beberapa hari ke depan ISIS akan bisa dikalahkan secara total. Dia tidak akan menghentikan kehadiran militer meski ISIS sudah dikalahkan nantinya. Menurutnya, nantinya militer itu akan difungsikan untuk mengamankan wilayah dan kehidupan masyarakat. 

Kobani tidak memberikan informasi rinci tentang berapa jumlah militant ISIS dan warga yang saat ini berada di Baghouz Al-Fawqani, kantong ISIS terakhir. Sebelum serangan terakhir dimulai, SDF memperkirakan bahwa ada 1500 warga dan 500 militan ISIS. Namun, ketika serangan sudah dilaksanakan, maka menjadi jelas kalau jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi. (Red: Muchlishon)