::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Cara Menghafal Al-Qur’an adalah Selalu Mengulang Bacaan

Jumat, 01 Maret 2019 14:30 Daerah

Bagikan

Cara Menghafal Al-Qur’an adalah Selalu Mengulang Bacaan
Kota Banjar, NU Online
Ibadah yang sangat utama adalah membaca, serta mengajarkan Al-Qur’an. Hal tersebut berdasarkan hadits dan diingatkan Nyai Hj Dairotul Hasanah Alhafidzah kepada NUOnline, Jumat (1/3).

Menurut istri KH Munawir Ar yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar ini, banyak tujuan dari menghafal ayat-ayat dalam kitab suci. “Tujuan menghafal Al-Qur’an itu agar kita selalu membacanya,” ungkapnya.

Perempuan asal Klaten yang merupakan lulusan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta tersebut juga selalu membimbing sejumlah santriwati untuk menghafal Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam menghafal yaitu dengan membaca berulang-ulang atau mudawamah. 

Dirinya juga selalu berpesan kepada santrinya agar selau sabar dalam menghafal Al-Qur’an. “Karena menghafal tidak mudah. Untuk menghilangkan kesulitan tersebut maka yang harus selalu dilakukan adalah membacanya berulang-ulang atau mudawamah,” jelasnya. 

Perempuan yang dikaruniai delapan anak ini selalu mengingatkan bahwa banyak kelebihan yang dimiliki bagi mereka yang menjadi penghafal Al-Qur’an. “Penghafal Al-Qur’an mayitnya akan utuh dalam kubur,” tandasnya. (Siti Aisyah/Ibnu Nawawi)