::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Hadang Radikalisme, LDNU Jember Gelar Silaturahim Lintas Masjid

Ahad, 10 Maret 2019 10:30 Daerah

Bagikan

Hadang  Radikalisme, LDNU Jember Gelar Silaturahim Lintas Masjid
Koordinator Advokasi Pendampingan Warga PC LDNU Jember, Ustadz Moch. Kholili.

Jember, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jember, Jawa Timur memastikan bakal menggelar silaturahim lintas masjid  guna menguatkan basis Islam Ashlussunnah wal Jamaah (Aswaja). Penguatan tersebut dikandung maksud  untuk membentengi warga dari penyusupan sekaligus propaganda gerakan radikal. Sebab, jika ghirah atau semangat Aswaja kuat, maka berfungsi sebagai imunisasi warga terhadap serangan proaganda gerakan radikal dan sejenisnya.

“Jadi cara kita menghadang masuknya gerakan yang tidak  sepaham dengan budaya nusantara itu, adalah memperkuat budaya lokal, memperkuat tradisi Aswaja,” kata Koordinator Advokasi Pendampingan Warga PC LDNU Jember, Ustadz Moch. Kholili di Jember, Sabtu (9/3) malam.

Menurut Ustadz Kholili, silaturahim antarmasjid itu sudah  dibicarakan dengan sejumlah takmir masjid di wilayah Jember kota belum lama ini. Hasilnya, LDNU  akan memperluas silaturahim untuk masjid-masjid di perkotaan dan sekitarnya.

“Kami sudah mengawali silaturahim di Masjid Ajung, belum lama ini,” jelasnya.

Aktifis migrant care itu menambahkan, pihaknya mendeteksi gerakan radikal  menyusup melalui beberapa cara, di antaranya adalah pengajian-pengajian yang dibungkus dengan bahasa-bahasa Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) yang memang familiar di telinga masyarakat.

“Padahal isinya banyak meprovokasi jamaah agar tidak mengikuti amalan NU, yang nota bene sudah mendarah daging di masyarakat,” pungkasnya. (Aryudi AR)