::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Santri Milenial Harus Produktif dan Terampil di Era Digital

Jumat, 15 Maret 2019 18:00 Daerah

Bagikan

Santri Milenial Harus Produktif dan Terampil di Era Digital
Pelatihan BLK Al Falah Lampung Tengah

Lampung Tengah, NU Online
Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Teluk Dalem Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah, KH Imam Muhayat mengingatkan bahwa selain mumpuni dalam bidang ilmu agama, para santri milenial juga harus memiliki keterampilan (skill) dan menguasai berbagai bidang keilmuan di era digital.

"Selain menguasai isi dari kitab kuning, dan selesai mengaji ilmu agama di pesantren ini, kedepan santri harus mempunyai skill yang bermanfaat di masyarakat. Santri milenial hari ini harus produktif," katanya pada pembukaan pembekalan program kejuruan otomotif sepeda motor bagi santri dan pemuda setempat, di Aula Balai Latihan Kerja Komunitas Al Falah Lampung Tengah, Kamis (14/3) siang.

Oleh karena itu lanjutnya, para santri dan pemuda yang mengikuti kegiatan tersebut harus benar-benar memaksimalkan diri menggali ilmu dan skill terkait otomotif. Kemampuan otomotif menurutnya sangat penting dikuasai karena saat ini merupakan era revolusi industri 4.0 di mana kemampuan di bidang teknologi sangat dibutuhkan.

"Ikutilah pelatihan otomotif sepeda motor ini dengan serius," tegas Kiai Muhayat.


Foto: Peserta Pelatihan di BLK Al Falah Lampung Tengah

Pentingnya pengasaan skill berbagai disiplin ilmu oleh para santri inilah yang kemudian menjadikan pemerintah melakukan terobosan luar biasa melalui pendirian Badan Latihan Kerja (BLK) di pesantren.

“Inilah bentuk perhatian serius pemerintah Bapak Joko Widodo kepada dunia pesantren, dalam hal ini leading sector-nya adalah Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemenaker RI),” terangnya.

Sementara Direktur BLK Komunitas Al Falah Lampung Tengah Sukiyatno, menjelaskan, pelatihan ini diselenggarakan sebanyak enam gelombang untuk enam bulan ke depan. Per gelombang terdiri 16 peserta selama satu bulan.

"Pendaftaran gratis, pelaksanaan pelatihan hari Senin-Sabtu. Konsentrasi pelatihan program kejuruan otomotif sepeda motor," rincinya.

Bagi warga Lampung Tengah dan sekitarnya yang ingin mengikuti pelatihan dipersilahkan mendaftarkan diri dengan menghubungi Sukiyatno HP 082176442220 dan M. Thoifur HP 085269437658.

Berikut jadwal pelatihan BLK Komunitas Al Falah Lampung Tengah tahun 2019:
Gelombang 1 : 14 Maret – 20 April.
Gelombang 2 : 25 April – 31 Mei.
Gelombang 3 : 20 Juni – 24 Juli.
Gelombang 4 : 1 Agutus – 5 September.
Gelombang 5 : 12 September – 16 Oktober.
Gelombang 6 : 24 Oktober – 28 November.
(Akhmad Syarief Kurniawan/Muhammad Faizin)