::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ketua Ma’arif NU Bondowoso Pantau Pelaksanaan UNBK

Senin, 25 Maret 2019 14:00 Daerah

Bagikan

Ketua Ma’arif NU Bondowoso Pantau Pelaksanaan UNBK
Ketua PC LP Ma'arif NU Bondowoso memantau UNBK di SMK NU Tenggarang
Bondowoso, NU Online
Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK serentak akan berlangsung Senin hingga Kamis (25-28/3). Karenanya, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur melakukan pemantauan atau monitoring.    

Kali ini kunjungan dilakukan Ketua PC LP Ma’arif NU Bondowoso, Mohammad Mazuqi ke Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama (SMK NU) Tenggarang. Kepala sekolah setempat, Daris Wibisono Setiawan menerima dengan didampingi Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Muhammad Susanto. 

“Saya merasa bahagia bisa melihat anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi bisa tampak berwibawa di depan laptop sambil mengerjakan soal-soal ujian dengan tenang dan wajah bahagia,” kata Marzuqi, Senin (25/4) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Marzuqi berpesan kepada SMK NU Tenggarang untuk terus berupaya menjadi pembeda dengan sekolah lain.

“Saya berharap SMK NU Tenggarang tetap menjadi sekolah yang gratis sampai lulus,” harapnya. Tidak hanya itu, juga membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi anak kurang mampu untuk bisa sekolah dengan gratis, lanjutnya.

Karena dalam pandangannya, memberikan pendidikan terbaik akan turut menentukan masa depan peserta didik. “Semua demi masa depan mereka,” ungkapnya. 

Namun demikian, dirinya berharap agar sekolah ini tetap menjaga mutu. “Walaupun gratis, jangan lupa jaga terus kualitas,” pintanya.

Dirinya juga berharap dengan bekal kompetensi vokasional yang telah diberikan kepada siswa, menjadi bekal terbaik. “Sehingga mereka mampu bersaing di dunia kerja,” katanya. 

Hal tersebut berlaku bagi lulusan yang langsung ingin kerja. “Dan bagi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi jangan khawatir, ke depan akan banyak beasiswa,” urainya.

Daris Wibisono Setiawan bersyukur karena di sekolahnya ada 49 siswa yang mengikuti ujian. Dan  semua sudah menggunakan laptop, tidak lagi menggunakan komputer.

"Ada 29 laptop yang kami sediakan," ucapnya

UNBK ada dua sesi, pertama dimulai pukul 07:30 hingga 09:30 WIB dan kedua pukul 10:30 sampai 12:30 WIB. “Alhamdulilah, bisa dikatakan kalau di sini bukan UNBK tapi UNBL atau Ujian Nasional Berbasis Laptop,” canda Daris sambil tertawa.  

Pantauan NU Online, UNBK di sekolah ini berjalan lancar dan tenang. Meskipun merupakan sekolah gratis sampai lulus, sejak lama pihak sekolah mampu melaksanakan ujian nasional secara mandiri.

SMK yang berada di bawah naungan PC LP Ma’arif NU Bondowoso adalah SMK NU Tenggarang, SMK NU 02 Tlogosari dan SMK NU 03 Sukosari.

Dalam pelaksanaan monitoring, Ketua PC LP Ma’arif NU memberikan instrumen pelaksanaan ujian nasional yang harus diisi dan dibawa lagi sebagai bahan evaluasi. (Ade Nurwahyudi/Ibnu Nawawi)