::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Empat Hal Kunci Sukses Pemuda Islam Zaman Now

Selasa, 26 Maret 2019 16:30 Daerah

Bagikan

Empat Hal Kunci Sukses Pemuda Islam Zaman Now

Jombang, NU Online
Ketua Pengurus Wilayah (PW) Rabithah Maahid Islamiyah (RMI NU) Jawa Timur,  KH Muhammad Zaki Hadzik menyebutkan empat hal kunci kesuksesan pemuda muslim dan Indonesia di masa depan. Keempat hal tersebut adalah, pertama,  berkarakter baik, kedua berilmu, ketiga kreatif dan inovatif, dan keempat tidak pernah merasa gengsi.

Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Putri Al- Masruriyah Tebuireng tersebut,  bila empat hal itu sudah tertanam kuat dalam diri pemuda Islam dan Indonesia,  maka mereka  bisa bersaing dalam mengarungi kehidupan di tengah gelombang persaingan yang kian tajam.

"Jika salah satu dari yang empat itu hilang dari diri pemuda , maka ia akan menjadi pribadi yang mandeg (berhenti), dan tidak pernah bergerak maju. Ketika kita tidak bergerak maju maka akan tergilas oleh pemuda yang hidupnya penuh ilmu, semangat dan kreatifitas," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Gus Zaki ini menambahkan, empat hal tersebut sudah tertanam dalam diri para pahlawan nasional, tokoh besar dan pendiri Nahdlatul Ulama. Makanya mereka lebih maju dibanding yang lain.

"Empat hal ini jika kita teliti maka ditemukan dalam guru-guru kita, muassis Nahdlatul Ulama seperti KH Hasyim Asy'ari, KH Wahid Hasyim dan KH Abdurrahman Wahid," jelasnya.

Dikatakanya, saat ini para pemuda masih banyak yang tidak memiliki karakter sesuai yang dicontohkan Rasulallah. Sehingga dalam bermasyarakat ia berkembang mengikuti arus saja. Selain itu, masih banyak juga pemuda Islam yang mendahulukan gengsi dalam bekerja dan berkarya.

"Mari kita muhasabah (introspeksi diri) apakah empat hal ini tertanam dalam diri kita. Jika belum maka segera perbaiki agar kita menjadi pemuda unggul," tandas Gus Zaki. (Syarif Abdurrahman/Aryudi AR)