::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Lancarnya Pelaksanaan UNBK di Pesantren Darul Ulum Jombang

Senin, 08 April 2019 19:30 Daerah

Bagikan

Lancarnya Pelaksanaan UNBK di Pesantren Darul Ulum Jombang
MAN 2 Jombang di Pesantren Darul Ulum, Peterongan.
Jombang, NU Online
Setelah jeda tiga hari, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas dilanjutkan kembali hari ini. Termasuk di MAN 2 Jombang yang berada di Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Peterongan, Jombang, Jawa Timur.

Dalam pantauan NU Online di laboratorium komputer (labkom) nampak peserta ujian duduk rapi, menghadap layar CPU (Central Processing Unit). Suasana hening sesekali diselingi suara mouse dalam genggaman jemari tangan peserta. 

Hal tersebut menandakan mereka yakin dengan pilihan jawaban. Namun ada juga yang pandanganya menatap layar datar dengan penuh kecermatan, berhati-hati dan penuh keyakinan. Mereka berikhtiar memilih jawaban yang dianggap paling benar.

"Hari ini adalah terakhir pelaksanaan UNBK dengan jadwal mata pelajaran pilihan untuk jurusan agama ada beberapa pilihan, yaitu fiqih, usul fiqih, ilmu tafsir dan ilmu hadits. Pilihan terbanyak adalah pelajaran fiqih,” kata panitia penyelenggara, Ning Ifadatun Nur Aida, Senin (8/4).

Sementara itu Nafi'ah selaku panitia sub rayon menuturkan pelaksanaan UNBK di MAN 2 Jombang disediakan empat labkom yang dibagi menjadi tiga sesi.  Yang pertama pukul 07.30 hingga 09.30, kedua 10.30 sampai 12.30, serta terakhir 14.00 hingga 16.00 WIB.

“Hal itu karen memang ada sub-sub rayon dari sekolah lain bergabung di sini,” tandasnya.

Sedangkan Iqbal Muhammad, peserta UNBK sesi dua seusai keluar dari labkom mengemukakan ada beberapa soal yang membutuhkan pemikiran ekstra. “Tapi alhamdulillah bisa dikerjakan, semoga hasilnya memuaskan,” ujar peserta yang mengambil pelajaran pilihan ilmu tafsir ini penuh harap.

Pengalaman hampir sama disampaikan proktor atau teknisi. "Alhamdulillah, selama UNBK berlangsung akses jaringan internet lancar, perangkat shofware pun tak mengalami kendala berarti,” ungkap M Khozin. Memang ada hal kecil yang rusak seperti kabel keyboard dan mouse yang kurang menancap, tapi secepatnya dapat diatasi, lanjutnya.

Sedangkan Nur Cholila dan Puspita selaku pengawas UNBK mengemukakan bahwa pelaksanaan UNBK di MAN 2 Jombang sesuai harapan. “Tertib dan lancar, serta para peserta terlihat mengerjakan dengan khidmat dan nyaman,” pungkasnya. (Madkim/Ibnu Nawawi)