::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Warganet Tanggapi Berita Gus Mus Beri Uang Saku Pengedit Video Dirinya dengan Kiai Ma'ruf Amin

Kamis, 11 April 2019 23:00 Nasional

Bagikan

Warganet Tanggapi Berita Gus Mus Beri Uang Saku Pengedit Video Dirinya dengan Kiai Ma'ruf Amin
Cropping berita Gus Mus memaafkan dan memberi uang saku kepada Zaenal.
Jakarta, NU Online
Berita tentang Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang, Jawa Tengah, KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) yang bukan hanya memaafkan tetapi juga memberikan uang saku kepada Zaenal, pria pengedit video dirinya dengan KH Ma'ruf Amin, mendapatkan tanggapan positif dari warganet.

Hal itu terlihat dari komentar pengguna facebook sejak berita Selain Memaafkan, Gus Mus Beri Uang Saku Pengedit Video Dirinya dengan Kiai Ma'ruf Amindisambungkan di halaman facebook NU Online, Rabu (10/4) malam.

Akun Joko Susilo berkomentar: Itulah contoh tokoh agama dan sekaligus tokoh bangsa yg tawadhu'

Pengguna lainnya Rosid Patra menuliskan: Inilah sejatinya ulama'...hatinya bagai samudra.......pemaaf. gk pendendan. Apalagi menghujat.. Subhanalloh...belai memang figur panutan.....

Komentar lainnya disampaikan Febriana Nur Khamsyah Putri " zaman now memang mudah mencari olang Yang mengerti agama itu mudah tapi yang sulit nyaitu mencari olang yang beradab N santun.

Ada pula Bedjo Putrane Mbah Wiryo membalas komentar pengguna lainnya Febriana Nur Khamsyah Putri ,,,,ketika Nabi SAW akan di celakai abu jahal selalu di maāfkan dan di doakan,,,tapi sebaliknya , ketika abu jahal Nabi lah yang pertama menjenguknya dan mendoakan segera sehat,,,itulah ajaran Nabi yang harus selalu kita contoh,,,,bukan kaya yang onoh,,,malah di tendang dan di pukul,,,,,

Agus Elfay Rifai menyebutkan Gus Mus sebagai ulama yang mampu mencontoh apa yang dilakukan Nabi. Dalam komentarnya dia menungkapkan: inilah ulama sesungguhnya yg mencontoh Nabi Muhammad SAW...

Pengguna facebook Kincir Angin mengungkapkan dalam kalimat-kalimat singkat: Betapa bijaknya ulamak NU, Love you nahdhiyin nahdhiyah, Nderek kyai.

Sementara Ipung Wae menuliskan komentar lebih poanjang: lmu ikhlas ilmunya sufi , ilmu tingkat tinggi , mereka adalah orang2 yang selalu membuka lebar pintu maaf di dalam hatinya , bukan karna haus sanjungan , bukan juga mereka lakukan itu hanya karna mereka rasa itu adalah kebaikan, lebih jauh lagi mereka melakukanya karna mereka paham ,setitik manusia tidak pantas menyombongkan diri dengan sifat pendendam jika dibandingkan tuhan yang maha besar namun maha pemaaf.

Facebooker Memen menuliskan: hatimu Gus terbuat dari apa kok lembut sekali, org yg berbuat jahat pun dibalas dgn penuh kebaikan

Sikap Gus Mus yang Menyentuh

Berbagai koemntar positif tersebut rata-rata karena warganet merasa tersentuh dengan tindakan Gus Mus memaafkan orang yang sudah berniat tidak baik padanya. Misalnya pengguna facebook Wirmansyah menulis komentar panjang: Saya sangat mendalami kata2 ini yg di copast dari link di atas 

Gus Mus menyatakan bahwa pihaknya sudah memaafkan Zaenal, bahkan sebelum Zaenal meminta maaf. Dalam persoalan tersebut, Gus Mus merasa tidak dirugikan. Tetapi merasa tidak enak hati dengan Kiai Ma’ruf karena editan video tersebut, sehingga ia telah melakukan klarifikasi melalui beberapa akun pribadi media sosialnya.

Tak sedikit pula facebooker yang mendoakan Gus Mus. Mohammad Imam salah satunya. Dia menulis: ya alloh mulyanya beliau gusmus.mudahmudahan panjang umur sehat selalu kyaiku .Aamiin yarobb.

Ajie Samudera Raya menuliskan: Gus Mus ..Alim tapi tetap adem dan rendah hati,juga tak pernah punya benci.. Semoga Allah SWT panjangkan umur beliau.. 

Ari Dwiyanto Itulah cermin pemimpin umat, mengasihi sesama hamba Allah, semoga beliau-beliau selalu sehat, sehingga bisa menyejukkan hati kita semua.. amin...

Ajie Samudera Raya: Gus Mus ..Alim tapi tetap adem dan rendah hati,juga tak pernah punya benci.. Semoga Allah SWT panjangkan umur beliau.. 

Anang Muaddin Suri berkomentar: tauladan bagi umat muslim Indonesia, seorang ulama yang selalu membuat kita bisa mengerti dan mengetahui ajaran agama Islam dg cerminan kehidupan kepribadian beliau, tanpa ceramah beliau sudah mengajarkan kepada kita ttg hakikat manusia di bumi ini.

Akun الكفراوى menuliskan Subhnallah.... ingin menangis rasanya. ulama Pewaris Akhlaq Rosulullah.

Arrahman mengungkapkan: Top Mulia sangat. Ajaran NU bagus sangat juga, gk boleh pelit memaafkan. NU hebatttt 

Agus Manaqibi mengoementari: Subhanallah adem. Abah Gus Mus sungguh baik dan berakhlak mulia smg sehat selalu dan diberi umur panjang nggeh.amin

Pengguna facebook Efran, menulis: Subhanallah... ulama yg selalu menyejukkan hati. Semoga selalu diberikan kesehatan serta dimudahkan segala urusan nya...

Diberitakan sebelumnya Gus Mus menerima silaturahim dan permohonan maaf dari Zaenal, pria pengedit video dirinya dengan KH Ma'ruf Amin yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Zaenal ditemani seorang kawannya, Sahili menemui Gus Mus di kediaman Gus Mus, Senin (8/4). Pada saat itu Gus Mus memberikan uang saku kepada keduanya.

Mendapat uang dari Gus Mus yang disimpan dalam amplop, Zaenal dan Sahili tampak terbengong. Keduanya sempat meletakkan amplop tersebut, seolah-olah tidak mau menerima pemberian Gus Mus. (Kendi Setiawan)