::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Jadi Pemantau Pemilu, Ini Beberapa Komitmen PMII Jombang

Rabu, 17 April 2019 13:30 Daerah

Bagikan

Jadi Pemantau Pemilu, Ini Beberapa Komitmen PMII Jombang
PC PMII Jombang, Jawa Timur
Jombang, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jombang, Jawa Timur mendeklarasikan organisasinya sebagai pemantau Pemilu 2019, Selasa (16/4) di Sekretariatnya. Deklarasi diikuti oleh sejumlah pengurus tingkat cabang.

Ketua Umum PMII Jombang, Irham mengungkapkan, ada beberapa komitmen PC PMII Jombang untuk menyukseskan Pemilu 2019 ini. Komitmen-komitmen tersebut tertuang dalam poin-poin deklarasi pemantau Pemilu yang disusun dan disepakati bersama.

"Kami pemantau Pemilu berkomitmen siap melakukan pengawasan partisipatif demi terwujudnya pemilu demokratis. Ini poin pertama deklarasi kita," ucapnya.

Komitmen selanjutnya, bahwa pemantau Pemilu PMII di Kota Santri ini menyatakan siap melawan praktik money politic juga politik SARA yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Money politic atau politik uang menurut dia, tentu akan mencederai hak demokrasi warga negara. Sedangkan politik SARA dinilai akan mengganggu situasi kekondusifan perhelatan pesta demokrasi.

"Pada komitmen berikutnya, kami pemantau Pemilu berkomitmen siap melawan praktik politik uang dan politik SARA dalam pemilihan umum 2019," jelasnya.

Prinsipnya, tambah mantan Pengurus Komisariat (PK) PMII Hasyim Asy'ari Tebuireng itu, pemantau Pemilu PMII siap mendukung penyelenggara Pemilu dalam menyukseskan hajatan besar lima tahunan ini sebagaimana yang diharapkan masyarakat pada umumnya.

"Kami pemantau Pemilu berkomitmen siap mendukung KPU dan Bawaslu untuk menyukseskan Pemilu 2019," tuturnya.

Di samping itu, dirinya menyatakan senantiasa akan memegang asas profesionalitas dalam pengemban amanah sebagai pemantau Pemilu. "Kami pemantau Pemilu juga berkomitmen menjunjung tinggi profesionalitas pemantauan guna terealisasinya Pemilu 2019 jujur, ama, dan adil," pungkasnya. (Syamsul Arifin/Muiz)