::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Tunggu Hitung Resmi KPU, Semua Pihak Diminta Tenang

Jumat, 19 April 2019 10:45 Nasional

Bagikan

Tunggu Hitung Resmi KPU, Semua Pihak Diminta Tenang
Ilustrasi (Kompas)
Jakarta, NU Online
Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mohammad Mahfud MD meminta kepada seluruh pihak agar menjaga suasana tenang sambil menunggu proses hitung resmi (real count) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Ia menegaskan saat ini belum ada pemenang pilpres 2019 yang resmi.

“Wahai saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Ketahuilah, sampai saat ini belum ada pemenang Pilpres 2019 yang resmi. Hitung cepat dari pihak mana pun sekarang ini belum sah. Penentunya nanti adalah KPU melalui hitung manual yang bisa diawasi bersama. Sebaiknya semua pihak tenang, menunggu keputusan KPU,” tegas Mahfud dikutip NU Online, Jumat (19/4) lewat twitternya.

Menurutnya, hasil Quick Count dari berbagai lembaga survei masih harus dibuktikan pada perhitungan manual di KPU. Hasil real count dari kontestan juga belum mencakup seluruh TPS dari 811.000 TPS di seluruh Indonesia.

“Proses-proses untuk menjamin kebenaran resminya juga masih berlangsung dan masih bisa kita kawal dengan ketat,” jelas mantan Ketua MK ini.

Mahfud memandang, dalam situasi seperti ini, tentu saja semua pihak meminta KPU harus benar-benar independen dan profesional, TNI-Polri harus menjaga keamanan, ketertiban dan pertahanan keamanan dengan persuasif, elit politik, dan kontestan harus menahan diri.

“Kejujuran harus ditegakkan secara sungguh-sungguh. Pemilu bukanlah pembuat pilu,” tuturnya. (Fathoni)