::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kapolres Batang: Warga NU Jangan Kendor Tebarkan Semangat Moderasi Usai Pemilu

Jumat, 26 April 2019 22:00 Daerah

Bagikan

Kapolres Batang: Warga NU Jangan Kendor Tebarkan Semangat  Moderasi Usai Pemilu
Kapolres Batang, AKBP Edi Suranta (berdiri)
Batang, NU Online
Kapolres Batang, Jawa Tangah, AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan, pesta demokrasi atau pemilu memang sudah usai, namun gesekan antar pendukung masih terus berlanjut terutama gesekan opini melalui media.

Oleh karena itu, warga Nahdlatul Ulama (NU) diharapkan tidak kendor dalam menebarkan semangat moderasi di tengah menghangatnya suhu politik pascapemilu 17 April lalu.

“NU sebagai ormas yang terdepan dalam mengusung nilai-nilai moderasi harus tampil menjadi perekat yang dapat menurunkan tensi politik,” ujarnya saat menghadiri peringatan hari lahir (harlah) Ke-96 NU di  Kalisasak, Limpung, Batang, Kamis (25/4) malam.

Menurutnya, sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia, NU tetap konsisten dengan misinya, tak kenal lelah dalam menjaga keutuhan NKRI. Jika muncul potensi gejolak NU selalu tampil berupaya  menetralisir suasana.

"Dalam skala regional, hal ini dilakukan juga oleh PCNU Kabupaten Batang bersama seluruh warganya, sehingga  tanpa mengesampingkan ormas-ormas Islam lainnya, NU telah memberi kontribusi besar dalam menjaga stabilitas wilayah Kabupaten Batang terutama selepas pemilu yang memang rentan terhadap gesekan antar pendukung kontestan," tandasnya.

Dia menuturkan, selain menjadi perekat yang menyatukan bangsa, NU sekaligus menjadi benteng masyarakat dari pengaruh gerakan dan paham-paham dari luar Indonesia yang disusupi garis keras yang menggunakan kedok islam untuk tujuan politik dan tidak sesuai dengan budaya Indonesia.

Ketua PCNU Kabupaten Batang, Achmad Taufiq mengaku bangga atas apresiasi dari Kapolres, dan hal ini menjadi pemicu bagi warga NU untuk terus berkontribusi ke masyarakat. “Kita akan terus bahu membahu bersama TNI Polri dalam menjaga keamanan dan kerukunan di Kabupaten Batang,” tuturnya. (Iwan/Muiz)