::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Yuk Semarakkan Ramadhan dengan Ngaji di Al-Rabbani Bogor

Ahad, 05 Mei 2019 23:00 Daerah

Bagikan

Yuk Semarakkan Ramadhan dengan Ngaji di Al-Rabbani Bogor
Jakarta, NU Online 
Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat Islam di manapun mereka berada. Selain beribadah puasa, umat Islam juga mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai macam ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya sepanjang bulan Ramadhan. Diantaranya adalah ngaji kitab. 

Salah satu pesantren yang menyelenggarakan ngaji kitab selama bulan Ramadhan adalah al-Rabbani Islamic College, Nagrak, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Pengasuh al-Rabbani Islamic College mengatakan, ngaji kitab di pesantrennya itu merupakan kegiatan rutin setiap bulan Ramadhan.

“Pengajian dimulai malam 1 Ramadhan dan berakhir tanggal 25 Ramadhan,” katanya kepada NU Online, Ahad (5/5).

Kiai Ali menuturkan, ada tiga kitab yang akan dikaji di al-Rabbani Islamic College selama bulan Ramadhan. Yaitu Kitab Tafsir al-Jailani karya Syekh Abdul Qadir al-Jailani (setiap pukul 20.15-21.30), Kitab al-Futhuhat al-Makkiyah karya Syekh Ibnu Araby (05.00-06.30), Kitab Syarah Sullam al-Taufiq karya Imam Nawawi al-Bantani (17.00-adzan Magrib). 

Selain itu, ada acara Tahsin dan Tadarrus Al-Qur’an setiap pukul 05.30 hingga 16.45 bagi orang yang ingin belajar membaca Al-Qur’an, serta sahur dan buka puasa bersama bersama santri. 

Kiai Ali menambahkan, acara ngaji di al-Rabbani Islamic College selama bulan Ramadhan ini terbuka untuk umum. Jadi, siapapun bisa ikut berpartisipasi. “Pesertanya para santri mahasiswa S1, mahasiswa S2 yang mondok, dan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Dia menyebut, semua pengajian di al-Rabbani Islamic College tersebut akan disiarkan secara langsung melalui www.alrabbani.or.id atau akun Facebook al-Rabbani Islamic College. Jadi mereka yang tidak bisa hadir, bisa tetap ikut ngaji dengan menyimak siaran langsungnya. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi nomor berikut: 0811 1717 199. (Muchlishon)