::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Cerita tentang Masjid di Tiongkok Berusia Seribu Tahun

Kamis, 09 Mei 2019 19:15 Internasional

Bagikan

Cerita tentang Masjid di Tiongkok Berusia Seribu Tahun
Kiai Said dan Dubes Tiongkok, Xiau Qian.
Jakarta, NU Online
Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiau Qian menceritakan masjid yang ada di kampung halamannya. Cerita itu disampaikannya pada acara santunan anak yatim dan buka puasa bersama di Pesantren Al-Tsaqafah, Jakarta Selatan, Kamis (9/5) petang.

Dubes Xiau Qian mengatakan ingi kembali mengundang Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj ke negaranya. Xiau berharap Kiai Said dapat mengunjungi kampung halamannya mengingat di dekat rumah tempat tinggalnya terdapat masjid yang sudah berusia lebih dari 1000 tahun.

"Saya juga ingin menyampaikan undangan untuk berkunjung kelima kali," ujar Dubes Xiau Qian saat memberikan sambutan di hadapan Kiai Said dan jajaran PBNU serta para santri.

"Bisa lihat masjid di kampung saya yang berusia lebih dari 1000 tahun itu," katanya.

Masjid tersebut, katanya, terletak persis di samping tempat tinggalnya saat kecil dahulu. "Persis samping masjid itu adalah rumah saya, tempat saya tinggal waktu kecil," ujarnya.

Saat ini, jalan di depan masjid tengah dilakukan pembangunan guna memudahkan orang-orang datang ke tempat tersebut. "Tahun depan saya kira pembangunannya sudah selesai," katanya.

Kiai Said dan rombongan PBNU beberapa waktu lalu baru pulang dari negeri Tirai Bambu itu. Mereka berkunjung ke dua provinsi di sana untuk melihat perkembangan masyarakat Cina dan Islam di sana. (Syakir NF/Kendi Setiawan)