::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Elemen Madrasah Harus Mengakreditasi Diri Sebelum Diakreditasi

Jumat, 10 Mei 2019 14:30 Daerah

Bagikan

Elemen Madrasah Harus Mengakreditasi Diri Sebelum Diakreditasi
Akreditasi MA Ma'arif 5 Sekampung, Lampung Timur
Lampung Timur, NU Online
Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum (YPPDU) Sekampung, Lampung Timur, KH A. Mujab mengajak seluruh elemen Madrasah Aliyah Ma'arif NU 5 Sekampung untuk bekerjasama dan bersinergi dalam mengembangkan lembaga pendidikan yang dikelola yayasan tersebut.

Sinergitas tersebut dapat diwujudkan dengan senantiasa meng-upgrade (memperbaharui) kompetensi dan kemampuan managerial. Langkah ini harus dilakukan setiap saat, tidak hanya ketika masa akreditasi madrasah dilakukan oleh pihak yang berwenang.

"Warga madrasah harus selalu mengakreditasi diri setiap tahun sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Tidak saja dalam rangka pelaksanaan akreditasi yang dilaksanakan lima tahun sekali,” kata Kiai Mujab saat menerima tim assesor dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-SM) Provinsi Lampung dalam rangka akreditasi madrasah tersebut, Kamis (9/5).

Kiai Mujab juga menyampaikan terima kasih kepada tim akreditasi beserta koordinator standar MA Ma'arif NU 5 Sekampung beserta tenaga pendidik dan kependidikannya atas kerja sama yang baik dan semangat yang tinggi untuk menyukseskan pelaksanaan akreditasi.

Sementara tim assesor yang diwakili Ambarwati mengungkapkan, pelaksanaan akreditasi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu lembaga pendidikan, mendapatkan pengakuan dan penilaian dari pihak-pihak yang berwenang.

"Sekolah atau madrasah sebagai lembaga pendidikan dan tempat belajar mengajar akan bermutu ketika lembaga tersebut mendapatkan pengakuan atau penilaian,” ungkapnya pada visitasi yang dilaksanakan selama dua hari ini.

Di antara yang dilakukan oleh tim visitasi adalah studi dokumentasi, observasi lapangan/lingkungan, observasi kelas, dan wawancara dengan warga sekolah dalam rangka verifikasi, klarifikasi, dan validasi data serta informasi yang diberikan oleh sekolah melalui pengisian instrumen akreditasi.

Ia meminta kerjasama kepada seluruh komponen madrasah agar pelaksanaan visitasi berjalan dengan lancar sesuai dengan aturan dan regulasi yang telah disesuaikan dengan Badan Akreditasi Provinsi (BAP).

Ambarwati mengapresiasi kelebihan dan keunggulan yang dimiliki MA Ma'arif NU 5 Sekampung di antaranya dalam bidang ekstrakurikuler, kegiatan keagamaan dan sarana prasarananya yang mendukung dari berbagai aspek.

“Ke depan, MA Ma'arif NU 5 Sekampung harus terus meningkatkan kualitas madrasah, sehingga menjadi madrasah yang semakin hari semakin baik, dan menjadi harapan masyarakat,” harapnya.

Kegiatan yang diawali dengan Tari Sigeh Pengunten oleh anggota ekstrakurikuler tari madrasah setempat dan pemberian cindera mata kalung tapis batik khas Lampung.

Hadir juga anggota tim akreditasi lainnya, Shopan Krisna Aji, Pengawas Pembina Kemenag Lampung Timur H Imam Syafi'i, dan Kepala Madrasah Fitriyanto beserta jajaran wakil kepala madrasah. (Sarif BJ/Muhammad Faizin)