::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Selama Sepekan, LAZISNU Jombang Gelar Kirab Koin Ramadhan

Rabu, 15 Mei 2019 22:00 Daerah

Bagikan

Selama Sepekan, LAZISNU Jombang Gelar Kirab Koin Ramadhan
foto: ilustrasi
Jombang, NU Online
Pengurus Cabang Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jombang, Jawa Timur memastikan akan gelar Kirab Kotak Infaq (Koin) NU Ramadhan 2019 dimulai pada Jumat (17/5) mendatang hingga sepekan ke depan. 

Kirab dimulai dari Halaman Masjid Baitul Mu'minin Alun-Alun Jombang menuju sejumlah titik yang sudah ditentukan panitia kirab.

Ketua PC LAZISNU Jombang, Akhmad Zainudin mengatakan, Kirab Koin Ramadhan tersebut sebagai tindak lanjut setelah LAZISNU pada Jumat (3/5) lalu resmi mengangkat Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab sebagai Panglima Gerakan Jombang Bersedekah.

Tujuannya adalah membentuk karakter masyarakat Jombang yang gemar bersedekah. Terlebih pada di bulan suci Ramadhan ini merupakan waktu yang dinilai sangat tepat. 

"Kirab KOIN ini adalah salah satu langkah penguatan karakter Jombang bersedekah, apalagi setelah mendaulat Ibu Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab sebagai Panglima Gerakan Jombang Bersedekah ini, harus kita kawal terus," jelasnya, Selasa (14/5).

Dalam upaya membentuk karakter tersebut, pria yang kerap disapa Gok Din ini menyebutkan, harus melibatkan berbagai elemen, mulai dari elemen di lingkungan masyarakat hingga elemen pemerintahan. "Kita memang harus libatkan seluruh elemen masyarakat Jombang untuk gemar bersedekah," terangnya.

Bahkan menurutnya, kegiatan semacam ini perlu dilakukan secara istiqamah, sehingga pada waktunya akan menjadi salah satu tradisi Jombang dalam membentuk karakter warga yang gemar bersedekah. 

"Kirab Koin NU ini adalah salah satu bentuk riil dari Gerakan Jombang Bersedekah. Ini harus ditradisikan yang dikuatkan sebagai salah satu karakter masyarakat Jombang yaitu gemar bersedekah," tuturnya.

Gok Din membeberkan, LAZISNU tahun lalu juga menggelar kirab Koin, Namun, kirab KOIN kali ini agak berbeda, terutama pada rentan waktu kirab yang lebih lama hingga kurang lebih dari 7 hari. "Karena banyak permintaan lembaga-lembaga untuk didatangi Koin Raksasa ini," ujarnya.

Adapun sejumlah titik yang menjadi pusat kirab di antaranya, seluruh kecamatan yang ada di Jombang, pondok pesantren, instansi pemerintah, serta lembaga pendidikan di Kabupaten Jombang. 

Untuk hasil donasi yang diperoleh, nantinya akan digunakan untuk kegiatan-kegiatan bermanfaat selama bulan Ramadhan ini. Kegiatan tersebut antara lain berbagi bahagia bersama marbot dan penjaga jalan, berbagi senyum untuk santri lansia, menebar ceria 1000 yatim dan dhuafa, serta langgar bersih (ngecat langgar).

Sekedar untuk diketahui, LAZISNU di Kota Santri ini juga membuka layanan donasi program Ramadhan melalui transfer rekening ke Bank Syariah Mandiri 7019992211 an LAZISNU. (Syamsul Arifin/Muiz)