::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Safari Ramadhan, PW Pergunu Bali Perkuat Lembaga

Kamis, 16 Mei 2019 10:45 Daerah

Bagikan

Safari Ramadhan, PW Pergunu Bali Perkuat Lembaga

Klungkung, NU Online
Pengurus Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW Pergunu) Bali terus memantapkan diri sebagai lembaga yang mengakar di tengah masyarakat dengan infrastuktur yang lengkap hingga desa. Menurut Korwil IV PW Pergunu Bali,  Ustadz Lewa Karma, hingga saat ini pihaknya telah melakukan pendataan anggota, penguatan Pengurus Cabang (PC) Pergunu dan pembentukan Pengurus Anak Cabang (PAC) Pergunu.

“Itu kami lakukan sejak tahun 2014, insyaallah sudah lengkap. Kita akan terus memperkuat organisasi ,” tuturnya saat memberikan sambutan dalam Safari Ramadhan PW Pergunu Bali di Masjid Nurul Huda, Desa Kampung Gelgel, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali, Rabu, (15/5) sebagaimana rilis yang diterima NU Online.

Menurut Ustadz Lewa, selain penguatan kedalam, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan  Pondok Pesantren  Ammanatu Ummah dan IKHAC (Institut Kiai Haji Abdul  Chalim). Hasilnya, PW Pergunu Bali mendapat kouta beasiswa mahasantri sebanyak 27 orang.  Dari jumlah itu 24 orang menempuh program S1 dan 3 orang program S2. Di luar itu, PC Pergunu Klungkung sudah mengirimkan 3 orang mahasantri untuk menempuh S1 dengan beasiswa yang sama

“Semoga sukses. Merekalah nanti yang bakal  meneruskan perjuangan kita,” lanjutnya.

Sementara itu, Perbekel (Kepala Desa) Desa Kampung Gelgel, Sahidin mengapresiasi acara tersebut. Menurutnya, Safari Ramadhan sebagai momentum silaturrahim antar umat. Ia meminta Pergunu dapat meningkatkan kualitas dan prestasi pendidikan dan madrasah, termasuk dorongan untuk MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) Gelgel sebagai ikon masyarakat setempat.

“Jadi harapan kami seperti itu,” harapnya.

Ketua Forum Ukhuwah Muslim Klungkung (FUMK) H. Nasrullah menegaskan bahwa acara tersebut sebagai upaya mengokohkan umat Islam di daerah minoritas. Iapun berharap agar FUMK bisa membangun sinergi dengan Pergunu sebagai jalan bersama membangun umat dan dakwah.

Safari Ramadhan tersebut merupakan rutinitas tahunan yang diselenggarakan PW Perguru Bali, dan PC Pergunu Klungkung, mendapat giliran pertama untuk Safari Ramadhan itu. Ustadz  Hairum selaku Ketua PC Pergunu Klungkung, dan masyarakat Kampung Gelgel menyambut dengan antusias  kedatangan mereka.

Kegiatan yang diawali dengan khataman Al-Quran dan pembacaan rotibul haddad itu dihadiri oleh Ketua MUI Klungkung, Jajaran Kemenag, FUMK, Pimpinan Pondok Pesantren, Takmir Masjid, Banom NU, para guru dan ustadz dan ustadzah se-wilayah Kampung Gelgel. (Red: Aryudi AR).