::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ketua Lesbumi Jember: Berdayakan Petani!

Sabtu, 18 Mei 2019 05:30 Daerah

Bagikan

Ketua Lesbumi Jember: Berdayakan Petani!

Jember, NU Online
Ketua Pengurus Cabang (PC) Lesbumi Jember, Jawa Timur, H Rasyid Zakaria ternyata mempunyai wawasan yang luas tentang pertanian. Menurutnya,  sektor pertanian di Jember cukup unggul. Dari sisi luas lahan pertanian yang dimiliki Jember, yakni 86 ribu hektar adalah yang terluas kedua se-Jawa Timur. Dengan lahan  seluas itu, sesungguhnya merupakan modal besar bagi warga Jember untuk  hidup berkecukupan.

“Namun nyatanya, angka kemiskinan di Jember masih tinggi,” tukasnya dalam acara diskusi pertanian  di Jember, Jumat (17/5).

Menurutnya, lahan pertanian di Jember sangat subur dengan suplay air yang melimpah. Di Jember bagian timur, air sawah disuplay dari sungai Mayang, di bagian tengah ada sungai Bedadung, dan Jember bagian barat terdapat sungai Tanggul.

“Jadi sawah kita sesungguhnya subur, tidak kekurangan air jika dikelola dengan baik,” jelasnya.

H Rasyid mengaku prihatin dengan kenyataan  yang terjadi di lapangan terkait merosotnya sektor pertanian. Masalahnya mayoritas warga Jember adalah nahdliyyin, yangsebagin besar adalah petani.

“Saya masih punya mimpi untuk memberdayakan petani, dengan membentuk BLK (balai latihan kerja) khusus petani dengan melibatkan MWCNU,” pungkasnya. (Aryudi AR)