::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Rektor UIN Jakarta: Moderasi Agama Penerapan Ajaran Agama Sebenarnya

Kamis, 23 Mei 2019 19:30 Nasional

Bagikan

Rektor UIN Jakarta: Moderasi Agama Penerapan Ajaran Agama Sebenarnya
Tangerang Selatan, NU Online
Di tengah ekstremisme yang menguat dengan beragam tindakan teror yang terjadi di berbagai belahan dunia, moderasi beragama diusung dan diwacanakan terus menerus.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Amany Burhanuddin Umar Lubis mendefinisikan frasa itu sebagai praktik agama yang sesungguhnya.

"Moderasi beragama penerapan ajaran agama yang sebenarnya, lurus," kata Amany saat dalam Talkshow Ramadhan dengan tema Masa Depan Moderatisme Islam di Kampus di Masjid Al-Jamiah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jalan Ir H Juanda No. 95, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis (23/5).

Lebih lanjut, Amany menjelaskan bahwa dalam moderasi agama yang diusung sebagai tema program kinerja Kementerian Agama tahun 2019 itu, ayat-ayat Al-Qur'an dapat berdialog dengan konteks kekinian.

"Ayat-ayat bisa compatible (cocok) dengan kehidupan," ujar perempuan yang aktif di Muslimat Nahdlatul Ulama itu.

Ia bertekad untuk memperbanyak penelitian tentang hal tersebut guna memenuhi wacana Islam moderat di dunia, tidak hanya sekadar menjadi topik bahasan dalam mata kuliah.

"Tetapi akan dijadikan kata kunci dalam penelitian," ujar Amany di hadapan ratusan mahasiswa dan dosen yang menghadiri acara tersebut.

Kegiatan yang dipandu oleh Direktur Center for Study or Religion and Culture (CSRC) Idris Hemay ini juga diisi oleh Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra dan Dewan Penasehat CSRC Irfan Abu Bakar. (Syakir NF/Abdullah Alawi)